Gogugwon dari Goguryeo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Gogugwon dari Goguryeo (?-371, bertakhta 331-371) merupakan raja keenam belas Kerajaan Goguryeo, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea di bagian paling utara. Ia merupakan putra Raja Micheon dan Nyonya Ju. Ia dijadikan sebagai Putra Mahkota pada tahun 314 dan menjadi raja setelah ayahandanya meninggal. Ia dipanggil Raja Soyeol (Soyeol-je, 소열제, 昭烈帝) di dalam sejarah teks dari Tiongkok Suishu, tetapi ini muncul karena kesalahan transkripsi dari Weishu yang lebih awal.[1]Karena diwaktu yang sama, Tuoba Yihuai merupakan Kaisar Lie (烈帝) dari Negara Dai.

Gogugwon dari Goguryeo
Hangeul 고국원왕, 국원왕, 국강상왕
Hanja 故國原王, 國原王, 國岡上王
Alih Aksara yang Disempurnakan Gogugwon-wang, Gugwon-wang, Gukgangsang-wang
McCune–Reischauer Kogugwŏn-wang, Kugwŏn-wang, Kukkangsang-wang
Nama lahir
Hangeul 고사유 oror
Hanja 高斯由 oror
Alih Aksara yang Disempurnakan Go Sayu or Yu or Soe
McCune–Reischauer Ko Sayu or Yu or Soe

Ia memerintah pada saat kondisi kerajaan cukup lemah dan memiliki pemerintahan yang tidak bernasib baik. Ia mengirim upeti ke negara Xianbei setelah mereka menyerbu ibukota pada tahun 342 dan menawan ratu dan selir-selir kerajaan, untuk menebus jenazah Raja Micheon.

Ibukota sementara dipindahkan ke Pyongyang, yang sekarang merupakan ibukota dari Korea Utara. Sebagai balasan dari perluasana kerajaan di bagian selatan Korea, Baekje, Gogugwon memimpin serangan yang tidak berhasil pada tahun 369. Raja Baekje, Geunchogo menyerang pada tahun 371 dan putra Geunchogo, Geungusu membunuh Gogugwon di dalam sebuah perang di kastil Pyongyang. Ia merupakan satu-satunya pemimpin Goguryeo yang gugur di medan pertempuran, ia dimakamkan di Gogugwon.

Gambaran di dalam seni dan media[sunting | sunting sumber]

Di dalam drama Korea serial TV The King of Legend, aktor Lee Jongwon menggambarkan Raja Sayu atau Gogugwon dari Goguryeo (Taewang ke-16 Goguryeo). Ia terutama digambarkan sebagai tokoh antagonis yang terang-terangan melawan Baekje dan kepemimpinannya di berbagai tingkat.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Gogugwon dari Goguryeo
Wafat: 371
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Micheon
Raja Goguryeo
331–371
Diteruskan oleh:
Sosurim
Hanya gelar saja
Didahului oleh:
Micheon
— TITULER —
Raja Korea
331–371
Alasan kegagalan suksesi:
Tiga Kerajaan Korea
Diteruskan oleh:
Sosurim