Age of Empires III: The WarChiefs

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Age of Empires III: The WarChiefs
AgeIIITheWarChiefs.jpg
Pengembang Ensemble Studios (Original)
Macsoft (Ported & Pembaruan)
Robot Entertainment (Pembaruan)
Penerbit Microsoft Game Studios (PC)
Macsoft (Mac)
Seri Age of Empires
Versi Microsoft Windows - 1.06[1]

Mac OS X - 1.0.3

Platform Windows, Mac OS X
Tanggal rilis PC: AN 17 Oktober 2006[2]

UE 20 Oktober 2006[2]


Mac: AN 12 June 2007
UE 25 June 2007
Genre Real-time strategy
Mode Single-player, multiplayer
Media digital/distribusi CD & DVD
Kebutuhan sistem
Windows
Mac OS X

Age of Empires III: The WarChiefs adalah ekspansi pertama resmi untuk permainan real-time strategy game Age of Empires III. Diumumkkan oleh Ensemble Studios dan Microsoft Game Studios pada 7 Maret 2006. Versi demonya telah dirilis pada 4 October 2006. Permainan penuhnya untuk PC dirilis pada 17 Oktober 2006 di Amerika Serikat.[2]. Ekspansi ini disatukan dengan permainan Age of Empires III, disebut Age of Empires III Gold Edition pada 19 September 2006. Versi Mac-nya diambil alih dan dikembangkan oleh MacSoft Games Destineer dan dipublikasikan oleh MacSoft Games. Permainan penuhnya yang untuk Mac dirilis pada 12 June 2007 di Amerika Serikat. Setelahnya, terdapat ekspansi yang kedua terhadap permainan induknya yaitu, Age of Empires III: The Asian Dynasties. Pemain harus memiliki Age of Empires III yang sudah terpasang di komputernya sebelum menginstalasi permainan ini.

Perubahan permainan[sunting | sunting sumber]

Tidak ada perubahan besar terhadap mekanikanya - pemain masih bisa untuk mengumpulkan sumber daya, membuat pasukan, dan mengirimnya untuk menyerang musuh. Namun, terdapat beberapa konsep baru yang diperkenalkan, sementara konsep yang sudah ada diperluas. Pada beberapa peta, tambang tembaga dan timah telah ditambahkan, tapi hal ini secara umum tidak tidak menghasilkan koin sebanya tambang emas dan perak. Terkadang tambang tembaga dapat memproduksi 2000 koin, sama dengan perak, sedangkan tambang emas menghasilkan 5000 koin.

Pengapalan Home City telah sedikit diubah. Dermaga sekarang dapat menyanggupi untuk lebih dari 20 kartu dengan memperbolehkan 1 kartu ekstra untuk setiap 10 level Home City yang sedang digunakan, sampai maksimalnya 25. Terdapat kartu-kartu baru dan sebuah deretan kartu Home City Level 40 baru tersedia untuk semua peradaban.

Bangsa Aztek memiliki Home City, sementara Iroquois dan Sioux memiliki 5 anggota dari Dewan Suku: Sang Kepala Suku, Pemimpin Perang, Sang Dukun, Sang Wanita Bijak, dan Pengirim Pesan. Mereka semua menawarkan unit, suplai, dan peningkatan (improvements) yang berbeda-beda. Dewan Suku (Tribal Council) hadir dalam permainan saat sebuah peradaban pribumi maju dalam era (alih-alih atas sistem politik yang ada pada peradaban Eropa), pemain dapat memilih untuk mempromosikan seorang kandidat untuk Dewan Suku dan hal ini menghasilkan sebuah bonus untuk si pemain. Tipe bonus secara khas tetap sama (unit ekstra, sumber daya bonus) dan kandidat baru tersedia pada level Home City tertentu.

Konten baru[sunting | sunting sumber]

The WarChiefs menghadirkan beberapa peningkatan pada Age of Empires III. Peningkatan itu termasuk 3 peradaban pribumi baru yang dapat dimainkan, kartu Home City baru, bangunan baru, sebuah campaign pemain tunggal baru, unit-unit tambahan, beberapa peradaban kecil, dan pada konsep permainan.

Peradaban Eropa dapat membangun sebuah bangunan baru bernama Saloon untuk memanggil pasukan bayaran yang tersedia secara acak juga memetakan unit manusia spesifik penjaga harta karun. Unit-unit ini memiliki harga yang tinggi dan perhitungan terhadap populasi yang besar tetapi mereka lebih daripada unit yang telah ada sebelumnya. Saloon dapat ditingkatkan menjadi Dance Hall di mana Ronin Samurai dapat direkrut. Semua peradaban dapat membangun sebuah Kedutaan untuk Pribumi. Bangunan ini memungkinkan pelatihan unit peradaban kecil yang telah bersekutu di kedutaan ketimbang di pos perdagangan. Beberapa suku memiliki kemampuan untuk membolehkan Paramedis untuk dilatih dari Kedutaan.

