Yeongnyu dari Goguryeo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Yeongnyu dari Goguryeo
Hangeul 영류왕
Hanja 榮留王
Alih Aksara yang Disempurnakan Yeongnyu-wang
McCune–Reischauer Yŏngnyu-wang
Nama lahir
Hangeul 건무 atau
Hanja 建武 atau
Alih Aksara yang Disempurnakan Geonmu atau Seong

Yeongnyu dari Goguryeo (lahir ??? - 642, bertakhta 618 — 642) merupakan raja kedua puluh tujuh Kerajaan Goguryeo, bagian paling utara dari Tiga Kerajaan Korea.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Ia merupakan saudara tiri raja kedua puluh enam Yeong-yang, dan putra raja kedua puluh lima Pyeongwon. Ia naik takhta ketika Yeongyang meninggal pada tahun 618.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Dinasti Sui, Tiongkok diikuti oleh Dinasti Tang pada tahun 618 yang merupakan tahun pelantikan Yeongnyu. Goguryeo pulih dari Perang Goguryeo-Sui, dan Kaisar Tang yang baru masih menyelesaikan unifikasi internalnya. Tidak berada di dalam posisi permusuhan baru, Goguryeo dan Tang bertukar utusan dan atas permintaan Tang, melakukan pertukaran tawanan pada tahun 622.

Pada tahun 624, Tang secara resmi memperkenalkan Taoisme ke istana Goguryeo, yang mengirimkan beberapa sarjana di tahun berikutnya untuk belajar Taoisme dan Agama Buddha.

Namun ketika Tang mendapat kekuatan pada tahun 631, mereka mengirimkan sekelompok pasukan kecil untuk menghancurkan sebuah tugu kemenangan Goguryeo atau Sui. Sebagai balasannya, Goguryeo membangun pertahanan dinding Cheolli Jangseong bersama dengan perbatasan barat, sebuah proyek yang berlangsung selama 16 tahun yang dimulai pada tahun 631 di bawah pengawasan Yeon Gaesomun.

Pada masa itu, Goguryeo melanjutkan perang-perangnya untuk memulihkan wilayahnya yang hilang dari kerajaan di Korea Selatan, Silla. Jenderal Silla Kim Yushin merebut benteng Goguryeo Nangbi pada tahun 629.

Jatuh, kematian dan peninggalan[sunting | sunting sumber]

Yeongnyu dan beberapa pejabat pemerintahan berencana untuk membunuh beberapa pejabat militer yang berkuasa. Mereka semula berencana untuk membunuh Yeon Gaesomun, yang kekuatan dan pengaruhnya dengan cepat mengambil kepemimpinan atas takhta. Pemuda itu akhirnya memergoki rencana tersebut dan segera pergi ke Pyongyang untuk membunuh para komplotan tersebut, termasuk sang raja. Yeongnyu tewas terbunuh pada tahun 642.

Yeon Gaesomun menempatkan keponakan Yeongnyu, Bojang, ke atas tahkta.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Yeongnyu dari Goguryeo
Wafat: 642
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Yeongyang
Raja Goguryeo
590–642
Diteruskan oleh:
Bojang
Hanya gelar saja
Didahului oleh:
Yeongyang
— TITULER —
Raja Korea
590–642
Alasan kegagalan suksesi:
Tiga Kerajaan Korea
Diteruskan oleh:
Bojang