YG Entertainment

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
YG Entertainment, Inc.
YG 엔터테인먼트
Jenis Publik
Simbol saham KRXS: 122870
Industri/jasa Musik dan hiburan
Genre K-pop
R&B Kontemporer
Hip hop
Rock
Dance
Pop
Electronic
klasik
Didirikan 24 Februari, 1996
Pendiri Yang Hyun Suk
Kantor pusat

Seoul, Korea Selatan

YG Entertainment Hosung Building, 349-10, Sangsu-Dong, Mapo-Gu, Seoul 109-819 (Korea Selatan)
Tokoh penting Yang Hyun Suk (CEO) dan Yang Min Suk (CEO)
Produk Album, Konser, merch
Jasa Publikasi rekaman,
Agensi hiburan
Pendapatan 62.5 miliar won (2011)[1]
Pemilik Yang Hyun Suk
Anak perusahaan YG Entertainment Japan
YG Underground
YGEX
highgrnd
Situs web http://www.ygfamily.com

YG Entertainment adalah label rekaman dan agen bakat yang dirikan oleh anggota band Korea Seo Taiji & boys, Yang Hyun Suk dan berbasis di Seoul, Korea Selatan. YG adalah singkatan untuk "Yang Goon", julukan yang diberikan kepada Direktur Eksekutif / Pendiri Yang Hyun-suk. Ia mengkhususkan diri dalam memproduksi R&B dan hip hop musik. [2]

Label ini merupakan salah satu dari "tiga besar" perusahaan rekaman Korea bersama dengan SM Entertainment dan JYP Entertainment karena pasar yang kuat dan operasi internasional. Catatan rilis melalui distributor YG Entertainment, Mnet Media. Avex Entertainment dan YG Entertainment baru-baru ini membentuk proyek baru di Jepang disebut YGEX.

Setelah menjadi rumah bagi kelompok hip-hop Jinusean dan 1TYM, daftar saat ini dari artis rekaman termasuk K-Pop idola seperti Big Bang, 2NE1, Big Mama, Masta Wu, Perry, PSY, Seven, Epik High, Lee Hi dan Gummy. Artis di bawah lembaga itu berkembang menjadi pelari depan dan pemimpin Hallyu dan musik Korea sendiri di seluruh dunia. Video dari YG Entertainment dan seniman yang telah kumulatif lebih dari 3 miliar pandangan dan berlangganan oleh lebih dari 5 juta pengguna di YouTube saja, membuat mereka seniman yang paling dilihat dan ditempatkan dan agen hiburan di Asia-Pasifik.

Sejak 2010-an akhir, YG Entertainment telah mendapat pengakuan di seluruh dunia setelah BigBang menyisihkan Britney Spears untuk memenangkan Act Seluruh Dunia Terbaik di 2011 Europe Music Awards MTV, dan PSY Gangnam Style mencapai lebih dari 1 miliar kali dilihat di YouTube setelah berhasil bersaing dengan video musik oleh Lady Gaga dan Katy Perry untuk memenangkan Best Video di MTV Music Awards Eropa 2012 Sebagai hasil dari prestasi seniman musik, harga saham dari label rekaman. telah melihat tahun-ke-tahun meningkat lebih dari 50%.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada Maret 1998, Yang Hyun-suk, mantan anggota band yang legendaris Seo Taiji dan Korea Boys, didirikan YG Entertainment. Kelompok pertama untuk debut pada label itu adalah Keep Six, dengan album hanya mereka Enam di Chamber tha dirilis Mei tahun yang sama. Jinusean adalah seniman berikutnya untuk debut pada label dan adalah yang pertama untuk mencapai kesuksesan mainstream. Grup 1TYM diikuti bersama dengan merilis album CEO Yang Hyun Suk. 1TYM dan Jinusean sering dikreditkan dengan membawa hip hop ke penonton Korea mainstream. Pada tahun 1999, seniman perusahaan membuat album kolaborasi di bawah nama keluarga YG.

Label segera merilis album oleh artis Perry, Swi.T, Wheesung, dan kolaborasi kedua YG Keluarga pada tahun-tahun berikutnya. Pada tahun 2003, Big Mama memulai debutnya sebagai kelompok pertama terkenal karena suara mereka sebagai lawan penampilan. Tujuh debutnya setelah, bersama dengan Lexy dan Gummy. Pada tahun 2005, label Underground YG diciptakan dan tumbuh mengandung seniman 45rpm dan Skunk Stony. Selain itu, Se7en mulai pergi ke luar negeri untuk menjual rekaman di Jepang dalam upaya bersama antara YG Entertainment dan Rekaman NexStar. Big Bang debutnya pada tahun 2006 dan merupakan grup idola pertama perusahaan.

