Darling Harbour, New South Wales

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Darling Harbour dari Pyrmont Bridge

Darling Harbour, adalah sebuah pemukiman di Sydney, New South Wales, Australia. Merupakan daerah rekreasi dan pejalan kaki besar yang terletak di pinggiran luar barat Sydney Central Business District. Pemukiman ini membentang ke utara dari Chinatown, di sepanjang tepi Cockle Bay hingga King Street Wharf di timur, dan ke kota pinggiran Pyrmont di barat. Cockle Bay hanyalah salah satu aliran air yang ikut membentuk Darling Harbour, yang berakhir ke utara masuk ke Port Jackson.

Daerah ini dan sekitarnya dikelola secara independen oleh wilayah pemerintah lokal City of Sydney, dan otoritas pemerintah negara bagian New South Wales, Sydney Harbour Foreshore Authority.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Darling Harbour 1900

Darling Harbour dinamai mengikuti Letnan-Jenderal Ralph Darling, yang menjabat sebagai Gubernur New South Wales sejak 1825 hingga 1831. Aslinya merupakan bagian dari pelabuhan dagang Sydney, termasuk Darling Harbour Railway Goods Yard. Selama Depresi Besar, bagian timur Darling Harbour (Barangaroo) mulai dikenal sebagai The Hungry Mile, karena banyak pekerja tepi air yang mencari pekerjaan di sepanjang dermaga. [1]

Pad pertengahan hingga akhir 1980-an daerah ini mulai ditinggalkan dan dipugar menjadi daerah pejalan kaki dan turis sebagai inisiatif Menteri Pekerjaan Umum New South Wales, Laurie Brereton. Sydney Convention and Exhibition Centre di Darling Harbour adalah tempat diadakannya Olimpiade Musim Panas 2000 dan tempat pertemuan kunci pada APEC Australia 2007.

Tempat wisata[sunting | sunting sumber]

Feri South Steyne di luar Australian National Maritime Museum
Darling Harbour dengan Sega World Sydney yang telah ditutup di depan

Darling Harbour adalah rumah bagi sejumlah fasilitas umum dan tempat wisata besar, yaitu:

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Darling Harbour terhubung dengan CBD oleh Sydney Monorail melalui beberapa stasiun. Sebuah dermaga feri dekat Sydney Aquarium memberikan akses ke layanan feri Inner Harbour, yang menjalankan operasi ke Circular Quay dan pinggiran lainnya.

Langit-langit Sydney dari Darling Harbour pada malam hari

Pemugaran[sunting | sunting sumber]

East Darling Harbour adalah bagian dari pembangunan pembaruan urban massal. Rencana untuk situs seluas 18 hektare ini meliputi pembangunan setengah bisnis dan penghunian, sementara setengah lainnya untuk tempat terbuka. Pemerintah negara bagian NSW mengumumkan rencana "Globe Street", sebuah jalan yang dirancang menjadi pusat perdagangan korporat Australia dan Asia Pasifik (bergaya distrik "Wall Street" New York). Pembangunan pembaruan urban ini belum diperkirakan selesai hingga 2020. East Darling Harbour akan dinamai Barangaroo.

Wilayah ini adalah tempat Sydney Port Authority dan memiliki sebuah Overseas Passenger Terminal (Wharf 8) yang digunakan terutama oleh Pacific Dawn yang merupakan armada P&O Australia dan pernah dilayani oleh Pacific Sun yang sekarang ditempatkan di Brisbane. MS Sun Princess yang dioperasikan Princess Cruises juga menggunakan Darling Harbour sebagai pelabuhan utamanya.

Daerah ini digunakan sementara untuk World Youth Day 2008. Ada beberapa acara, termasuk di antaranya dibuka untuk umum.

Budaya pop[sunting | sunting sumber]

Darling Harbour adalah lokasi kediaman musiman acara TV realitas MTV, The Real World: Sydney, yang mengudara pada 2007. Rumah ini memiliki papan "Darling Harbour" besar di sepanjang tepinya, dan bangunan tinggi World Tower bisa dilihat di belakangnya.

Film Mighty Morphin' Power Rangers: The Movie, dibuat di Sydney, memperlihatkan sejumlah adegan di Darling Harbor. Acara musik TV sabtu pagi di Seven Channel, Eclipse Music TV disiarkan setiap minggu di pusat perbelanjaan Harbourside.

Pemandangan Darling Harbour[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hungry Mile gets minor role". The Sydney Morning Herald. September 12, 2006. 
  2. ^ IMAX Sydney | World's Biggest Screen

Pranala luar[sunting | sunting sumber]