Yeon Namsaeng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Yeon Namsaeng (연남생, 淵男生) (634–679) merupakan putra tertua Dae Mangniji (대막리지, 大莫離支) Yeon Gaesomun (603?-665) di Goguryeo. Pada tahun 665, Yeon Namsaeng menggantikan ayahnya dan menjadi Dae Magniji ke-2 di Goguryeo.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Yeon Namsaeng merupakan putra tertua Perdana Menteri Tertinggi Goguryeo, Yeon Gaesomun. Pada usia 9 tahun, ayahnya mulai mewariskan posisi resminya kepadanya. Ia pertama-tama menjadi Seonin (선인, 先人) dan akhirnya memegang gelar jungli sohyeong (중리소형, 中裏小兄), jungli daehyeong (중리대형, 中裏大兄), dan jungli uidu daehyeong (중리위두소형, 中裏位頭大兄) (gelar Goguryeo yang tepat tidak diketahui). Akhirnya ia naik pangkat menjadi Mangniji (막리지, 莫離支) dan kemudian Dae Mangniji (kepala negara yang aktif) suatu hari sebelum kematian ayahnya.

Dae Magniji[sunting | sunting sumber]

Yeon Namsaeng konon telah menjadi Dae Magniji suatu hari sebelum kematian ayahnya, Yeon Gaesomun, yang dikabarkan mengundurkan diri dari posisi tersebut dan mengambil posisi kehormatan sebagai Tae Dae Magniji.

Setelah kematian ayahnya, Yeon Namsaeng mempersiapkan perang dengan Tang, dan berangkat untuk suatu inspeksi ke benteng perbatasan di Yodong, dan benteng-benteng lainnya di seluruh kerajaan. Ia meninggalkan adik-adiknya, Yeon Namgeon dan Yeon Namsan, bertanggung jawab atas Pyeongyang sebelum ia berangkat. Namgeon dan Namsan mengambil kesempatan dari kepergian abangnya dan mengambil alih atas kontrol di Pyeongyang dan istana kerajaan. Mereka merekayasa tuduhan palsu bahwa Namsaeng telah menjadi seorang penghianat, dan memaksa Raja Bojang untuk memerintahkan penangkapan Namsaeng. Dengan tidak adanya tempat untuk berlindung, Namsaeng melarikan diri ke Tang, Cina atas desakan putranya, yang selamat dari ancaman kematian di tangan paman-pamannya. Namsaeng melarikan diri ke Tang, dan menerima posisi tinggi di dalam militer Tang.

Jatuhnya Goguryeo dan kematian[sunting | sunting sumber]

Dari sana ia memimpin kampanye militer Tang melawan Goguryeo dengan harapan dapat memulihkan kekuasaan. Ia memimpin pasukan memenangkan perang pada tahun 668, dan akhirnya menghancurkan Goguryeo. Ia meninggal di dalam domein yang didirikan Tang Protektorat Umum untuk Menenangkan Timur, atau Andong Duhufu (安東都護府), administrasi Cina yang didirikan di Pyongyang diikuti dengan jatuhnya Goguryeo pada tahun 668 dan berarti mengurus bekas domein Goguryeo. Namsaeng dimakamkan di Gunung Mang di Luoyang, ibu kota Tang di bagian timur.

Prasasti di makam Namsaeng, bersama dengan milik adiknya Namgeon, telah ditemukan. Biografi Namsaeng (Quan Nan Sheng 泉男生傳) muncul di dalam Xin Tangshu (Sejarah Baru Tang), buku 110. Cina menterjemahkan nama keluarga Namsaeng adalah Cheon (泉, dalam bahasa Cina Quan) daripada Yeon (淵), karena Yeon (dalam bahasa Cina, Yuan) merupakan nama pemberian Kaisar Gaozu dari Tang (Li Yuan 李淵), pendiri dan kaisar pertama Tang, dan itu adalah tabu untuk memberikan nama yang lainnya di dalam tradisi Cina.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Yeon Gaesomun
Daedaero Propinsi Barat Goguryeo
642 - ?
Diteruskan oleh:
Yeon Namgeon
Didahului oleh:
Yeon Gaesomun
Magniji (Perdana Menteri) Goguryeo
665–665
Diteruskan oleh:
None
Didahului oleh:
Yeon Gaesomun
Dae Magniji (Perdana Menteri Tertinggi) Goguryeo
665–665
Diteruskan oleh:
Yeon Namgeon