Wikipedia:Bukanlah WikiAlpha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Banyak orang yang terobsesi tentang dirinya sendiri, keluarganya, panutannya, perusahaannya, bahkan hewan peliharaannya untuk dimasukkan ke dalam Wikipedia, tapi sayang sekali Wikipedia bukanlah WikiAlpha, bahkan tidak ada hubungannya sama sekali. Suatu yang ada, bukan berarti layak untuk dimasukkan ke dalam Wikipedia, karena di Wikipedia memiliki kebijakan yang mengatur tentang kelayakan, yang mana suatu subjek dapat dimasukkan artikelnya ke dalam Wikipedia harus memiliki kriteria kelayakan tertentu. Artikel-artikel yang tidak memenuhi kriteria kelayakan (atau dianggap belum memenuhi kriteria kelayakan) dapat dihapus secara cepat atau diusulkan untuk dihapus, akan tetapi Anda bisa memperbaikinya dengan menambahkan referensi dan merapikannya sesuai standar Wikipedia, atau silakan pindahkan artikel buatan Anda ke dalam WikiAlpha.

Wikipedia memiliki kebijakan kelayakan dan penghapusan yang jauh lebih ketat dan kompleks. Itu artinya, segala sesuatu yang dimasukkan ke dalam Wikipedia harus mematuhi kebijakan tersebut.

Sebagai contoh, artikel yang membahas tentang permainan daring, "ganking", yang eksis dan tersedia di WikiAlpha tanpa ada permasalahan berarti, namun artikel tersebut tidak dapat dibuat di Wikipedia tanpa disertai rujukan dan kriteria kelayakan yang jelas.

Artikel yang tidak memenuhi kriteria kelayakan[sunting sumber]


Apabila suatu artikel belum memperlihatkan unsur kelayakan, usahakan untuk memperbaikinya dengan cara:

  1. Perbaiki sendiri. Carilah referensi tepercaya dari internet atau media lain
  2. Gunakan templat {{subst:tak layak}}untuk menarik perhatian penyunting lain
  3. Gabungkan artikel kepada artikel lain yang cakupannya lebih luas
  4. Apabila belum berhasil ditemukan unsur kelayakan dua minggu setelah templat {{subst:tak layak}} diberikan, maka artikel tersebut akan segera dihapus.

Apabila suatu artikel jelas tidak memenuhi unsur kelayakan, karena:

langsung berikan templat {{hapus|A7}} atau {{hapus|A9}}. Pengurus akan langsung menghapus artikel yang memenuhi kriteria penghapusan cepat.


Jangan menulis artikel tentang kamu, tentang kawan-kawanmu, situs webmu, bisnismu, perusahaanmu, keluargamu, grup musikmu, guru dan dosenmu, kata yang kamu ciptakan sendiri, cerita yang kamu tulis, hewan peliharaanmu, atau apa pun yang merasa dekat denganmu. Jika subjek yang kamu tuliskan itu dekat denganmu, kamu dianggap melanggar konflik kepentingan. Jika nama penggunamu adalah PT Kencana dan kamu menulis artikel perusahaan bernama PT Kencana, kamu akan berurusan investigasi konflik kepentingan atau beriklan.

Silakan menunggu pihak lain menulis artikelmu jika subjekmu layak. Konflik kepentingan merupakan masalah serius di Wikipedia mengingat Wikipedia bukanlah tempat untuk promosi diri. Pastikan subjekmu penting baik untuk dirimu sendiri maupun orang lain yang berhak tahu.

Artikel ensiklopedia yang bagus ditulis oleh penulis yang tetap mempertahankan perspektif dan sudut pandang netral, yang sukar diterapkan jika subjeknya adalah kamu atau proyek-proyekmu. Tidak diperkenankan memberikan pranala dan rujukan yang berlebihan ke topik yang diduga autobiografi. Baca Wikipedia:Autobiografi, Wikipedia:Kelayakan artikel, dan Wikipedia:Konflik kepentingan.

"Wikipedia:Wikipedia bukanlah" berisi daftar tulisan yang tidak sesuai dengan misi kami sebagai ensiklopedia bebas.

Jika kamu INGIN menulis artikel pertamamu, ayo ikuti tantangan kolaborasi yang sudah kami berikan di halaman utama. Tiap pranala merah di dalamnya akan menantangmu untuk berkolaborasi. KAMU BISA MENULISNYA!


Lihat pula[sunting sumber]