Sebuah kondisi kemenangan baru telah ditambahkan - kemenangan ekonomi diketahui sebagai monopoli. Jika satu pemain atau kelompok mengendalikan pos perdagangan di peta secara mayoritas, baik di rute perdagangan atau di suku kecil, mereka memiliki opsi untuk membeli monopoli. Hal ini menimbulkan perhitungan mundur 5 menit yang harus dihentikan oleh pemain/tim lawan dengan mengurang jumlah pos perdagangan yang dimiliki pihak mayoritas menjadi di bawah setengahnya. Jika perhitungan mundurnya selesai dan mereka dapat bertahan sebagai mayoritas, pemain/tim yang memilih monopoli memenangkan pertempuran. Pos perdagangan baru tidak dapat dibangun oleh pemain/tim yang sedang dalam kondisi monopoli tetapi yang rusak dapat diperbaiki. Opsi ini dapat diaktifkan atau tidak sebelum pertempuran dimulai.

Unit Eropa baru[sunting | sunting sumber]

Tiga unit generik baru telah tersedia untuk kedelapan peradaban Eropa: kavaleri artileri, petards, dan mata-mata. Kavaleri artileri lebih mahal daripada penembak lapangan di Age of Empires III (harus diketahui bahwa semua unit original tetap tersedia), menggunakan kecepatan yang lebih cepat juga serangan yang lebih besar.

Petard dibuat di bengkel artileri dan merupakan unit bom bunuh diri yang efektif. Jika ia mencapai bangunan yang disasarnya, ia akan meledak, menyebabkan kerusakan yang besar. Bangsa Jerman dapat mengapalkan Nitro Petards, yang dapat menghancurkan sebuah bangunan dalam sekali ledakan.

Unit yang ketiga adalah mata-mata, merupakan sebuah unit infantri yang cepat yang tersedia dari Era Kolonial dan dilatih di Gereja atau Masjid. Mata-mata adalah infantri yang lemah tetapi memiliki dampak bonus terhadap Penjelajah, War Chiefs, dan Pasukan Bayaran. Mereka juga memiliki jarak pandang yang lebih jauh dan dapat menggunakan mode sembunyi (stealth), membuat mereka tak terdeteksi kecuali oleh pusat kota musuh. Mata-mata dapat ditingkatkan menjadi pembunuh atau agen tergantung kepada peradabannya, lewat kartu Home City.

Peradaban pribumi[sunting | sunting sumber]

Iroquois, Sioux, dan Aztek merupakan 3 peradaban pribumi yang dapat dimainkan sebagaimana peradaban Eropa. Mereka memiliki set unit uniknya mereka sendiri juga set bonus dalam permainan yang unik mereka sendiri.

Peradaban Bonus Unik Peradaban
Iroquois

Hiawatha

War Chief meningkatkan hitpoints unit di dekatnya, memiliki Travois, yang dapat membangun banyak bangunan secara gratis. Mereka memulai permainan dengan 1 Travois. Mereka juga memiliki Founder Dance yang unik dalam lubang api yang menghasilkan Travois. Mereka juga menerima 1 atau 2 Travois pada setiap kemajuan era.
Sioux

Chief Gall

War Chief meningkatkan kecepatan unit di dekatnya, memulai permainan dengan 200 ruang populasi secara otomatis, namun tak dapat membuat tembok. Memiliki Teepee yang unik, yang hanya dapat dibangun sebanyak 10 buah (pengecualian terhadap kartu bonus) untuk menyediakan bonus ke unit bersahabat di dekatnya. Bonus ini dapat ditimbun.
Aztek

Cuauhtémoc

War Chief menggandakan experience unit di dekatnya yang diperoleh di pertempuran, memiliki pendeta pejuang (warrior priest) yang dapat mengobati atau dihitung sebagai 2 orang di firepit. Mereka memulai permainan dengan 1 pendeta pejuang. Dengan pengecualian terhadap sebuah War Hut biasa, Noble's Hut juga berperan sebagai blockhouse, namun dengan jangkauan yang lebih besar.

