Royal Botanic Gardens, Sydney

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Royal Botanic Gardens, Sydney

Royal Botanic Gardens di Sydney, Australia, adalah kebun terpenting dari tiga kebun botani yang dibuka untuk umum di Sydney (lainnya adalah Mount Annan Botanic Garden dan Mount Tomah Botanic Garden.) Taman ini, dikelola bersama daerah The Domain di dekatnya, dan gratis masuk dan dibuka setiap hari sepanjang tahun.

Letak dan daerah[sunting | sunting sumber]

The Botanic Gardens terletak menghadap Farm Cove, di timur Sydney Opera House, Circular Quay dan Macquarie Street. Di sisi selatan, terdapat Cahill Expressway dan di sisi timur, Art Gallery Road. Luasnya 30 hektar[1].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kolam dan kebun
Pyramid Glasshouse
Kolam
Burung Rubah Terbang Kepala Abu-Abu bersarang di kebun botani

Pertanian pertama di benua Australia, 'sembilan ekar jagung' di Farm Cove, didirikan tahun 1788 oleh Gubernur Phillip. Meskipun pertanian ini gagal, tanahnya sering ditanami pada waktu itu, sementara mencari cara agar tanah yang tak subur bisa produktif.

The Botanic Gardens didirikan di tempat ini oleh Gubernur Macquarie tahun 1816 sebagai bagian dari Domain Gubernur. Sejarah koleksi dan pembelajaran tanaman berawal dengan penunjukan Botanis Kolonial pertama, Charles Fraser, tahun 1817. The Botanic Gardens adalah institut ilmiah tertua di Australia dan, sejak hari-hari pertamanya, kebun ini memainkan peran besar dalam penyesuaian tanaman yang datang dari daerah lain.

Setelah berbagai botanis dan pengelola kolonial, termasuk Richard dan Allan Cunningham bersaudara, keduanya juga penjelajah awal, John Carne Bidwill ditunjuk sebagai Direktur pertama tahun 1847. Ia digantikan pada tahun selanjutnya oleh Charles Moore, seorang Skotlandia yang bersekolah di Botanic Gardens of Trinity College, Dublin. Moore, Direktur selama 48 tahun (1848–96), memberikan sumbangan besar terhadap pengembangan Botanic Gardens dalam bentuknya saat ini. Ia menyelesaikan masalah tanah buruk, air tak memadai dan pemotongan dana untuk membangun sebagian Gardens dalam bentuk yang kita lihat sekarang. The Palm Grove, di jantung Royal Botanic Gardens, adalah pengingat jerih payahnya selama ini, yang merupakan tanah reklamasi di belakang dinding laut Farm Cove yang menambahkan luas Royal Botanic Gardens.

Tahun 1862, kebun binatang pertama Sydney dibuka di dalam Botanic Gardens dan tetap di sana hingga 1883, ketika sebagian isinya dipindahkan ke Moore Park. Selama tahun-tahun ini, banyak sisa tanaman alami di sekitar Domain ditebang dan ditanam kembali sebagai taman. Moreton Bay Figs, salah satu elemen utama dalam penanaman ini, terus mendominasi lanskapnya.

Tahun 1879, sebagian the Domain, di selatan kandang kuda Government House (sekarang Conservatorium of Music), digunakan untuk pembangunan Garden Exhibition Palace. Bangunan ini, ‘sebuah contoh luar biasa tentang kemewahan arsitektur Victoria, dengan menara dan meriam yang diletakkan di sekitar kubah raksasa berdiameter 100 kaki (30 m) yang diatapi lampu 200 kaki (61 m) di atas permukaan tanah’, mendominasi kaki langit Sydney dan menerangi sekitar dua hektar kebun. International Exhibition yang diadakan di the Palace menarik lebih dari satu juta pengunjung. Tetapi, bangunan ini hangus terbakar tahun 1882 dan tanah ini, sekarang dikenal sebagai the Palace Garden, dimasukkan dalam wilayah Botanic Gardens.

Menjelang akhir jabatannya sebagai Direktur, Moore, bersama Ernst Betche, menerbitkan Handbook of the Flora of New South Wales, yang terus menetapkan Botanic Gardens sebagai pusat ilmu pengetahuan tanaman.

Moore digantikan oleh Joseph Henry Maiden yang selama 28 tahun jabatannya, telah menambah banyak tambahan ke dalam lanskap Moore. Ia mengatur pembangunan gedung herbarium baru, dibuka tahun 1901 (sekarang bagian dari Anderson Building), dan membuat pembaruan besar terhadap the Domain. Tetapi, the Botanic Gardens kehilangan posisi staf selama Perang Dunia Pertama dan depresi 1930-an, jabatan Direktur hilang. Koleksi Herbarium dan koleksi hidup terabaikan. Sejak 1945 Robert Anderson bekerja untuk menyatukan kembali dua koleksi tersebut. Tahun 1959, gelar 'Royal' diberikan dan the Herbarium dan Royal Botanic Gardens disatukan di bawah nama Royal Botanic Gardens. Knowles Mair (1965,70) mencapai reunifikasi dan Royal Botanic Gardens dibuka kembali.

Dr John Beard (1970–72) dan Dr Lawrence Johnson (1972–85) terus mengembangkan organisasi ini, dan Robert Brown Building dibuka tahun 1982 sebagai tempat Herbarium. Aktivitas meningkat selama dasawarsa ini dengan pembentukan Friends of the Royal Botanic Gardens; program pendidikan dan lingkungan; Flora of New South Wales; jurnal ilmiah Telopea and Cunninghamia dan program dokumentasi komputer pada koleksi hidup dan herbarium.

Inisiatif lain, Mount Tomah Botanic Garden (1987), Mount Annan Botanic Garden (1988) dan rumah kaca Tropical Centre (1990), dibuka untuk umum setelah Profesor Carrick Chambers menjadi Direktur ke-9 tahun 1986. The Royal Botanic Gardens merayakan ulang tahun ke-175 tahun 1991. Selama jabatan sepuluh tahun Chambers sebagai Direktur, Rose Garden (1988), Fernery (1993), Herb Garden (1994), dan Oriental Garden (1997) dibuka dan Rare and Threatened Species Garden (1998) dibangun untuk memperkaya pengalaman pengunjung. The Royal Botanic Gardens Foundation didirikan untuk mencari berbagai dukungan untuk masa depan.

Tahun 2003, nama organisasi ini, yang terdiri dari tiga Botanic Gardens dan the Domain dan dipimpin oleh Royal Botanic Gardens & Domain Trust, diganti dari Royal Botanic Gardens Sydney menjadi Botanic Gardens Trust. Direktur Eksekutifnya saat ini ialah Dr Tim Entwisle. [2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 33°51′50″LU 151°13′1″BT / 33,86389°LS 151,21694°BT / -33.86389; 151.21694