NKVD

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Komisariat Rakyat
untuk Urusan Dalam Negeri
Народный комиссариат внутренних дел
Narodnyy komissariat vnutrennikh del
Emblema NKVD.svg
Lencana NKVD
Tentang lembaga
Dibentuk1934
Nomenklatur agency sebelumnya
  • NKVD RSFS Rusia
Dibubarkan1946
Lembaga pengganti
JenisKementerian Dalam Negeri
Wilayah hukumKepolisian
Pemadam Kebakaran
Kamp Kerja Paksa
Polisi rahasia
Kantor pusat11-13 ulitsa Bol. Lubyanka, Moskwa, RSFS Rusia
Pejabat eksekutif
Lembaga indukDewan Komisar Rakyat
Lembaga bawahan
  • Direktorat Utama Keamanan Negara (GUGB)
  • Direktorat Utama Kamp Kerja (GULAG)
  • Direktorat Utama Militsiya (GURKM)
  • Direktorat Utama Garda Perbatasan dan Internal (GUPiVO)
  • Direktorat Utama Pemadam Kebakaran (GUPO)

Komisariat Rakyat untuk Urusan Dalam Negeri (bahasa Rusia: Народный комиссариат внутренних дел, Narodnyy komissariat vnutrennikh del; disingkat НКВД, NKVD) adalah lembaga yang menaungi urusan dalam negeri Uni Soviet (saat itu istilah kementerian belum digunakan di Uni Soviet). Lembaga ini berada langsung di bawah naungan Partai Komunis Se-Uni Soviet (Bolshevik). NKVD sering kali disamakan dengan polisi rahasia yang sebenarnya merupakan salah satu tugas dari NKVD selain menangani urusan umum publik, dan dikenal luas melalui penindasan politik yang terjadi pada masa kepemimpinan Josef Stalin.

Anggota NKVD berasal dari beberapa sub-direktorat yang dalam rentang waktu tertentu meliputi kepolisian (militsiya), petugas kamp kerja, penjaga perbatasan dan keamanan internal, polisi rahasia, kamp tawanan dan interniran, dan lain-lain. Badan ini juga dikenal karena keterlibatannya dalam sistem kamp kerja paksa dan polisi rahasia yang ditangani oleh GUGB (Direktorat Utama Keamanan Negara), badan pendahulu KGB. NKVD diberi tugas memindahkan etnis minoritas dan kulak secara massal ke daerah-daerah yang masih jarang penduduknya, menjaga perbatasan, melakukan spionase (termasuk membunuh musuh politik di luar negeri), mempengaruhi pemerintah negara lain, dan memaksakan kebijakan Stalinis di berbagai gerakan komunis internasional.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Semukhina, Olga B.; Reynolds, Kenneth Michael (2013). Understanding the Modern Russian Police (dalam bahasa Inggris). CRC Press. hlm. 74. ISBN 9781482218879.