Zygmunt Berling

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Zygmunt Henryk Berling
Zygmunt Berling.jpg
Jenderal Zygmunt Berling
Lahir(1896-04-27)27 April 1896
Limanowa, Kerajaan Galisia dan Lodomeria, Austria-Hongaria
Meninggal11 Juli 1980(1980-07-11) (umur 84)
Warsawa, Republik Rakyat Polandia
DikebumikanPowązki Military Cemetery, Warsawa
PengabdianFlag of Poland.svg Polandia
Dinas/cabang Angkatan Darat Polandia
Tentara Rakyat Polandia
Lama dinas1914–1953
PangkatLetnan Jenderal
KesatuanLegiun Polandia
KomandoResimen Infanteri Ke-6
Resimen Infanteri Ke-4
Divisi Infanteri Tadeusz Kościuszko Ke-1
Tentara Polandia Pertama (1944–1945)
Perang/pertempuranPerang Dunia I
Perang Polandia-Soviet

Perang Dunia II

PenghargaanVirtuti Militari

Zygmunt Henryk Berling (lahir di Limanowa, Austria-Hongaria, 27 April 1896 – meninggal di Warsawa, Republik Rakyat Polandia, 11 Juli 1980 pada umur 84 tahun), merupakan seorang Jenderal dan politisi Polandia. Ia berperang untuk kemerdekaan Polandia pada awal abad ke-20. Berling adalah wakil pendiri Tentara Polandia Pertama dan Tentara Polandia di Uni Soviet, yang bertempur di medan perang Front Timur pada Perang Dunia II.[1]

Karier militer sebelum Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Berling bergabung dengan Legiun Polandia Józef Piłsudski pada tahun 1914, bertugas di Resimen Infanteri Legiun Ke-2 dan Ke-4 (bahasa Polandia: Pułk Piechoty Legionów). Antara bulan Juni 1917 dan Oktober 1918, ia bertugas di Angkatan Darat Austria-Hongaria. Pada akhir Perang Dunia I, Berling bergabung dengan Angkatan Darat Polandia yang baru dibentuk, menjadi Komandan Kompi Infanteri di Resimen Infanteri Ke-4. Selama Perang Polandia-Soviet, ia menjadi terkenal sebagai komandan yang cakap dalam Pertempuran Lwow dan menerima penghargaan medali Virtuti Militari.

Setelah perang, ia tetap di militer dan tahun 1923 ia dipromosikan pangkat Mayor, pertama bertugas menjadi staf Divisi Infanteri Ke-15 dari Komando Korps Distrik V di Kraków. Pada tahun 1930, ia dipromosikan naik pangkat menjadi Letnan Kolonel dan memulai tugasnya sebagai Komandan, mulanya di Resimen Infanteri Ke-6, lalu Resimen Infanteri Ke-4. Berling pensiun dari kedinasan pada bulan Juni 1939, karena masalah perceraian dan konflik dengan atasannya.[2]

Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Berling tidak turut berpartisipasi dalam upaya pertahanan Polandia selama Penyerbuan Polandia tahun 1939. Setelah kota Vilnius diduduki oleh Uni Soviet di bawah aturan Pakta Molotov–Ribbentrop, Berling bersama dengan perwira-perwira Polandia lainnya ditangkap oleh Polisi Rahasia Uni Soviet NKVD. Ia tetap berada di penjara hingga tahun 1940, mulanya ia dipenjara di Starobilsk kemudian di Moskwa, akhirnya ia setuju untuk bekerja sama dengan Soviet.[3]

Setelah penandatanganan Perjanjian Sikorski-Mayski pada tanggal 17 Agustus 1941, Berling dinominasikan untuk menjadi Kepala Staf Divisi Infanteri Ke-5, kemudian menjadi Komandan Kamp sementara bagi Tentara Polandia di Krasnovodsk. Berling menolak untuk meninggalkan Uni Soviet dengan Tentara yang dipimpin oleh Władysław Anders, di mana Berling secara resmi menjadi anggotanya. Bersama dengan dua perwira lainnya, ia diadili secara in absentia dihadapan pengadilan militer Tentara Anders yang menjatuhkan hukuman mati kepada mereka.[3] Kemudian hukuman ini dihilangkan oleh Jenderal Kazimierz Sosnkowski, Panglima Angkatan Bersenjata yang setia kepada Pemerintahan Polandia dalam pengasingan di London.

