Edward IV dari Inggris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Edward IV
Edward4.jpg
Raja Inggris
(pertama kali)
Memerintah 4 Maret 1461 – 3 Oktober 1470[1]
Koronasi 28 Juni 1461
Pendahulu Henry VI
Pengganti Henry VI
Raja Inggris
(pertama kali)
Memerintah 11 April 1471 – 9 April 1483
Pendahulu Henry VI
Pengganti Edward V
Pasangan Elizabeth Woodville
Anak
Elizabeth, Ratu Inggris
Mary dari York
Cecily dari York, Viscountess Welles
Edward V dari Inggris
Richard dari Shrewsbury, Adipati Pertama York
George Plantagenet, Adipati Bedford
Anne dari York, Countess Surrey
Catherine dari York, Countess Devon
Bridget dari York
Elizabeth Plantagenet, Lady Lumley (tidak sah)
Arthur Plantagenet, Viscount Pertama Lisle (tidak sah)
Lady Grace Plantagenet (tidak sah)
Wangsa Wangsa York
Ayah Richard Plantagenet, Adipati Ketiga York
Ibu Cecily Neville
Lahir 28 April 1442
Rouen, Normandy
Meninggal 9 April 1483 (umur 40)
Westminster
Dikubur Kapel St George, Kastil Windsor
Lambang dari Raja Edward IV

Edward IV (lahir 28 April 1442 – meninggal 9 April 1483 pada umur 40 tahun) adalah Raja Inggris dari 4 Maret 1461 sampai 3 Oktober 1470,[1][2] dan kedua kalinya dari 11 April 1471 sampai kematiannya. Dia adalah Raja York pertama. Paruh pertama pemerintahannya ditandai oleh kekerasan, tetapi ia mengatasi sisa ancaman Lancaster pada Pertempuran Tewkesbury dengan memerintah dalam kedamaian sampai kematiannya yang mendadak.

Edward adalah anak tertua dari empat anak Richard Plantagenet, Adipati York. Adipati York adalah orang yang sangat kuat dan memiliki klaim atas tahta Inggris. Dia menjadi lebih terkenal daripada raja yang ada, Henry VI dari Inggris yang dianggap lemah. Ketika Adipati mencoba mengambil tahta dari Henry VI, Perang Mawar pecah. Pada saat Edward berusia delapan belas tahun, ia bersama saudaranya, Edmund, Earl dari Rutland yang berusia tujuh belas tahun, cukup tua untuk mengambil bagian dalam pertempuran tersebut, dan Edward ternyata menjadi prajurit yang sangat baik. Dia dibantu oleh Richard Neville, Earl dari Warwick, seorang bangsawan cerdas yang berjuang untuk Adipati York. Pada Pertempuran Wakefield pada tahun 1460, ayah Edward dan Edmund tewas. Sebagai pewaris ayahnya, ia sekarang mengklaim takhta. Pada Maret 1461, ia memasuki London dengan pasukannya dan dinobatkan raja, meskipun ia baru berusia sembilan belas tahun. Raja Henry VI dimasukkan ke dalam penjara.

Untuk sementara, Edward memerintah negara dengan baik, dengan bantuan dari Richard Neville. Kemudian Edward bertemu seorang wanita bernama Elizabeth Woodville, yang dinikahinya. Richard Neville tidak mengetahui kisah cinta mereka, dan ia ingin menikahi Raja Edward dengan seorang putri asing untuk membuat aliansi dengan negara lain, yang akan membuat posisinya menjadi lebih kuat. Elizabeth dan Edward menikah diam-diam di sekitar tahun 1464 dan mereka memiliki sepuluh anak dalam sembilan belas tahun pernikahan mereka.

Ketika Richard Neville mengetahui pernikahan Edward, dia marah. Dia semakin marah seiring berjalannya waktu, karena keluarga Elizabeth menjadi kuat dan raja tidak lagi menghormati Warwick seperti yang ia lakukan di awal. Pada 1459, ia menyerang raja dengan bantuan dari saudara muda Edward yakni George, Adipati Clarence, yang menikah dengan Isabel, putri sulung Richard. Para pemberontak pergi ke Perancis dan membuat aliansi dengan Ratu Margaret, istri Raja Henry VI. Richard berhasil mengalahkan Raja Edward dalam pertempuran pada tahun 1471, dan membebaskan Raja Henry VI dari penjara. Henry pun menjadi raja lagi dan Edward harus melarikan diri ke Burgundy, sementara istri dan anak-anaknya pergi bersembunyi.

Adipati Burgundy menikah dengan Margaret, adik dari Edward, sehingga ia bersedia untuk membantu meningkatkan pasukan agar lebih banyak. Ketika Edward kembali ke Inggris, ia mengalahkan Richard dan membunuhnya. Tak lama setelah itu, Ratu Margaret dan anaknya tiba di Inggris. Mereka juga kalah dalam pertempuran oleh Raja Edward dan tahtanya aman. Untuk memastikan hal ini, Edward mengatur agar Raja Henry VI terbunuh.

Sementara Edward berada jauh di Burgundy, istrinya, Elizabeth telah melahirkan seorang putra, Edward, yang diberi gelar Pangeran Wales. Dialah yang akan menjadi raja berikutnya. Edward memerintah dengan bantuan dari kedua saudaranya. George, yang pernah memberontak kini setia kepadanya, dan saudara termudanya, Richard, Adipati Gloucester. Masih ada pertengkaran antara mereka dengan keluarga Woodville yang sangat berkuasa. George dan Richard juga bertengkar satu sama lain, dan pada akhirnya Raja Edward harus menempatkan George di penjara, tempatnya meninggal.

Edward IV meninggal sangat tiba-tiba pada usia empat puluh. Putranya menjadi Raja Edward V dari Inggris, namun pemerintahannya tidak berlangsung lama. Adik Edward, Richard, Adipati Gloucester berpikir bahwa bukan ide yang baik bagi seorang anak untuk menjadi raja, dan ia mengambil tahta tersebut. Tidak ada yang benar-benar tahu apa yang terjadi pada dua putra Edward, yang dikenal sebagai Pangeran di Menara.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b thePeerage.com - Person Page 10187. Diakses pada 5 Desember 2009.
  2. ^ Biography of EDWARD IV - Archontology.org. Set sail on 2 October 1470 from England and took refuge in Burgundy; deposed as King of England on 3 October 1470.Diakses pada 5 Desember 2009.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Edward IV dari Inggris
Cabang kadet Wangsa Plantagenet
Lahir: 28 April 1442 Wafat: 9 April 1483
Gelar pemerintahan
Didahului oleh:
Henry VI
Raja Inggris
Penguasa Irlandia

1461–1470
Diteruskan oleh:
Henry VI
Raja Inggris
Penguasa Irlandia

1471–1483
Diteruskan oleh:
Edward V
Bangsawan Inggris
Didahului oleh:
Richard Plantagenet
Adipati York
1460 – 1461
Bergabung dengan Crown
Earl dari Cambridge
1460 – 1461
Earl dari March
1460 – 1461
Bangsawan Irlandia
Didahului oleh:
Richard Plantagenet
Earl dari Ulster
1460 – 1461
Bergabung dengan Crown