Senapan Gatling

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Senapan gatling Britania buatan 1865 di Museum Artileri Inggris

Senapan gatling (dari Bahasa Inggris: Gatling gun) adalah suatu senjata mesin berat yang memiliki beberapa barel berputar dan diputar oleh putaran tangan yang diciptakan pada abad ke-18. Bentuk dan ukurannya hampir sebesar meriam kanon dan biasanya menggunakan roda untuk memudahkan pengangkutan senjata ini yang disebut dapat menembakkan 200 peluru per menit. Senjata ini pernah digunakan pada Perang Saudara Amerika dan merupakan salah satu senjata mengerikan yang ditakuti pada masa itu.

Senapan ini dirancang oleh penemu Amerika Richard J. Gatling pada 1861 dan dipatenkan pada 1862. Istilah senapan gatling masih sering digunakan sekarang ini untuk menunjuk kepada meriam dengan barel-berputar seperti meriam auto M61 Vulcan 20mm.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rancangan paten Battery Gun ("Senapan deret") dari R.J. Gatling, 9 Mei 1865.

Maksud Gatling menciptakan senjata ini adalah untuk menyelamatkan jiwa. Dia tahu pada Perang Saudara Amerika, banyak prajurit yang tewas karena kekurangan makan. Dia berpikir bila dia dapat menciptakan suatu senjata yang membuat seorang prajurit lebih efektif, jumlah prajurit dapat berkurang banyak. Dan dia merasa akan lebih mudah untuk menyiapkan makanan bagi para prajurit.

Meskipun senapan gatling dirancang pada 1861 pada saat Perang Saudara AS, pada 1862, pemerintah AS memutuskan untuk tidak membeli senjata ini, karena mekanisme penembakan tidak memiliki pelatuk dan karena senapan Gatling terlalu berat untuk disiapkan secara cepat dalam medan tempur. Bahkan dengan peningkatan rancangan, senapan Gatling tetap tidak memiliki pelatuk dan memiliki berat 41 kg. Namun, Jenderal Unionis Benjamin Butler membeli dua belas dan menggunakannya dalam Pengepungan Petersburg. Pada saat debut senapan ini, para prajurit dari kedua belah pihak terkejut oleh kekuatan dan daya rusak senjata ini. Senjata ini digunakan secara terbatas oleh Angkatan Bersenjata Unionis pada saat akhir perang.

Angkatan Laut Kerajaan Britania memasang senapan Gatling di kapal perangnya, dan pasukan AS menggunakan mereka dalam Perang-perang Indian. Pada Perang Boshin Jepang (1868-1869), senapan Gatling digunakan dalam pertempuran darat dan ditaruh di kapal untuk mengatasi invasi. Pada Perang Perancis-Prusia tahun 1870-1871, senapan Gatling digunakan oleh tentara Perancis dalam perang di provinsi, untuk menggantikan mitrailleuse yang cacat.

Empat senapan gatling Jepang dipasang oleh pasukan Jepang di Pulau Ganghwa, Korea tahun 1876.