Richard III dari Inggris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Richard III
Richiii.jpg
Raja Inggris (selanjutnya...)
Memerintah 26 Juni 1483 – 22 Agustus 1485
Koronasi 6 Juli 1483
Pendahulu Edward V
Pengganti Henry VII
Pasangan Anne Neville
Anak
Edward dari Middleham, Pangeran Wales
Gelar dan jabatan
Raja
Adipati Gloucester
Lord Richard Plantagenet
Wangsa Wangsa York
Ayah Richard Plantagenet, Adipati York
Ibu Cecily Neville
Lahir 2 Oktober 1452
Kastil Fotheringhay, Northamptonshire
Meninggal 22 Agustus 1485 (umur 32)
Bosworth, Leicestershire
Dikubur Greyfriars (Franciscan Friary), Leicester[1]
Lambang negara Raja Richard III

Richard III (lahir 2 Oktober 1452 – meninggal 22 Agustus 1485 pada umur 32 tahun) adalah Raja Inggris yang berkuasa selama dua tahun, dari tahun 1483 sampai kematiannya pada tahun 1485 saat Pertempuran Bosworth. Dia adalah raja terakhir dari Wangsa York dan terakhir dari Wangsa Plantagenet. Kekalahannya pada Pertempuran Bosworth merupakan perang kepastian dari Perang Mawar dan kadang dianggap sebagai akhir dari abad pertengahan di Inggris.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Richard adalah anak bungsu dari Richard, Adipati York. Dia memiliki tiga saudara tua, yakni Edward, Edmund dan George. Ayah dan saudara keduanya, Edmund, tewas dalam pertempuran selama Perang Mawar. Saudara tertuanya, Edward, adalah prajurit yang sangat baik dan berhasil memenangkan tahta Inggris dalam pertempuran melawan raja yang sedang berkuasa, Raja Henry VI. Edward kemudian menjadi Raja Edward IV dari Inggris dan kedua saudaranya, George dan Richard, menjadi orang yang sangat kuat.

Richard menikahi Anne Neville, yang pernah menjadi teman keluarga ayahnya. Richard dan Anne telah saling kenal sejak mereka anak-anak, tetapi Anne telah dibawa ke Perancis, tempat ia menikah dengan Pangeran Wales, putra dari Henry VI dari Inggris. Ketika Pangeran Wales terbunuh dalam pertempuran, Anne menjadi janda dan segera menikah dengan Richard, meskipun telah menjadi musuh suaminya. Richard dan Anne tinggal di Kastil Middleham di bagian utara Inggris. Mereka memiliki satu anak yang bernama Edward. Richard sering bertengkar dengan saudaranya, George, yang menikah dengan Isabel, adik dari Anne. George adalah pembuat masalah dan ia membuat saudaranya, Raja Edward, sangat marah dan memasukkannya ke dalam penjara, tempat dimana ia meninggal.

Raja Edward menikah dengan seorang wanita bernama Elizabeth Woodville, yang memiliki keluarga besar. Dengan segera keluarganya menjadi sangat kaya dan mengambil semua posisi yang kuat di negara ini. Edward dan Elizabeth memiliki beberapa anak, termasuk dua anak laki-laki yang bernama Edward dan Richard.

Ketika Raja Edward meninggal, putra sulungnya, Edward V seharusnya menjadi raja berikutnya, tapi ia masih terlalu kecil. Richard telah diminta oleh raja untuk mengawasi dua anaknya tersebut. Richard khawatir sang raja muda yang baru ini tidak akan mampu memerintah negara dengan benar. Ia juga khawatir bila keluarga Woodville akan segera memberitahu raja apa yang harus dilakukan dan memerintah negaranya sendiri.

Richard pun mengambil tahta dari keponakannya tersebut, lalu Edward dan saudaranya dikirim ke Menara London. Kemungkinan mereka berdua dibunuh. Pada saat itu, banyak orang yang percaya bahwa Raja Richard telah menyuruh mereka untuk dibunuh, tetapi tidak ada yang benar-benar yakin apa yang terjadi pada mereka.

Telah ada banyak diskusi selama bertahun-tahun, apakah Richard III adalah raja yang baik atau raja yang buruk. Selama masa pemerintahannya yang hanya berlangsung dua tahun, dia sangat populer di bagian negara, khususnya di utara Inggris (tempat ia dilahirkan). Namun, ada cukup banyak orang yang membencinya untuk memastikan bahwa musuh-musuhnya mampu mengembangkan tentara yang besar untuknya dan mengalahkannya dalam pertempuran.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Richard tewas pada Pertempuran Bosworth pada tahun 1485. Dia adalah raja Inggris terakhir yang mati dalam pertempuran. Henry Tudor menggantikan posisinya sebagai raja.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Richard was originally buried in the Church of the Greyfriars, but his body was disinterred and lost during the Dissolution of the Monasteries – its current location is unknown

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Richard III dari Inggris
Cabang kadet Wangsa Plantagenet
Lahir: 2 Oktober 1452 Wafat: 22 Agustus 1485
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Edward V
Raja Inggris
Penguasa Irlandia

1483–1485
Diteruskan oleh:
Henry VII
Ciptaan baru Adipati Gloucester
ke-3
1461–1483
Bergabung dengan mahkota