Chinatown, Sydney

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chinatown Sydney
Market City
Golden Water Mouth

Chinatown Sydney (Tionghoa: 雪梨華埠 or 悉尼唐人街) adalah sebuah pemukiman urban di bagian selatan distrik bisnis pusat Sydney, di New South Wales, Australia. Terletak di Haymarket, antara Central Station dan Darling Harbour. Merupakan bagian dari wilayah pemerintah lokal City of Sydney dan Pecinan terbesar di Australia.

Letak dan sejarah[sunting | sunting sumber]

Chinatown saat ini di Sydney adalah lokasi ketiga. Di abad ke-19, Chinatown terletak di The Rocks, Sydney dan kemudian pindah ke daerah dekat Market Street di Darling Harbour. Pada tahun 1920-an, Chinatown mulai dibangun di tempatnya saat ini. Chinatown dipusatkan di sekitar Dixon Street, sebuah mal pejalan kaki dengan banyak restoran Cina, dan dengan sebuah Paifang di setiap ujung. Di sisi timur, paralel dengan Dixon Street, adalah Sussex Street, yang memiliki sejumlah pertokoan, dan George Street, salah satu jalan raya utama Sydney. Di ujung timur Chinatown, di sudut George Street dan Hay Street, terdapat satu patung dibuat dari batang pohon yang telah mati; bernama Golden Water Mouth, dikatakan oleh para pembuatnya mendatangkan keberuntungan kepada masyarakat Tionghoa. Jalan lain di Chinatown Sydney meliputi Factory Street, Goulburn Street, Little Hay Street, Kimber Lane dan Thomas Street.

Di sisi selatan Chinatown, sebuah komplek besar bernama Market City dibangun, di belakang dinding yang berasal dari pasar tua di tempat ini. Berisi sebuah pusat perbelanjaan modern, restoran, butik, komplek bioskop, dan pasar Jumat-Sabtu dan pasar loak seperti Paddy's Market, juga sebuah bangunan penghunian tinggi.

Tidak seperti Pecinan di negara lain, Chinatown Sydney bebas kejahatan dan bersih. Tetapi sejak banyak muncul pencakar langit di Sydney, ada beberapa masalah di komunitas masyarakat Tionghoa mengenai batas tinggi bangunan yang ditetapkan oleh otoritas pemerintah lokal.

Juga ada beberapa Pecinan sekitar yang muncul sejak dua dasawarsa sebelumnya di beberapa pinggiran Sydney seperti Cabramatta, Ashfield, Hurstville, Eastwood, Campsie, Parramatta, Chatswood, Burwood dan Flemington. Tetapi Chinatown Sydney masih menjadi fokus utama bagi komunitas masyarakat Tionghoa Australia.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Sydney adalah kota kembar Guangzhou di Tiongkok, dan sebagai hadiah untuk Sydney pada tahun peringatan dua abad Australia (1988), Chinese Garden of Friendship dibangun di perbatasan barat Chinatown di Darling Harbour. Merupakan satu dari sedikit kebun Cina tradisional umum di luar Tiongkok.

Papan nama jalan dwibahasa[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Bacaan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 33°52′43,61″LU 151°12′14,69″BT / 33,86667°LS 151,2°BT / -33.86667; 151.20000