Sunshine Coast, Queensland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sunshine Coast
Queensland
Maroochydore, Queensland 1.jpg
Maroochydore – Pusat Usaha, Perdagangan, dan Eceran di Sunshine Coast
Sunshine Coast is located in Queensland
Sunshine Coast
Jumlah penduduk: 251.081 (2010)[1]  (10)
Kepadatan: 543/km² (1.406,4/sq mi)
Luas: 462.4 km² (178,5 sq mi)
Letak: 100 km (62 mi) Brisbane
Distrik Negara Bagian: Buderim, Caloundra, Glass House, Kawana, Maroochydore, Nicklin, Noosa
Divisi Federal: Fairfax, Fisher, Wide Bay

Sunshine Coast adalah sebuah kawasan perkotaan di Queensland bagian tenggara, sebelah utara pusat pemerintahan Brisbane, di pantai yang menghadap ke Samudera Pasifik. Meskipun kawasan ini tidak memiliki distrik bisnis pusat, menurut jumlah penduduknya kawasan ini menempati peringkat ke-10 metropolis terbesar di Australia dan terbesar ke-3 di Queensland.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pegunungan Rumah Kaca, terletak di barat-daya Caloundra, pertama dilihat oleh James Cook dari geladak HMS Endeavour pada tahun 1770.[2]

Pada dasawarsa 1820-an, Sunshine Coast melihat penduduk berkulit putih pertamanya: tiga orang buangan (Finnegan, Pamphlet, dan Parsons) yang berbagi kehidupan bersama penduduk lokal (Kabi Kabi) selama delapan bulan. Setelah itu, pada dasawarsa 1830-an sampai 1840-an, distrik ini menjadi rumah bagi sejumlah narapidana yang melarikan diri, tidak jauh di utara koloni pidana Teluk Moreton (Brisbane).[3]

Pada tahun 1841, Gubernur Gibbs mendapati seluruh Sunshine Coast dan pedalaman dari Gunung Beerwah di utara Eumundi, mengumumkan 'Cagar Alam Bunya Bunya' untuk melindungi pohon bunya, atas saran Andrew Petrie mengingat pentingnya pohon bunya bagi penduduk asli. Tetapi, pada dasawarsa 1840-an dan 1850-an, Cagar Alam Bunya Bunya dan daerah sekitarnya menjadi tempat bagi beberapa pertempuran paling getir dalam Black War Australia.' Blackall Ranges, demi Festival tiga-tahunan Bunya, berperan sebagai persembunyian dan reli poin bagi serangan melawan pendudukan kulit putih. Pada dasawarsa 1850-an, pembalak kayu dan peternak mengeksploitasi kawasan ini dan pada tahun 1860, Cagar status Alam Bunya Bunya dihapuskan.

Ada banyak kota kecil di Sunshine Coast bermula sebagai pelabuhan atau dermaga sederhana bagi industri balak kayu pada dasawarsa 1860-an dan 1870-an, sebagai kawasan yang pernah menjadi hutan lebat. Demikian pula, jalan-jalan di daerah ini sebagian besarnya bermula sebagai jalur penyeretan balak kayu. Para penebang kayu menggunakan kali, sungai, dan danau di kawasan ini sebagai terusan ke laut untuk mengambangkan balak-balak kayu mereka – kayu yang telah diolah dikapalkan sampai ke Eropa.

Dengan datangnya Gympie Gold Rush, para prospektor menyelidiki pegunungan Sunshine Coast untuk membangun jalan yang lebih mudah menuju dan dari tambang emas Gympie. Setelah pembangunan rel kereta menuju Gympie, transportasi kota-kota di pinggiran sungai dan pantai, yang sebagian besarnya menjadi pelabuhan untuk perdagangan di sungai, telah dipermudah.[4]

Pada dasawarsa 1890-an, pertanian kecil yang beraneka ragam (buah dan susu) menggantikan ekonomi ternak-dan-kayu pada dasawarsa-dasawarsa sebelumnya. Tebu dan nanas terbukti menjadi produk andalan bagi distrik ini. Ada banyak kampung (hamlet) dan kota kecil kini bertumbuhkembang. Produksi pada mulanya memanfaatkan kinerja kuda ke Landsborough, kemudian ke Eudlo pada tahun 1891[5]

Terkhusus seteleh Perang Dunia II, Sunshine Coast berkembang menjadi tujuan wisata selancar dan hari libur pada umumnya. Kecenderungan ini membesar lebih lanjut pada masa ledakan pembangunan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an.[6] Pada periode yang sama, berbagai macam taman tema dan taman wisata dibangun – yang paling menjadi ikon adalah 'Big Pineapple' Woombye. Pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an, Sunshine Coast juga berhasil menggiring orang-orang kepada gaya hidup alternatif. Para pendatang ini mengembangkan industri-industri kerajinan, koperasi, dan pusat-pusat spiritual, khususnya di pedalaman.