Big Bang meroket dalam popularitas dari waktu debut mereka dengan merilis album kedua mereka di Korea, Ingat. 2008 juga ditandai dengan rilis baru dari Gummy dan Uhm Jung Hwa. Pada tahun 2009, 2NE1 debut dan juga dengan cepat menjadi salah satu K-pop pemimpin industri. Big Bang bercabang ke Jepang selama ini dan merilis album pertama mereka bahasa Jepang, Big Bang. G-Dragon, pemimpin Big Bang, merilis album solonya di Korea dan menjadi album dengan penjualan tertinggi tahun 2009.

PSY, seorang seniman rap yang sudah terkenal, ditandatangani ke label pada tahun 2010 dan merilis album Psy Lima. Selain itu, perusahaan yang diterapkan untuk bursa saham, tetapi ditolak. Hal ini diduga bahwa alasan adalah karena YG Entertainment memiliki kelompok musik terlalu sedikit dan arus kas yang tidak stabil, meskipun peningkatan pendapatan di Korea dan Jepang pada tahun 2009. YG Entertainment akhirnya melewati penyaringan Bursa Efek Komisi untuk go public di KOSDAQ. Harga saham diperkirakan akan ditetapkan sekitar 24.600 ~ 28.800 WON (sekitar $ 22 - $ 26 USD dengan nilai nominal 500 WON). Sekitar 35 miliar won (sekitar $ 33.000.000 USD) akan untuk perdagangan pada penawaran umum perdana.

Pada 27 September 2011, YG Entertainment mengumumkan bahwa Tablo dari kelompok hip-hop Epik high populer Tinggi menandatangani kontrak 4 tahun eksklusif dengan mereka.Pada tahun 2012 Epik High juga bergabung YG.

Kerjasama[sunting | sunting sumber]

Di dalam negeri, YG memiliki kerjasama dengan M-Boat Entertainment dan EunGun Hiburan, Musik Yamazone, dan Suara Booda. Setelah kontrak untuk Big Mama dan Soul Star berakhir, EunGun dan M-Boat telah berakhir kegiatan mereka dengan YG Entertainment.

Mulai tahun 2005, YG diperluas ke pasar luar negeri. Se7en adalah artis YG pertama untuk memperluas ke seluruh Asia. YG memiliki kemitraan dengan NexStar Records, sebuah Nippon Columbia label, untuk mengelola rilis Jepang untuk Se7en.kegiatan Jepang Universal Music Japan mengelola Big Bang,dan catatan Jepang Avex Grup mengelola 2NE1 YG Entertainment. Melepaskan Koreanya album di bawah 21 East Entertainment di Cina, GMM Internasional di Thailand, dan Universal Records di Filipina.

Pada tahun 2011, YG Entertainment bermitra dengan SM Entertainment, JYP Entertainment, KeyEast, Ament, dan Star J Entertainment untuk menciptakan Serikat Management Asia dalam upaya untuk mempromosikan musik pop Korea internasional.

Dengan munculnya hallyu dan popularitas Big Bang, YG mengumumkan pada 2012 bahwa mereka bekerja sama dengan eBay Korea untuk meluncurkan toko YG di eBay untuk pelanggan asing.

KMP Holdings[sunting | sunting sumber]

Maret 2010 lalu, KMP Holdings didirikan melalui kerjasama antara YG, SM, JYP, Star Empire, dan perusahaan lainnya. KMP adalah distributor resmi rilis dari perusahaan-perusahaan. KMP singkatan dari Power Music Korea.

Persatuan Asia Manajemen[sunting | sunting sumber]

SM Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, KeyEast, Ament dan Star J Entertainment akan bergabung untuk menciptakan sebuah badan manajemen besar Asia bernama 'United Asia Manajemen'! Tubuh ini perusahaan investasi bersama diciptakan dalam upaya untuk mengembangkan industri yang akan mendorong 'Hallyu' ke 'Asianlyu'. United Asia Manajemen bertujuan untuk merintis pasar global, dan semua artis di bawah enam lembaga akan berada di bawah sebuah sistem database yang mengelola hak kekayaan intelektual. Sebuah sistem isi produksi baru akan digunakan juga untuk film, drama, dan media lainnya. UAM juga akan bertindak sebagai agen global untuk seniman perencanaan untuk memajukan, atau saat ini mempromosikan, di luar negeri. UAM telah resmi didirikan pada April 2011.

