Kim Donghyuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kim Donghyuk
Informasi latar belakang
Nama lahirKim Dong Hyuk
Nama lainChristian Ezra Daniel Kim, DK
Lahir3 Januari 1997 (umur 27)
Seoul, Korea Selatan
GenreHip hop, K-pop, R&B
PekerjaanPenyanyi, Penari
InstrumenPiano, drum, gitar
Tahun aktif2015 (2015)–kini
Label
Artis terkaitiKON

Kim Donghyuk (Hangul: 김동혁; lahir 3 Januari 1997) atau yang lebih dikenal dengan nama panggung DK adalah penyanyi dan penari asal Korea Selatan. Ia merupakan anggota dari grup idola pria asal korea selatan, iKON. Sebelum debut resminya, DK muncul dalam program survival Mnet WIN:Who Is Next dan MIX & MATCH bersama anggota iKON lainnya, yakni B.I, Jinhwan, Junhoe, Yunhyeong dan Chanwoo pada tahun 2013 dan 2014. Ia memiliki nama panggilan Candy, Kim Dong Dong, Dongie, Powerful Dancer, Rebel Maknae, Baby Hyukie.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Donghyuk memiliki seorang adik perempuan bernama Ester Kim. Ayah Donghyuk telah meninggal saat ia berusia 8 tahun. Donghyuk merupakan siswa yang cerdas dan pandai, ia jago berbahasa inggris karena sempat tinggal di Amerika untuk pertukaran pelajar.

Pada November 2012, Donghyuk direkrut sebagai trainee di YG Entertainment. Donghyuk bergabung dalam formasi Tim B dan diperkenalkan ke publik dalam program realitas "Who is Next: WIN" pada tahun 2013. Dalam program tersebut, Tim A dan Tim B berkompetisi mulai dari aransemen lagu, tarian dan komposisi musik. Tim yang menang dijanjikan untuk debut dan tim yang kalah akan disusun ulang atau dibubarkan. Tim B akhirnya kalah dan tim A debut dengan sebagai Winner (grup musik).

Korean Name
Hangul
김동혁
McCune–ReischauerKim Donghyuk

Di akhir 2014, YG mengumumkan Tim B akan berkompetisi kembali dalam program realitas MIX & MATCH untuk menentukan 7 anggota yang akan debut sebagai iKON. Jinhwan, Bobby, dan B.I telah dikonfimasi sebagai 3 anggota resmi iKON, sedangkan Donghyuk, Song Yunhyeong, Koo Jun-hoe dan tiga trainee baru memperebutkan empat posisi yang tersisa. Pada 31 Oktober, hasil pemungutan suara dikumpulkan dari SNS, dan formasi akhir diumumkan. Donghyuk secara resmi dikonfirmasi menjadi anggota iKON pada 5 November 2014. iKON resmi debut pada 1 Oktober 2015. Donghyuk menempati posisi sebagai main dancer, vokal dan visual.