Setelah dasawarsa 1980-an, Sunshine Coast mengalami pertambahan penduduk yang cepat. Kini Sunshine Coast menjadi kawasan perkotaan yang paling cepat berkembang di Australia. Karena penduduk daerah semakin membanyak, sebagian besar ladang kecil – khususnya ladang buah tropis – berubah fungsi. Sebagai gantinya, bisnis yang berkenaan dengan eceran, tata boga, dan pariwisata menjadi semakin penting.

Bisnis[sunting | sunting sumber]

Peta Sunshine Coast

Ekonomi Sunshine Coast kini didominasi oleh tiga sektor utama – pariwisata, eceran, dan bangunan. Kawasan ini juga memiliki sektor pertanian yang kuat. Upaya-upaya kuat sedang dikerjakan untuk menganekaragamkan ekonomi kawasan oleh Dewan Kawasan Sunshine Coast dan yang lainnya dengan penekanan pada bisnis berbasis pengetahuan 'bersih dan hijau' lintas sektor seperti teknologi informasi dan komunikasi, teknologi bersih, industri kreatif, dirgantara, pendidikan, makanan, dan minuman.

Sunshine Coast juga sedang berkembang sebagai pusat bisnis inovatif dan kewirausahaan. Hal ini sebagiannya didukung oleh gelombang baru kira-kira 80 bisnis yang baru dirintis – terutama sektor teknologi informasi dan komunikasi ICT, teknologi bersih, dan industri kreatif – yang dibangkitkan oleh Pusat Inovasi Universitas Sunshine Coast. Universitas ini terletak di Sippy Downs dirancang sebagai 'Pusat Pengetahuan' sebagai bagian dari Rencana Infrastruktur Daerah Queensland Tenggara Pemerintah Queensland dan direncanaindukkan sebagai kota universitas pertama di Australia yang didasarkan pada model Britania Raya dengan potensial lebih daripada 6.000 pegawai dalam bisnis berbasis pengetahuan.[7] Sippy Downs telah ditegaskan sebagai 'Pusat Inovasi' pada bulan Juli 2010 oleh majalah terkenal bisnis eropa CNBC Business dengan potensial menjadi "jawaban ketidaktakutan" Australia terhadap Silicon Valley'.[8]

Tata kota[sunting | sunting sumber]

Terdapat banyak pemerintah lokal di kawasan Sunshine Coast, termasuk bekas Shire Maroochy, Shire Noosa, dan Kota Caloundra.

Pantai Coolum, menghadap ke selatan

Pantai[sunting | sunting sumber]

Several stretches of the Sunshine Coast are lined with unbroken beaches – from Sunshine Beach near Noosa to Coolum Beach (17 km (11 mil)); the coast from Point Arkwright to Mudjimba (11 km (6.8 mil)); the MaroochydoreMooloolaba stretch (56 km (35 mil)); and from Buddina past the Caloundra CBD to Pelican Waters (22 km (14 mil)). Notable beaches include:

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

The Sunshine Coast is a centre for tourism, containing attractions such as Steve Irwin's Australia Zoo, UnderWater World marine park, Aussie World with the Ettamogah Pub, The Buderim Ginger Factory, The Big Pineapple and the Majestic Theatre at Pomona.

Coolum Beach, menghadap ke utara

Taman nasional[sunting | sunting sumber]

The Sunshine Coast region is home to more individual national parks than any other region in Queensland.[9] The natural biodiversity of the area has been protected by five separate parks in both coastal and inland regions, including Mapleton Falls National Park, Kondalilla National Park, The Glasshouse Mountains National Park, Noosa National Park, and the Great Sandy National Park, which includes sections on Fraser Island and in Cooloola near Rainbow Beach.

Lapangan golf[sunting | sunting sumber]

The Sunshine Coast has numerous golf links, including Headland Golf Club (Buderim), Pelican Waters, Pacific Harbour, Noosa Springs, Peregian Springs, Twin Waters, Hyatt Regency Coolum, Mount Coolum, Beerwah, Cooroy, Caloundra and Horton Park.

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Infrastruktur pendidikan di Sunshine Coast di antaranya:

  • Universitas – Kampus utama universitas adalah Universitas Sunshine Coast di Sippy Downs, dengan Universitas Queensland Pusat memiliki sebuah kampus kecil berbasis di Noosa.
  • Pendidikan Lanjut dan Teknik (Technical and Further Education, TAFE) – Terdapat lima kampus di Caloundra, Mooloolaba, Maroochydore, Nambour, dan Noosa.
  • Sekolah – Sunshine Coast memiliki beberapa denominasi, sekolah dasar dan sekolah lanjutan tingkat pertama swasta dan negeri.

