Penggetar penggandar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Stick shaker)
Kokpit BAC-111 yang memiliki penggetar penggandar/pendorong tuas

Penggetar penggandar adalah sebuah perangkat mekanik untuk secara cepat dan bergetar ke kendali penggandar dari pesawat untuk memperingatkan penerbang dari sebuah anjlokan yang kemungkinan akan terjadi. Hal ini terhubung ke kolom kendali sebagian besar jet bisnis, pesawat dan pesawat militer.

Penggetar penggandar merupakan komponen kunci dari sistem perlindungan pesawat yang terhenti. Kecelakaan, seperti uji kecelakaan BAC One-Eleven tahun 1963 , disebabkan oleh terhentinya aerodinamis dan memotivasi badan pengawas penerbangan untuk menetapkan persyaratan agar pesawat tertentu dilengkapi dengan tindakan perlindungan terhenti, seperti penggetar penggandar dan pendorong tuas , untuk mengurangi kejadian tersebut. . Walaupun penggetar penggandar sudah menjadi hal yang umum di kalangan pesawat terbang dan pesawat angkut besar, perangkat tersebut bukannya tidak bisa salah dan mengharuskan awak penerbangan dilatih dengan baik mengenai fungsinya dan bagaimana merespons pengaktifannya. Beberapa kejadian pesawat mengalami anjlokan terjadi bahkan ketika penggetar penggandar berfungsi dengan baik, sebagian besar disebabkan oleh reaksi penerbang yang tidak tepat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penggetar penggandar telah dikembangkan sejak tahun 1949.

Pada tahun 1963, sebuah pesawat BAC One-Eleven hilang setelah jatuh saat uji anjlokan. Penerbang mendorong pesawat ekor T melewati batas pemulihan anjlokan dan memasuki kondisi anjlokan dalam, di mana gangguan udara dari sayap yang terhenti telah membuat kemudi tukik tidak efektif, yang secara langsung menyebabkan hilangnya kendali dan kecelakaan. Sebagai akibat dari kecelakaan tersebut, sistem penggetar penggandar/pendorong tuas gabungan dipasang di semua pesawat produksi BAC One-Eleven. Konsekuensi yang lebih luas dari insiden tersebut adalah diberlakukannya persyaratan baru terkait kemampuan penerbang untuk mengidentifikasi dan mengatasi kondisi anjlokan; desain pesawat terbang kategori Transportasi yang tidak memenuhi spesifikasi persyaratan ini dapat diterima jika pesawat tersebut dilengkapi dengan pendorong tuas.

Menyusul jatuhnya American Airlines Penerbangan 191 pada tanggal 25 Mei 1979, Federal Aviation Administration (FAA) mengeluarkan arahan kelaikan udara , yang mengamanatkan pemasangan dan pengoperasian penggetar penggandar pada kedua set kendali penerbangan pada sebagian besar model McDonnell Douglas DC-10 , sebuah pesawat trijet . (Sebelumnya, hanya kendali kapten yang dilengkapi dengan penggetar penggandar pada DC-10; dalam kasus Penerbangan 191, penggetar penggandar tunggal ini telah dinonaktifkan oleh kegagalan daya listrik sebagian di awal rangkaian kecelakaan.) Dalam Selain tekanan peraturan, berbagai produsen pesawat telah berupaya untuk merancang sistem perlindungan anjlokan mereka sendiri yang lebih baik, banyak di antaranya telah menyertakan penggetar penggandar. Perusahaan kedirgantaraan Amerika, Boeing, telah merancang dan mengintegrasikan sistem peringatan anjlokan ke dalam banyak pesawat yang diproduksinya.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Penggetar penggandar adalah elemen utama dari sistem perlindungan pesawat yang terhenti. Sistem ini terdiri dari pengindra sudut serang (AOA) yang dipasang di badan pesawat atau sayap yang terhubung ke komputer avionik , yang menerima masukan dari pengindra AOA bersama dengan berbagai sistem penerbangan lainnya. Ketika data ini menunjukkan kondisi terhenti yang akan segera terjadi, komputer akan mengaktifkan penggetar penggandar dan peringatan pendengaran. Penggetarnya sendiri terdiri dari motor listrik yang dihubungkan ke roda gila yang sengaja dibuat tidak seimbang . Saat digerakkan, penggetar akan menyebabkan guncangan yang kuat, dan berisik pada penggandar kendali. Guncangan pada penggandar kendali ini sesuai dengan frekuensi dan amplitudo guncangan yang terjadi akibat pemisahan aliran udara pada pesawat berkecepatan rendah saat mendekati anjlokan. Penggetar penggandar dimaksudkan sebagai cadangan peringatan pendengaran terhenti, jika perhatian awak penerbangan mungkin terganggu

Referensi[sunting | sunting sumber]