YGEX[sunting | sunting sumber]

YGEX didirikan sebagai suatu kemitraan antara Grup Avex dan YG Entertainment untuk promosi dan pelepasan bahan seniman YG 'di Jepang. Seniman saat ini di bawah YGEX mencakup semua seniman Entertainment aktif YG.YGEX beroperasi sebagai perusahaan patungan-label antara dua perusahaan.

Live Nation[sunting | sunting sumber]

YG Entertainment pertama kali bekerja sama dengan Live Nation pada tahun 2012 untuk memproduksi Big Bang Hidup Galaxy Tour 2012 Rencana untuk tur dunia berada di tempat pada tahun 2011 sampai beberapa anggota Big Bang menghadapi masalah dengan hukum, menyebabkan ia harus ditunda sampai tahun berikutnya . Ini menandai pertama kalinya Live Nation telah bekerja dengan artis Asia. Tujuan mereka adalah untuk tahap produksi, di mana kinerja bukan satu-satunya bagian penting, dan menetapkan standar baru dalam industri global.

Selanjutnya, Live Nation juga diarahkan "2NE1 New Evolution World Tour 2012", dan G-Dragon 2013 1st World Tour: One of a Kind. Live Nation pertama kali mendekati YG Entertainment dengan ide karena mereka telah melihat dikonfirmasi potensi pertumbuhan K-Pop. Mats Brandt, General Manager Live Nation Asia, mengatakan dalam sebuah wawancara: "dari semua seniman kami telah memutuskan untuk fokus pada bakat BIGBANG. BIGBANG memiliki bakat, sehingga mereka memiliki kesempatan terbaik menjadi artis global"

Cheil Industries (Everland)[sunting | sunting sumber]

YG Entertainment dan Samsung Cheil Industries mengumumkan kemitraan pada tanggal 28 Juni 2012, dengan dua perusahaan yang ingin memulai bisnis fashion muda global yang baru. Menurut dua rencana kelompok, mereka akan bekerja untuk menciptakan produk baru yang menggabungkan budaya, musik, dan desain. YG Entertainment dikenal untuk fashion mewah dan bombastis mereka, dan G-Dragon dan CL keduanya sangat dihormati fashionista di Korea. Peluncuran merek baru ditargetkan untuk musim semi 2013, dan itu adalah menganggap bahwa artis YG akan terlibat secara pribadi. YG akan meluncurkan merek baru Natural9 dengan Samsung Cheil Industries, diharapkan 2014 perusahaan ini diharapkan dapat meluncurkan merek ini dengan penciptaan model keuntungan baru melalui kemitraan dengan K PLUS, sekelompok model busana profesional.

Pada tanggal 9 April 2014 Setelah mengisyaratkan sebuah proyek baru datang dengan gambar misterius pekan lalu, YG Entertainment kembali untuk mengungkapkan apa yang mereka miliki lengan baju mereka dengan teaser dan pengumuman resmi. Seperti disebutkan sebelumnya, proyek baru ini disebut NONA9ON (diucapkan 'nonagon'), dan kami diberi dua tanggal - April 9 dan 11 April Tampaknya April 9 telah menunjukkan rilis teaser ini yang menunjukkan sekelompok orang melakukan semacam suku tari dan akrobat dengan berbagai alat peraga, lengkap dengan wajah dan body painting. Satu-satunya bagian lain dari informasi ini menawarkan adalah kata-kata 'Invasi 1' dan tanggal September 9, 2014.

eBay[sunting | sunting sumber]

YG Entertainment menjadi perusahaan pertama dari Korea untuk membuka toko sendiri di eBay pada Juli, 2012 Big Bang menjadi artis Asia pertama yang memiliki toko eksklusif mereka di eBay. Perusahaan bekerja sama dengan eBay Korea untuk menciptakan cara baru bagi fans internasional untuk membeli album musik dan merchandise resmi artis YG. Pada hari pertama pembukaan, toko terjual lebih dari US $ 70.000 senilai barang dan memecahkan rekor eBay Korea untuk penjualan tertinggi dalam rentang 24 jam.

Asiana Airlines[sunting | sunting sumber]

Sebagai salah satu dari dua maskapai besar Korea, Asiana Airlines menandatangani kesepakatan dengan YG Entertainment pada Januari 2013 untuk menyediakan transportasi ke seniman dari dan ke tujuan domestik dan internasional tanpa biaya. Sebagai imbalannya, YG Entertainment akan menempatkan logo maskapai di seluruh konser internasional mereka dan wisata.

