Oleo strut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Su-30MKI nosewheel.jpeg

Oleo strut adalah sebuah peredam kejut (shock absorber) hidrolik udara-minyak yang digunakan pada roda pendaratan pesawat yang paling besar dan yang kecil. Ini merupakan bantal benturan pendaratan dan taxi juga meredam osilasi output vertikal.

Sebuah oleo strut terdiri dari sebuah tabung logam dalam atau piston, yang melekat pada poros roda, dan yang bergerak naik dan turun dalam tabung logam luar (atau atas), atau silinder, yang melekat pada badan pesawat. Rongga dalam strut dan piston diisi dengan udara dan minyak (fluida biasanya hidrolik), dan dibagi menjadi dua kamar yang berkomunikasi melalui lubang kecil. Ketika pesawat diam di tanah, beratnya didukung oleh udara yang dikompresi dalam silinder. Selama pendaratan, atau ketika taksi pesawat di atas gundukan, piston meluncur naik dan turun.

Oleo Struts sering diisi dengan nitrogen bukan udara, karena kurang cenderung menyebabkan korosi. Berbagai bagian strut yang dimeteraikan dengan O-ring atau segel elastomer serupa, dan cincin scraper digunakan untuk menjaga debu dan pasir mengikuti piston memasuki strut.

Referensi[sunting | sunting sumber]