Stick shaker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Control yolk.jpg

Stick shaker adalah sebuah perangkat mekanik untuk secara cepat dan bergetar control yoke ("tongkat") dari pesawat untuk memperingatkan pilot dari sebuah stall dekat. Hal ini terhubung ke control column sebagian besar jet bisnis, pesawat dan pesawat militer.

Stick shaker adalah komponen dari sistem proteksi stall pesawat, yang terdiri dari pesawat atau sayap angle sensor serangan yang terhubung ke komputer avionik. Komputer menerima masukan dari sensor AOA dan berbagai sistem penerbangan lainnya. Ketika data menunjukkan kondisi stall dekat, komputer menggerakkan kedua shaker tongkat dan peringatan pendengaran.

Shaker itu sendiri terdiri dari sebuah motor listrik yang terhubung ke roda gila dan sengaja tidak seimbang. Ketika ditekan, shaker menginduksi goncangan kuat, berisik, dan sepenuhnya jelas dari kontrol yoke. Getaran dari kuk kontrol sesuai dengan frekuensi dan amplitudo stick shaking yang terjadi akibat aliran udara pemisahan dalam pesawat konvensional ketika mereka mendekati stall. Stick shaking dimaksudkan untuk bertindak sebagai cadangan untuk auditory stall alert, dalam kasus di mana awak pesawat dapat terganggu.

Dalam pesawat yang lebih besar (terutama di jet T-tail yang mungkin rentan terhadap stall yang mendalam), beberapa sistem perlindungan stall juga mencakup sistem stick pusher untuk secara otomatis mendorong maju pada elevator control, sehingga mengurangi sudut serangan pesawat dan mencegah stall. Kedua sistem harus diuji dan bersenjata sebelum lepas landas dan tetap selama penerbangan.

Getaran stick shaker sering terdengar pada rekaman kotak hitam pesawat yang memasuki kondisi kios sebelum kecelakaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Patent for Boeing Stall Protection System (with description)