Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip (Ags-06)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Istilah anatomi

Saya sedang mengembangkan artikel anatomi. Saya mengalami kesulitan dalam menentukan istilah: 1. Istilah Latin yang digunakan dengan nomenklatur latin. manakah yang digunakan nomenklatur Indonesia atau latin? Saya sendiri menggunakan nomenklatur latin untuk: tulang, otot, arteri, vena, saraf, sistem llimfa, dan bagian organ. Untuk organ umum tetap dengan nomenklatur Indonesia seperti hati (bukan hepar), ginjal (bukan ren), laring (bukan larynx).

2. Saya mulai bingung dengan istilah lokasi anatomi seperti anterior, posterior, distal, yang asing untuk telinga banyak wikipedian Indonesia. Saya sudah menyusun artikel khusus penjelasan istilah di Istilah lokasi anatomi. Apakah setiap halaman anatomi perlu diberi semacam templat: Artikel ini mengandung istilah lokasi anatomi. Silakan merujuk ke halaman blabla? Atau hanya diberikan pautan ke halaman Istilah lokasi anatomi di Lihat Juga?

3. Beberapa gambar anatomi ada yang vulgar seperti organ reproduksi. Apakah wikiepdia Indonesia ada ketentuan untuk hal ini?

Danke. ^^v Andreas Erick 11:23, 15 Juli 2006 (UTC)

  1. Penamaan Indonesia lebih diutamakan jika memang ada. Jika tidak, atau belum tahu apakah sudah lazim, gunakan istilah asli saja dulu. Toh nanti bisa dialihkan.
  2. Buat saja pranala ke istilah tersebut, misalnya anterior.
  3. Coba saja masukkan. Vulgar atau tidak sangat subyektif :) Kalau ada yang protes, nanti gampang kita cari yang lebih 'sopan' :)

IMO, mulai saja, pakai pertimbangan Anda, nanti pasti ada yang membantu. •• ivanlanin •• 16:43, 15 Juli 2006 (UTC)

  1. Menurut saya, istilah latin harus tetap dipertahankan dengan catatan istilah dalam bahasa Indonesia tetap ada. Karena, dalam pembelajarannya istilah latin lah yang digunakan.
  2. Untuk poin dua sebaiknya memang harus diberikan pautan, bukan tidak mungkin wikiwan dan wikiwati ingin tau banyak mengenai arti daripada istilah anatomi tersebut.
  3. Poin ketiga ini, saya sudah melihat Atlas Anatomi Sobotta dan saya kira itu tidak terlalu vulgar. Tergantung yang melihat juga sih, tapi saya kira para pengguna disini bisa memahami karena hal keilmuannya. Tetapi untuk gambar-gambar yang dalam bentuk fisik (asli) manusianya, sebaiknya jangan dulu deh. ARdhan 07:15, 16 Juli 2006 (UTC)
  1. Artikel science di wikipedia konteksnya dibuat untuk apa? Untuk pengetahuan umum atau kumpulan catatan ilmiah? Gw sih lebih setuju dalam istilah yang umum, terus istilah ilmiahnya diredirect atau dikasi keterangan tambahan di dalam artikelnya sendiri (misal 'Hati (atau dalam istilah ilmiah hepar) adalah organ yang....). Saat padanannya dalam bahasa Indonesia udah ga ada, baru pake bahasa asing.
  2. Sewajarnya sih itsilah yang kira2 susah dimengerti dikasi pranala aja, tapi gw yakin tulisannya bakal pendek2. Usahakan penjelasannya lebih detail dan kasi templat stub.
  3. Gw sendiri yakin bahkan kalau memang tujuannya murni untuk kepentingan ilmiah, video kopulasi pun sah2 aja ada di wikipedia. Kalau memang takut ada kontroversi, gw kemarin udah nawarin solusi. Siapapun yang merasa terhambat dengan masalah etika&moral gw siap bantu bikinin ilutrasi yang lebih ga "merangsang syahwat". COntohnya di artikel Klitoris. Tinggalin aja daftar artikel yang butuh ilustrasi, gw akan bikinin.Hariadhi 03:56, 25 Juli 2006 (UTC)

Saya coba memasang gambar yang sebenarnya nggak vulgar buat gw (udah terbisa lihat yang ada di kadaver). Hahaha... Contohnya di artikel Anus. Lihat respon saja kali ya. Oh ya nama latin dan nomenclatur yang nggak ada padanannya di Indonesia seperti "otot trapezius" saya gunakan referensi: Atlas Anatomi Sobotta dan Anatomi Klinis Keith Moore. Andreas Erick 10:35, 26 Juli 2006 (UTC)

Respon terhadap gambar di artikel Anus: Menurut saya sih tidak vulgar. Tapi kasihan orang yang lagi makan, takutnya mual :p blizzard_youkai [talk] 07:22, 28 Juli 2006 (UTC)

Barangkali, supaya gambar2 'menjijikkan' atau 'bisa merangsang syahwat' bisa dihindari terlihat orang (anak-anak!) secara tidak sengaja, ditaruhnya di bagian bawah artikel dan di awal artikel dikasih peringatan kalau ada gambar yg bisa 'mengganggu perasaan' (disturbing) (kayak di berita2 tentang bencana alam atau perang di CNN). Atau gambar/filmnya ditaruh di Galeri saja (dikasih link ke sana). Kembangraps 08:46, 3 Agustus 2006 (UTC)

Koreksi Universitas Gajah Mada

Bung Stephen Suleeman dan Borgx :

Saya sudah memperbaiki artikel yang anda sarankan untuk dihapus, beberapa waktu sebelumnya. Apakah pengelola Wikipedia Indonesia bisa menerima perbaikan ini ? Saya juga telah memberikan beberapa sumbangan kecil lainnya ? Saya akan minta kepada beberapa rekan untuk ikut serta melengkapi informasi artikel ini agar lebih obyektif dan menarik.

Pada artikel Gerakan Mahasiswa Indonesia, kemudian sub berjudul universitas gajah mada perlu dikoreksi : Yang benar adalah Universitas Gadjah Mada (memakai D), jadi bukan Universitas Gajah Mada. Terima kasih.

– komentar tanpa tanda tangan oleh Iwansams (bk) pada 03:14, 1 Agustus 2006 (UTC).

Pecat Stephensuleeman dari Administrator !

