The Domain, Sydney

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


The Domain, Sydney

The Domain adalah sebuah lapangan terbuka besar di Sydney, New South Wales, Australia. Terletak di sisi timur Sydney Central Business District, dekat Woolloomooloo. The Domain bergabung dengan Royal Botanic Gardens dan dikelola oleh Royal Botanic Gardens Trust, sebuah divisi Departemen Lingkungan dan Perubahan Iklim New South Wales. Merupakan sebuah tempat terkenal untuk konser terbuka, acara terbuka dan perkumpulan besar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 1788, enam bulan setelah First Fleet mendarat di Sydney Cove, Gubernur Arthur Phillip mendirikan sebuah pertanian kecil di teluk di timur, sehingga disebut Farm Cove. Lebih jauh ke lembah sungai yang mengalir ke Farm Cove, Gubernur Phillip mendirikan sebuah lapangan terbuka untuk digunakan sendiri oleh Gubernur yang dinamai ‘Phillip Domain’. Mencakup wilayah di timur Tank Stream ke tanjung Woolloomooloo (Walla Mulla) Bay. Pertanian ini didirikan untuk menanam gandum, kemudian pindah ke Parramatta, karena tanah berpasir yang buruk. Farm Cove (Woccanmagully) kemudian disewa untuk pertanian pribadi selama 20 tahun berikutnya.

Pameran Internasional 1879 di Garden Palace

Meskipun sebuah parit digali untuk menetapkan batasnya tahun 1792, the Domain perlahan-lahan dicaplok orang lain sepanjang tahun. Usaha Gubernur Bligh untuk merebut kembali the Domain menyebabkan ‘Pemberontakan Rum' tanggal 26 Januari 1808.

Ketika tiba tahun 1810, penerus Bligh, Gubernur Macquarie membangun dinding batu di sekitar kebun Government House, memisahkannya dari Hyde Park. Tanggal pendirian tradisional Botanic Gardens diambil sebagai tanggal rampungnya Mrs Macquaries Road, 13 Juni 1816. Tahun 1817 the Domain seluruhnya tertutup dan sistem jalan selesai termasuk beberapa gerbang untuk mengatur lalu lintas kendaraan ditarik kuda. The Domain sendiri bebas pohon dan dibuka sebagai daerah publik tahun 1830-an. Sementara Inner Domain, wilayah yang dekat dengan Government House, seluruhnya diambil oleh Government Gardens, sementara wilayah yang sekarang dikenal sebagai the Domain adalah Outer Domain.

Meskipun the Domain Despite the Domain being whittled away in subsequent years it remained an important buffer to the Gardens. Tanaman asli ditebang dan gullies of Phillip Precinct filled. Selama 1830-an, lapangan hijau luas the Domain dibuka untuk umum, yang berjalan-jalan dan piknik di sana. The Domain di barat Macquarie Street kemudian dijual untuk membayar pembangunan Government House baru dan Circular Quay.

The Domain Cricket Ground[sunting | sunting sumber]

Pertandingan kriket, yang telah diadakan di Hyde Park sejak awal 1800-an, pindah ke the Domain tahun 1850-an. New South Wales mengalahkan Victoria tujuh wicket dalam pertandingan antarkoloni pertama di Melbourne tahun 1856. Pertandingan kembali diadakan di the Domain tanggal 14 Januari 1857 dan New South Wales menang kembali, kali ini mengantongi 66 run.

Meskipun digunakan untuk kriket selama 14 tahun berikutnya, the Domain bukanlah tanah berkualitas tinggi bahkan menurut standar saat ini. Tanahnya kasar, tidak rata, paddock terbuka dan para pemain harus bertengkar dengan masyarakat yang menuntut dikembalikan lagi menjadi taman umum. Di atasnya masih digunakan untuk memberi pakan ternak dan sapi, dan harus dipindahkan sebelum permainan dimulai. Meskipun faktanya permainan kriket adalah masalah besar, permainan ini sering dihadiri oleh Gubernur, dan pemain terdepan berjalan dengan pendampingnya, tanah ini tidak tertutup dan penonton tak dapat diberikan harga tiket.

Masalah yang berlanjut ini dikenal oleh orang-orang yang menghadiri pertemuan publik di the Domain tanggal 13 DEsember 1859 di mana New South Wales Cricket Association dibentuk. Pencarian dimulai untuk tanah yang lebih cocok dan masih berjalan ketika tim Inggris berkeliling Australia tahun 1862. Karena tidak ada tempat lain, mereka mengadakan NSW XXII di the Domain.

Solusi bagi masalah tempat ini terpecahkan ketika Albert Ground dibuka di Redfern tanggal 29 Oktober 1864. Meskipun memiliki fasilitas yang baik bagi pemain dan penonton, biaya pertandingan kepada NSWCA sangat tinggi sehingga tim masih menggunakan the Domain hingga awal 1870-an. Secara keseluruhan, enam pertandingan kelas satu A solution of sorts to the venue problem was found when the Albert Ground diadakan di the Domain antara musim 1856/57 dan 1868/69.

