Circular Quay, New South Wales

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Circular Quay

Circular Quay adalah sebuah wilayah di Sydney, New South Wales, Australia. Terletak di tepi utara Sydney Central Business District di Sydney Cove, antara Bennelong Point dan The Rocks. Merupakan bagian dari wilayah pemerintah lokal City of Sydney.[1]

Circular Quay terdiri dari trotoar, mal pejalan kaki, taman dan restoran. Memiliki sejumlah pelabuhan feri dan sebuah stasiun kereta api.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Circular Quay sekitar 1900
Circular Quay tahun 1892
QE2 ditambatkan di Circular Quay

Sydney Cove adalah situs pendaratan awal First Fleet di Port Jackson. Circular Quay awalnya digunakan untuk perkapalan dan berkembagn menjadi pusat angkutan, kenyamanan dan rekreasi.

Circular Quay dulunya dikenal sebagai "Semi-Circular Quay", karena bentuk dermaganya. Nama ini kemudian dipendekkan agar mudah diucapkan.[2] Stasiun kereta api Circular Quay dibuka tanggal 20 Januari 1956 dan Cahill Expressway dibuka tanggal 14 Maret 1958.

Circular Quay adalah titik terminal pusat bagi sebagian besar layanan trem listrik menuju pinggiran timur, yang memudahkan pengangkutan menuju dermaga kapal feri. Selama bertahun-tahun, 27 layanan reguler dioperasikan dari Circular Quay.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Circular Quay adalah sebuah hub angkutan besar Sydney, dengan persimpangan besar feri, kereta dan bus. Cahill Expressway adalah fitur utama di dermaga ini, membentang dari timur, melintasi stasiun kereta api untuk bergabung dengan Sydney Harbour Bridge di barat.

Circular Quay sebelumnya merupakan terminus dan persimpangan besar trem. Ketika banyak rute bus Sydney mengikuti jalur trem sebelumnya, terminus trem telah menjadi sebuah terminus besar bus bagi banyak rute bus.[3]

Stasiun kereta adalah satu-satunya stasiun di City Circle yang berada di atas permukaan. Selain itu menawarkan pemandangan bagus menghadap stasiun kereta CityRail apapun, karena platformnya yang menghadap (dan terbuka) terminus feri.

Komplek dermaga memiliki lima dermaga feri komuter dan merupakan terminus bagi semua rute feri umum di Sydney Harbour dan Parramatta River.

Operator Metro Light Rail dan dewan kota Sydney telah melobi pemerintah untuk jalur kereta ringan tunggal agar diperpanjang ke Circular Quay melalui Central Business District, tetapi Pemerintah Negara Bagian menyatakan bahwa hal ini takkan menguntungkan para komuter dan kondisi lalu lintas di seluruh CBD.[4]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Circular Quay adalah titik pusat bagi perayaan masyarakat, karena letaknya di tengah Sydney antara Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge. Merupakan salah satu titik pertemuan utama untuk pesta kembang api Perayaan Tahun Baru dan Hari Australia.

Circular Quay juga merupakan rumah bagi Sydney Museum of Contemporary Art dan City of Sydney Library di dalam gedung Customs House.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]