Wah, judulnya terlalu provokatif yah? Maaf ya. Tapi, kalo liat log penghapusan kok, si stepen lebih kurang ajar dari deletionism itu sendiri. Sebuah artikel yang merupakan keharusan dalam ensiklopedia ( bukan tentang SD di desa ANU ), seenaknya saja dihapus. Padahal karena ada artikel 'anak bawang' yang baru dirintis itulah, orang lain jadi berpikir untuk menambahkan. mengedit, dan memperbaiki. Kalau baru dirintis sudah dihapus terlebih dahulu, bagaimana artikel tersebut mau ada dan menjadi besar? Padahal tidak semua user itu rajin dan punya waktu luang untuk menerjemahkan atau mencari data-data untuk sebuah artikel panjang seperti si stepen itu. Kalau si user stepen terus menjadi Admin, saya yakin Wikipedia Indonesia tidak akan pernah menjadi salah satu yang terbesar dan terbaik. (^.^) (`,*) Maglev

  • Setuju Pecat saja kenapa Menghapus Artikel Masjid Granada

yang benar2x ada dalam Fakta! Silahkan lihat BBC jika penasaran DJ Ujuin 09:16, 22 Juli 2006 (UTC)

Paan seh pada ribut, kenapa sampai mesti lsg ke mosi tidak percaya? apalagi ada nitip personal grudge :D mbok ya diskusikan aja dulu kalau ada policy dari admin yang anda tidak setujui, ditanyain baik2 kenapa begini kenapa begitu. Kalau pendapat anda benar mungkin si admin dan admin2 lain nanti akan terima dan sebaliknya. Kita di sini semua masih dalam status belajar, diskusi diutamakan daripada saling menyalahkan, semua tidak luput dari kesalahan. Btw dari deletion log yang aneh yang mana yah? Ga nyambung gue :D Wiendietry Japri 10:16, 22 Juli 2006 (UTC)
Betul, kenapa langsung marah-marah. Kalau tidak setuju dengan penghapusan tersebut, bisa didiskusikan baik-baik kok. borgx(kirim pesan) 14:41, 22 Juli 2006 (UTC)

Mmm, harap lihat diskusi di Pembicaraan Wikipedia:Kebijakan dalam menghapus halaman pendek untuk mengerti latar belakang beberapa penghapusan yang dilakukan. Harap diingat bahwa tujuan kita bersama adalah menjaga kualitas Wikipedia. Artikel yang minim informasi, tak relevan, dll memang tak pada tempatnya ada di ensiklopedia. Menentukan apakah suatu artikel layak dihapus memang dapat menjadi polemik besar.

Usul saya untuk menghindari polemik lanjutan adalah mengembangkan Wikipedia:Kebijakan dalam menghapus halaman menjadi lebih jelas. Paling tidak, harus dibagi antara halaman yang bisa langsung dihapus, dan yang harus melalui suatu prosedur penghapusan. Lihat en:Wikipedia:Deletion policy sebagai bahan acuan.

•• ivanlanin •• 09:32, 23 Juli 2006 (UTC)

saya harap tdk ada ke-sewenang2-an dari bbrp org di situs ini mwngyangkut mslh artikel2 yg dihapus, minimal beritahu/peringati org yg bersangkutan yg membwat artikel tsb, kalo dia emang sdh sering menyumbang artikel,beri tahu dululah kalo artikelnya dirasa kurang sreg/ tdk nyambung, kan yg lebih tahu ttg artikelnya ya org yg membuat artikel itu sndiri, jd mentang2 punya log penghapusan bisa main hapus aja dari situs ini gitu? kecuali kl emang isinya berupa vandalisme2, itu memang pantas dihapus. – komentar tanpa tanda tangan oleh 222.124.52.6 (bk) pada 16:25, 24 Juli 2006 (UTC).

Menurut saya sudah jelas masalah ini. Jadi tidak perlu berlanjut-lanjut. Meursault2004 16:34, 24 Juli 2006 (UTC)

Mungkin ketidakpuasan Maglev dan DJ Ujuin disebabkan oleh double standard yang dilakukan oleh pengurus Wikipedia Indonesia. Kalau mereka yang membuat artikel pendek, selalu dihapus. Tapi kalau yang membuat artikel-artikel pendek itu orang lain (misalnya pengurus), dibiarkan begitu saja. Contoh: Zwickau, Hoyerswerda dan Vogtlandkreis (semua revisi 26 Juli 2006). Artikel-artikel ini sudah berbulan-bulan yang lalu dibuat (jadi sudah lebih dari 24 jam), masih sangat pendek, tanpa gambar, tanpa infobox, namun tidak dihapus.

Ini saya bukan mau mengadu domba antara Meursault2004 (sebagai perintis artikel-artikel itu) dan Stephensuleeman (sebagai yang dikritik di sini) atau menjelek-jelekkan siapapun. Hanya kenyataan saja. Semoga masalah ini dapat diselesaikan baik-baik; dan semoga Meursault2004, Stephensuleeman, Maglev dan DJ Ujuin terus berkarya di sini. --Xyz or die 17:36, 26 Juli 2006 (UTC)

saya tdk peduli apabila Stephensuleeman itu doktor, profesor, ilmuwan, S3, bs bhs.jerman,itali,melayu,belanda atau apalah yg penting harus ada keadilan, tdk ada ke-sewenang2-an dan tdk ada standar ganda dari para pengurus situs ini,standar ganda adalah sifat dari Amerika Serikat kpd Israel yg menjadi "anjing penjaga" dari negeri Bush di negara2 Arab dan Timteng spt halnya Australia yg menjadi "anjing penjaga" Amerika Serikat di kawasan ASEAN dan kawasan Pasifik. – komentar tanpa tanda tangan oleh 203.130.213.58 (bk) pada 18:21, 26 Juli 2006 (UTC).

Wah ya kalo pake emosi begini masalahnya jadi kabur. Sangat disayangkan. --Xyz or die 18:59, 26 Juli 2006 (UTC)

Sepertinya memang terjadi kesalahan sedikit disini dalam penghapusan "Masjid Granada". Mungkin latar belakang artikel tersebut dihapus adalah tidak standarnya artikel tersebut kemudian kurangnya referensi sehingga sulit diverifikasi. Isi sebelum dihapus adalah:

Masjid Granada merupakan Masjid yang di Bangun setelah
kerajaan Islam runtuh, dan merupakan Masjid satu-satunya
di Spanyol pada Jaman Sekarang


[[Kategori:Masjid di Spanyol]]

