CityRail

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
CityRail logo only.svg
CityRail
Tentang
Mode Kereta komuter
Kereta antarkota
Gerbong
Pemilik Pemerintah New South Wales
Daerah Operasi Greater Sydney
Bisnis
Didirikan 1990
Operasi
Jaringan 2,060 km
Stasiun 305
Sistem Tiket Automated Fare Collection System
Angkutan umum |
Concourse  Central Railway Station, stasiun utama jaringan CityRail. Stasiun ini dibuka di tempat ini pada 1906.

CityRail adalah sebuah divisi operasi dari RailCorp, sebuah perusahaan milik pemerintah negara bagian New South Wales, Australia. Divisi ini bertugas menyediakan jasa kereta api komuter, 'antarkota' dan regional, dan sejumlah jasa kereta gerbong di dan sekitar Sydney, Newcastle dan Wollongong, tiga kota terbesar di New South Wales. Divisi ini juga merupakan nama jaringan yang mengoperasikan layanan kereta api. CityRail menerapkan sistem tiket baru pemerintah NSW yang bernama MyZone.

Pembangunan jaringan CityRail dimulai pada 3 Juli 1850. Hari ini, CityRail terdiri dari 305 stasiun dan rel sepanjang 2.060 km (1,280 mil), memanjang hingga hulu Hunter Valley dan Shoalhaven. Empat jalur baru sekarang berada dalam tahap perencanaan dan pembangunan. CityRail dan Transport Infrastructure Development Corporation sedang menjalankan proses "sektorisasi", sebuah proyek bernama "Rail Clearways", dalam usaha untuk mengurangi kerumitan operasionalnya.

Didirikan di bawah Transport Administration Act (NSW) 1988 sekitar tahun 1990, CityRail adalah "kelompok produk" dari Rail Corporation New South Wales (Railcorp), perusahaan milik negara bagian yang mengoperasikan kereta api di New South Wales. Merupakan kelompok bawahan CountryLink, yang mengoperasikan jasa kereta dan gerbong di daerah regional New South Wales.

Sebagian besar sistem CityRail diberi arus 1500 V DC yang disuplai oleh kabel gantung; sejumlah bagian terisolasi di luar wilayah metropolitan Sydney dioperasikan oleh gerbong diesel. Semua kereta listrik CityRail berupa gerbong ganda bertingkat.

Jumlah perjalanan harian mencapai 1.000.000 pada hari kerja, 400.000 pada hari Sabtu dan 300.000 pada hari Minggu.[butuh rujukan]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]