The Mysterious Class

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Mysterious Class
Poster promosi
Hangul남고괴담
Genre
Pengembang
Ditulis olehHan Songyi
SutradaraHa Hanme
Pemeran
Penata musikBaek Jongsung, dkk
Negara asalKorea Selatan
Bahasa asliKorea
Jmlh. episode8
Produksi
Produser eksekutifYang Jihoon
Produser
  • Kim Hwihwan
  • Song Yoongeun
  • Jung Dabin
PenyuntingKim Jungmin
Rumah produksi
Distributor
Rilis asli
Rilis12 November (2021-11-12) –
31 Desember 2021 (2021-12-31)

The Mysterious Class (Hangeul: 남고괴담; RR:Namgogoedam; terj. 'Cerita Hantu di Sekolah Khusus Pria') adalah serial web Korea Selatan tahun 2021 dengan genre horor yang bercerita mengenai kehidupan anak sekolahan yang diproduksi YG Entertainment bersama Bamboo Network.[1] Serial web ini diperankan secara bersama oleh anggota grup musik TREASURE, yaitu Choi Hyunsuk, Park Jihoon, Yoshinori, Kim Junkyu, Mashiho, Yoon Jaehyuk, Asahi, Bang Yedam, Kim Doyoung, Haruto, Park Jeongwoo, dan So Junghwan. Kisahnya berpusat pada sekelompok siswa kelas 12 di sekolah laki-laki yang mencoba memecahkan misteri hantu penghuni kelas mereka.[2]

Serial ini ditayangkan secara bebas melalui kanal Youtube TREASURE setiap hari Jumat pukul 24:00 WIB dari 12 November - 31 Desember 2021.[3][4] Setiap episode didampingi dengan "Cookie Video" yang merupakan adegan pasca-kredit atau adegan cerita tambahan dapat ditonton bagi pengikut berbayar dari akun Weverse TREASURE.[5] Ini menjadi upaya penuh pertama Treasure dalam berakting setelah band melakukan debut aktingnya melalui film pendek It's Okay, That's Friendship yang disiarkan pada 5 Maret 2021 sebagai Episode 36 dari serial web variety mereka Treasure Map.[6]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di SMA Pria Boseok, siswa kelas 12-4 berusaha memecahkan siapa hantu yang sebenarnya di antara mereka setelah menyadari bahwa hanya ada 20 nama di daftar absen resmi namun ada 21 orang yang berada di kelas tersebut. Karena hanya mereka dan wali kelasnya yang dapat melihat sang hantu, kisah horor ini mendorong para anggota kelas untuk mencurigai sesama mereka.[2][7]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Utama[sunting | sunting sumber]