Penambahan lain terhadap permainan termasuk suku pribumi minor baru. Huron menggantikan Iroquois, Cheyenne menggantikan Lakota (Sioux), dan Zapotec menggantikan Aztek. Suku-suku baru yang lain termasuk Klamath, Apache, Navajo dan Mapuche. Ekspansi ini mengikutsertakan 16 suku minor, dibandingkan dengan yang originalnya, yaitu hanya 12.

Sebuah Fire Pit tersedia untuk ketiga peradaban pribumi. Dengan menugaskan penduduk untuk menari di Pit, dapat mencapai hingga 10 tarian per peradaban tersedia. Lebih banyak penarinya, lebih kuat efeknya yang dapat menjangkau hingga maksimalnya, 25. Bangsa Aztek dapat menugaskan pendeta pejuang mereka ke pit yang mana mereka juga berperan sebagai penduduk, secara efektif meningkatkan maksimalnya sampai 35.

Tarian yang umum termasuk: Tarian Kesuburan (yang mempercepat pembuatan unit, termasuk kapal dan hewan ternak), Tarian Hadiah (yang meningkatkan pemerolehan poin Experience), Tarian Alarm (yang menghasilkan Penduduk Pribumi gratis, secara luas sama dengan minuteman), Tarian Suci (yang menghasilkan Paramedis kecuali untuk Aztek, yang mendapatkan Pendeta Pejuang), Tarian Warchief (yang mengobari Warchief atau menghidupkannya kembali jika gugur). 2 tarian yang dapat didapatkan dari pengapalan Home City adalah Tarian Kota yang meningkatkan HP dan serangan bangunan, dan Tarian Air yang meningkatkan pertempuran laut.

Secara khusus, bangsa-bangsa pribumi memiliki tarian uniknya sendiri. Bangsa Iroquois memiliki Tarian Pendiri, yang menghasilkan Travois, dan Tarian Bumi (Earth Mother Dance), yang meningkatkan maksimum populasi. Bangsa Sioux memiliki Tarian Api, yang meningkatkan serangan unit terhadap bangunan dan mengapalkan untuk meredakan kekurangan senjata pengepungan mereka, dan Tarian Lagu Perang, yang menghasilkan kavaleri Dog Soldier. Bangsa Aztek memiliki Tarian Pengobatan (semua unit yang menganggur secara otomatis pulih) untuk mengimbangi dengan adanya batas jumlah Warrior Priests, dan Tarian Perang Garland untuk menghasilkan Ksatria Tengkorak.

Untuk tambahan, setiap peradaban pribumi memiliki teknologi unik. Terdapat 1 teknologi unik per bangunan kecuali untuk teepee Sioux, dan Pusat Kota Aztek dan Iroquois memiliki 3 tahap dari Big Button, dan teknologi melakukan semuanya dari mengantarkan pengapalan sumber daya atau unit sampai meningkatkan kapabilitas unit.

WarChiefs[sunting | sunting sumber]

Satu lagi fitur baru di seri WarChiefs yaitu implementasi dari unit War Chief. Alih-alih atas penjelajah Eropa, setiap bangsa pribumi memulai permainan dengan sebuah unit War Chief yang berperan sebagai pemimpin suku dan kehadirannya di pertempuran dapat menyediakan keuntungan untuk unit di dekatnya. Lebih lanjut, jumlah keuntungan dan bonus dapat ditingkatkan dengan meriset teknologi, tarian tertentu di Fire Pit, atau dengan pengapalan Home City. Seorang War Chief dapat mengonversikan penjaga harta karun alih-alih membunuhnya untuk mengambil harta karun. Seorang penjaga yang telah dikonversikan tidak akan dihitung terhadap jumlah unit atau dengan kata lain, pasukan besar beruang, bajak laut, dan serigala dapat dibentuk tanpa meningkatkan jumlah populasi.

War Chief bangsa Aztek memiliki sebuah kemampuan untuk meningkatkan jumlah poin experience yang diperoleh unit sekutu atas membunuh saat mereka berada dalam jarak tertentu. Kemampuan War Chief Sioux berkuda yaitu meningkatkan kecepatan unit di dekatnya. War Chief Iroquois menambahkan hitpoints ke unit di dekatnya.

Revolusi[sunting | sunting sumber]

Koloni Eropa memiliki sebuah opsi baru untuk di era Industri; alih-alih atas berkembang ke era Imperial, mereka dapat memberontak dari bangsa induknya dan mendirikan negara mereka sendiri. Biaya awal berevolusi lebih murah daripada berkembang ke era Imperial namun ekonomi bangsa tersebut akan diam karena semua pemukim akan menjadi milisi dan tidak ada yang baru yang dapat dibuat (kecuali Coureur des Bois dari desa Cree). Sumber daya dapat berlanjut untuk dikirim dari kapal prakonstruksi, sumber daya upeti, pos perdagangan, pabrik, dan, untuk Belanda, bank.

