John dari Gaunt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
John dari Gaunt
Adipati Lancaster; Adipati Aquitania
PenerusHenry IV Bolingbroke, Raja Inggris (Adipati Kedua dari Lancaster dan Aquitania)
Informasi pribadi
Pemakaman
WangsaWangsa Plantagenet (melalui kelahiran)
Wangsa Lancaster (Pendiri)
AyahEdward III dari Windsor, Raja Inggris
IbuPhilippa dari Hainault
PasanganBlanche dari Lancaster
menikah 1359; Desember 1369
Infanta Constanza dari Kastilia
menikah 1371; Desember 1394
Katherine Swynford
menikah 1396; menjanda 1399
AnakPhilippa, Ratu Portugal
Elizabeth dari Lancaster, Adipati Wanita Exeter
Henry IV Bolingbroke, Raja Inggris
Catherine, Ratu Kastilia
John Beaufort, Earl Pertama Somerset
Kardinal Henry Beaufort
Thomas Beaufort, Adipati Exeter
Joan Beaufort, Comtesse Westmorland

John dari Gaunt, (Adipati Pertama Lancaster, 6 Maret 1340 – 3 Februari 1399) adalah anggota keluarga dari Wangsa Plantagenet, putra ketiga yang selamat dari Raja Edward III dari Inggris dan Philippa dari Hainault. Ia disebut "John dari Gaunt" karena ia dilahirkan di Ghent (nama modern Belgia), Gaunt dalam terjemahan ke dalam bahasa Inggris.

John terlatih oleh pengaruh yang besar atas tahta Inggris selama keponakannya masih kecil, Richard II, dan selama periode berikutnya perselisihan politik, tetapi tidak diperkirakan terjadi di antara penentang Raja.

Pewaris sah John dari Gaunt Lancaster yang lainnya (partai lain di dalam Perang Mawar, York, adalah putra saudaranya, Edmund), termasuk Raja Henry IV, Henry V, dan Henry VI. Keturunan sah yang lainnya termasuk putri-putrinya Ratu Philippa dari Portugal, istri John I dari Portugal dan ibu Raja Edward dari Portugal, dan Elizabeth dari Lancaster, Adipati Wanita Exeter, ibu John Holland, Adipati Kedua Exeter, melalui istri pertamanya, Blanche; dan melalui istri keduanya, Constance, John adalah ayah Ratu Catherine dari Kastilia, istri Henry III dari Kastilia dan ibu John II dari Kastilia. John merupakan ayah dari 5 orang anak di luar pernikahan, 1 dari dayang ibunya, dan 4 yang bernama "Beaufort", oleh Katherine Swynford, gundik Gaunt dan ketiga istrinya. Keturunan Beaufort, 3 orang putra dan seorang putri, disahkan oleh dekret kerajaan dan keuskupan setelah John dan Katherine menikah pada tahun 1396. Keturunan dari pernikahan ini termasuk Henry Beaufort, Uskup Agung Winchester dan Kardinal; Joan Beaufort, Comtesse Westmorland, nenek Raja Edward IV dari Inggris dan Richard III dari Inggris; dan John Beaufort, Earl Pertama Somerset, kakek buyut Raja Henry VII.

Ketika John wafat pada tahun 1399, wilayahnya dirampas sebagai denda karena Raja Richard II membuang putra dan pewaris John ke pengasingan, Henry Bolingbroke, pada tahun 1398. Bolingbroke kembali dari pengasingan untuk menuntut warisannya dan menggulingkan Richard. Bolingbroke kemudian memerintah sebagai Raja Henry IV dari Inggris (1399–1413), keturunan pertama John dari Gaunt yang memegang tahta kerajaan Inggris.

John dimakamkan di sisi istri pertamanya, Blanche dari Lancaster, dibagian tengah Katedral Kuno Santo Paulus di makam alabaster yang dirancang oleh Henry Yevele (yang serupa dengan makam putranya yang terletak di Katedral Canterbury).

Kastil Kenilworth, sebuah benteng besar dan luas yang dimodernisasi dan diberi ruangan baru yang luar biasa oleh John setelah tahun 1350.
Lambang John yang menajamkan kerajaan atas Kastilia dan Leon, digabungkan dengan kastil Kastilia dan singa dengan lili dari Prancis dan singa dari Inggris

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Seorang wanita dan Unicorn - kemungkinan Blanche dari Lancaster
Sebuah gambar yang berasal dari tahun 1640 di makam Katerine Swynford dan putrinya Joan Beaufort
Lambang kerajaan dengan label tiga poin cerpelai

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Weir, Alison., Katherine Swynford the story of John of Gaunt and his scandalous duchess (London, 2008) pg. 43
  2. ^ Leese, Thelma Anna, Blood royal: issue of the kings and queens of medieval England, 1066-1399, (Heritage Books Inc., 1996), 219.
  3. ^ a b G.E. Cokayne; with Vicary Gibbs, H.A. Doubleday, Geoffrey H. White, Duncan Warrand and Lord Howard de Walden, editors, The Complete Peerage of England, Scotland, Ireland, Great Britain and the United Kingdom, Extant, Extinct or Dormant, new ed, 13 volumes in 14 (1910-1959 reprint in 6 volumes, Gloucester, U.K. Alan Sutton Publishing, 2000), volume XII/2, page 908 Hereinafter cited as The Complete Peerage
  4. ^ Leese, Thelma Anna, Blood royal: issue of the kings and queens of medieval England, 1066-1399, (Heritage Books Inc., 1996), 222.

Bacaan Selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Armitage-Smith, Sydney (1904) John of Gaunt, King of Castile and Leon, Duke of Lancaster, &c. London: Constable
  • Cantor, Norman F. (2004) The Last Knight: the Twilight of the Middle Ages and the Birth of the Modern Era New York: Free Press, 2004
  • Goodman, Anthony (1992) John of Gaunt: the Exercise of Princely Power in Fourteenth-Century Europe. New York: St. Martin's Press
  • Walker, Simon (1990) The Lancastrian Affinity, 1361–1399 Oxford: Clarendon Press

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

John dari Gaunt
Lahir: 6 Maret 1340 Meninggal: 3 Februari 1399
Jabatan politik
Didahului oleh:
Henry dari Grosmont
Maharaja Pengurus Agung
1362–1399
Diteruskan oleh:
Henry Bolingbroke
Bangsawan Inggris
Ciptaan baru Adipati Lancaster
1362–1399
Diteruskan oleh:
Henry Bolingbroke
Didahului oleh:
Henry dari Grosmont
Earl Leicester
Earl Lancaster
Earl Derby

1361–1399
Ciptaan baru Earl Richmond
1342–1372
menyerah
Bangsawan Prancis
Ciptaan baru Adipati Aquitania
1390–1399
Diteruskan oleh:
Henry Bolingbroke
Didahului oleh:
Constance
Diteruskan oleh:
Katherine