Internasionale Ketiga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Internasional Ketiga
PendiriVladimir Lenin
Dibentuk2 Maret 1919 (1919-03-02)
Dibubarkan15 Mei 1943 (1943-5-15)
Didahului oleh
Diteruskan olehKominform
Surat kabarKomunis Internasional
Sayap pemudaMuda Komunis Internasional
IdeologiKomunisme
Marxisme–Leninisme
Posisi politikPolitik kiri jauh
Warna  Merah
Komunis Internasional menerbitkan majalah teoretis senama dalam berbagai bahasa Eropa dari tahun 1919 hingga 1943

Internasional Ketiga, Komunis Internasional, atau Komintern adalah organisasi komunis revolusioner internasional, yang merupakan perhimpunan partai-partai komunis dari berbagai negeri, yang berfungsi antara tahun 1919 sampai dengan tahun 1943.

Pembentukan Internasionale III menjadi penting secara sejarah setelah perpecahan gerakan buruh, yang disebabkan pengkhianatan pemimpin-pemimpin oportunis Internasionale II terhadap urusan Sosialisme pada awal perang dunia pertama dan menjelang runtuhnya Internasionale II. Lenin memainkan peranan istimewa dalam pembentukan Internasionale Komunis.

Kongres I Internasionale Komunis berlangsung pada tanggal 2-6 Maret 1919 di Moskwa. Kongres menerima Manifes kepada kaum proletar sedunia, yang di dalamnya dinyatakan, bahwa Internasionale Komunis merupakan penerus ide-ide Marx dan Engels, yang dinyatakan dalam 'Daftar Partai Komunis' Internasionale Komunis membangun kembali dan memperkokoh hubungan antara kaum pekerja semua negeri, memungkinkan penelanjangan oportunisme dalam gerakan buruh internasional, perkokohan Partai-Partai Komunis yang masih muda, pengolahan strategi dan taktik gerakan Komunis internasional.

Pada bulan Mei 1943 Komite Eksekutif Komintern mengambil keputusan tentang pembubaran Internasionale Komunis, bertolak dari hal, bahwa bentuk organisasi persatuan kaum buruh, yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan tahap sejarah yang telah dilalui, kini telah usang.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]