Watanabe Haruto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Watanabe Haruto
Nama asal渡辺温斗
LahirWatanabe Haruto
5 April 2004 (umur 20)
Fukuoka, Jepang
KebangsaanJepang
Nama lain하루토 ,Haruto
Pekerjaan
Karier musik
Genre
Tahun aktif2020–sekarang
LabelYG Entertainment
Artis terkait

Watanabe Haruto atau lebih dikenal dengan nama Haruto (Hangul:하루토, Kana:ハルト, Kanji: 渡辺温斗; lahir 5 April 2004) adalah seorang penyanyi asal Jepang yang aktif melalui grup vokal asal Korea Selatan, Treasure di bawah asuhan YG Entertainment. Dia dikenal publik pertama kali sebagai trainee di YG Entertainment melalui program survival YG Treasure Box. Dia resmi debut sebagai anggota mereka dengan singel utama "Boy" pada tahun 2020.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Haruto lahir 5 April 2004 di Prefektur Fukuoka, Jepang, ia dilahirkan dan dibesarkan disana bersama kedua orang tua dan adik perempuannya. Saat masih muda, kedua orang tua Haruto adalah penggemar BIG BANG dan 2NE1, orang tuanya sering mengajak Haruto menyaksikan konser mereka di Jepang. Hal ini memotivasinya mempelajari rap dan tari sejak masih kecil.[1] Pada tahun 2017 dia mendaftar sebagai peserta pelatihan ke YG Entertainment cabang Jepang, saat itu usianya baru 12 tahun.[2]

Bersama rekan-rekannya dari cabang Jepang, Haruto diperkenalkan sebagai Tim J dalam program survival YG Treasure Box di tahun 2018. Ia mencuri perhatian dengan suara berat dan dalam saat menampilkan 'Dat $tick' dari Rich Brian.[3] Dalam seleksi pertama dia masuk ke dalam line-up debut bersama 6 peserta lainnya.[4] Sayangnya, dalam seleksi kedua, pertempuran individu dengan peserta yang tidak masuk line-up debut, ia dikalahkan oleh seniornya, Keita, setelah bersama-sama membawakan lagu 'OYEAH' dari OLNL. Dalam seleksi ketiga, yang mengusung tema pertempuran unit ia membentuk tim bersama Park Jeongwoo membawakan lagu 'OH YEAH' dari GD & TOP (ft. Park Bom) dan mengalahkan tim Mashiho dan Kim Junkyu.

Pada seleksi keempat, Haruto yang kembali masuk line-up debut TREASURE 5 bersama Bang Ye-dam, Keita, Seunghun, dan Park Jeongwoo, kali ini dengan membawakan lagu 'DNA' dari BTS, mereka berhadapan dengan 3 tim lain yang juga beranggotakan 5 orang, Tim DNA berada di peringkat kedua sehingga Keita dan Seunghun harus tereliminasi. Dalam seleksi akhir, Haruto bergabung dengan tim Rapper menampilkan 'HIT ME' dari MOBB (ft. KUSH) dan akhirnya ia dipilih sebagai anggota tetap pertama dan anggota asal Jepang satu-satunya di grup TREASURE 7.[5][6]

Setelah semua anggota TREASURE 7 diperkenalkan di Januari 2019, agensi mengumumkan bahwa mereka akan mengeluarkan grup lain dari hasil seleksi YG Treasure Box yang diberi nama MAGNUM 6, beranggotakan 6 orang dengan 3 anggota asal Jepang lain di dalamnya. Kedua grup akan aktif bersama dalam nama TREASURE 13.[7]

Sayangnya pada Januari 2020, setelah Ha Yoon Bin memutuskan mengakhiri kontrak dengan agensi, grup ini kembali diperkenalkan sebagai TREASURE, dengan 12 anggota.[8] Secara bertahap TREASURE mulai diperkenalkan melalui berbagai konten, mulai dari acara ragam mereka sendiri yang diberi judul TREASURE MAP, konten interaksi dengan penggemar, T.M.I (Treasure Maker Interaction), dan beberapa video musik cover seperti 'Stuck it up' dari Liam Payne (ft. A Boogie wit da Hoodie) yang dibawakan Haruto bersama Park Jeongwoo.[9]

Pada 7 Agustus 2020, Haruto debut bersama Treasure dengan singel perdana 'Boy',[10] ia terlibat dalam penulisan lirik rap untuk lagu ini. TREASURE mendapatkan penghargaan 'Rookie of The Year' dari Asia Artist Awards dan Golden Disk Awards. Selain musik, bersama anggota lainnya Haruto aktif muncul di acara ragam mereka sendiri, Treasure Map dan Treasure Studio bersama LINE FRIEND dan melakukan debut akting melalui web-drama 'It's Okay, That's Friendship' yang disiarkan melalui kanal YouTube TREASURE (트레저). Kemampuan aktingnya semakin terbukti setelah memerankan karakter hantu yang baik di web-drama The Mysterious Class yang diproduksi YG Entertainment bersama Bamboo Network.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Sebagai penulis lirik[sunting | sunting sumber]

