Pemerintah New South Wales

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bentuk Pemerintah New South Wales dijelaskan dalam Konstitusinya, yang berasal dari tahun 1856, meskipun telah diubah beberapa kali sejak itu. Sejak 1901, New South Wales telah menjadi negara bagian Persemakmuran Australia, dan Konstitusi Australia mengatur hubungannya dengan Persemakmuran.

Di bawah Konstitusi Australia, New South Wales menyerahkan kekuasaan legislatif dan yudisial tertentu pada Persemakmuran, tapi memperoleh kebebasan penuh atas hal-hal selain itu. Konstitusi New South Wales menyatakan "Lembaga Legislatif harus tunduk pada isi Undang-Undang Konstitusi Persemakmuran Australia, memiliki kekuasaan membuat hukum untuk perdamaian, kesejahteraan, dan pemerintah New South Wales yang baik dalam hal apapun." Kenyataannya, kemerdekaan negara bagian Australia telah dirusak oleh dominasi keuangan yang meningkat dari Persemakmuran.

New South Wales dipimpin menurut prinsip sistem Westminster, suatu bentuk pemerintah parlementer berdasarkan model Britania Raya. Kekuasaan legislatif berada pada Parlemen New South Wales, yang terdiri dari Kerajaan, diwakili oleh Gubernur New South Wales, dan dua Majelis, Dewan Legislatif New South Wales dan Majelis Legislatif New South Wales.

Kekuasaan eksekutif dipegang secara formal oleh Dewan Eksekutif, yang terdiri dari Gubernur dan menteri senior. Gubernur, sebagai perwakilan Ratu, adalah penyimpan kekuasaan formal, yang diterapkan olehnya atas saran dari Premier New South Wales dan Kabinet.

Premier dan Menteri ditunjuk oleh Gubernur, dan menjabat sesuai kemampuannya untuk membantu mayoritas anggota Majelis Legislatif.

Kekuasaan yudisial diterapkan oleh Mahkamah Agung New South Wales dan sistem pengadilan bawahan, tapi Majelis Tinggi Australia dan pengadilan federal lain telah merusak yurisdiksi yang jatuh di bawah pengaruh Konstitusi Australia.

New South Wales merayakan 150 tahun Pemerintah Bertugas pada tahun 2006.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]