Bukannya membela bung Meursault dan Stephensuleeman, tetapi jika dibandingkan dengan tiga artikel di atas (baca post oleh xyz or die), artikel "Masjid Granada" keliatan terlalu stub, kurang referensi dan tidak standar (jadi bukan double standard, malah standarnya jelas sekali). Ketiga artikel Meursault, walaupun stub tetapi memiliki interwiki (membuktikan validnya topik tersebut karena berada di wikipedia lain) serta lebih standard (ada template navigasi serta "stub"-nya). Tidak standarnya serta terlalu stubnya suatu artikel baru juga yang melandasi banyaknya artikel baru dari pengguna 202.78.194.11 dihapus secara langsung. Harap dapat dimaklumi. Selanjutnya, artikel "Masjid Granada" saya undelete. Ngomong-ngomong kalau memberikan komentar harap disertai identitas yang jelas (login dulu) agar tidak sama dengan surat kaleng. borgx(kirim pesan) 01:27, 27 Juli 2006 (UTC)

Ngomong-ngomong artikel surat kaleng belum dibuat lho :), setelah melihat duduk permasalahan yg sebenarnya saya kira mungkin SOP untuk penghapusannya ditambah sedikit. Kalau suatu artikel disumbangkan oleh pengguna terdaftar, hendaknya pengurus ngasi notifikasi dulu kalau artikel yg disumbangkan bakal dihapus karena pelbagai sebab, trus kasi tpl hapus, kasi batasan couple days lah. Kecuali kalau artikelnya benar2 pasti ga notable (misal iklan dsb). Tapi ya balik lagi pada para pengurus, kalo terasa terlalu memberatkan ya apa mau dikata :D Wiendietry Japri 08:58, 27 Juli 2006 (UTC)

Quote Borgx: "jadi bukan double standard, malah standarnya jelas sekali". Kalau memang ada standar yang jelas sekali, standar ini sayangnya tidak dikomunikasikan ke para pengguna. Karena menurut Wikipedia:Kebijakan dalam menghapus halaman pendek, syaratnya adalah:

  • Panjang minimum: 30 kata.
  • Kurang dari 30 kata tetapi memiliki gambar minimum 1 atau memiliki kotak info yang mendeskripsikan informasi mengenai artikel yang dimaksud.

Tidak disinggung-singgung mengenai interwiki dan kotak navigasi. Dan inipun belum peraturan resmi, baru usulan. Jadi dengan tidak adanya standar yang baku, atau adanya standar baku tapi pengguna tidak diberi tahu, ya pantas saja mereka protes kalau artikel stubnya dihapus. --Xyz or die 10:40, 27 Juli 2006 (UTC)

Usulan tersebut kan sudah ditolak. Makanya di atas saya mengatakan "Sepertinya memang terjadi kesalahan sedikit.." karena belum ada aturan mengenai hal tersebut. Yang ada hanyalah aturan mengenai artikel baru khusus si 202.78.194.11. borgx(kirim pesan) 11:13, 27 Juli 2006 (UTC)

Kalo gitu mari kita sama2 bikin aturan yang berlaku untuk semua orang, bukan hanya Pengguna:202.dst.dst.dst itu, supaya di masa depan tidak ada salah paham seperti ini lagi. --Xyz or die 00:03, 28 Juli 2006 (UTC)

Setuju. borgx(kirim pesan) 00:43, 28 Juli 2006 (UTC)

Wow Stephen, you're like... famous! I thought one needs to be a porn star to be famous *grin*, but self is wrong... Serenity 06:17, 28 Juli 2006 (UTC)

Sekarang baru ada pembicaraan, nanti kalau sudah ada usulan konkret bisa disosialisasikan. Meursault2004 07:48, 28 Juli 2006 (UTC)

Setuju, jangan lupa libatkan juga user-user aktif yang lainnya, soalnya peraturan tetap peraturan, kalau tidak ada sosialisasinya pasti terjadi lagi hal-hal yang mirip seperti ini. Maaf, yang saya maksud sosialisasi bukan hanya ditaruh di page Aturan saja, tapi seperti mekanisme berulang seperti yang ada di milis-milis mengenai standarisasi suatu artikel --Andri.h 00:45, 29 Juli 2006 (UTC)

Bung Stephensuleeman, wah nama ini dan Borgx terkenal banget ya di Wikipedia. Beliau ya pengurus Wikipedia Indonesia. Ada satu artikel perdana saya yang diusulkan untuk dihapus. Saya berniat memperbaikinya malam ini. Cuma saya ingin meletakkannya sebagai Sejarah Gerakan Mahasiswa. Biar kawan-kawan dari generasi saya (Generasi Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi/SMPT) ikut serta melakukan revisi dan memperbaiki hal tersebut.

Itu aja, mohon ijin. Mohon saya dibantu.

– komentar tanpa tanda tangan oleh Iwansams (bk) pada 07:02, 31 Juli 2006 (UTC).

Usul saya adalah sebagai berikut: tidak ada artikel yang boleh dihapus sebelum diberi templat penghapusan. Setelah diberi tag penghapusan, artikel itu diberi jangka waktu tertentu untuk diperbaiki. Bila setelah jangka waktu itu artikel tidak mencapai standar minimal, maka boleh dihapus. Standar minimal artinya harus memenuhi minimum salah satu syarat berikut:
  • 3 kalimat
  • memiliki infobox
  • memiliki gambar
  • memiliki kotak navigasi
  • memiliki interwiki
Aturan ini tidak berlaku untuk artikel vandal. Setuju atau tidak? --Xyz or die 19:53, 31 Juli 2006 (UTC)

Artikel yang saya kembangkan mengenai Li Tie Guai juga di-"penggal" oleh sdr. Stephen Sulaiman tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Padahal bagian yang dihapus itu bagian yang BELUM saya terjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Bukan apa yah, saya bukan tipe yang suka buat stub tapi gak diselesaikan, banyak juga artikel yang saya sumbang, dan hampir semua saya selesaikan sebelom pindah ke artikel baru. Yang bikin kecewa adalah Mr. Sulaiman langsung ngehapus tanpa adanya peringatan. Saya lebih respek cara borgx yang kasih warning lebih dahulu. Sidarta 01:47, 1 Agustus 2006 (UTC)

Jika yang Anda maksud kalimat2 dalam bahasa Inggris di artikel itu, kalimat2 tersebut hanya disembunyikan saja. Jika Anda mengeditnya, keliatan kok kalimat2 tersebut. Itu disembunyikan supaya keliatan bagus gak campur aduk bahasanya. borgx(kirim pesan) 01:55, 1 Agustus 2006 (UTC)

Oops, my bad! *slaps forehead* Sometimes I need to work at my impulsive reaction especially during times like these. Thanks borgx and Stephen for clearing that up. Sidarta 02:33, 1 Agustus 2006 (UTC)

Menanggapi usulan Xyz or die, bagaimana jika si perintis artikel membuat artikel seperti berikut: tidak ada gbr, tidak ada kotak navigasi, tidak ada interwiki, tidak ada infobox. si perintis membuat satu kalimat definisi. Dan sisanya poin2 (misalnya contoh). Setiap poin dinilai sama dengan satu kalimat atau bagaimana? Misalnya:
 '''Daun''' adalah salah satu organ dari tumbuhan.