K-Plus[sunting | sunting sumber]

K-Plus, seorang agen model utama, menandatangani "kemitraan strategis dan investasi bersama" dengan YG Entertainment mengumumkan pada 18 Februari 2014 oleh co-CEO Yang Min Suk. Yang Min Suk menyatakan, "Model Korea telah datang di bawah sorotan dunia sebanyak K-pop dan drama Korea Gelombang TV miliki, jadi kami berharap potensi pertumbuhan yang lebih besar dan masa depan yang menjanjikan di bidang ini. Kami akan mengamankan kolam tenaga kerja di bidang fashion model melalui kemitraan strategis dengan dan penyertaan saham pada K PLUS, sehingga menerapkan strategi win-win untuk diversifikasi dan sinergi yang lebih besar dari bisnis kami ". dengan kesepakatan ini di tempat, YG Entertainment mengharapkan untuk 'membantu upgrade perusahaan upaya untuk berkembang menjadi agen hiburan global yang keseluruhan. "K-plus Model Agency rumah lebih dari 170 model termasuk Jang Ki Yong (muncul di mv dari IU "The Red Shoes"), Choi Sora (pemenang akhir dari "Korea Next Top Model Season 3"), Stephanie Lee ("Neutrogena" 's CF), serta Taman Hyung Sup dan Lee Sung-Kyung.

Fashion dan kecantikan[sunting | sunting sumber]

Nonagon NONA9ON adalah merek mewah street-wear yang didirikan oleh YG Entertainment dan anak perusahaan tekstil Samsung Cheil Industries di awal 2012. Awalnya bernama Natural Nine, merek itu dirubah dan akan diluncurkan pada musim semi / musim panas 2015.

Moonshot[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 2 Oktober 2014, YG Entertainment kembali membuatcabang ke bisnis lain dan meluncurkan merek kosmetik Moonshot. Dikembangkan dengan China Huanya Group dan dalam kemitraan dengan COSON perusahaan manufaktur kosmetik, itu bermuara kepada wanita berusia 20-an sampai 30-an. Merek ini dinamai mendarat sejarah Apollo 11 pada bulan, dan hanya sebagai acara yang berubah mimpi menjadi kenyataan, merek juga memiliki maksud mengambil berbagai tantangan dan melepaskan diri dari garis makeup khas.

Iklan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 2014, YG Entertainment mengakuisisi saham mayoritas di perusahaan periklanan Phoenix Holdings Inc, anak perusahaan dari Bogwang Group. Pengambilalihan ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih mempercepat pertumbuhan YG Entertainment di bidang selain dari industri musik dan untuk memaksimalkan sinergi antara perusahaan musik perusahaan dan konten budaya. Sebagai hasil dari pengambilalihan ini, Phoenix Holdings Inc yang sekarang dikenal sebagai YG Ditambah Inc., dan Yang Min-suk telah ditunjuk sebagai CEO perusahaan.

Menurut Reuters, perusahaan memiliki dua operasi bisnis utama: bisnis bisnis produksi iklan dan media agency. Menangani penciptaan iklan, dan di sisi badan usaha media, menerbitkan dan siaran iklan melalui bentuk media massa seperti televisi, radio, cetak, dan internet. Beberapa klien terkenal meliputi COCA-COLA, SK Telecom, dan WAJAH SHOP.

Golf[sunting | sunting sumber]

YG Golf Academy. YG Entertainment juga mengakuisisi G-AD Komunikasi yang merupakan lembaga golf yang menangani beberapa profesional pegolf Korea Selatan terkenal seperti Kim Hyo Joo, Lee Dong Min, Byun Jin Jae, dan Yoo Go Un. Perusahaan juga telah membawa bakat pelatih golf terkemuka Han Yeon Hee untuk bertindak sebagai instruktur kepala YG Golf Academy. Ini usaha baru ke bisnis golf internasional akan menyebabkan kegiatan seperti akuisisi lapangan golf, kepanduan dan memelihara pegolf berbakat, hosting turnamen golf, ritel perlengkapan golf dan produk-produk fashion, dan pengenalan bisnis terkait lainnya.

Produksi konser[sunting | sunting sumber]

Live Nation. YG Entertainment pertama bekerja sama dengan Live Nation pada 2012 untuk memproduksi Big Bang Hidup Galaxy Tour 2012. Rencana untuk tur dunia berada di tempat pada tahun 2011 sampai beberapa anggota Big Bang menghadapi masalah dengan hukum, menyebabkan ia ditunda sampai tahun berikutnya . Ini menandai pertama kalinya Live Nation telah bekerja dengan artis Asia.

