Hyde Park, Sydney

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sebuah jalan yang dijajari pohon tin di Hyde Park, Sydney, Australia

Hyde Park adalah sebuah taman besar di Sydney, New South Wales, Australia. Hyde Park terletak di sisi timur distrik bisnis pusat Sydney. Merupakan taman paling selatan dari sejaringan taman yang memanjang dari utara ke pesisir Port Jackson (Sydney Harbour). Membentuk sebuah bujur sangkar sembarang, persegi di ujung selatan dan bulat di ujung utara, berbatasan di barat dengan Elizabeth Street, di timur dengan College Street, di utara dengan St. James Road dan Prince Albert Road dan di selatan dengan Liverpool Street.

Di sekitar taman terletak Supreme Court of New South Wales, St. James Church, Hyde Park Barracks dan Sydney Hospital di utara, St Mary's Cathedral, Australian Museum dan Sydney Grammar School di timur, Downing Centre di selatan, toko David Jones Limited dan CBD di barat. Taman ini dibelah di tengah oleh Park Street yang membentang timur-barat.

Monumen[sunting | sunting sumber]

Archibald Fountain
Air mancur, Hyde Park, Sydney

Bagian tengah Hyde Park adalah Archibald Fountain. Air mancur ini dirancang oleh François Sicard dan disumbang oleh J.F. Archibald tahun 1932 untuk menghargai kontribusi Australia pada Perang Dunia I di Perancis. Juga di ujung utara adalah Nagoya Gardens yang memiliki papan catur raksasa dan pintu masuk ke stasiun kereta St. James.

Di ujung selatan taman adalah ANZAC War Memorial di belakang 'Lake of Reflections' atau 'Pool of Remembrance' dan pintu masuk ke stasiun kereta Museum. Sebuah monumen berisi senjata 104 milimeter dari kapal ringan Jerman SMS Emden berdiri di pintu masuk tenggara taman di Oxford Street.

Bagian barat, atau sisi Elizabeth Street, di pintu masuk taman di Bathurst Street, berdiri Obelisk setinggi 125 kaki yang didekorasi bergaya Mesir. Didirikan tahun 1857 dan diresmikan oleh Walikota George Thornton. tapi monumen ini sebenarnya sebuah ventilasi selokan bawah tanah, dan seluruh kota menyebutnya 'Thornton's Scent Bottle'.[1] Lebih jauh ke selatan dari tempat ini adalah monumen lain terinspirasi Timur Tengah oleh Independent Order of Odd Fellows ditujukan pada orang-orang Sydney yang gugur pada Perang Besar.

Gambar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Thornton's Scent Bottle". Water, Water Everywhere: a Virtual Historical Exhibition. Sydney City Council. Diakses 14 February 2007. 
  • Pollard, Jack (1990) Australia Test Match Grounds London: Willow Books
  • Vamplew, Wray; Moore, Katharine; O'Hara, John; Cashman, Richard; and Jobling, Ian [editors] (1997) The Oxford Companion to Australian Sport Second Edition Melbourne: Oxford University Press


Koordinat: 33°52′24″LU 151°12′41″BT / 33,87333°LS 151,21139°BT / -33.87333; 151.21139