 Jenis daun:
 *Daun lengkap
 *Daun tidak lengkap
Thx :) blizzard_youkai [talk] 08:38, 1 Agustus 2006 (UTC)

Atau untuk menghindari penghapusan harus diberi templat mirip templat berikut: en:template:Underconstruction. Kemudian dalam jangka waktu katakan dua minggu, artikel harus sudah cukup layak dan templat ini dihilangkan. Meursault2004 08:57, 1 Agustus 2006 (UTC)

Templat semacam itu sudah ada di {{inuse}}. Menaggapi daftar Xyz or die di atas, saya usulkan beberapa modifikasi, yaitu:
  • setiap artikel wajib mempunyai paragraf perkenalan. Infobox, gbr/foto, kotak navi, interwiki merupakan elemen pelengkap.
  • perubahan pada standar panjang paragraf minimum. "3 kalimat" itu bisa saja sangat pendek. Misalnya ketiga-tiga kalimat masing-masing mempunyai 3 kata, jadi 3 kalimat hanya ada 9 kata :-). Penggunaan jumlah kata sebagai tolok ukur sebenarnya pun bisa bermasalah. Kalimat dengan 10 kata bisa saja lebih berbobot daripada kalimat dgn 30 kata. Mungkin ada usulan standar yang lebih pas?
  • Quote: "tidak ada artikel yang boleh dihapus sebelum diberi templat penghapusan". Ini sebaiknya ditambah pula dengan syarat yang sudah disebutkan di halaman Wikipedia:Kebijakan dalam menghapus halaman, yaitu bahwa artikel nonsens dan 100% berbahasa asing boleh langsung dihapus.
Hayabusa future (bicara) 09:07, 1 Agustus 2006 (UTC)
Blizzard youkai: Mungkin kita bs membuat tempat "perlu dikembangkan" (spt di :en) untuk topik2 yang sangat diperlukan. Hayabusa future (bicara) 09:11, 1 Agustus 2006 (UTC)

Memang sih, kualitas suatu artikel tidak bisa diukur dari jumlah katanya. Daripada kebanyakan kata-kata yang tidak perlu; lebih baik artikel yang tidak banyak jumlah katanya, tapi jelas, tidak ada kata-kata yang tidak perlu. Btw, templat inuse itu dipake untuk: (contoh kasusnya begini) saya lagi mau buat artikel, tapi karena suatu hal seperti ada urusan, baru selesai sebagian, harus ditinggal, lalu saya gunakan templat inuse? Begitu bukan penggunaannya? blizzard_youkai [talk] 09:41, 1 Agustus 2006 (UTC)

Mbok ya subjectnya diganti :D Serenity 04:00, 3 Agustus 2006 (UTC)

Bagi yang ingin mengajukan proposal serupa (mengenai kebijakan bagaimana menghapus halaman pendek), saya sarankan baca baik-baik diskusi di halaman yang satu ini (proposal serupa yang ditolak), sehingga usaha Anda tidak sia-sia. :) borgx(kirim pesan) 02:39, 7 Agustus 2006 (UTC)

Judul yang tepat untuk...

Saya mau mengembangkan artikel tapi kok cari-cari nggak ada kata yang pantas. Cari katanya pun kok rasanya terlalu asing sekali padahal dekat sekali dengan kehidupan kita. Yaitu tentang fese/kotoran. Gw cari di Wiki Sunda, mereka menggunakan "Tai". Apakah kita pakai "Tahi" saja ya? Tapi kasar kedengarannya. "Kotoran" terlalu umum (debu, dll). Kalau feses kok nggak Indonesia sekali... Andreas Erick 09:40, 29 Juli 2006 (UTC)

Kalo menurut gua, yg tepat itu kotoran, tapi dijelaskan lagi kotoran apa... getooooo!!!!!

Bagaimana dengan tinja? blizzard_youkai [talk] 10:52, 29 Juli 2006 (UTC)

Saya pikir tinja itu istilah yang baku, digunakan juga di surat kabar dan majalah berita serius. --Xyz or die 11:17, 29 Juli 2006 (UTC)

Ohya, tinja. Ok, gw akan apakai kata ini. Thx. Andreas Erick 02:18, 30 Juli 2006 (UTC)

Saya ingin mengomentari masalah kesan "kasar" atau "vulgar" yang dirasakan sebagian orang ketika menyebut beberapa istilah dalam bahasa daerahnya. Sebagai contoh, kita nggak apa2 ketika menyebut vagina, penis, dan sebangsanya, sedangkan jika menyebutkannya dalam bahasa kita koq terasa jadi "vulgar"... Saya pribadi (dan ini diterapkan di Wikipedia Sunda) memilih untuk menggunakan istilah lokal (kalau ada). Khusus untuk kata "feses", saya setuju dengan tinja, dan membuat halaman "tahi" sebagai pengalihan ke halaman tersebut (ngomong2, kalo ke binatang kita nyebut itu kotoran "tinja" juga yah?). --kandar 02:21, 1 Agustus 2006 (UTC)

tahi kucing kayaknya bukan ndar :D he,he.
tapi ya ngga tau juga, da saya juga orang sunda :D Serenity 08:11, 1 Agustus 2006 (UTC)

Memang sih, tinja kucing kedengeran aneh. saya sih biasa ngomong tai kucing kalau kebetulan ngeliat di lantai misalnya. Tapi itu kan dalam percakapan. Kalau untuk bahasa yang lebih sopan gak tau deh. Sepertinya kata itu jadi terkesan kasar gara2 sering dipakai buat ngatain orang lain kali yah.. Mungkin aja ada yang tau? blizzard_youkai [talk] 08:51, 1 Agustus 2006 (UTC)

Hahah... pertanyaan saya yang terakhir itu cuma bercanda... Saya sepakat dengan istilah tinja, dan untuk yang lain2 dipake sebagai halaman pengalihan. --kandar 11:07, 1 Agustus 2006 (UTC)

Saya kira om kandar serius.. hehe.. :p blizzard_youkai [talk] 13:33, 1 Agustus 2006 (UTC)

Memang istilah apa saja bisa jadi kedengaran kasar tergantung dari nada bicara dan konteksnya. Tapi kalau istilah kedokteran seperti vagina, penis dan tinja saya rasa tidak kasar. --¥€$ 11:00, 5 Agustus 2006 (UTC)

Iya, pada akhirnya menggunakan istilah kedokteran. Gw sendiri merenung, begitu kasarnya kah bahasa kita sampai-sampai harus menggunakan bahasa kedokteran yang bersal dari Latin? Memang penis, vagina sudah mnasuk ke dalam bahasa Indonesia, toh dia tetap serapan. Gw sendiri mencari kata-kata yang tepat agak susah seperti "pantat" yang saya terjemahkan "bokong" (agak asing?), "tinja" (kok yang terlintas kepala gw adalah iklan sedot tinja di tiang2 listrik /swt). Kata-kata yang masih dianggap tabu memang susah dicari padanan katanya ya? Andreas Erick 14:16, 5 Agustus 2006 (UTC)

Erick, mentok dibudaya kalo gitu, bukan di bahasa, tabrak aja. *serenity males login*

Syarat Untuk Menyumbang Artikel-PENTING

Boleh usul gak, supaya hanya yang telah mendaftar dan punya account di wikipedia yang boleh menyumbang artikel. Juga harus mendaftarkan emailnya.

