Katherine Swynford

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Katherine Swynford
Adipati Wanita Lancaster
Makam Katherine[1]
Makam Katherine[1]
Pasangan Hugh Swynford
John dari Gaunt, Adipati Pertama Lancaster, Adipati Lancaster
Anak
Thomas Swynford
Blanche Swynford
Margaret Swynford
John Beaufort, Earl Pertama Somerset
Kardinal Henry Beaufort
Thomas Beaufort, Adipati Pertama Exeter
Joan Beaufort, Comtesse Westmorland
Wangsa Wangsa Lancaster (oleh pernikahan)
Ayah Payne de Roet
Lahir 25 November 1350
Meninggal 10 Mei 1403 (umur 52)

Katherine Swynford (juga disebut Synford), née (de) Roet (juga disebut (de) Rouet, (de) Roët, or (de) Roelt) (kemungkinan 25 Nopember 1350 – 10 Mei 1403), merupakan seorang putri Sir Payne (atau Paen/Pain/Paon) (de) Roet (juga disebut (de) Rouet, (de) Roët or (de) Roelt), orang Flandria herald dari Hainault.

Katherine menjadi istri ketiga John dari Gaunt, Adipati Pertama Lancaster, dan keturunan mereka adalah keluarga Beaufort, yang memainkan peranan utama di dalam Perang Mawar. Henry VII, yang menjadi Raja Inggris pada tahun 1485, memperoleh tuntutannya atas tahta dari ibunya Nyonya Margaret Beaufort, yang merupakan cicit Katherine Swynford.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Anak-anak Paganus Ruet (diragukan genealogi zaman modern Lindsay Brook dan penulis berikut Weir[2] sebagai "kemungkinan dikristenkan sebagai Gilles") termasuk Katherine, saudara perempuannya Philippa, seorang putra, Walter, dan saudara perempuannya yang tertua, Isabel (juga dipanggil Elizabeth) de Roet (Kanoninasi biara St. Waudru's, Mons, tahun 1366). Katherine biasanya dianggap sebagai anak bungsunya. Weir[2] memperdebatkan, berdasarkan penelaahan-nya dari bukti terbatas yang terpisah-pisah, bahwa Philippa adalah junior dan bahwa kedua akan-anak tersebut berasal dari pernikahan kedua.

Paon de Ruet didirikan lebih lama, di dalam dokumen sah, di dalam bentuk Paganus de Rodio — ditujukan pada Rodium, bentuk abad pertengahan Latin yang berhubungan dengan Roeulx, atau Le Rœulx, nama sebuah kota dengan 3000 orang penduduk, 8 mil timur-laut Mons, di atas jalan tol yang mengarah dari Mons ke Nivelle. Paon de Ruet mungkin telah didorong untuk mencari peruntungan di Inggris dengan membaca dari eksploitasi Fastre de Ruet, yang menemani John dari Beaumont pada tahun 1326, ketika, dengan 300 pengikutnya, ia pergi untuk membantu Inggris melawan Skotlandia. Fastre merupakan adik laki-laki maharaja terakhir Roeulx keturunan dari para Bangsawan Hainault. Ia dan saudara laki-lakinya Eustace jatuh ke dalam teluk, dan diharuskan membuang harta mereka di daratan. Fastre meninggal pada tahun 1331, dan dimakamkan di dalam sebuah gereja biara di Roeulx, sewaktu saudaranya Eustace hidup sampai tahun 1336. Paon seperti Fastre, seorang adik — mungkin dari garis agunan.

Pada tahun 1347, Ruet dikirim ke kedudukan Calais, dan merupakan satu dari dua ksatria yang mewakili oleh Ratu Philippa untuk melakukan keliling di sekitar rakyat yang telah ia selamatkan.

[Froissart, 5.215 : "Et au matin elle fist donner a casqun sys nobles [say, $150], et Ies fist conduire hors de l'oost par messire Sanse d'Aubrecicourt et messire Paon de Ruet, si avent que il vorrent, et que il fu avis as deus chevaliers que il estoient hors dou peril, et au departir il les commanderent a Dieu, et retournerent li chevalier en l'oost."] Ia telah kembali ke wilayah Hainault, kemungkinan pada tahun 1349, dan Katherine dilahirkan pada tahun berikutnya.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Tahun kelahiran Katherine adalah 1350 dan tanggalnya diperkirakan 25 Nopember, karena hari itu merupakan hari dari pelindungnya, Santa Catherine dari Alexandria. Keluarganya kembali ke Inggris pada tahun 1351, dan sepertinya Katherine tinggal disana selama ayahnya terus melakukan perjalanan.