Selanjutnya, Live Nation juga diarahkan "2NE1 New Evolution World Tour 2012", dan G-Dragon 2013 1st World Tour: One of a Kind. Live Nation pertama mendekati YG Entertainment dengan ide karena mereka telah melihat potensi pertumbuhan K-pop. Mats Brandt, General Manager Live Nation Asia, mengatakan dalam sebuah wawancara: "... dari semua seniman kami telah memutuskan untuk fokus pada bakat Big Bang Big Bang memiliki bakat, sehingga mereka memiliki kesempatan terbaik untuk menjadi sebuah. artis global.

Asiana Airlines[sunting | sunting sumber]

Sebagai salah satu dari dua maskapai besar Korea, Asiana Airlines menandatangani kesepakatan dengan YG Entertainment pada Januari 2013 untuk menyediakan transportasi untuk seniman dari dan ke tujuan domestik dan internasional tanpa biaya. Sebagai imbalannya, YG Entertainment akan menempatkan logo maskapai di seluruh konser internasional mereka dan wisata.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Tiga Way Jagal (3Geori Jagal). Tiga Way Jagal adalah sebuah restoran premium diposisikan di Hongdae, dan merupakan makanan usaha baru di bawah payung YG Makanan, sebuah kolaborasi antara YG dan Noh Hee Young, mantan penasihat dari sektor makanan CJ. Restoran mengkhususkan diri dalam daging babi, sebagai "profesional" pilih bahan dan menu untuk para pengunjung. Mereka juga memiliki merek mereka sendiri minuman, yang telah mengumpulkan banyak minat.

Penawaran Umum Saham Perdana[sunting | sunting sumber]

YG sedang mencari sebanyak 35900000000 ₩ ($ 31 juta), kurang dari ₩ 39900000000 itu sebelumnya dicari sebagai Big Bang bermain untuk stadion penuh di Jepang dan penggemar berbondong-bondong ke 2NE1 kuartet perempuan, yang juga dikelola oleh perusahaan. YG telah memutuskan untuk mengurangi ukuran IPO itu menyatakan itu sebagai risiko untuk operasi mereka.

Filantropi[sunting | sunting sumber]

YG Entertainment sangat terlibat dalam kegiatan amal, menciptakan kampanye layanan masyarakat mereka DENGAN. Mereka menyumbangkan 100 won untuk setiap album yang dijual, 1% dari seluruh penjualan barang dagangan, dan 1.000 won untuk setiap tiket konser untuk amal. Pada tahun 2009, mereka mengumpulkan US $ 141.000. Mereka melampaui itu pada tahun berikutnya dengan US $ 160.000. Dari jumlah itu, US $ 87.000 sedang menuju beasiswa untuk Layanan Holt Anak sementara US $ 69.000 itu terhadap anak-anak dengan penyakit langka. Keluarga YG juga telah disampaikan secara langsung US $ 4.400 senilai arang untuk keluarga yang membutuhkan selama musim dingin. Perusahaan ini juga telah mengumumkan bahwa mereka akan menyumbangkan sekitar US $ 500.000 untuk bantuan bencana ke Jepang setelah gempa Tohoku 2011 dan tsunami.

Pada 2013, pendiri dan CEO Yang Hyun Suk, menjadi berita utama ketika ia menyumbangkan semua dividen yang diterimanya sebagai pemegang saham YG Entertainment untuk membantu anak-anak yang membutuhkan operasi. Dividen nya total menjadi sekitar US $ 1 juta.

Pada tanggal 4 Mei, YG Entertainment menyumbangkan total 100 juta KRW (~ $ 92.450 USD) kepada Komite Korea untuk UNICEF dengan pesan, "Silakan gunakan sumbangan untuk membantu dalam memulihkan kerusakan dari gempa besar di Nepal, serta sebagai korban yang menderita akibatnya ". Dikatakan bahwa dana bantuan akan digunakan dalam memberikan pasokan bantuan dan obat-obatan untuk pencegahan penyakit menular di antara penduduk di Nepal.