Keuntungan kepala suku dari sebuah revolusi yaitu boost militer satu kali saat semua pemukim menjadi milisi, secara tiba-tiba memberikan pemain bala tentara yang besar. Saat sebuah revolusi dimulai, sebuah pilihan dihadirkan antara 2 pemimpin revolusioner sejarah, masing-masing dengan bonus tertentu. Pemain tidak dapat lagi menerima pengapalan home city namun dapat mengambil dari sebuah Revolutionary Deck yang terdiri dari 4 kartu, 3 di antaranya dapat digunakan berkali-kali. Terdapatlah 3 unit baru yang hanya tersedia lewat revolusi; Ironclad, Gatling Gun, dan Milisi Kolonial. Jika peta memiliki air, bangsa baru tersebut dapat menerima 2 Ironclads yang mana merupakan gabungan Frigate/Monitors. 4 Gatling Guns dapat dikirim yang mana mereka mirip dengan Organ Gun Portugis tapi menembak lebih cepat dan menimbulkan lebih banyak kerusakan. 16 Milisi Kolonial dapat dikirim dalam sebuah pengapalan yang mana merupakan gabungan unit Musketeer/Skirmish. Pada akhirnya, sebuah Fort Wagon dapat dikirim yang mana akan meng-unpack menjadi benteng. Sebuah bangsa baru tidak dapat meningkatkan unit ke Era Imperial.

Pemimpin revolusioner dan bangsanya:

Bangsa Nama Manfaat Tersedia untuk
 Argentina San Martín Memberikan 6 Imperial Howitzers (mortar ditingkatkan). Jerman
 Brasil Bonifácio 20 pejuang Fierce Legendary Tupi menjadi milikmu. Semua pribumi diset ke level Legendary. Portugis dan Belanda
 Chili O'Higgins Memberikan 10 Imperial Hussars (Hussars ditingkatkan). Ottoman dan Spanyol
 Venezuela Santander Memberikan 3 ironclads Ottoman, Perancis, dan Rusia
 Haiti L'Ouverture Milisi kolonial memiliki lebih banyak hitpoints. Perancis dan Britania
 Meksiko Hidalgo Sekelompok outlaws di bawah kuasamu. Spanyol dan Portugis
 Peru Bolívar Semua unit mendapatkan 5% bonus hitpoints. Rusia dan Jerman
 Amerika Serikat Washington Gatling guns memiliki lebih banyak hitpoints. Britania dan Belanda

Stealth[sunting | sunting sumber]

Fitur baru yang lain yaitu stealth. Semua peradaban pribumi memiliki unit yang dapat menggunakan stealth (hal ini tidak dapat diaktifkan saat unit musuh berada dekat). Untuk bangsa Eropa, terdapat sebuah kartu Home City yang mengapalkan 5 mata-mata (tersedia bahkan saat Home City permulaan) atau mereka dapat dilatih di Gereja. Mereka membagi kemampuan stealth, sebagaimana dengan unit lainnya (ninja, penjelajah pribumi, dll.). Saat pasukan musuh tertentu berada dekat unit yang tak tampak, ia menjadi tampak dan mudah diserang. Selain itu, unit stealth menjadi tampak saat mereka menyerang.

Peta[sunting | sunting sumber]

Terdapat 8 peta beru: Wilayah Barat Laut (menggambarkan Oregon, Washington, dan Columbia Inggris), Kalifornia, Painted Desert, Araucanía (yang memiliki 3 variasi: Utara, Selatan, dan Tengah), Orinoco, Ozarks, Plymouth, dan Andes.

Plot[sunting | sunting sumber]

Campaign-nya, yang memiliki 15 misi, memasukkan keluarga Black family dalam sebuah latar yang lebih bersejarah.

  • Act I: Fire, mengikuti Nathaniel Black (putra dari John Black dan ayah dari Amelia Black) seiring dia menggunakan seluruh kekayaan keluarganya untuk mendukung Revolusi Amerika.
  • Act II: Shadow, mengikuti putra Amelia Black, Chayton Black, dan aksinya di Perbukitan Hitam selama Perang Awan Merah dan Perang Sioux Raya.

Home city untuk kedua acts adalah Black Family Estate.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Game Updates". Diakses 2010-07-03. 
  2. ^ a b c http://au.pc.ign.com/objects/815/815862.html Game Details, IGN

Pranala luar[sunting | sunting sumber]