Henry VII dari Inggris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Henry VII Tudor
Raja Inggris; Penguasa Irlandia
Potret Henry sedang memegang mawar merah Lancaster.
Potret Henry sedang memegang mawar merah Lancaster.
Raja Inggris
Memerintah 22 Agustus 1485 – 21 April 1509
Koronasi 30 Oktober 1485
Pendahulu Richard III
Pengganti Henry VIII
Earl Richmond
Pendahulu Edmund Tudor, Earl Pertama Richmond
Pasangan Elizabeth dari York
Anak
Arthur, Pangeran Wales
Margaret, Ratu Skotlandia
Henry VIII
Mary, Ratu Perancis
Gelar dan jabatan
Raja
The Earl of Richmond
Wangsa Wangsa Tudor
Ayah Edmund Tudor, Earl Pertama Richmond
Ibu Margaret Beaufort
Lahir 28 Januari 1457
Pembroke Castle, Wales
Meninggal 21 April 1509 (umur 52)
Richmond Palace, Inggris
Dikubur Biara Westminster, London
Tanda tangan Tanda tangan Henry VII dari Inggris
Lambang dari Raja Henry VII

Henry VII atau Henry Tudor (lahir 28 Januari 1457 – meninggal 21 April 1509 pada umur 52 tahun) adalah seorang Raja Inggris dan Penguasa Irlandia sejak 22 Agustus 1485 sampai kematiannya pada 21 April 1509, sebagai raja pertama dari Wangsa Tudor.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Henry VII lahir pada tahun 1457 dari pasangan Edmund Tudor dan Margaret Beaufort. Ayahnya meninggal dua bulan sebelum ia lahir, meninggalkan ibunya yang saat itu berusia 13 tahun. Setelah lahir, Henry banyak menghabiskan waktu bersama pamannya, Jasper Tudor. Jasper membawa Henry ke Perancis, tempat ia menghabiskan sebagian besar masa mudanya. Henry memiliki klaim atas tahta Inggris, namun sayangnya ia harus menunggu lama untuk mengambil tahta. Pada tahun 1483, seorang raja baru yang bernama Richard III naik tahta di Inggris. Raja Richard tidak begitu populer sebab mereka berpikir bahwa Richard telah mencuri tahta dari keponakannya yang masih kecil, yakni Edward V dan adiknya yang bernama Richard, serta telah membunuh mereka. Inilah kesempatan yang Henry tunggu. Dengan bantuan dari Perancis, ia mengembangkan tentara. Mereka mendarat di Dale, Pembrokeshire, dekat dengan tempat Henry lahir, sehingga ia mampu mengumpulkan lebih banyak pendukung disana. Perang Mawar (1455 - 1485) adalah serangkaian perang saudara yang memperebutkan tahta Inggris antara pendukung Wangsa Lancaster dan pendukung Wangsa York. Kedua wangsa tersebut merupakan cabang dari Wangsa Plantagenet, merunut keturunan mereka dari Raja Edward III.

Alasan utama untuk perang yakni Raja Edward III memiliki banyak putra, seperti yang ditunjukkan dalam pohon keluarga di bawah. Anaknya yang tertua dikenal dengan julukan, "Pangeran Hitam", lalu meninggal dan tahta diteruskan oleh putranya, Richard, yang menjadi Raja Richard II dari Inggris pada tahun 1377 dalam usia sepuluh tahun. Dia tumbuh menjadi seorang raja yang lemah dan tidak terkenal, dan salah satu tindakannya adalah mengirim sepupunya, Henry ke pengasingan. Henry kemudian kembali, sementara Richard pergi ke Irlandia, dan mengambil alih negeri. Ketika Richard kembali, Henry menjebaknya untuk menyerahkan diri. Richard dimasukkan ke dalam penjara, tempat ia meninggal, dan Henry menjadi Raja Henry IV dari Inggris.

Meskipun Henry IV memerintah sampai kematiannya, dan diikuti oleh putranya, Raja Henry V, namun raja berikutnya yaitu Raja Henry VI masih bayi saat itu. Sementara ia tumbuh, orang-orang yang paling berkuasa di kerajaan mulai bertengkar mengenai bagaimana menjalankan negara, dan beberapa dari mereka mengembangkan tentara untuk mencoba mengambil tahta. Henry VI dan keluarganya melawan, perang antara pendukung dan musuhnya berlangsung selama bertahun-tahun, dan akhirnya berakhir ketika Raja Henry VII datang mengambil tahta pada tahun 1485.

Pada tanggal 22 Agustus 1485, tentara Henry mengalahkan tentara Richard III pada Pertempuran Bosworth. Ketika Richard III tewas dalam pertempuran ini, Henry VII menjadi raja. Ada orang lain yang memiliki klaim atas tahta tersebut dan Henry melakukan yang terbaik untuk menghentikan mereka, baik dengan mengeksekusi mereka maupun menempatkan mereka di penjara, atau mencoba berteman dengan mereka, seperti yang ia lakukan dengan Earl Lincoln. Langkah lain yang diambil adalah menikahi Elizabeth dari York, keponakan dari Raja Richard III, yang akan menjadi pewaris tahta jika sudah menikah.

Ada juga orang yang pura-pura menjadi anggota keluarga kerajaan yang telah lama hilang, sehingga mereka bisa mencoba untuk mengambil tahta. Salah satunya adalah seorang anak kecil bernama Lambert Simnel, yang sangat mirip seperti Edward, Earl Warwick. Edward yang asli adalah tahanan Henry, tapi ini tidak menghentikan orang lain untuk percaya bahwa Lambert adalah dirinya. Earl Lincoln memberontak melawan Raja Henry dan mengembangkan tentara untuk menjadikan Lambert seorang raja, dengan berpikir bahwa ia sendiri yang akan memerintah negara. Terjadilah pertempuran dan Earl Lincoln terbunuh. Lambert Simnel ditangkap, namun karena ia masih anak-anak, Henry membiarkannya hidup dan ia menjadi seorang pelayan kerajaan.

Henry menikahi Elizabeth dari York, dan dengan tindakan ini berakhirlah Perang Mawar. Mereka memiliki enam anak, tetapi hanya empat anak yang selamat:

Kematian[sunting | sunting sumber]

Setelah Henry VII meninggal pada tahun 1509, putranya diangkat menjadi raja sebagai Henry VIII pada tanggal 21 April 1509. Henry VII dimakamkan di Biara Westminster, London.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Henry VII oleh S. B. Chrimes & George Bernard (1972)
  • Henry VII oleh Jocelyn Hunt & Carolyn Towle (1998)
  • Henry VII oleh Roger Turvey & Caroline Steinsberg (2000)
  • The Son of Prophecy: Henry Tudor's Road to Bosworth (1985) oleh David Rees (ISBN 0-85159-005-5)merupakan sebuah diskusi tentang bagaimana kembalinya Henry ke Wales yang dianggap oleh beberapa orang sebagai pemenuhan ramalan Mesias
  • Ashley, Mike (2002). British Kings & Queens. Carroll & Graf. ISBN 0-7867-1104-3.  Unknown parameter |pg= ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Henry VII dari Inggris
Lahir: 28 Januari 1457 Wafat: 21 April 1509
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Richard III
Raja Inggris
Penguasa Irlandia

1485–1509
Diteruskan oleh:
Henry VIII
Bangsawan Inggris
Didahului oleh:
Edmund Tudor, Earl Pertama Richmond
Earl Richmond
ke-10
1478–1485
Bergabung dengan Mahkota