Adaptive compliant wing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Adapt-comp-wing.jpg

Adaptive compliant wing adalah sebuah sayap yang fleksibel sehingga aspek bentuknya dapat diubah dalam penerbangan.[1][2]

Sayap compliant adaptif yang dirancang oleh Flexsys Inc memiliki trailing edge variabel-camber yang dapat dibelokkan hingga ± 10°, sehingga bertindak seperti sayap mengepak lengkap, tapi tanpa segmen individu dan kesenjangan yang khas dalam sistem penutup. Sayap itu sendiri bisa diputar sampai 1° per kaki rentang. Bentuk sayap dapat diubah pada tingkat 30° per detik, yang sangat ideal untuk pengentasan beban embusan. Pengembangan sayap compliant adaptif sedang disponsori oleh US Air Force Research Laboratory. Awalnya, sayap diuji di terowongan angin, dan kemudian bagian 50-inch dari sayap adalah penerbangan diuji di papan Komposit pesawat penelitian White Knight Scaled dalam tujuh penerbangan, Program 20 jam yang dioperasikan dari Mojave Spaceport. Pengendalian diusulkan.

Sayap Adaptive compliant juga diselidiki di ETH Zurich dalam rangka proyek airfoil Pintar.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "FlexSys Inc.: Aerospace". Diakses 26 April 2011. 
  2. ^ Kota, Sridhar; Osborn, Russell; Ervin, Gregory; Maric, Dragan; Flick, Peter; Paul, Donald. "Mission Adaptive Compliant Wing – Design, Fabrication and Flight Test". Ann Arbor, MI; Dayton, OH, U.S.A.: FlexSys Inc., Air Force Research Laboratory. Diakses 26 April 2011. 
  3. ^ Smart airfoil project http://smartairfoil.ethz.ch/