Katherine menikah di Gereja St Clement Danes, Strand, London di sekitar tahun 1366 dengan "Hugh" Ottes Swynford, seorang ksatria dari tanah bangsawan Kettlethorpe di Lincolnshire, putra Thomas Swynford dan Nicole Druel. Katherine juga diketahui memiliki anak darinya : Thomas (21 September 1368 – 1432), Blanche (lahir 1 Mei 1367), dan mungkin Margaret Swynford (lahir tahun 1369), yang adalah seorang biarawati yang dinominasikan di Biara Barking yang terkenal atas perintah Richard II. Tuntutan atas seorang anak atau cucu yang bernama "Dorothy" kemungkinan besar dari seorang karakter di dalam novel Anya Seton yang berubah menjadi basis dari spekulasi oleh R.E.G. Cole, yang gagal menyajikan sebuah sumber. Nama "Dorothy" tidak muncul dipakai di Inggris sampai pertengahan akhir abad ke-15.

Kadang-kadang setelah kematian Blanche pada tahun 1369, namun sebelum pernikahan kedua Adipati, Katherine dan John memiliki sebuah hubungan yang romantis yang membuahkan 4 orang anak yang lahir di luar pernikahan - namun juga merupakan sebuah hubungan seumur hidup pasangan tersebut. 2 tahun setelah kematian istri kedua Adipati, Infanta Constanza dari Kastilia, Katherine dan John dari Gaunt, Adipati Pertama Lancaster menikah pada tanggal 13 Januari 1396 di Katedral Lincoln. Catatan dari pernikahan mereka terdapat di dalam daftar Tower and elsewhere : 'John dari Ghaunt, Adipati Lancaster, menikahi Katharine putri Raja Guyon dari Armes pada masa ke-3 Raja Edward, dan Geffrey Chaucer saudara perempuannya'. Keempat anak John dan Katherine memiliki nama keluarga "Beaufort" dan disahkan sebagai orang dewasa oleh orangtua mereka ' pernikahan dengan persetujuan Raja dan Paus. Meskipun disahkan, Beaufort dilarang untuk mewarisi tahta dengan klausul di dalam tindakan legitimasi yang dimasukkan oleh saudara tiri mereka, Henry IV, meskipun sarjana modern memperdebatkan otoritas seorang monarki untuk mengubah sebuah undang-undang parlemen yang ada. Hal ini kemudian ditarik kembali oleh monarki selanjutnya Edward VI, menempatkan keturunan Katherine kembali di antara garis legitimasi pewaris, meskipun sebenarnya, Dinasti Tudor adalah keturunan langsung putra tertua John dan Katherine, John Beaufort.

Makam Katherine Swynford pada tahun 1809

Katherine hidup lebih lama 4 tahun daripada John, ia wafat pada tanggal 10 Mei 1403. Ia kemudian adalah janda Istri Adipati Lancaster. Makamnya, dan makam putrinya, Joan Beaufort, berada dibawah kanopi ukiran batu di dalam tempat sembahyang Katedral Lincoln. Makam Joan lebih kecil dari dua makam lainnya; keduanya didekorasikan dengan plat kuningan — penuh dengan presentasi di atasnya, dan perisai kecil lambang di sekeliling sisinya dan diatasnya — namun itu rusak dan hancur pada tahun 1644 selama Perang Saudara Inggris. Sketsa dari Dugdale mencatat kemunculan mereka.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Oleh Hugh Swynford:

Dengan John dari Gaunt:

Lambang yang dibuat untuk Katherine Swynford: tiga emas Roda Catherine ("roet" berarti "roda kecil" di dalam Perancis Kuno) dengan latar belakang merah.

Dalam kesusastraan[sunting | sunting sumber]

Katherine Swynford merupakan subyek dari novel Anya Seton Katherine (dipublikasikan tahun 1954) dan buku Alison Weir tentang biografi Katherine Swynford: The Story of John of Gaunt and his Scandalous Duchess (ISBN 0-224-06321-9). Swynford juga merupakan sebuah subyek di dalam buku sejarah Jeannette Lucraft biografi Katherine Swynford: The History of a Medieval Mistress. Buku ini mencari kedudukan Swynford sebagai sebuah figur yang berkuasa di dalam politik pada abad ke-14 di Inggris dan sebuah contoh dari kemampuan seorang wanita untuk memanipulasi sosial kontemporer untuk keuntungannya sendiri.

Referensi dan bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  1. ^ lukisan makam Katherine Swynford pada tahun 1640 dan putrinya Joan Beaufort di dalam Katedral Lincoln dirampok pada tahun 1644 oleh Roundheads
  2. ^ a b Weir, Alison (2007). Katherine Swynford: The story of John of Gaunt and his Scandalous Duchess. London: Jonathan Cape. ISBN 0224063219.