Penggunaan akhir[sunting | sunting sumber]

The Domain digunakan untuk acara militer dan seremonial dan berubah sebagai sebuah tempat untuk orator kotak sabun dan pertemuan politik. Sejak 1860 the Domain dibuka pada malam hari untuk pejalan kaki, membolehkan orang untuk menggunakan lapangan rekreasi berharga ini pada sore musim panas. Dikenal sebagai the Park where the Gates Never Close (Taman di mana Gerbangnya tak Pernah Tutup). Lalu lintas kendaraan tarik tetap dibatasi setelah sore hari selama beberapa tahun.

Kota bertumbuh Sydney menaruh tekanan besar pada the Domain. Sebuah gangguan besar adalah pembangunan Garden Palace untuk Pameran Internasional Sydney (1879); hanya gerbangnya yang tersisa setelah kebakaran tahun 1882.

Tanggal 17 Februari 1915, jurnalis Ceko, Egon Kisch berpidato di hadapan 18.000 di the Domain.

Tanggal 17 Februari 1915, jurnalis Ceko, Egon Kisch berpidato di hadapan 18.000 di the Domain memperingatkan bahaya rezim Nazi Hitler. Kunjungannya diatur oleh Movement Against War and Fascism dan ditentang keras oleh Pemerintah Lyons. Ia mempolarisasikan politik Australia tahun 1935 ketika ia menentang pemerintah Nazi Hitler dan memperingatkan perang dan kamp konsentrasi.

Pada tahun-tahun belakangan, masalah mulai muncul dari kendaraan bermotor, dengan pembangunan Cahill Expressway dan the Domain Parking Station. Cahill Expressway menghancurkan keterkaitan dekat antara the Gardens dan the Domain.

Dalam keadaannya sekarang, the Domain mencakup 34 hektar dan masih menjadi tempat berolahraga. Pada waktu makan siang hari apapun, jalan-jalannya dipenuhi para pejalan kaki dan rumputnya digunakan untuk kompetisi sepakbola perusahaan.

Pemandangan menghadap Sydney Hospital, The Domain, Sydney
Kaki langit Sydney pada sore hari, dilihat dari Mrs Macquarie Point, The Domain

Fitur[sunting | sunting sumber]

Mrs Macquaries Point merupakan salah satu tempat fotografi terpopuler di Sydney dengan pemandangan menghadap Harbour menuju Opera House dan Harbour Bridge. Mrs Macquaries Chair dipahat dari batu untuk istri Gubernur Lachlan Macquarie, sehingga ia dapat duduk dan melihat kapal-kapal yang lewat. Di atas kursi adalah inskripsi yang mencatat selesainya Mrs Macquaries Road tanggal 13 Juni 1816.

The Fleet Steps menghubungkan Farm Cove dengan Mrs Macquarie Road. Inilah titik di mana Ratu Elizabeth II pertama menginjakkan kaki di tanah Australia, dan sebuah plakat dinding peringatan mengabadikan peristiwa ini. Situs ini sering digunakan untuk papan besar dengan pemandangan menakjubkan menghadap Opera House dan Harbour Bridge.

Art Gallery of New South Wales terletak di sisi timur, dekat dengan Woolloomooloo. The Andrew (Boy) Charlton Pool adalah sebuah fasilitas renang terbuka di samping Wolloomooloo Bay.

Speakers Corner (sebuah wilayah untuk pembicaraan umum), adalah sebuah tempat berkumpul penting di mana setiap orang dapat berbicara mendadak dan membicarakan apapun, meskipun ada kemungkinan diinterupsi orang-orang yang memegang pandangan berseberangan. Sejak dulu, hal ini telah menjadi titik fokal kebebasan berbicara di Sydney.

Acara[sunting | sunting sumber]

Acara besar sekarang diadakan setiap tahun di the Domain, biasanya selama musim panas di Desember dan Januari dan sebagai bagian dari Sydney Festival. Beberapa yang lebih populer adalah Carols in the Domain tahunan pada Natal yang diadakan oleh Channel Seven, festival musik Homebake, festival film pendek Tropefest, Symphony in The Domain, Jazz in the Domain dan Opera in The Domain. The Open Air Cinema dilaksanakan di bulan-bulan musim panas dekat Fleet Steps. Layar film mengapung di air di Farm Cove, dengan penonton duduk di tepi air.

Kerumunan pada peluncuran kebijakan ALP di the Domain tanggal 24 November 1975

The Domain juga telah menjadi tempat populer untuk protes politik, termasuk reli Palm Sunday, demonstrasi Hari Buruh, dan protes anti-perang dan anti-wajib militer. Selama krisis konstitusional Australia 1975, Partai Buruh Australia mengadakan peluncuran kebijakannya di 'the Domain' tanggal 24 November 1975 di hadapan kerumunan orang.

The Domain masuk dalam daftar tempat diadakannya perhentian Sydney pada tur dunia Spice Girls' The Return of the Spice Girls di awal 2008. Direncanakan acara ini menampung 100.000 penggemar dengan wilayah sekitar ditutup dan diamankan sepanjang hari. Rencana ini kemudian gagal karena persetujuan pemerintah tak dapat diproses secepatnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  • Vamplew, Wray; Moore, Katharine; O’Hara, John; Chashman, Richard; and Jobling, Ian [editors] (1997) The Oxford Companion to Australian Sport Second Edition Melbourne: Oxford University Press

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 33°52′6″LU 151°12′53″BT / 33,86833°LS 151,21472°BT / -33.86833; 151.21472