Longeron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Primary Structural Components.jpg

Dalam konstruksi pesawat terbang, sebuah longeron, atau stringer,[1] adalah strip bahan tipis yang dikencangkan pada kulit pesawat. Di pesawat, stringer pembentuk yang melekat (juga disebut frame) dan berjalan dalam arah longitudinal pesawat. Mereka terutama bertanggung jawab untuk mentransfer beban aerodinamis yang bekerja pada kulit ke frame dan pembentuk. Di sayap atau stabilizer horisontal, longerons menjalankan spanwise dan melampirkan antara tulang rusuk. Fungsi utama di sini juga adalah untuk mentransfer beban lentur yang bekerja pada sayap ke tulang rusuk dan spar.

Kadang-kadang istilah "longeron" dan "stringer" digunakan secara bergantian.

Longerons sering membawa beban lebih besar dari stringer dan juga membantu untuk mentransfer beban kulit untuk struktur internal. Longerons hampir selalu melekat pada frame atau tulang rusuk. Stringer sering tidak melekat pada apa pun kecuali kulit, di mana mereka membawa sebagian dari momen lentur pesawat melalui beban aksial.[2] Hal ini tidak jarang untuk memiliki campuran longerons dan stringer dalam komponen struktural utama yang sama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shevell, Richard Shepherd (1989). Fundamentals of flight. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice Hall. hlm. 375. ISBN 0-13-339060-8. 
  2. ^ Michael C. Y. Niu (1988). Airframe Structural Design. Conmilit Press LTD. pp. 376.