Seluruh pemeran utama adalah anggota grup vokal TREASURE

  • Choi Hyunsuk sebagai Hyunsuk, siswa kelas 12-4 SMA Pria Boseok yang tertarik dengan dunia horor serta hal-hal yang berkaitan dengan hantu. Dia sering membaca buku mengenai cara melihat hantu, cara mengusir hantu dan sebagainya. Dia adalah teman satu kamar Doyoung dan Junghwan. Bersama Yedam, dia memimpin ritual pemanggilan arwah.
  • Park Jihoon sebagai Jihoon, siswa kelas 12-4 SMA Pria Boseok yang sering menakut-nakuti temannya, membuat kejahilan dan suka bercanda. Dia adalah teman satu kamar Jeongwoo dan Junkyu.
  • Kanemoto Yoshinori sebagai Yoshi. siswa kelas12-4 SMA Pria Boseok yang juga cucu dari seorang dukun. Dia sering membacakan kartu tarot jika teman-temannya meminta dibacakan dan juga sering memainkan beberapa trik sulap. Dia satu kamar dengan Yedam, Mashiho dan Asahi.
  • Kim Junkyu sebagai Junkyu, siswa kelas 12-4 SMA Pria Boseok yang mempunyai pribadi ceria dan selalu membawa pengaruh positif. Dia juga mempunyai pacar yang tidak pernah dikenalkan dengan teman-temannya. Dia satu kamar dengan Jihoon dan Jeongwoo.
  • Takata Mashiho sebagai Mashiho, siswa kelas 12-4 SMA Pria Boseok yang gemar meminum susu untuk masa pertumbuhannya. Dia sangat memerhatikan kebiasaan hidupnya untuk membuat tinggi badannya bertambah. Dia satu kamar dengan Yedam, Yoshi dan Asahi.
  • Yoon Jaehyuk sebagai Jaehyuk, siswa kelas 12-4 SMA Pria Boseok paling pintar di sekolah. Dia selalu mendapat peringkat pertama. Sebagai siswa nomor satu, sikapnya sangat dingin. Terkadang dia dan Doyoung suka bersaing dalam menempati peringkat pertama. Dia adalah teman sekamar Haruto.
  • Hamada Asahi sebagai Asahi, siswa kelas 12-4 SMA Pria Boseok yang jarang berbicara dan duduk di sudut kelas. Dia suka melukis. Asahi adalah siswa yang pertama kali tahu siapa hantu di kelas tersebut. Dia berbagi kamar dengan Yoshi, Mashiho, dan Yedam.
  • Bang Yedam sebagai Yedam, siswa kelas 12-4 SMA Pria Boseok yang juga seorang peserta pelatihan idol. Dia sering membuat demo lagu. Suatu hari, demo musiknya dirusak oleh hantu di kelas sampai membuatnya marah. Dia berbagi kamar dengan Yoshi, Mashiho, dan Asahi. Bersama Hyunsuk dia memimpin ritual pemanggilan arwah.
  • Kim Doyoung sebagai Doyoung, ketua kelas 12-4 SMA Pria Boseok yang taat. Dia ingin kelasnya baik-baik saja tanpa keributan saat tiba-tiba wali kelas terkena musibah dan tidak bisa hadir. Ayahnya memintanya untuk menjadi nomor satu di sekolah agar dia bisa mendapatkan surat rekomendasi dari sekolah untuk masuk ke perguruan tinggi. Maka dari itu dia punya sifat yang keras dan egois. Tapi di samping itu, dia sangat menyayangi dan menghargai teman sekelasnya. Dia adalah teman sekamar Junghwan.
  • Watanabe Haruto sebagai Haruto, hantu di kelas 12-4 SMA Pria Boseok. Sepuluh tahun yang lalu dia adalah siswa di kelas tersebut. Namun dia tidak punya waktu banyak untuk menghabiskan hari-harinya di sekolah karena dia sakit. Dia meninggal sehari sebelum ulang tahunnya. Ayahnya menyimpan abunya di loker miliknya dan membuat arwahnya tetap berada di kelas itu untuk merasakan kehidupan sekolah yang diinginkannya.
  • Park Jeongwoo sebagai Jeongwoo, siswa kelas 12-4 SMA Pria Boseok yang juga pemain basket dan jago olahraga. Dia sangat takut dengan hantu, akibatnya Jihoon sering menakutinya. Dia berbagi kamar dengan Jihoon dan Junkyu. Dia sempat masuk rumah sakit karena dihantui.
  • So Junghwan sebagai Junghwan, siswa kelas 12-4 SMA Pria Boseok yang juga seorang Youtuber. Dia sering membuat konten video di dalam kelas. Dia memanfaatkan keadaan horor dikelasnya sebagai konten untuk meningkatkan penonton dan pengikut kanalnya. Dia berbagi kamar dengan Doyoung.

Pemeran Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Jang Taehoon sebagai Ha Dong Min, wali kelas 12-4 yang juga alumni SMA Pria Boseok. Dia mengalami kecelakaan disekolah pada saat murid-murid 12-4 melakukan pemanggilan arwah. Selama dirawat karena kecelakaan, dia mempercayakan kelas kepada Doyoung dengan imbalan rekomendasi perguruan tinggi yang diharapkan Doyoung. Dia diketahui sebagai teman sekelas Haruto saat 10 tahun yang lalu.
  • Han Myung Chul sebagai Satpam SMA Pria Bosoek, dia adalah ayah dari Haruto, karena duka yang mendalam dia sengaja meletakkan abu Haruto di loker kelas 12-4 agar arwah anaknya tetap bisa merasakan kehidupan sekolah.
  • Seo Yeri sebagai Lee Minjung, guru musik SMA Pria Boseok yang dikenal lembut, tapi bisa sangat menyeramkan jika marah.
  • Kim Hongboo sebagai Jung Geunyong, wali kelas Haruto dan Ha Dongmin 10 tahun yang lalu, kini bertanggung jawab membagikan jatah susu
  • Lee Kyung Min sebagai Hong Sung-Joon, siswa kelas 12 yang berteman dekat dengan anak kelas 12-4.
  • Chae Hee soo sebagai Son Won Jin, teman Sung Joon dan juga berteman dekat dengan anak kelas 12-4.
  • Goo Shi-yeon sebagai ibu Jeongwoo
  • Goo Jae-yeon sebagai nenek Yoshi, seorang mudang (dukun)

Episode[sunting | sunting sumber]

