Bondi Beach, New South Wales

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bondi Beach
SydneyNew South Wales
Bondi2.jpg
Bondi Beach
Jumlah penduduk: 10,373 (sensus 2006)[1]
Didirikan: 1851
Kode pos: 2026
Nilai Properti: AUD $1,155,000 (2009)
Letak: 7 km (4 mi) timur dari Sydney CBD
LGA: Waverley Council
Distrik Negara Bagian: Vaucluse
Divisi Federal: Wentworth
Pinggiran kota di sekitar Bondi Beach:
Bellevue Hill Rose Bay North Bondi
Bondi Junction Bondi Beach Laut Tasman
Bondi Bondi Tamarama
Bondi Beach dilihat dari North Bondi

Bondi Beach (diucapkan "BOND-ai", atau /'bɒndaɪ/) adalah sebuah pantai terkenal dan nama pinggiran kota sekitar di Sydney, Australia. Bondi Beach terletak 7 kilometer di timur distrik bisnis pusat Sydney, di wilayah pemerintah lokal Waverley Council, in the Eastern Suburbs. Bondi, North Bondi dan Bondi Junction adalah pinggiran kota tetangga.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

"Bondi" atau "Boondi" adalah sebuah kata Aborigin yang berarti air yang pecah di antara batuan atau suara air yang pecah di antara batuan.[2] Australian Museum mencatat bahwa Bondi berarti tempat di mana sejumlah nulla dilakukan.

Tahun 1809, pembangun jalan William Roberts menerima hadiah tanah di daerah ini.[3] Tahun 1851, Edward Smith Hall dan Francis O'Brien membeli wilayah Bondi seluas 200 acre (0.81 km2) yang mencakup sebagian besar tepi pantai, yang ia namai "The Bondi Estate." Hall adalah ayah ipar O'Brien. Antara 1855 dan 1877 O'Brien membeli saham tanah ayah iparnya, mengganti namanya menjadi "O'Brien Estate," dan menjadikan pantai dan tanah sekitarnya dibuka untuk umum sebagai sebuah tempat piknik dan resor hiburan. Ketika pantai ini semakin populer, O'Brien mengancam untuk menghentikan akses pantai umum ini. Tetapi, Dewan Kotamadya percaya bahwa Pemerintah harus ikut campur agar menjadikan pantai ini sebuah cagar umum. Tanggal 9 Juni 1882, Bondi Beach menjadi sebuah pantai umum.[butuh rujukan]

Tanggal 6 Februari 1938, 5 orang tenggelam dan lebih dari 250 lainnya diselamatkan setelah serangkaian gelombang besar menghantam pantai dan menarik orang-orang kembali ke laut, satu hari yang dikenal sebagai as "Black Sunday" (Minggu Hitam).[4]

Bondi Beach adalah sebuah pinggiran kelas pekerja sepanjang abad ke-21. Setelah Perang Dunia II, Bondi Beach dan Eastern Suburbs menjadi rumah bagi migran Yahudi dari Polandia, Rusia, Hungaria, Cekoslovakia dan Jerman, sementara arus stabil imigrasi Yahudi berlanjut pada abad ke-21 dari Afrika Selatan, Rusia dan Israel, dan daerah ini memiliki sejumlah sinagoga, toko daging kosher dan Hakoah Club.

Sebuah peraturan[5] yang mengatur kesopanan pakaian renang diberlakukan antara 1935 dan 1961, dan menyebabkan kontroversi publik karena "bikini" mulai populer setelah Perang Dunia II. Inspektur pantai Waverley Council, termasuk Aub Laidlaw yang legendaris, bertanggungjawab atas pemberlakuan hukum ini dan diminta mengukur dimensi pakaian renang dan menghukum pelanggar yang melawan kesopanan umum di pantai ini. Peraturan ini semakin anakronistik selama 1950-an dan digantikan pada 1961 dengan hukum yang meminta para perenang "ditutupi pakaian renang yang layak", membolehkan pengadilan kesopanan yang lebih subyektif. Pada 1980-an, perenang dada terbuka semakin umum di Bondi Beach, khususnya di ujung selatan.[6]

Sydney's Water Board mengelola sebuah selokan bawah tanah yang tak terawat tidak jauh dari ujung utara pantai yang ditutup pada pertengahan 1990-an ketika sebuah muara sungai samudera dalam selesai dibangun.