Jenderal Berling di Warsawa, 1947

Sejak tahun 1940, Berling terlibat dalam upaya pembentukan Tentara Divisi Polandia di Uni Soviet, mulanya di dalam Tentara Merah Soviet. Pada bulan September 1942 dan bulan-bulan berikutnya, ia bersama Wanda Wasilewska memohon izin kepada Josef Stalin untuk membentuk Divisi Polandia. Pada tanggal 8 April 1942, Berling mengusulkan pembentukan Tentara Polandia baru, kemudian usulan ini disetujui setelah putusnya hubungan diplomatik Soviet-Polandia.[4]

Pada bulan Mei 1943, Tentara Rakyat Polandia yang dipimpin oleh komunis, dibentuk di Uni Soviet. Tentara tersebut adalah formasi baru dari Angkatan Bersenjata Polandia di Timur. Berling dinominasikan untuk menjadi komandan dari unit pertamanya, Divisi Infanteri Tadeusz Kościuszko Ke-1, kemudian ia dipromosikan menjadi jenderal oleh Stalin.[4] Berling menjadi wakil panglima dari keseluruhan Angkatan Darat Polandia di Front Timur pada tanggal 22 Juli 1944.

Pada tanggal 1 Agustus 1944, tentara bawah tanah Armia Krajowa yang setia kepada Pemerintah Polandia dalam pengasingan di London, memulai aksi Pemberontakan Warsawa selama 63 hari, sebuah upaya untuk membebaskan kota Warsawa dari pendudukan pasukan Jerman sebelum kedatangan pasukan Tentara Merah. Pada tanggal 15-23 September, ketika aksi pemberontakan mendekati tahap akhir, Berling memimpin upaya penyelamatan yang melibatkan penyeberangan Sungai Vistula dan membangun Pangkalan terdepan di tepi Barat, bersama pasukan Tentara Polandia Pertama di tepi Timur Sungai Vistula dan Distrik Praga di Warsawa yang telah diamankan. Operasi yang gagal, kemungkinan tidak berkonsultasi penuh dengan atasan militer Soviet, mengakibatkan banyak jatuhnya korban dari Angkatan Darat Polandia dan kemungkinan Berling dibebastugaskan dari jabatannya setelahnya.[5] Kemudian Berling dipindahkan ke Akademi Perang Rusia di Moskwa hingga ia kembali ke Polandia pada tahun 1947. Di Polandia, Berling menjadi direktur Akademi Staf Umum (bahasa Polandia: Akademia Sztabu Generalnego) dan pensiun dari dinas kemiliteran pada tahun 1953.

Karier pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Zygmunt Berling memegang berbagai jabatan pemerintahan setelah tahun 1953. Antara tahun 1953 dan 1956, ia menjabat Wakil Menteri Negara di Kementerian Industri Pertanian Nasional (bahasa Polandia: Ministerstwo Państwowych Gospodarstw Rolnych), tahun 1956-1957, ia menjabat sebagai Wakil Menteri Negara di Kementerian Pertanian (bahasa Polandia: Ministerstwo Rolnictwa) dan sejak 1957 hingga 1970, ia menjabat sebagai Inspektur Jenderal Perburuan (bahasa Polandia: Inspektor Generalny Łowiectwa) di Kementerian Kehutanan (bahasa Polandia: Ministerstwo Leśnictwa). Pada tahun 1963, ia bergabung dengan Partai Persatuan Pekerja Polandia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mateusz Łabuz, "Zygmunt Berling", sww.w.szu.pl (dalam bahasa Polski) 
  2. ^ "The papers of Polish General Zygmunt Berling now available at the Hoover Institution". Hoover Institution. Diakses tanggal 2015-12-13. 
  3. ^ a b Informacja historyczna (2008). "Zygmunt Berling (1896–1980)". Instytut Pamięci Narodowej. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-06-21. 
  4. ^ a b Halik Kochanski (2012), The Eagle Unbowed: Poland and the Poles in the Second World War, Harvard University Press, hlm. 376-378], ISBN 0674071050 
  5. ^ Andrew A. Michta (1990). Red Eagle: The Army in Polish Politics, 1944 - 1988. Hoover Press, Stanford University, California. ISBN 0817988637. 

Referensi[sunting | sunting sumber]