Keluarga YG[sunting | sunting sumber]

Artis Rekaman[sunting | sunting sumber]

Debut Artis Jenis Kelamin Anggota Pemimpin Status Nama Fanclub Warna resmi
1997 Jinusean Laki-laki 2 ( Jinu, Sean ) - Aktif - Merah
1998 Yang Hyun Suk Laki-laki Solo - - - -
1998 1TYM Laki-laki 4 ( Teddy, Danny, Baekkyoung, Jinhwan ) Teddy Park - Hip Hop Village Hitam
2003 Masta Wu Laki-laki Solo - Aktif - -
2006 Big Bang Laki-laki 5 ( G-Dragon , Taeyang , T.O.P , Daesung , Seungri ) G-Dragon Aktif VIP Kuning
2009 2NE1 Perempuan 4 ( CL , Park Bom , Sandara Park , Minzy ) CL Aktif Blackjack Hot Pink
2010 PSY Laki-laki Solo - Aktif PSYcho Hitam
2011 Epik High Laki-laki 3 ( Tablo , Mithra Jin, DJ Tukutz ) Tablo Aktif High Skool Hitam
2012 Lee Hi Perempuan Solo - Aktif Hiheel/Harp Ungu
2014 AKMU Co-ed 2 (Lee Chan-hyuk, Lee Soo-hyun) Lee Chan-hyuk Aktif Still Young Hijau
2014 WINNER Laki-laki 5 (Tae-hyun, Seung-yoon, Mino, Seung-hoon, Jin-woo) Kang Seung-yoon Aktif Inner Circle Nebula Blue
Direncanakan PinkPunk Perempuan 7 (Jennie, Jisoo, Miyeon, Lalice, Rosanne, Jinny, Hanna) Jennie Direncanakan
2015 iKON Laki-laki 7 ( B.I, Bobby, Jinhwan, Junhoe, Yunhyung, Donghyuk, Chanwoo ) B.I Aktif iKONIC Flaming Red

1Psy (2001) dulunya merupakan bagian dari LNLT Entertainment sebelum pindah ke YG Entertainment pada tahun 2010 Dia merilis album kelimanya melalui label barunya. Album keenam Psy ini yang berisi hit internasional Gangnam Style adalah album kedua di bawah YG Entertainment.
2Epik High (2003) ditransfer dari Woollim Entertainment setelah kontrak mereka telah habis. Setelah Tablo menandatangani sebagai solois pada tahun 2011, anggota yang tersisa, DJ Tukutz dan Mithra Jin telah ditandatangani pada tahun berikutnya di mana mereka juga merilis album ketujuh mereka 99.

Penyanyi-Penulis Lagu[sunting | sunting sumber]

  • Psy
  • Masta Wu
  • Daniel Armand Lee | Tablo (Epik High)
  • Kim Jung Sik | DJ Tukutz (Epik High)
  • G-Dragon (Big Bang)
  • Choi Seung Hyun | T.O.P (Big Bang)
  • Seungri (Big Bang)
  • Lee Chan Hyuk | Chan Hyuk (Akdong Musician)
  • CL (2NE1)
  • Seung Yoon (Winner)
  • Song Min Ho | Mino (Winner)
  • Nam Tae Hyun | Tae Hyun (Winner)
  • Kim Han Bin | B.I (iKON)
  • Kim Ji Won | Bobby (iKON)

Produser[sunting | sunting sumber]

  • Teddy Park
  • Masta Wu
  • PK (Choi Pil-Kang)
  • Dee.P
  • Peejay
  • Bigtone
  • Choice37
  • Kush
  • Lydia Paek
  • Ham Seung Cheon
  • Kang Uk Jin
  • Airplay
  • Rovin
  • Jo Sung Hwak
  • Sunwoo Jungah

Penyanyi Solo[sunting | sunting sumber]

Sub-unit[sunting | sunting sumber]

  • JinuSean (Jinu & Sean)
  • G-Dragon&Taeyang a.k.a GDYB (BIGBANG)
  • GD & TOP (BIGBANG)
  • CL&Minzy (2NE1)
  • BOM & HI (Park Bom & Lee Hi)
  • Akdong Musician (Lee Chan Hyuk & Lee Su Hyun)
  • HISUHYUN (Lee Hi & Lee Su Hyun dari Akdong Musician)
  • B.I & Bobby

Aktor/Aktris[sunting | sunting sumber]

Entertain[sunting | sunting sumber]

  • Yoo Byung-jae
  • Ahn Young-mi

HIGHGRND[sunting | sunting sumber]

YGKPLUS[sunting | sunting sumber]

  • Hyoni Kang
  • Sup Park
  • Sora Choi
  • Bom Chan Lee
  • Jang Ki-yong
  • Joo Woo-jae
  • Kim Kibum
  • Park Bosung
  • Kang Hui
  • Kim Gabi
  • Lee Ho-jung
  • Lee Ha-eun
  • Stephanie Lee
  • Hong Hyo
  • Ji Esu
  • Um Yejin
  • Bae Jeong-nam
  • Hwang So-hee
  • Jung Yoo-jin
  • Shin Jaehyuk
  • Yoon Seonah
  • Kwon Hyunbin
  • Jung Yongsoo
  • Byun Wooseok
  • Lee Seokchan
  • Kim Pilsu

