Falcon Heavy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peluncuran Roket Falcon Heavy.jpeg

Falcon Heavy (FH) adalah kendaraan peluncur orbital kelas berat yang sebagian dapat digunakan ulang, dirancang dan diproduksi oleh SpaceX. Falcon Heavy berasal dari roket Falcon 9 dan terdiri dari tahap pertama Falcon 9 yang dimodifikasi sebagai inti tengah (center core) dan ditambah dua buah tahap pertama Falcon 9 sebagai booster samping serta satu tahap atas Falcon 9. Kedua tahap roket menggunakan propelan oksigen cair (LOX) dan minyak tanah roket-grade (RP-1). Falcon Heavy memiliki kapasitas muatan tertinggi dari setiap kendaraan peluncur yang saat ini beroperasi, dan kapasitas tertinggi keempat dari roket apa pun yang pernah dibuat, mengikuti Saturn V Amerika dan Energia Soviet serta N1.

SpaceX melakukan peluncuran perdana Falcon Heavy pada 6 Februari 2018. Pada peluncuran tersebut, Roket membawa dummy payload berupa mobil Tesla Roadster milik pendiri SpaceX Elon Musk.

Falcon Heavy dan Falcon 9 pada akhirnya akan digantikan oleh roket BFR (Big Falcon Rocket) yang sedang dalam pengembangan.

Peluncuran dan Jadwal[sunting | sunting sumber]

Flight № Tanggal peluncuran Muatan Pelanggan Hasil Keterangan
1
February 6, 2018,

20:45 UTC

Elon Musk's Tesla Roadster SpaceX Success Mobil Tesla Roadster milik Elon Musk dikirim menuju orbit heliosentrik trans-Mars. Kedua pendorong samping berhasil mendarat; booster pusat mengalami kegagalan pada sistem mesin saat fase akhir pendaratan dan menabrak samudra, merusak dua mesin kapal drone. Misi ini awalnya dimaksudkan untuk diluncurkan awal 2013.
2
April 11, 2019, 22:35 UTC Arabsat-6A Arabsat Success Satelit komunikasi berat Arab Saudi. Ketiga booster berhasil mendarat dan kedua booster samping direncanakan akan digunakan kembali pada misi STP-2.
3
NET June 2019 USAF STP-2 DoD Planned Misi ini akan mendukung proses sertifikasi EELV Angkatan Udara AS untuk Falcon Heavy. Payload sekunder termasuk LightSail, GPIM, Deep Space Atomic, enam satelit COSMIC-2, satelit Oculus-ASR, Prox-1 nanosatellites, dan satelit ISAT. Direncanakan akan menggunakan kembali booster dari peluncuran Arabsat-6A.
2020 AFSPC-52 US Air Force Planned
Q4 2020 Ovzon-3 Ovzon Planned Satelit komunikasi untuk penyedia pita lebar seluler Swedia. Pengiriman langsung ke orbit geostasioner.
2020 - 2022 ViaSat-3 Viasat Planned Satelit Ka-band melayani APAC, EMEA, atau Amerika.
TBA TBA Inmarsat Planned Opsi peluncuran menggunakan Falcon Heavy kembali ditindak lanjuti setelah pembatalan Inmarsat untuk meluncur menggunakan Falcon Heavy pada 2016 dan beralih ke roket Ariane 5
TBA TBA Intelsat Planned Opsi peluncuran ditandatangani kembali pada 2012.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]