Karena saya sering membaca artikel yang saya ingin konfirmasi kepada penulisnya...eh...cuma ada nomor I.P address. Permasalahannya selain tidak bisa dikonfirmasi oleh pengguna lain, juga wikipedia tidak mendidik para penggunanya untuk menjadi penulis yang bertanggung-jawab.

Saya mohon keseriusan para Pengurus untuk masalah ini bila ingin Wikipedia Indonesia menjadi besar bukan cuma dalam jumlah artikel tapi juga dari segi bobot-kualitas artikel dan tanggung jawab inteleknya !

– komentar tanpa tanda tangan oleh Sabrangi (bk) pada 04:01, 1 Agustus 2006 (UTC).

Rasanya untuk sementara ini belum ada rencana untuk mengubah sistem yang telah ada saat ini. Apalagi salah satu "keunggulan" Wikipedia adalah anonimitas. Perubahan besar seperti ini juga saya rasa perlu konsultasi dulu dengan pihak Yayasan Wikimedia sebagai pemilik situs. Hayabusa future (bicara) 07:11, 1 Agustus 2006 (UTC)

Iyah, lagian yang nanya juga ngga ninggalin nama sama alamat *nggeleng-nggeleng* Serenity 08:08, 1 Agustus 2006 (UTC)

Kalau saya bilang sih email gak perlu. Saya inget pernah disaranin ama om Mersault tidak usah nulis email. Takutnya dapet spam (bagi yang iseng). Lagian wikipedia itu kan ensiklopedia bebas, siapapun bebas untuk menyunting (dengan catatan, gak asal2an nyunting artikelnya). Kalo mao bikin id kan jg hrs apalin password (kali aja ada yang males apalin password, haha.. :D) blizzard_youkai [talk] 08:47, 1 Agustus 2006 (UTC)

Menerjemahkan dari bahasa Inggris

Boleh ga kalau kita menerjemahkan artikel dari en.wikipedia.org ke id.wikipedia.org.
Apakah itu melanggar hak cipta?
--Robby.sidh 07:02, 3 Agustus 2006 (UTC)

Silahkan saja. Wikipedia adalah ensiklopedia berlisensi GFDL sehingga tidak berhak cipta. borgx(kirim pesan) 07:05, 3 Agustus 2006 (UTC)

Kalau nerjemahin sih ok2 aja. Mungkin yg perlu seidkit diperhatiin cuma lisensi gambarnya. Aa beberapa yang ga bisa dengan bebas dipindahin ke .idHariadhi 06:51, 8 Agustus 2006 (UTC)

Jepang update 2006

Saya ingin menanyakan apakah ada data - data tentang negara Jepang dengan update paling baru? Sebab saya mempunyai tugas tentang negara Jepang, dan dari situs ini saya membaca adanya sedikit informasi saja. Mohon bantuan dari anggota yang lain....... – komentar tanpa tanda tangan oleh Smokers234 (bk) pada 13:52, 3 Agustus 2006 (UTC).

Bagaimana kalau melihat di Wikipedia Inggris untuk data-datanya? Meursault2004 13:55, 3 Agustus 2006 (UTC)

Mengapa site bahasa Indonesia tidak lengkap? adakah anggota yang mau membantu saya menambahkan di site Indonesia, sebab ada beberapa kata - kata yang tidak saya pahami.... – komentar tanpa tanda tangan oleh Smokers234 (bk) pada 14:08, 3 Agustus 2006 (UTC).

Apakah pertanyaan anda bisa lebih spesifik? Kata2 apa yang tidak anda pahami? Meursault2004 14:11, 3 Agustus 2006 (UTC)

Dari total 1 kalimat yang saya baca ada beberapa kata yang tidak mengerti artinya, jadi saya hanya mengerti sedikit dari total artikel yang ada. – komentar tanpa tanda tangan oleh Smokers234 (bk) pada 14:16, 3 Agustus 2006 (UTC).

Bukankah artikel Jepang sudah cukup bagus dan mendalam? Meursault2004 14:17, 3 Agustus 2006 (UTC)

Tetapi jika dibandingkan dengan versi English versi Indonesia ketinggalan jauh. Beberapa sektor tidak terisi. Juga kalau dibaca versi english lebih lengkap dan lebih baru datanya. – komentar tanpa tanda tangan oleh Smokers234 (bk) pada 14:22, 3 Agustus 2006 (UTC).

Coba ditanyakan ke kedutaan Jepang di Jakarta. --¥€$ 14:29, 3 Agustus 2006 (UTC)

Apakah hubungannya Kedutaan Jepang dengan pertanyaan saya? – komentar tanpa tanda tangan oleh Smokers234 (bk) pada 14:36, 3 Agustus 2006 (UTC).

Mungkin kedutaan Jepang punya data yang lebih baru mengenai Jepang. --¥€$ 15:29, 3 Agustus 2006 (UTC)
Coba pakai http://www.toggletext.com Meursault2004 15:03, 3 Agustus 2006 (UTC)

Ensiklopedia Bebas???

Free encyclopedia kan maksudnya ENSIKLOPEDIA GRATIS!!!

Koq bisa2 nya jadi ensiklopedia bebas... Apa coba maksudnya ensiklopedia bebas?? Aneh bgt...– komentar tanpa tanda tangan oleh Shippo (bk) pada 11:55, 6 Agustus 2006 (UTC).