Koreografer[sunting | sunting sumber]

YG Trainee[sunting | sunting sumber]

Perempuan :[3]

  • Kim Jisoo (1995)
  • Jennie Kim (1996)
  • Park Chaeyoung (1997)
  • Lalisa Manoban (1997)
  • Cho Miyeon (1997)
  • Park Jinny (1998)
  • Jang Hanna(1996)
  • Lee Chae Young(2002)
  • Lee Seo-Yeon(1997)

Laki-laki : [4][5]

  • Kim Han Bin/B.I. (1996) - Rapper/Komposer/Produser/Penulis lagu/Koreografer (Pemimpin dari WIN Program Team B), fitur yang ditonjolkan pada MC Mong's "Indian Boy" , kontestan dari Mnet's Rapper Survival Program "Show Me The Money 3" DI KONFIRMASI SEBAGAI ANGGOTA BOYGROUP BARU YG - IKON
  • Kim Jiwon/Bobby (1995) - Rapper/Komposer/Penulis lagu (WIN Program Team B), pemenang Mnet's Rapper Survival Program "Show Me The Money 3" DI KONFIRMASI SEBAGAI ANGGOTA BOYGROUP BARU YG - IKON
  • Kim Jinhwan (1994) - Vokalis/Penari (WIN Program Team B) DI KONFIRMASI SEBAGAI ANGGOTA BOYGROUP BARU YG - IKON
  • Song Yunhyeong (1995) - Vokalis (WIN Program Team B)
  • Koo Junhoe (1997) - Vokalis/Penari (WIN Program Team B), mantan kontestan dari K-Pop Star 1, mantan trainee JYP
  • Kim Donghyuk (1997) - Vokalis (WIN Program Team B), sekolah di Def Dance Skool Academy, mantan trainee JYP (pemenang JYP’s Trainee Search Contest pada bulan Maret 2012)
  • Bang Ye-dam (2002) - Runner-up dari K-Pop Star 2.
  • Choi Rae Sung (2000) - mantan kontestan dari K-pop Star (season 1)
  • Jung Chanwoo (1998) - Vokalis, berperan dalam The Heirs dan Boys Over Flowers. bergabung dengan YG melalui audisi pada tahun 2013 . Berkompetisi di program survival Mnet's 'Mix and Match'.
  • Baek Dae-Hyeon (1998)

Mantan Artis[sunting | sunting sumber]

Debut Artis Jenis Kelamin Anggota Pemimpin Meninggalkan Perusahaan/Dibubarkan Nama Fanclub Warna Resmi
1996 Keep Six Laki-laki 3 (Park Dong Ho,Shim Young Ho,Lee Sae Young) - 1996 - -
1998 Kang Hye-jung Perempuan - - 2013 - -
2001 Perry Laki-laki Solo - 2001 - -
2002 Swi.T Perempuan 3 (Lee Eun Joo (Enzu),An Nae Young,Sung Mi Hyun) - 2005 - -
2003 XO Laki-laki 2 (Kang Seong Min,Jeon Seung Woo) - 2004 - -
2003 Big Mama Perempuan 4 ( Shin Yeon Ah,Lee Young Hyun,Lee Ji Young,Park Min Hye ) - 2005 - -
2003 Wheesung Laki-laki Solo - 2006 - -
2003 Lexy Perempuan Solo - 2007 - -
2003 Stony Skunk laki-laki 2 ( Kush(E.knock),Skul1 ) - 2010 - -
2003 Gummy Perempuan Solo - 2013 Gummybear Hitam/Putih
2003 Seven Laki-laki Solo - 2013 Lucky 7 Lime Green
2004 Wanted Laki-laki 4 (Jun Sang Hwan,Kim Jae Suk,Ha Dong Gyun,Seo Jae Ho(Almarhum) ) - 2007 - -
2005 SoulStaR Laki-laki 3 (Lee SeungWoo,Lee ChangKeun,Lee KyuHoon) - 2007 - -
2005 45RPM Laki-laki 2 (Smash,J-kwondo,GR(mantan Smash 2004 - -
2006 Moo Ga Dang Mixed 4 Song Baekkyoung 2007 - -
2007 JC Kim Ji Eun Perempuan Solo - 2008 - -
2008 YMGA Laki-laki 2 (DM,Masta Wu) - 2011 - -

