Engine-indicating and crew-alerting system

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
EICAS.png

Engine-indicating and crew-alerting system "sistem peringatan mesin dan kru (EICAS)[1] adalah sebuah sistem terintegrasi yang digunakan dalam pesawat modern untuk menyediakan awak pesawat dengan mesin pesawat dan sistem instrumentasi lain dan annunciations kru. Pada pesawat EICAS melengkapi "rekomendasi tindakan perbaikan" disebut checklist.

EICAS biasanya meliputi instrumentasi berbagai parameter mesin, termasuk misalnya putaran per menit, nilai suhu, aliran bahan bakar dan kuantitas, tekanan minyak dll. Khas sistem pesawat lainnya dipantau oleh EICAS adalah misalnya hidrolik, pneumatik, listrik, deicing, permukaan lingkungan dan kontrol sistem. Sebagai EICAS memiliki konektivitas yang tinggi, ia menyediakan akuisisi data dan routing.

EICAS adalah fungsi utama dari sistem kaca kokpit, yang menggantikan semua alat pengukur analog dengan menampilkan elektronik software-driven. Sebagian besar area layar yang digunakan untuk navigasi dan orientasi display, tapi satu layar atau bagian dari layar yang disisihkan khusus untuk EICAS.

Crew-alerting system "Kru-mengingatkan sistem" (CAS) digunakan sebagai pengganti panel sinyalir pada sistem lama. Daripada sinyal kegagalan sistem dengan menyalakan lampu belakang tombol tembus, kegagalan akan ditampilkan sebagai daftar pesan di jendela kecil dekat indikasi lain EICAS.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alexander T. Wells and Clarence C. Rodrigues (2004). Commercial aviation safety (ed. 4th). McGraw-Hill Professional. hlm. 245. ISBN 978-0-07-141742-6. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]