Bebas disunting. Lihat juga definisi freeware dan free software. --Lembut 11:56, 6 Agustus 2006 (UTC)

Arti "free" nggak selamanya gratis toh? Kan bisa berarti "bebas". Freestyle => Gaya gratis ??? Andreas Erick 12:18, 6 Agustus 2006 (UTC)

Free untuk Wikipedia adalah "free as in speech" (dgn kata lain bebas disunting) bukan "free as in beer" (gratis), makanya digunakan "bebas". Hayabusa future (bicara) 13:34, 6 Agustus 2006 (UTC)
Gw pikir both "free as in speech" dan "free as in beer". Ga dipungut bayaran juga ngambil informasi di wikipedia :)Hariadhi 06:45, 8 Agustus 2006 (UTC)

Gw juga tau kalo emang free bisa artinya BEBAS... Tapi ENSIKLOPEDIA bebas itu bener2 aneh deh... Gw suka bgt pake wikipedia inggris... tapi wikipedia indo jadi semakin ga reliable... Kalo judulnya aja udah aneh.. – komentar tanpa tanda tangan oleh 203.130.213.33 (bk) pada pada 15:02, 9 Agustus 2006 (UTC).

Bagaimana ya... mungkin Anda belum terbiasa saja mendengar istilahnya. Menurut saya sih terjemahannya tidak aneh... karena memang sudah sesuai dengan konsepnya. Hayabusa future (bicara) 15:10, 9 Agustus 2006 (UTC)
Kenapa aneh? Menurut saya nggak ada hubungannya kok antara judul yg menurut anda aneh dan ketidak-reliable-an Wikipedia Indonesia. Wiki Indo kadar kepercayaannya kurang lebih sama dengan Wiki Inggris. Bahkan saya bilang kadangkala lebih reliable karena tidak ada mekanisme kompromi seperti di en:. Meursault2004 15:15, 9 Agustus 2006 (UTC)

versi bahasa Indonesia tidak selengkap versi bahasa Inggris

Sejauh saya membaca informasi tentang masing-masing negara baik Geografis, Politik & Ekonominya saya menilainya sudah cukup lumayan. Tapi ketika saya baca dalam versi bahasa Indonesia kok ada beberapa informasi negara tidak selengkap ketika saya membacanya dalam versi bahasa inggris? apakah bisa dilengkapi lagi mungkin ditambahkan dengan travel information yang lebih detail?.. thank's – komentar tanpa tanda tangan ini diberikan oleh 202.152.168.100 (bicara) 05:25, 7 Agustus 2006 (UTC).

Silakan menambahkan.Stephensuleeman 06:13, 7 Agustus 2006 (UTC)

Presiden Amerika

Euh, saya lagi ngedit presiden-presiden Amerika. Mungkin beberapa memperhatikan bahwa info boxnya menghilang. Itu sengaja, karena saya perhatikan info box fungsinya ngga banyak kalau tulisannya juga ngga banyak, lagi pula info box satu sama lain beda gitu isinya (ngga sinkron). Trus tambahan untuk yang mau edit. Mbok ya sebelum ngedit di baca dulu... Si AFP masukin tiba tiba George Washington panglima perang, ya iya, George Washington panglima perang, tapi elo liat dong... itu kan udah ditaruh susunannya secara kronologis, dari dia kecil, kawin, jadi mantri ukur, dan terus panglima perang, ngga langsung lahir jadi panglima perang kan? Lagi pula tulisannya sebenarnya udah standard untuk 9 presiden dari Washington sampai Harrison, jadi yang mau edit, dibaca dulu ya? He,he,he

Cape gitu nulisnya, ngeditnya mau, bacanya enggak...AWAS! Serenity 08:52, 10 Agustus 2006 (UTC)

Infobox itu gunanya sebagai "summary" selain itu dapat memperindah suatu artikel. AFP gimana tanggapannya?? borgx(kirim pesan) 05:43, 11 Agustus 2006 (UTC)

Ya, klo ada yang saya tulis salah, mohon maaf saja. Tapi tolong dong jangan dihapus infoboxnya. --@fP 03:53, 14 Agustus 2006 (UTC)

Abis infoboxnya jelek.
Udah lebih panjang daripada artikelnya - kadang kadang fotonya ngga proporsional. Jadi gue ngga setuju kalo dibilang memperindah suatu artikel --> memperindah dilihat dari mana? (dari atas monas pake sedotan yang dijepit ujungnya) :p Serenity 08:23, 18 Agustus 2006 (UTC)

Artikel Tak Netral

Assalamu'alaikum wr Wb

Salam Sejahtera

Maaf sebelumnya masalah ini saya tulis di milis wiki id tapi saya tuliskan juga di warung kopi

Ketika membuka berbagai artikel di Wikipedia baik Inggris maupun Indonesia ...sering juga dijumpai artikel-artikel yang ditanda tidak netral

menurut pendapat saya ..memang sulit "menetralkan" artikel artikel yang berkembang apalagi menyangkut sejarah atau bahkan madzhab atau ideologi tetapi kalau memang hal itu merupakan fakta sejarah yang nyata ...rasanya lebih baik kita terima saja dulu meskipun pahit atau dirasa tidak enak..soalnya kalau kita "menetralkan" atau "meluruskan" artikel itu...malah bisa jadi fakta-fakta atau kenyataan yang sudah menjadi bagian dari sejarah jadi hilang ....

artinya meski dirasa suka atau tidak enak atau tidak ..itulah fakta dan itulah sejarah ..itulah yang harus didokumentasi maupun diungkap...dan seharusnya kita sebagai manusia belajar dari sejarah untuk langkah dimasa yang akan datang

atau daripada membuat atau mengkoreksi lain..mungkin bagaimana kiranya kalau disediakan atau dibuat artikel yang mengetengahkan hal yang sama dalam versi yang lain sehingga bisa menambah wawasan baik kita sebagai kalangan penulis maupun pembaca wikipedia

itu aja dulu deh...mungkin ada rekan rekan yang memiliki pendapat lain

wassalam Zaini Suherly 01:56, 13 Agustus 2006 (UTC)

Saya kira alasan utama yang membuat sebuah artikel menjadi "tak netral" adalah karena adanya perkataan yang kurang "ensiklopedis", tidak dalam gaya bahasa yang formal, atau pernyataan-pernyataan penting yang tak disertai sumber. Selain itu, artikel-artikel dalam kategori tersebut sering membuat klaim-klaim (tanpa dijelaskan siapa yang membuat klaim tersebut) seolah-olah klaim tersebut adalah fakta. Hayabusa future (bicara) 03:37, 13 Agustus 2006 (UTC)

Link artikel B.Indonesia ga muncul di wikipedia bhs lain ??

mau tanya nih, artikel dari saya kan banyakan hasil translate, tapi saya liat artikel yang sama di versi bahasa lain kok ga muncul, padahal sudah diwikifisasi, bagaimana yah cara untuk memunculkan wikifisasi di wikipedia versi bahasa lainnya? kan repoot kl harus meregister lagi. – komentar tanpa tanda tangan oleh Glent (bk) pada 09:06, 15 Agustus 2006 (UTC).