Pantai[sunting | sunting sumber]

'Bondi Bay' - sebuah foto dari tahun 1900 dari Powerhouse Museum

Bondi Beach memiliki panjang sekitar satu kilometer dan menerima banyak pengunjung sepanjang tahun. Surf Life Saving Australia memberikan penilaian bahaya yang berbeda terhadap Bondi Beach pada 2004. Sementara ujung utara dinilai 4 (10 paling berbahaya), ujung selatan dinilai 7 karena arus terbelah yang dikenal sebagai "Backpackers' Express" dan dekat dengan perhentian bus, dan ketidakmauan turis berjalan di sepanjang pantai untuk berenang. Ujung selatan pantai ini dikhususkan untuk berselancar. Bendera kuning dan merah menetapkan daerah renang yang aman, dan pengunjung disarankan untuk berenang di antara kedua bendera. [7]

Terdapat sebuah jaring hiu bawah air yang dibagi selama musim panas dengan pantai lain di bagian selatan tepi laut. Perut paus dan lumba-lumba terlihat di teluk ini selama bulan-bulan migrasi. Penguin kecil, yang tidak umum, kadang-kadang terlihat berenang dekat dengan pantai.

Tahun 2007, Rekor Dunia Guinness untuk foto pakaian renang terbesar dicetak di Bondi Beach, dengan 1.010 wanita mengenakan bikini ikut berpartisipasi.[8]

Bondi Beach dimasukkan dalam Australian National Heritage List tahun 2008.[9]

Bondi pano.jpg

Olahraga dan rekreasi[sunting | sunting sumber]

Bondi Beach adalah titik akhir dari City to Surf Fun Run yang diadakan setiap tahun bulan Agustus. Lomba ini menarik lebih dari 63.000 pendaftar yang menyelesaikan lari 14 km dari distrik bisnis pusat Sydney ke Bondi Beach. Aktivitas tahunan lainnya di Bondi Beach meliputi Flickerfest, festival film pendek internasional pertama Australia pada Januari, Hari Lingkungan Dunia [10] di bulan Juni, dan Sculpture By The Sea di bulan November. Selain banyak aktivitas tersebut, Bondi Beach Markets dibuka setiap Minggu. Banyak turis Irlandia dan Britania menghabiskan Hari Natal di pantai ini.

Sebuah Oceanway menghubungkan Bondi ke South Head di utara dan pantai lain di selatan hingga Coogee.

Bondi Beach mengadakan kompetisi voli pantai pada Olimpiade Musim Panas 2000. Sebuah stadion sementara berkursi 10.000, satu stadion lebih kecil, dan 3 lapangan latih didirikan untuk mengadakan turnamen ini.

Lifesaving Club[sunting | sunting sumber]

Bondi Bathers Surf Lifesaving Club [11] adalah klub penyelamat selancar pertama di dunia dan North Bondi Surf Lifesaving Club adalah sebuah klub federasi. Kedua klub didirikan tahun 1907. Anggota Bondi menemukan tali selancar dan banyak benda penyelamat lain. Penyelamat Selancar dari kedua klub terlibat dalam penyelamatan terbesar yang pernah terjadi dalam satu hari, dikenal sebagai 'Minggu Hitam'. Bondi memegang medali emas Australian Surf Lifesaving Championship terbanyak untuk R&R (rescue & resuscitation; penyelamatan & penyadaran) dan North Bondi memegang medali emas terbanyak untuk March Past.[butuh rujukan]

Bondi Icebergs[sunting | sunting sumber]

Pendirian The Swimming Club terjadi pada tahun 1926 dan berdiri atas keinginan sebuah kelompok penyelamat lokal yang ingin mempertahankan kebugaran mereka selama musim dingin. Mereka membentuk Bondi Icebergs Winter Swimming Club dan membua sebuah konstitusi dan memilih para pejabatnya. Termasuk dalam konstitusi ini sebuah peraturan untuk mempertahankan keanggotaan adalah suatu kewajiban sehingga para perenang bersaing pada tiga dari empat Minggu selama lima tahun.

The Icebergs menjadi terlisensi pada 1960 dan anggotanya pindah dari sebuah kantor kecil ke kantor mewah dengan bar dan mesin poker. Sebuah pembaruan dilakukan pada 1970-an yang membolehkan klub ini beroperasi di gedung dua tingkat. Tahun 1994, anggota wanita diterima dan pada 2002 klub ini membuka kantor baru.

Wilayah komersial[sunting | sunting sumber]

Bondi Beach memiliki sebuah wilayah komersial di sepanjang Campbell Parade dan tepi jalan terdekat. Bondi Beach memiliki banyak kafe, restoran dan hotel terkenal, dengan pemandangan menakjubkan menghadap pantai. Hotel Bondi adalah markah tanah terkenal yang terletak di seberang pantai dan memiliki sejumlah bar dan restoran tereknal. Swiss Grand Hotel Bondi Beach juga merupakan pembangunan markah tanah di seberang pantai.

