Local Government Area di Australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kantor administrasi Berrigan Shire Council di Riverina

Local Government Area (disingkat LGA) atau dalam bahasa Indonesia disebut wilayah pemerintah lokal atau wilayah pemerintah daerah adalah sebuah sebutan yang digunakan di Australia (dan khususnya oleh Australian Bureau of Statistics) untuk merujuk pada wilayah yang diatur oleh Pemerintah Lokal masing-masing.

Ada sejumlah kebingungan mengenai status Local Government di Australia. Hal ini tidak disebutkan dalam Konstitusi Persemakmuran, tidak juga dalam Hukum Konstitusional Negara. Pemerintah negara bagian bertanggung jawab untuk menciptakan undang-undang itu, dan untuk pengawasan. Pendaanaan kadang-kadang disediakan oleh pemerintah negara bagian, kadang oleh pemerintah federal. Tetapi, beberapa tahun belakangan ini, pemerintah negara bagian mulai mengurangi kekuasaannya terhadap LGA. Contohnya, di Queensland, LGA diberikan kekuasaan secara bebas untuk menetapkan undang-undang (lokal) mereka (disebut sebagai "Hukum Lokal"), selain sistem sebelumnya oleh by-law.

Nama generik Local Government bermacam dari negara bagian ke negara bagian lain; contohnya Borough, City, District, Municipality, Region, Rural City, Shire dan Town. Banyak wilayah pemerintah lokal di New South Wales dan beberapa di Australia Selatan tidak lagi memiliki status hukum seperti Shire atau Municipality, tapi hanya dikenal sebagai "Area", dan dewan mereka sebagai "Council", contohnya Burwood Council daripada Burwood Municipal Council. Saat ini terdapat sekitar 700[1] Local Government Area di Australia.

Pembentukan dan delimitasi LGA adalah tanggung jawab pemerintah negara bagian dan teritorial. Di semua negara bagian dan Teritorial Utara, masing-masing wilayah lepas mempunyai status resmi.

Sebutan lain digunakan, khususnya untuk lembaga berkuasa di LGA, yaitu G3, yang berarti tingkat ketiga Pemerintah di Australia. Persemakmuran, Negara Bagian, dan LGA. G3 sulit ditempatkan secara akurat dalam struktur Pemerintah Australia.[rujukan?]

Menurut negara bagian/teritorial[sunting | sunting sumber]

New South Wales[sunting | sunting sumber]

Peta wilayah pemerintah lokal di New South Wales

Terdapat 152 LGA di New South Wales, termasuk Unincorporated Far West, dan Pulau Lord Howe, yang juga lepas, meskipun dipimpin oleh Lord Howe Island Board. LGA dapat ditetapkan sebagai kota, kotamadya, shire, region, atau tidak ada penetapan, tapi dalam undang-undang semua LGA dikelompokkan sebagai City (C) atau Area (A) (jenis lainnya).

Teritorial Utara[sunting | sunting sumber]

Peta wilayah pemerintah lokal di Teritorial Utara

Terdapat 17 LGA di Teritorial Utara, termasuk wilayah lepas di daerah Darwin dan Australia Tengah. LGA ditetapkan sebagai kotamadya dan shire, region, atau tanpa penetapan, tapi dalam undang-undang semua LGA dikelompokkan sebagai City (C), Town (T) dan Shire (S). Hanya ada Council yang dianggap sebagai Municipality.

Queensland[sunting | sunting sumber]

Peta wilayah pemerintah lokal di Queensland

Terdapat 73 LGA di Queensland, termasuk dewan Aborigin yang memiliki status Shire Council penuh sejak Januari 2007. Jenis atau kelompok status LGA yang digunakan adalah: City (C), Shire (S), Town (T) dan Island Council (IC)

Australia Selatan[sunting | sunting sumber]

Peta wilayah pemerintah lokal di Australia Selatan

Terdapat 69 LGA di Australia Selatan. Jenis atau kelompok status LGA yang digunakan adalah: City (C), Rural City (RC), Municipality/Municipal Council (M), District Council (DC), Regional Council (RegC) dan Aboriginal Council (AC). Outback Areas Community Development Trust mencakup lebih dari setengah negara bagian, tapi tidak termasuk dalam LGA apapun.

Tasmania[sunting | sunting sumber]

Peta wilayah pemerintah lokal di Tasmania

Terdapat 29 LGA di Tasmania. Jenis atau kelompok status LGA yang digunakan adalah: City (C) dan Municipality (M)

Victoria[sunting | sunting sumber]

Peta wilayah pemerintah lokal di Victoria

Terdapat 79 LGA di Victoria, dengan jenis atau kelompok status LGA yang digunakan adalah: City (C), Rural City (RC), Borough (B) dan Shire (S). Hanya ada satu borough (satu-satunya di Australia), Borough of Queenscliffe.

Australia Barat[sunting | sunting sumber]

Peta wilayah pemerintah lokal di Australia Barat

Terdapat 143 LGA di Australia Barat, termasuk Pulau Natal dan Kepulauan Cocos. Jenis atau kelompok status LGA yang digunakan adalah: City (C), Town (T) dan Shire (S)

Teritori lain[sunting | sunting sumber]

Teritorial Ibu Kota Australia, Teritorial Jervis Bay dan teritorial luar yang tidak mempunyai Local Government Area berbeda dari pemerintah teritorial mereka.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]