Semua kredit lagu diadaptasi dari database Asosiasi Hak Cipta Musik Korea, kecuali dinyatakan lain.[11]

Tahun Artis Lagu Album Penulis Lirik

(Bersama)

2020 TREASURE "Boy The First Step: Chapter One SeA, Choice37, Choi Hyun-suk
"Come to Me (들어와) Rovin, Kim Kyung, Bigtone, Choi Hyun-suk, Yoshi
"I Love You (사랑해)" The First Step: Chapter Two R.Tee, Choi Hyun-suk, Yoshi
"B.L.T (Bling Like This)" Kim Dong Joon, Trnc 95, Choi Hyun-suk, Yoshi
"Orange (오렌지)" The First Step: Chapter Three Asahi, Choi Hyun-suk
2021 "My Treasure" The First Step: Treasure Effect Bigtone, Min Yeon-jae, Choi Hyun-suk, Yoshi
"Be With Me (나랑 있자)" Rovin, Kim Kyung, Choi Hyun-suk, Yoshi
"Slowmotion" Lee Chan-hyuk, Choi Hyun-suk
2022 "Jikjin" (직진) The Second Step: Chapter One Sonny, LIL G, Choice 37, LP, HAE, Choi Hyun-suk, Yoshi, Se.A
"U" Nu.D, Sonny, LP, LIL G, Choice 37, HAE, Choi Hyun-suk, Yoshi
"Darari" (다라리) Jaguaa, Bang Yedam, Choice 37, LIL G, Choi Hyun-suk, LP, Yoshi, Sonny, HAE, Se.A
"It's Okay" (괜찮아질 거야) Kid Wine, Airplay, Choi Hyun-suk, Yoshi

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Web-drama[sunting | sunting sumber]

Tahun Title Network Notes
English Korean
2020 It's Okay, That's Friendship' 괜찮아, 우정이야 YouTube
2021 The Mysterious Class 남고괴담 weverse [12]
Youtube

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Saluran Catatan
Bahasa Inggris Bahasa Korea
2018 YG Treasure Box YG 보석함 JTBC [13]
YouTube

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "This Japanese Trainee Entered YG Because His Mom Is a BIGBANG Fanatic". Koreaboo (dalam bahasa Inggris). 2019-01-29. Diakses tanggal 2021-12-09. 
  2. ^ Lubna. "Treasure's Haruto: Profile, Pre-Debut, Age, Birthday, Etc. | Channel-K" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-12-09. Diakses tanggal 2021-12-09. 
  3. ^ YG보석함 EP.2|월말평가 개인 무대 공개!! (비주얼/랩/댄스/보컬), diakses tanggal 2021-12-09 
  4. ^ YG보석함 EP.4|Treasure 7 자리 빼앗기 시작!!, diakses tanggal 2021-12-09 
  5. ^ Ent, Y. G. "FINAL TREASURE MEMBER #1 'HARUTO'". YG LIFE (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-09. 
  6. ^ "Watch: "YG Treasure Box" Reveals Unit Battle Results And Eliminates First Trainee". Soompi (dalam bahasa Inggris). 1545417538. Diakses tanggal 2021-12-09. 
  7. ^ Ent, Y. G. "YANG HYUN SUK, "TREASURE 7+MAGNUM 6='TREASURE 13', Will Debut as 13-Member Group" [FULL TEXT]". YG LIFE (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-09. 
  8. ^ Ent, Y. G. "YG, "TREASURE Confirmed to Make Debut as 12-Member Group, Ha Yoonbin Leaves the Team"". YG LIFE (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-09. 
  9. ^ TREASURE : PARK JEONG WOO x HARUTO - Stack It Up (Liam Payne x A Boogie Wit Da Hoodie Cover.), diakses tanggal 2021-12-09 
  10. ^ Nast, Condé (2020-08-07). "TREASURE Map: A Guide to Your New Favorite K-Pop Rookies". Teen Vogue (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-12. 
  11. ^ "저작자 저작물 조회 팝업 | 전체검색 | 한국음악저작권협회". www.komca.or.kr. Diakses tanggal 2021-12-12. 
  12. ^ Ent, Y. G. "YG 트레저, 본격 연기 도전…'남고괴담' 12일 첫 공개". YG LIFE (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2021-12-12. 
  13. ^ Ent, Y. G. "[리뷰IS] 'YG보석함' 방예담·하루토·소정환·김준규 데뷔 확정…3人 남았다". YG LIFE (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2021-12-12.