Edward VII dari Britania Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Edward VII dari Britania Raya

Edward VII (Albert Edward) (9 November 1841 - 6 Mei 1910) adalah raja Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia. Edward adalah putra dari Ratu Victoria. Ia menjadi Raja Inggris pada 22 Januari 1901 menggantikan ibundanya. Ia adalah raja Inggris pertama dari Wangsa Saxe-Coburg dan Gotha, yang namanya kemudian diubah menjadi Wangsa Windsor oleh anaknya George V.

Edward berperan dalam modernisasi Armada Angkatan Laut Inggris, reformasi Layanan Medis Angkatan Darat Inggris,[1] serta reorganisasi tentara Inggris setelah usainya Perang Boer Kedua. Ia berhasil mengembangkan hubungan baik antara Britania Raya dan negara-negara Eropa lainnya, terutama dengan Perancis, sehingga ia dijuluki Peacemaker. Namun, hubungannya dengan keponakannya Wilhelm II dari Jerman tidak berjalan dengan baik.

Ia menikah dengan Putri Alexandra dari Denmark, anak perempuan tertua Raja Christian IX. Mereka dikaruniai enam anak, yaitu Pangeran Albert Victor, Raja George V, Putri Louise, Putri Victoria, Ratu Maud dari Norwegia, dan Pangeran Alexander John yang meninggal setelah kelahirannya. Ratu Inggris saat ini, Elizabeth II, dan Raja Norwegia Harald V adalah cicit dari Edward VII.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Edward VII, Official website of the British Monarchy, diakses 2 May 2010 
Didahului oleh:
Victoria
Raja Britania Raya dan Irlandia
Wangsa Saxe-Coburg-Gotha

1901–1910
Diteruskan oleh:
George V