Wahana peluncur pakai ulang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemulihan pendorong tingkat pertama Falcon 9 setelah pendaratan pertamanya

Kendaraan peluncur pakai ulang memiliki bagian yang dapat dipulihkan dan diterbangkan kembali, sambil membawa muatan dari permukaan ke luar angkasa. Tingkatan roket adalah bagian kendaraan peluncur paling umum yang ditujukan untuk dipakai kembali. Bagian yang lebih kecil seperti mesin roket dan pendorong juga dapat dipakai kembali, meskipun wahana antariksa pakai ulang dapat diluncurkan di atas kendaraan peluncuran sekali pakai. Kendaraan peluncur pakai ulang tidak perlu membuat bagian-bagian yang mahal ini untuk setiap peluncuran, sehingga mengurangi biaya peluncurannya secara signifikan. Namun, manfaat ini berkurang oleh biaya pemulihan dan perbaikan.

Kendaraan peluncur pakai ulang mungkin mengandung avionik dan propelan tambahan, membuatnya lebih berat daripada kendaraan peluncur sekali pakai. Bagian yang dipakai ulang mungkin perlu memasuki atmosfer dan bermanuver melaluinya, sehingga sering dilengkapi dengan pelindung panas, sirip kisi, dan permukaan kendali penerbangan lainnya. Dengan memodifikasi bentuknya, pesawat antariksa dapat memanfaatkan mekanisme penerbangan untuk membantu pemulihannya, seperti terbang layang atau gaya angkat. Di atmosfer, parasut atau retroroket mungkin juga diperlukan untuk memperlambatnya lebih jauh. Bagian yang dapat digunakan kembali mungkin juga memerlukan fasilitas pemulihan khusus seperti landasan pacu atau kapal drone pelabuhan antariksa otonom. Beberapa konsep mengandalkan infrastruktur darat seperti mass driver untuk mempercepat peluncuran kendaraan terlebih dahulu.

Setidaknya sejak awal abad ke-20, kendaraan peluncur pakai ulang satu tahap ke orbit telah ada dalam fiksi ilmiah. Pada 1960-an dan 1970-an, kendaraan peluncur pakai ulang pertama diproduksi, diberi nama Space Shuttle dan Energia. Namun, pada 1990-an, karena kedua program gagal memenuhi harapan, konsep kendaraan peluncuran yang dapat digunakan kembali dikurangi menjadi pengujian purwarupa. Munculnya perusahaan penerbangan antariksa swasta pada tahun 2000-an dan 2010-an menyebabkan kebangkitan perkembangannya, seperti SpaceShipOne, New Shepard, Electron, Falcon 9 dan Falcon Heavy. Banyak kendaraan peluncur yang saat ini diharapkan untuk melakukan debut dengan kemampuan pakai ulang pada tahun 2020-an, seperti Starship, New Glenn, Amur, Ariane Next, roket Long March, dan Dawn Mk-II Aurora.[1]

Daftar kendaraan peluncur pakai ulang[sunting | sunting sumber]

Perusahaan Kendaraan Negara Jenis Status
ISRO RLV TSTO India Orbital Dalam pengembangan
NPO-Energia Energia-Buran or OK-GLI Uni Soviet Orbital Dipensiunkan
NASA Space Shuttle AS Orbital Dipensiunkan
SpaceX Falcon 9 AS Orbital Operasional
SpaceX Falcon Heavy AS Orbital Operasional
SpaceX Starship AS Orbital Dalam pengembangan
Dawn Aerospace Dawn Mk-II Aurora Selandia Baru Suborbital Dalam pengembangan
Rocket Lab Electron Selandia Baru Orbital Operasional
Rocket Lab Neutron Selandia Baru Orbital Dalam pengembangan
Blue Origin New Shepard AS Suborbital Operasional
Blue Origin New Glenn AS Orbital Dalam pengembangan
Virgin Galactic SpaceShipTwo (VSS Unity) AS Suborbital Operasional
Virgin Galactic SpaceShipThree (VSS Imagine) AS Suborbital Purwarupa
United Launch Alliance Vulcan Centaur AS Orbital Dalam pengembangan
PLD Space Miura 5 Spanyol Orbital Dalam pengembangan
I-space Hyperbola-2 Tiongkok Orbital Dalam pengembangan
Galactic Energy Pallas-1 Tiongkok Orbital Dalam pengembangan
China Academy of Launch Vehicle Technology Long March 8 Tiongkok Orbital Dalam pengembangan
Roscosmos Amur Rusia Orbital Dalam pengembangan
ESA Themis Uni Eropa Orbital Dalam pengembangan
Relativity Space Terran R AS Orbital Dalam pengembangan

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dawn Aerospace unveils the Mk II Aurora suborbital space plane, capable of multiple same-day flights". TechCrunch (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-19.