Wangsa Lippe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wangsa Lippe
Wappen Deutsches Reich - Fürstentum Lippe.png
Negara Lippe, Schaumburg-Lippe
Gelar Lord, Count, Pangeran
Pendiri Bernhard I
Penguasa akhir Leopold IV
Penguasa saat ini Pangeran Armin or
Pangeran Friedrich Wilhelm
Tahun berdiri 1123
Pembubaran 1918
Etnis Jerman
Cabang kadet Lippe-Weissenfeld
Schaumburg-Lippe

Wangsa Lippe merupakan sebuah Wangsa Jerman. Nasab Wangsa Lippe bisa ditelusuri hingga Count Jobst Hermann dari Lippe (diperkirakan meninggal pada tahun 1056) yang dimana anaknya Bernhard I merupakan pendiri dari Kepangeranan Lippe.[1]

Di tahun 1613, wilayah Wangsa Lippe dibagi menjadi Lippe-Detmold, Lippe-Brake and Lippe-Alverdissen. Di tahun 1643, Count Philipp dari Lippe-Alverdissen menjadi penguasa Schaumburg dan mengubah namanya menjadi Schaumburg-Lippe. Dengan kemangkatan Pangeran Alexander, keluarga cabang senior Lippe-Detmold menjadi tiada. Sementara itu, Count Leopold dari Lippe-Biesterfeld menggantikannya menjadi penguasa Lippe sebagai Pangeran Leopold IV dari Lippe.

Terjadinya Revolusi Jerman pada tahun 1918 memaksa Pangeran dari Lippe dan Schaumburg-Lippe untuk mengabdikan takhta mereka yang sekaligus menyudahi kekuasaan Wangsa Lippe atas Lippe selama 795 tahun. Di tahun 1937, Pangeran Bernhard dari Lippe-Biesterfeld menikahi Putri Juliana dari Belanda. Ketika putri mereka Putri Beatrix dari Belanda menaiki takhta Belanda pada tahun 1980, Wangsa Oranje-Nassau tetap dikenal sebagai wangsa yang menguasai Belanda, walaupun secara agnatic Beatrix dan saudara-saudaranya merupakan anggota dari Wangsa Lippe.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]