No.JudulSutradaraTeleplay byTanggal rilis asli
1"Ada hantu di kelas kita (우리 반에 귀신이 있어 [Uri bane gwisini isseo])"Ha HanmeHan Songyi12 November 2021 (2021-11-12)
Para siswa kelas 12-4 SMA Pria Boseok melarikan diri dengan panik ketika kekuatan misterius tampaknya menanggapi pemanggilan arwah mereka, saat terburu-buru untuk melarikan diri mereka menemukan wali kelas, Ha Dongmin, terbaring tak sadarkan diri di tangga. Ketua kelas Do-young segera menyadari bahwa hasil pemanggilan arwah mereka menjadi nyata setelah mengetahui bahwa kelas yang berjumlah 21 orang seharusnya hanya memiliki 20 siswa.
2"Siapa yang mungkin menjadi hantu? (누가 귀신일까요? [Nuga gwisinilkkayo?])"Ha HanmeHan Songyi19 November 2021 (2021-11-19)
Kelas 12-4 terkejut oleh suara menyeramkan yang muncul dari demo musik Yedam. Doyoung dengan tegas menyampaikan pendapatnya untuk mengusir arwah yang menggangu kelas mereka, sementara Hyunsuk yang penggemar paranormal dan salah satu peserta pemanggilan arwah mulai melaksanakan rencananya untuk mengekspos identitas Sang Hantu.
3"Pengaruh hantu yang berbahaya bagi kelas kita (귀신이 우리반에 미치는 영향 [Gwisini uribane michineun yeonghyang])"Ha HanmeHan Songyi26 November 2021 (2021-11-26)
Setelah dicurigai sebagai hantu penghuni kelas, Asahi yang kesal membuktikan bahwa teman-teman sekelasnya salah dengan bukti tak terbantahkan bahwa dia tidak bersalah. Jaehyuk diam-diam memperoleh jimat bujeok dari nenek Yoshinori yang seorang dukun untuk melawan kehadiran pengaruh buruk yang telah menganggu kinerja akademisnya. Sebuah argumen panas terjadi antara Junghwan dan Doyoung karena siaran langsung perburuan hantu yang dilakukan Junghwan di dalam kelas mereka. Setelah dituduh oleh Asahi sebagai hantu penghuni kelas, Haruto terbakar oleh bujeok yang dipasang Jaehyuk dikamar asrama mereka.
4"Jika kamu berpura-pura menjadi hantu... Sang Hantu akan menghukummu (귀신이 척 하면... 귀신한테 혼나 [Gwisini cheok hamyeon ... gwisinhante honna])"Ha HanmeHan Songyi3 Desember 2021 (2021-12-03)
Jaehyuk bertanya pada Yoshinori apakah mereka bisa memasukkan bujeok lain ke kelas mereka. Junghwan memilih untuk merekam "aktivitas paranormal" yang diam-diam dia rekayasa untuk menimbulkan ketakutan di antara teman-teman sekelasnya, karena dia putus asa untuk mendapatkan lebih banyak pengikut dan penonton kontennya. Doyong sekali lagi melabraknya, namun Junghwan balik mencurigai kalau Doyoung menyembunyikan sesuatu. Setelah Jaehyuk menemukan kebenaran mengerikan di kamar asramanya, upaya Junghwan untuk membalas Doyoung menjadi bumerang ketika Haruto, hantu yang sebenarnya, menghantuinya untuk memberinya peringatan keras.
5"Ruang kelas yang benar-benar berhantu (진짜로 귀신들린 교실 [Jinjjaro gwisindeullin gyosil])"Ha HanmeHan Songyi10 Desember 2021 (2021-12-10)
Haruto tanpa sadar mengizinkan Yoshi membaca masa depannya melalui kartu tarot. Kelas 12-4 mengadakan stan rumah hantu untuk acara sekolah, namun para peserta yang masuk tidak merasa takut dengan upaya seadanya untuk menakut-nakuti. Melihat kekecewaan teman-teman sekelasnya, Haruto menggunakan kekuatannya untuk menakuti peserta rumah hantu tapi tak sengaja juga menakuti teman-teman sekelasnya. Saat seluruh anggota rumah hantu kabur ketakutan, mereka menyadari kalau Jeongwoo yang penakut masih tertinggal di dalam bersama Haruto, hantu yang sesungguhnya.`
6"Bersembunyilah baik-baik, identitas Sang Hantu akan terungkap (꼭꼭 숨어라 귀신 정체 들킬라 [Kkok-kkok sumeora gwisin jeongche deulkilla])"Ha HanmeHan Songyi17 Desember 2021 (2021-12-17)
Haruto merasa bersalah dan takut akan penolakan karena Jeongwoo dirawat setelah terluka dan pingsan saat Haruto menggunakan kekuatannya selama rumah hantu di festival sekolah. Ketegangan kelas 12-4 semakin meningkat dan saling menuduh karena menyangka Sang Hantu dengan sengaja melukai Jeongwoo. Haruto mencoba meminta maaf secara langsung kepada Jeongwoo yang menjadi bisu karena trauma, namun tidak berhasil. Sementara Haruto masih belum siap membuka jati dirinya, Doyoung menemukan kebenarannya dan mengumbarnya di depan kelas.
7"Tak ada lagi hantu di kelas kita (이제 우리반에 귀신은 없다 [Ije uribane gwisineun eopda])"Ha HanmeHan Songyi24 Desember 2021 (2021-12-24)
Haruto dipaksa untuk mengakui identitasnya dan mengungkapkan kisahnya kepada kelas 12-4, tetapi kebanyakan mereka tidak percaya bahwa dia tidak bersalah. ementara ayah Haruto, penjaga sekolah, berduka atas mendiang putranya, Kelas 4 tetap terbagi apakah akan mengusir Haruto dari wali kelas atau tidak. Dipicu oleh kegagalannya untuk mendapatkan rekomendasi wali kelas mereka, Doyoung berencana untuk mengusir Haruto melalui pengusiran setan dan memulai jajak pendapat, tetapi kelas 12-4 memutuskan untuk mempertahankan Haruto dengan pemungutan suara berselisih tipis. Ha Dongmin, wali kelas 12-4, akhirnya menyadari identitas Haruto dan melabraknya dengan penuh amarah.
8"Dapatkah kita bersahabat dengan hantu? (귀신과 친구가 될 수 있을까? [Gwisin-gwa chin-guga doel su isseulkka?])"Ha HanmeHan Songyi24 Desember 2021 (2021-12-24)
Ha Dongmin memerintahkan meja Haruto untuk dibawa keluar dari kelas dan memberikan hukuman kepada mereka yang mencoba untuk berbicara dengan Haruto atau bahkan menyebutkan namanya. Sementara ayahnya mengundurkan diri demi dia, Haruto akhirnya kehilangan visibilitas dan bentuk fisiknya tetapi terus menunjukkan perhatian kepada teman-teman sekelasnya. Simpati kelas untuk Haruto diuji ketika guru wali kelas mereka mempekerjakan nenek Yoshi untuk mengadakan ritual untuk mengusir wali kelas.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Soundtrack untuk The Mysterious Class terdiri dari skor musik yang disusun oleh Baek Jong-sung dkk. dan dua lagu tema yang dibawakan oleh Treasure dan dirilis pada 15 Februari 2022 melalui versi CD dari mini album perdana mereka, The Second Step: Chapter One.[8]

