Avionik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Indikator TCAS, salah satu jenis avionik

Avionik berarti peralatan elektronik penerbangan yang mencakup seluruh sistem elektronik yang dirancang untuk digunakan di pesawat terbang. Sistem utamanya meliputi sistem komunikasi, navigasi dan indikator serta manajemen dari keseluruhan sistem. Avionik juga mencakup ratusan sistem yang berada di pesawat terbang dari yang paling sederhana seperti lampu pencari pada helikopter polisi sampai sistem yang kompleks seperti sistem taktikal pada pesawat peringatan dini.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Teknisi aviasi elektronik atau avionik.

Avionik bermula pada 1970-an. Sebelumnya, instrumen-instrumen pada pesawat terbang seperti radio, radar, sistem bahan bakar dan navigasi masih menggunakan sistem mekanis. Avionik berkembang sejalan dengan berkembangnya teknologi elektronik. Avionik dimulai dengan perkembangan teknologi analog, dan terus di perluas dengan teknologi digital. Sejalan dengan makin berkembangnya dunia penerbangan, avionik makin memperluas cakupannya ke bidang lain seperti pengendalian mesin pesawat, pengendalian kontrol penerbangan, situational awareness dan berbagai peralatan pembantu seperti peralatan pengendalian roda pendarat, pengendalian temperatur dan tekanan udara di kabin dan pengendalian noise/kebisingan di dalam pesawat.

Pada dekade 2000-2010-an, avionik telah dikembangkan dengan menggunakan sistem komputer modular [IMA] Integrated Modular Avionics dan sistem ethernet AFDX yang serupa dengan sistem Internet komersial.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Avionics: Development and Implementation by Cary R. Spitzer (Hardcover – Dec 15, 2006)
  • Principles of Avionics, 4th Edition by Albert Helfrick, Len Buckwalter, and Avionics Communications Inc. (Paperback – Jul 1, 2007)
  • Avionics Training: Systems, Installation, and Troubleshooting by Len Buckwalter (Paperback – Jun 30, 2005)
  • Avionics Made Simple, by Mouhamed Abdulla, Jaroslav V. Svoboda, and Luis Rodrigues (Coursepack – Dec. 2005).

IMA