Sistem anti tabrakan lalu lintas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
TCAS Indicator.jpg
Tcas EU-Flysafe.jpg

Sistem anti tabrakan lalu lintas (Traffic Collision Avoidance System atau Traffic Alert and Collision Avoidance System keduanya disingkat TCAS) adalah sebuah sistem untuk menghindari tabrakan pesawat terbang yang dirancang untuk mengurangi kejadian tabrakan udara antara pesawat terbang. Untuk memantau wilayah udara di sekitar pesawat terbang untuk pesawat lainnya dilengkapi dengan transponder aktif yang sesuai, independen dari kontrol lalu lintas udara, dan memperingatkan pilot dari kehadiran transponder lengkap pesawat lain yang dapat menimbulkan ancaman tabrakan di udara (MAC). Ini adalah jenis udara sistem menghindari tabrakan diamanatkan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional untuk dipasang ke semua pesawat dengan maksimum take-off massa (MTOM) lebih dari 5.700 kg (£ 12.600) atau diberi kuasa untuk membawa lebih dari 19 penumpang.

Sinyal SSR[sunting | sunting sumber]

ACAS/TCAS didasarkan pada sinyal transponder radar pengawasan sekunder (SSR), dan beroperasi secara independen dari peralatan berbasis darat untuk memberikan nasihat kepada pilot pada pesawat yang berpotensi konflik.

Integrasi ND[sunting | sunting sumber]

Dalam kokpit pesawat kaca modern, layar TCAS dapat diintegrasikan dalam Navigation Display (ND) atau Electronic Horizontal Situation Indicator (EHSI), dalam kaca kokpit pesawat yang lebih tua dan orang-orang dengan instrumentasi mekanis, seperti layar TCAS terintegrasi dapat menggantikan mekanik Vertical Speed Indicator (yang menunjukkan tingkat dengan mana pesawat sedang turun atau naik).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]