The Second Step: Chapter One – CD only
No.JudulLirikMusikArrangementDurasi
5."BFF" (Best Friend Forever)
  • Choi Hyun-suk
  • MGNTK
  • Q
  • Q
  • Choi Hyun-suk
  • MGNTK
  • Q
  • MGNTK
 
6."Gonna Be Fine"Edle
  • Q
  • Modo
  • Q
  • MGNTK
 

Versi Natal "BFF (Best Friends Forever)" dirilis lebih awal pada 24 Desember 2021 melalui akun media sosial resmi mereka.[9][10]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Indonesia)The Mysterious Class (Web Drama 2021)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 밤부네트워크. "남고괴담". 밤부네트워크 (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-10. 
  2. ^ a b 조선일보 (2021-11-02). "트레저, 새 웹드라마 '남고괴담' 단체 메인 포스터 공개". 조선일보 (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2022-03-10. 
  3. ^ 기자, 이덕행. "YG 트레저, 정식 웹드라마 '남고괴담' 12일 첫 공개 [공식]". n.news.naver.com (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2022-03-10. 
  4. ^ "TREASURE to star in web drama 'The Mysterious Class' this November". TREASURE to star in web drama 'The Mysterious Class' this November | Bandwagon | Music media championing and spotlighting music in Asia. (dalam bahasa Inggris). 2021-11-02. Diakses tanggal 2022-03-10. 
  5. ^ "Weverse Media - TREASURE Content, All Day Long!". www.weverse.io (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-10. 
  6. ^ OSEN (2021-11-01). "YG 트레저, 12일 정식 웹드라마 '남고괴담' 첫 공개..미스터리 하이틴 스릴러 [공식]". mosen.mt.co.kr (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2022-03-10. 
  7. ^ OSEN (2021-11-13). "트레저, '남고괴담' 공개 반나절 만에 100만 뷰 육박". mosen.mt.co.kr (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2022-03-10. 
  8. ^ "YG LIFE – TREASURE – 'THE SECOND STEP : CHAPTER ONE' TRACKLIST POSTER". archive.ph. 2022-02-02. Archived from the original on 2022-02-02. Diakses tanggal 2022-03-10. 
  9. ^ "Treasure releases Christmas version of its song featured on 'The Mysterious Class'". koreajoongangdaily.joins.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-10. 
  10. ^ m.rpm9.com (2021-12-24). "트레저, '남고괴담' OST 크리스마스 버전 공개…최현석 작곡 참여". RPM9.com - 자동차 매거진 (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2022-03-10.