Saya gak ngerti pertanyaannya. borgx(kirim pesan) 09:08, 15 Agustus 2006 (UTC)

Biasanya Anda harus melakukan interwiki (link ke edisi bhs lain) secara manual, termasuk (menambahkan sendiri link ke versi Indonesia di artikel bahasa Inggris), namun kadang ada pula bot yang bisa melakukannya dengan otomatis. Hayabusa future (bicara) 09:11, 15 Agustus 2006 (UTC)

Ooooo (bulat), maksudnya interwikinya yang gak muncul? Itu kan tidak secara otomatis, harus manual. Bot umumnya lama. borgx(kirim pesan) 09:14, 15 Agustus 2006 (UTC)

Iya itu sih saya ngerti dan sudah melakukan, contohnya supaya lebih ngerti gini aja, misalnya dalam satu artikel saya tentang Oichi saya sudah memasukkan link ke versi bhs. Mandarin, Jpn, & Inggris, tapi waktu saya liat artikel yang sama di versi Inggrisnya kok ga ada link yg ke versi bhs Indo yang saya tulis ? – komentar tanpa tanda tangan oleh Glent (bk) pada 09:19, 15 Agustus 2006 (UTC).

Itulah yang dimaksud dengan manual di pembicaraan di atas. (interwiki ke id harus ditambahkan secara manual seperti ini) borgx(kirim pesan) 09:24, 15 Agustus 2006 (UTC)

ooo gitu, wah repot juga ya berarti saya harus datangi satu2 semua versi wikipedia yg mengandung artikel yang bersangkutan & nambahin satu2, btw thx petunjuknya yah – komentar tanpa tanda tangan oleh Glent (bk) pada 09:29, 15 Agustus 2006 (UTC).

Iya benar, atau biarkan saja dan biarkan bot yang melakukan sisanya (anda cukup memberikan interwiki pada artikel di wiki id). Wiendietry Japri 09:45, 15 Agustus 2006 (UTC)
Lebih baik di wiki en:, sebab bot yang beroperasi dari id: kurang. Mungkin cuma borgxbot saja :-) Meursault2004 10:01, 15 Agustus 2006 (UTC)

Bung Meursault, interwiki bot yang beroperasi di id banyak lho. Tiap hari pasti banyak yang bekerja. borgx(kirim pesan) 23:28, 15 Agustus 2006 (UTC)

Yang saya tahu Quistnix atau Robbot Quistnix pernah mengusahakan interwiki pada artikel2 yang belum memilikinya. Meursault2004 14:47, 17 Agustus 2006 (UTC)

Wikimania 2006 dan Follow-up

Salam, Saya beruntung dapat menghadiri Wikimania 2006 di Harvard seminggu yang lalu. Laporannya dalam bahasa Indonesia dapat dibaca di website saya. Setelah hadir saya jadi termotivasi untuk bisa menyumbang lebih banyak untuk wikipedia. Selain itu banyak hal yang didiskusikan seperti:

  • bagaimana menumbuhkan "awareness" mengenai adanya wikipedia di masyarakat? khususnya indonesia
  • bagaimana supaya orang terpacu untuk berpartisipasi menyunting? orang-orang banyak yang tidak tahu bahwa wikipedia itu bisa disunting semua orang.
  • apakah perlu mendirikan "chapter" (cabang) indonesia untuk yayasan wikimedia? Hal ini cukup kencang dibacarakan dalam wikimania kemarin oleh florence devouard dan delphine menard.

Salam, Chaerani 07:14, 17 Agustus 2006 (UTC)

Ide yang bagus dari User:Notafish dan User:Anthere. Namun saya kurang yakin apakah kita sudah siap dan sudah ada animo untuk itu. Sebab rapat saja kita belum pernah. Mungkin nanti habis Lebaran kita bisa melakukan wikimeeting pertama di Jakarta. Mengenai yg lain2 sudah sering dibahas. Kita juga sudah cukup sering dibahas di massa media Indonesia. BTW bagus juga anda bisa menghadiri dan mewakili wiki id:. Saya sebenarnya ingin hadir tapi tak ada $,€, dan Rp :`-( Selain itu visa AS sangat sulit :-P Meursault2004 14:46, 17 Agustus 2006 (UTC)
Ah visa amerika ngga sangat sulit ah menurut gue. Untuk appointment tinggal bikin dua bulan sebelumnya (sebelum berangkat) dan email minta tanggal ke jakvisa@state.gov trus lengkapin deh syaratnya. Asal pas interpiuw ngga pake dokumen palsu, ngga ada masalah hukum sebelumnya dan tujuannya jelas, kayaknya ngga masalah. Setau gue di koran 2004 pernah dibilang bahwa 80% applikasi disetujui. Tapi tentu saja repot di airport *sambil mlirik chaerani yang ngga bakal bisa bawa liquid ke pesawat nanti*
As per Rp, kenapa sumbangan wikipedia musti dalam bentuk $ sih? Inovatif sedikit dong dengan rekening BCA, biar gampang orang mau nyumbang. Serenity 08:29, 18 Agustus 2006 (UTC)

Wikimania 2007 di Singapura?

Terimakasih Meursault dan Andreas atas komentarnya. Sekarang sedang dilakukan proses pemilihan kota untuk meta:Wikimania 2007, salah satu kota calonnya adalah Singapura. Mohon dukungan dari komunitas wikipedia Indonesia supaya bisa diadakan di Singapura, supaya orang2 dari indonesia dan malaysia bisa datang. Chaerani 16:52, 18 Agustus 2006 (UTC)

Kopi darat?

