William Street, Sydney

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tanda mengarah ke Kings Cross, foto diambil dari Riley Street

William Street adalah sebuah jalan raya besar di Sydney, Australia. Membentang dari Kings Cross ke Hyde Park di mana jalan ini berbelok ke Park Street. Jalan ini membentuk perbatasan antara dua kota pinggiran Woolloomooloo dan Darlinghurst. Hari ini Cross City Tunnel yang baru selesai mengikuti sebagian rute William Street. Terowongan ini dibangun untuk mencegah kemacetan lalu lintas di CBD.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

William Street dari udara tahun 1950-an
William Street dilihat dari Kings Cross

Jalan ini dibangun melintasi pertanian di lembah antara pusat kota dan Potts Point tahun 1840-an untuk membolehkan lalu lintas menuju dan dari kota pinggiran Timur kelas atas di sekitar Elizabeth Bay. Sebenarnya Surveyor NSW - Jenderal Thomas Mitchell menginginkan agar jalan ini diperpanjang ke selatan, tapi ketika ia sedang menjelajahi pedalaman Australia, jalan ini dibangun di tempatnya saat ini.

Tahun 1880-an, penyair terkenal Australia Henry Lawson menetap di sebuah rumah papan di tepi William Street sebelum ia menjadi terkenal karena karyanya. Tahun 1909 diputuskan untuk memperpanjang bagian selatan jalan untuk memperlebar jalan ini menjadi lebih bergaya boulevard. Pembangunan lanjutan ini dilaksanakan antara 1910 dan 1914.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]