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Rumah Sakit Nambour adalah rumah sakit besar di kawasan ini dan menangani lebih dari 35.000 kasus pada tahun 2005.[10] Terdapat beberapa rumah sakit kecil di Caloundra dan Maleny, tetapi karena keterbatasan fasilitas di rumah-rumah sakit ini, sebagian besar kasus yang mereka tangani dirujuk ke Rumah Sakit Nambour, yang memicu percepatan penuh sesaknya dan kekurangan tenaga medis di Rumah Sakit Nambour.

Sejumlah rumah sakit swasta ada di kawasan ini, yang cukup terkenal adalah 'Rumah Sakit Swasta Sunshine Coast' di Buderim, Rumah Sakit Swasta Caloundra (dulunya dikenal sebagai Andrea Ahern) di Caloundra, Rumah Sakit Selangor di Nambour, yang paling baru dibangun--Rumah Sakit Swasta Kawana, dan fasilitas-fasilitas yang lebih kecil di Noosa.

Mantan Menteri Kesehatan Queensland, Paul Lucas mulanya mengajukan usulan pembangunan sebuah rumah sakit umum baru di daerah Kawana, yang akan dinamai Rumah Sakit Universitas Sunshine Coast, pada tahun 2014. Tetapi, tanggal penyelesaian ditunda hingga tahun 2016.[11]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Jalan[sunting | sunting sumber]

Mobil adalah modus transportasi terbanyak bagi penduduk Sunshine Coast, wilayah terhubung dengan Brisbane melalui Jalan Besar Bruce. Jalan Nicklin dan Jalan Sunshine adalah jalan arteri utama, yang melintasi sebagian besar kawasan Sunshine Coast. Banyak operator antarkota dan antarnegara bagian juga mengoperasikan jasa bus harian ke Brisbane menggunakan koridor utama.

Transportasi umum[sunting | sunting sumber]

Sunbus melayani semua kota besar di kawasan

Penerbangan

Penerbangan dari Sunshine Coast berangkat dari Bandar Udara Sunshine Coast, yang terletak 10 km di utara Maroochydore, dan terbang langsung ke Sydney dan Melbourne menggunakan Jetstar, Virgin Australia, dan Tiger Airways.

Rail

Kereta kota Queensland Rail daerah operasi Nambour dan Gympie Utara mengoperasikan beberapa pelayanan antar-urban setiap harinya, dengan sebagian besar kereta berjalan ekspres antara Stasiun Kereta Caboolture, Brisbane dan Stasiun Kereta Bowen Hills. Kereta melaju melintasi pedalaman Sunshine Coast, dengan bus-bus yang menghubungkan jalur-jalur di tepi pantai. Jauh di utara Stasiun Nambour, kereta hanya melaju sekali atau dua kali sehari.

Bus

Pelayanan bus dioperasikan oleh Sunbus, yang beroperasi di bawah sistem transportasi umum TransLink. Bus-bus ini menghubungkan daerah-daerah pinggiran dan perkampungan di Caloundra, Maroochydore, dan Noosa. Shire Noosa mengoperasikan pelayanan bus umum yang menghubungkan Noosa Heads ke daerah-daerah pinggiran dan taman/kebun besar dan stasiun-stasiun pada periode liburan musim panas.

Feri

Terdapat sebuah feri umum yang beroperasi di antara Tewantin, Noosaville, Noosa Waters, Northside, dan Noosa Heads.

Media[sunting | sunting sumber]

Surat kabar harian setempat adalah Sunshine Coast Daily yang diterbitkan oleh APN News & Media. Surat kabar komunitas/lokal lainnya meliputi daerah-daerah pinggiran kawasan ini.

Sunshine Coast dilayani oleh televisi milik umum (ABC TV), (SBS), dan tiga stasiun televisi komersial (Seven Queensland, WIN Television, dan Southern Cross Ten), yakni televisi lokal yang berafiliasi dengan stasiun televisi berjaringan Seven, Nine and Ten di Brisbane. Sunshine Coast juga berada dalam wilayah perizinan penyiaran televisi Brisbane (metro), memungkinkan sebagian besar kawasan Sunshine Coast untuk menerima stasiun-stasiun televisi komersial Brisbane. Jasa televisi berlangganan Foxtel dan Austar juga tersedia.

Kawasan Sunshine Coast dilayani oleh stasiun-stasiun radio pemerintah, komunitas, dan komersial. Stasiun-stasiun komersial adalah 91,9 Sea FM dan 92,7 Mix FM yang dimiliki dan dioperasikan oleh Jaringan Media Lintas Selatan Macquarie. Operator saingan adalah Prime Television yang menjalankan 91,1 Hot FM dan Zinc96. ABC milik pemerintah melayani kawasan ini melalui 90,3 ABC Coast FM dan Triple J pada 89,5 FM dan ABC Classic FM pada 88,7 FM. Ada banyak stasiun akses komunitas, juga beberapa stasiun Brisbane dapat diterima.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 26°38′LS 153°04′BT / 26,64°LS 153,07°BT / -26.64; 153.07