Coba dilakukan hal yang sama di Jakarta... Masak sih 20,000 anggota nggak ada yang mau datang? Andreas Erick 23:44, 17 Agustus 2006 (UTC)

Saya 7-11 september ada di indonesia, kalau mau ketemuan. mohon hubungi saya via email chaerani at indrani dot net Chaerani 00:23, 18 Agustus 2006 (UTC)

yuk ngumpul.. kalo ngumpul, pasti banyak deh ide2 baru yg keluar.. -- Ciko bicara 08:10, 24 Agustus 2006 (UTC)

aku setuju kalo para Wikipediawati n Wikipediawan ngompol eh ngumpul. pasti heboh. ketemu orang-orang baru yang kocak, lucu tapi jenius. ehh ngomong-ngomong tanggal berapa Ultahnya Wikipedia? maklum baru gabung nih!Suwardi 04:49, 29 Agustus 2006 (UTC)

Perpustakaan wikipedia

Bo, kalo jadi ada wikipedia indonesia, bikin space buat perpustakaannya sekalian yah? Gue ada buku nih (lumayan banyak) buat disumbang. Kayak New York Times Almanac 2002, World Almanac 2002, kamus besar bahasa indonesia 89 (eke mau beli yang baru :p ) dkk. Dan buku buku jurnalisme lengkap free (I'm not really into journalism actually but got all the technical info) Lumayan. *serenity males login*

Wikipedia Indonesia sedang berpacu dengan wikipedia turki [1] dalam jumlah artikel

Just note aja buat rekan2 lain --Andri.h 11:10, 17 Agustus 2006 (UTC)

Tapi editan kita ketinggalan jauh om ... :-p Mending konsen ke mutu dulu lah. Kembangraps 14:29, 17 Agustus 2006 (UTC)

Ah kita sudah hampir 'menang' Meursault2004 14:46, 17 Agustus 2006 (UTC)

Namun saya lihat ada artikel-artikel yang laman yang tidak di kembangkan atau terbengkalai.. atau mungkin gak dilihat lagi... :) , dan tidak memenuhi kriteria artikel atau formatnya yang tidak di ubah.(masih stub,tidak berformat,tidak terkategori) .Usul untuk memformat artikel-artikel lama agar kualitas bisa ditingkatkan, dan bisa di review-- Irwangatot 14:55, 17 Agustus 2006 (UTC)

Gimana jika kita ada peer review di :id? Orang yang ingin memperbaiki kualitas artikel bisa minta pendapat org lain ttg hal2 yang perlu diperbaiki. Bisa juga menjadi bagian dr proses sebelum sebuh artikel jadi artikel pilihan. Hayabusa future (bicara) 15:06, 17 Agustus 2006 (UTC)

Saya memiliki sebuah impian, just a dream. Mungkin suatu hari artikel2 pilihan bisa kita review lalu kita cetak dan lalu disebarluaskan. Hal seperti ini sudah dilakukan di Wikipedia Jerman. Meursault2004 15:11, 17 Agustus 2006 (UTC)

Nambah usul tentang peer review: halaman diskusi (yang sering banget kosong) didayagunakan buat meletakkan pesan2 dari reviewer untuk perbaikan suatu artikel. Syukur2 diperbaiki sendiri. Kembangraps 16:10, 17 Agustus 2006 (UTC)

Artikel ttg pribahasa Tiongkok

Saya mau masukin artikel ttg pribahasa tiongkok, tapi nanya dulu judulnya sebaiknya pakai pinyin atau pakai terjemahan bahasa indonesianya ? Glent

Peribahasa lebih tepat masuk wikiquote. •• ivanlanin •• 16:00, 21 Agustus 2006 (UTC)

Pakai pinyin, macam di Peribahasa Tiongkok. Rinto Jiang 00:32, 22 Agustus 2006 (UTC)

Glent, untuk peribahasa silahkan dibuat artikelnya di Wikiquote. borgx(kirim pesan) 01:05, 22 Agustus 2006 (UTC)

Buku resep masakan

Saya berencana membuat ruang nama (namespace) baru di Wikibooks untuk menampung artikel mengenai resep dan cara memasak makanan seperti halnya ruang nama "Cookbook" di en.wikibooks (http://en.wikibooks.org/wiki/Cookbook). Ini juga untuk memancing orang melihat dan menyumbang di Wikibooks. Ada ide?

Usulan ide:

  • "Resep"
    • terlalu umum? bisa juga resep obat.
  • "Resep masakan"
  • "Buku masakan"

borgx(kirim pesan) 00:29, 25 Agustus 2006 (UTC)

Seperti biasa, saya memilih yang sederhana: "Resep". Memang bisa memicu kerancuan, tapi saya pikir secara umum, resep = resep masakan. •• ivanlanin •• 05:43, 25 Agustus 2006 (UTC)

Gimana kalau Ruang Boga ? Kembangraps 13:14, 25 Agustus 2006 (UTC)

Wah terlalu resmi kedengarannya. Tidak semua orang tahu arti kata boga tapi semua orang tahu arti kata resep. Meursault2004 13:25, 25 Agustus 2006 (UTC)

Sepertinya "resep" saja ya? Lagian apoteker mana yang mau nulis resep obat di Wikipedia. borgx(kirim pesan) 01:54, 26 Agustus 2006 (UTC)

Setuju, cukup singkat dan sederhana.Stephensuleeman 02:08, 26 Agustus 2006 (UTC)

Udaaah, pasang, pasang. Banyak resep nih yang mau ditaruh. Mas borgx(kirim pesan), dibuat juga bagian buat bumbu-bumbu ya? Trims lho. Kembangraps 22:16, 26 Agustus 2006 (UTC)

Sudah dipasang nih sekarang. Saya sudah buatkan juga halaman utamanya. borgx(kirim pesan) 02:42, 30 Agustus 2006 (UTC)

karena ini semacam album dan eksicopedia masakanan dijadiin "resepidia" aja!!(hijrah)putra_planner@yahoo.com

  1. Halo, saya ingin membuat kategori 'jarak astronomis' dengan poin-poin yang ada di artikel ini (baik yang sudah 'biru' maupun yang masih 'merah') tetapi tidak tahu caranya (maklum masih baru neh :p). Saya juga ingin merapikan kategori-kategori yang ada di bawah kategori 'astronomi' kalau boleh. Mohon bantuan. Jika ada umurku panjang, saya akan buatkan semua artikelnya. Mohon maaf jika pertanyaannya salah tempat :).
  2. Mengenai metode penentuan jarak astronomis ; sebenarnya masih ada beberapa metode penentuan jarak lagi yang bertumpu pada modulus jarak (orang astronomi tau ini). Saya akan coba riset lagi mengenai hal ini. Mohon saran jika ada yang tahu :). Salam geboy 15:45, 30 Agustus 2006 (UTC)
Sudah dijawab di halaman pengguna ybs borgx(kirim pesan) 23:47, 31 Agustus 2006 (UTC)

Menulis artikel Discovery

Saya ingin memulai menulis artikel mengenai Discovery. Tetapi, Discovery yang satu ini bukanlah nama pesawat ulang-alik, melainkan nama majalah penerbangan milik Cathay Pacific. Apakah nama artikel ini sebaiknya:

atau

Kan huruf besar dan huruf kecil di Wikipedia dibedakan? Jadi enaknya bagaimana? Mohon sarannya.... Terima kasih sebelumnya. Tommy Yalidae 11:42, 30 September 2006 (UTC)

Seharusnya Discovery (majalah) borgx(kirim pesan) 13:26, 30 September 2006 (UTC)