Yeon Gaesomun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yeon Gaesomun
Hangeul연개소문
Hanja淵蓋蘇文
Alih Aksara yang DisempurnakanYeon Gaesomun
McCune–ReischauerYŏn Kaesomun

Yeon Gaesomun (603 – 665?) merupakan seorang diktator yang berkuasa dan kontroversial di dalam hari-hari berkurangnya kejayaan Goguryeo, yang merupakan salah satu dari Tiga Kerajaan kuno di Korea. Yeon juga dikenang sebagai seorang yang memiliki sejumlah perlawanan sukses dalam konflik militer dengan Dinasti Tang dibawah pimpinan Kaisar Li Shimin dan putranya Kaisar Gaozong. Kegagalan mereka bagi Yeon merupakan satu-satunya kekalahan yang pernah dialami oleh Kaisar Li Shimin di medan perang.

Berbagai sejarah Korea tradisional menggambarkan Yeon sebagai seorang pemimpin despotik, yang memiliki kebijakan-kebijakan yang kejam dan membangkang kepada monarkinya yang mengepalai keruntuhan Goguryeo. Namun berbagai prestasinya di dalam membela Goguryeo melawan Cina dengan serangan gencarnya memberikan inspirasi kepada para sejarawan nasionalis Korea, terutama pada abad ke-19, seorang sejarawan dan intelektual Korea Sin Chaeho, menyatakan bahwa Yeon merupakan seorang pahlawan yang sangat hebat di dalam sejarah Korea. Banyak pelajar di Korea sekarang menirukan Sin dan memuji Yeon sebagai seorang tentara-pejabat negara tanpa bandingannya di dalam sejarah Korea, meskipun pelajar yang lainnya dengan keras menentang hal tersebut. Para pelajar Cina dan Jepang terus menyimpan pandangan ketidaksukaannya akan Yeon. Namun ini mungkin adalah suatu upaya dari Tang untuk mendiskreditkan kepahlawanannya yang gagah berani itu.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Yeon Gaesomun merupakan putra yang pertama dan tertua Yeon Taejo, seorang Perdana Menteri (막리지, 莫離支) di Goguryeo selama masa pemerintahan Raja Pyeongwon dari Goguryeo dan Raja Yeongyang dari Goguryeo. Telah dikenal oleh banyak orang bahwa keluarga Yeon merupakan keluarga yang memiliki ranking dan status yang tinggi di Goguryeo. Kakek Yeon, Yeon Ja-Yu juga merupakan seorang Perdana Menteri di Goguryeo. Informasi mengenai Yeon Gaesomun secara besar diambil dari riwayat Samguk Sagi, Raja Yeongnyu dan Raja Bojang (Goguryeo vol. 8-10) dan biografi Yeon Gaesomun (vol. 49), makam peninggalan yang masih ada tercatat sebagai makam milik kedua putranya Yeon Namsaeng dan Yeon Namsan, dan biografi yang tercatat dengan nama kedua putranya tersebut muncul di dalam Buku Baru Tang.

Di dalam catatan sejarah Tang dinyatakan bahwa nama keluarga Yeon Gaesomun adalah Cheon (泉, Quan dalam bahasa Cina, yang berarti "mata air"), karena Yeon (淵, Yuan dalam bahasa Cina, berarti "hulu sungai") namanya dianugerahi oleh Kaisar Gaozu dari Tang (Li Yuan, 李淵), pendiri dan kaisar pertama Tang, dan kemudian adalah tabu untuk mengajukan ke nama lainnya oleh tradisi Cina (lihat tabu nama). Ia juga kadang-kadang disebut juga sebagai Gaegeum (개금/蓋金). Di dalam Nihon Shoki, ia muncul sebagai Iri Kasumi (伊梨柯須彌).

Tidak banyak yang diketahui tentang masa muda Yeon, sampai ia menjadi seorang Gubernur di Provinsi Barat (西部), dimana ia mengawasi bangunan Cheolli Jangseong, sebuah jaringan pertahanan militer untuk melindungi area Liaodong dari serangan Tang.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Sepertinya tanggal yang tepat untuk tanggal kematian Yeon adalah tanggal yang dicatat di dalam prasasti makam Namsaeng, putra tertua Yeon Gaesomun: tahun ke-24 pada masa pemerintahan Raja Bojang (tahun 665). Namun di dalam riwayat Samguk Sagi tahun yang tercatat disana adalah tahun 666, dan dari sejarah Jepang Nihonshoki menyatakan tahun ke-23 pada masa pemerintahan Raja Bojang (tahun 664).

Ia kabarnya meninggal secara alamiah.

Yeon Gaesomun memiliki tiga orang putra, (yang tertua dan yang termuda) Yeon Namsaeng, Yeon Namgeon, dan Yeon Namsan. Setelah kematiannya, negara tersebut menjadi lemah dikarenakan pertikaian warisan antara saudaranya dan ketiga putranya, dan pada tahun 668 relatif cepat jatuh ke tangan Silla-Tang.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Yeon Taejo
Daedaero Provinsi Barat Goguryeo
642665
Diteruskan oleh:
Yeon Namsaeng
Didahului oleh:
Eulji Mundeok
Magniji (Perdana Menteri) Goguryeo
642 - ?
Diteruskan oleh:
Yeon Namsaeng
Didahului oleh:
None
Dae Magniji (Perdana Menteri Besar) Goguryeo
642665
Diteruskan oleh:
Yeon Namsaeng