Penari[sunting | sunting sumber]

  • Crazy Girls Dance Team
  • Hi-Tech Dance Team

Mantan Trainee[sunting | sunting sumber]

  • May Doni (sekarang dibawah LOEN Entertainment)
  • Jang Hyun-Seung (sekarang dibawah Cube Entertainment sebagai anggota B2ST)
  • Park Bohyung (sekarang dibawah B2M entertainment sebagai anggota SPICA)
  • Kim Junsu (sekarang dibawah JYP Entertainment sebagai anggota 2PM)
  • Go Kyung-pyo (sekarang dibawah Film It Suda sebagai aktor)
  • Kim Euna (sekarang dibawah Music K Entertainment sebagai anggota The Ark)
  • Kim Eunbi
  • Kim Sung-joo (sekarang dibawah Yuehua Entertainment sebagai anggota UNIQ)
  • Lee Ha-nui (sekarang dibawah King Kong Entertainment sebagai artis)
  • Linzy (sekarang dibawah Collabodadi sebagai anggota Fiestar)
  • Michelle Lee (sekarang dibawah DIMA Entertainment sebagai penyanyi solo)
  • Nam Gyu-ri (sekarang dibawah SidusHQ sebagai artis)
  • P-Goon (sekarang dibawah Stardom Entertainment sebagai anggota Topp Dogg)
  • UJin (mantan anggota D-Unit)
  • Zelo (sekarang dibawah TS Entertainment sebagai anggota B.A.P)
  • Jung Jinhyoung (1997) - Vokalis, Aktor dalam musikal, dari Australia, trainee YG sejak April 2012. Berkompetisi di program survival Mnet's 'Mix and Match'.
  • Yang Hongsuk (1994) - Vokalis, tinggal di hongkong dan menetap di HK 1 tahun audisi YG awal 2014. Berkompetisi di program survival Mnet's 'Mix and Match'.

Konser dan Tur Keluarga YG[sunting | sunting sumber]

Color of Soul Train(2003)

  • Seoul, South Korea

One Concert(2003, 2004, 2005, 2007)

  • Seoul, South Korea

Soul Train Tour(2004)

  • Seoul, South Korea
  • Pusan, South Korea
  • Suwon, South Korea
  • Daegu, South Korea
  • Incheon, South Korea

Thank U Concert(2005)

  • Seoul, South Korea

YG Family 10th Anniv. World Tour(2006)

  • Tokyo, Japan
  • Osaka, Japan
  • Seoul, South Korea
  • Washington DC, U.S.
  • New York, U.S.
  • Los Angeles, U.S.

YG Family Concert(2010)

  • Seoul, South Korea

YG Family 15th Anniversary Concert Tour(2011)

YG Family 2014 World Tour: Power(2014)

  • Osaka, Japan (Kyocera Dome: April 12–13, 2014)
  • Tokyo, Japan (Tokyo Dome: May 3–4, 2014)
  • Seoul, Korea (Jamsil Sports Complex: August 15, 2014)
  • Shanghai, China (Shanghai Stadium: August 30, 2014)
  • Singapore, Singapore (Singapore Indoor Stadium: September 13–14, 2014)
  • Beijing, China (Workers Stadium: October 19, 2014)
  • Taipei, Taiwan (Taoyuan County Stadium: October 25, 2014)

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kim, Da-ye (January 5, 2011). "Korean entertainment firms fail to go public". The Korea Times. The Korea Times. Diakses tanggal January 22, 2011. 
  2. ^ http://www.youtube.com/user/YGEntertainment
  3. ^ YG entertainment (-2012/2013). "YG Trainees" (dalam Korean/English). YG Entertainment. Diakses tanggal January 17, 2014. 
  4. ^ YG Entertainment (June 28, 2013). "BANG YEDAM JOINS YG ENTERTAINMENT AFTER AKDONG MUSICIAN: YG WELCOMES BOTH 1ST & 2ND WINNERS OF K-POP★2". YG Entertainment. Diakses tanggal January 17, 2014. 
  5. ^ YG Entertainment via Allkpop (October 31, 2013). "YG Entertainment updates fans on Team B and to release a special BTS episode of 'WIN' online". Translated @ Allkpop. Diakses tanggal January 17, 2014. 
  6. ^ Cha, Frances "YG Family Concert: Best end-of-year blowout bash" CNN Go. 23 November 2011. Retrieved 2012-03-03

Pranala luar[sunting | sunting sumber]