Bondi Pavilion adalah sebuah pusat budaya masyarakat, terletak di Bondi Beach, yang memiliki sebuah teater, galeri, ruang latih, pertemuan dan serbaguna, lokakarya seni, studio, dan lainnya. Bondi Pavilion adalah pusat bagi pertunjukan festival besar sepanjang tahun.

Budaya dan acara[sunting | sunting sumber]

Sejumlah festival dan acara seperti pentas kecantikan Miss Bondi tahunan telah menjadikan Bondi Beach sebuah tujuan terkenal di antara para pengunjung. Pantai ini sejak lama menarik perhatian penyair termasuk Joanne Burns, Les Murray dan Brook Emery. Sebuah kompetisi papan luncur bernama Bowl-a-Rama diadakan pada Februari setiap tahun.

Budaya pop[sunting | sunting sumber]

Bondi Beach digunakan sebagai lokasi pada beberapa film, serial televisi Australia dan internasional juga video musik dan permainan video.

  • Versi film 1959 Summer of the Seventeenth Doll menampilkan karakter meminum bir di Bondi Iceberg's Club.
  • Bondi Rescue adalah sebuah serial televisi yang difilmkan di Bondi Beach.
  • Bondi Vet adalah sebuah serial televisi yang difilmkan di Bondi Beach dan pinggiran sekitarnya.
  • Breakers adalah sebuah serial drama televisi yang difilmkan di sekitar Bondi Beach.
  • The Block adalah sebuah serial televisi Australia, musim pertama difilmkan di Bondi Beach.
  • Duo hip-hop Amerika Serikat People Under the Stairs merekam bagian dari lagu mereka, The Wiz, di Bondi Beach.
  • Tony Hawks Underground 2's Level Australia adalah sebuah permainan video yang berlatar Bondi Beach.
Rumah sang petapa di Bondi Beach

Jumlah penduduk[sunting | sunting sumber]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Sebuah artikel di Sydney Morning Herald, 6 Desember 1997 mencatat modernisasi yang meningkat di daerah ini. Pantai ini masih menjadi sebuah komunitas yang beragam. Menurut sensus 2006, ada 10.373 orang yang menetap di Bondi Beach. Negara kelahiran penduduknya adalah Australia 41.0%, diikuti Inggris 6.2%, Selandia Baru 3.8%, Afrika Selatan 1.9%, Irlandia 1.3% dan Perancis 1.1%. Bahasa Inggris adalah satu-satunya bahasa yang dituturkan di rumah oleh 58.4% penduduk. Bahasa yang paling umum selain Inggris yang dituturkan di rumah ialah: Rusia 2.0%, Spanyol 1.4%, Perancis 1.4%, Jerman 1.2% dan Yunani 0.9%. Respon umum untuk afiliasi keagamaan untuk penduduk adalah Tak Ada Agama 20.7%, Katolik 18.5%, Anglikan 10.0%, Judaisme 8.0%, dan Ortodoks Timur 2.0%.

Penduduk terkenal[sunting | sunting sumber]

  • James Packer, pebisnis
  • Larry Emdur, presenter TV
  • Bulan Maret 2007, Waverley Council memulai pengusiran seorang petapa dari sebuah tempat yang menghadap pantai. Jhyimy "Two Hats" Mhiyles datang ke pantai ini selama Olimpiade Musim Panas 2000. Sejak itu ia telah menjadi selebriti lokal karena gaya hidupnya dan pembacaan puisi bagi para pengunjung. Penduduk dan turis membuat petisi berjudul "selamatkan orang gua" yang membolehkan Jhyimy terus menetap tapi dengan peraturan tertentu.[12][13]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Australian Bureau of Statistics (25 October 2007). "Bondi Beach (State Suburb)". 2006 Census QuickStats. Diakses 2008-02-28. 
  2. ^ Book of Sydney Suburbs, Frances Pollon (Angus and Robertson) 1990
  3. ^ Book of Sydney Suburbs
  4. ^ Welcome to Waverley Library
  5. ^ NSW Local Government Act, Ordinance No. 52 (1935)
  6. ^ Waverley Library Local History Bikini arrests on Bondi Beach
  7. ^ [1]
  8. ^ "Beach babes shore up bikini record". Herald Sun. Diakses 2008-05-28. 
  9. ^ Sydney Morning Herald, 1st January 2009, p.18
  10. ^ World Environment Day
  11. ^ Bondi Bathers Surf Lifesaving Club
  12. ^ Caveman allowed to stay
  13. ^ 'Save the Caveman' Petition

Pranala luar[sunting | sunting sumber]