Perisai panas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sebuah perisai panas dirancang untuk melindungi zat menyerap panas yang berlebihan dari sumber luar oleh salah hamburan, mencerminkan atau hanya menyerap panas. Hal ini sering digunakan sebagai bentuk Exhaust Heat Management.

Perisai panas pesawat ruang angkasa[sunting | sunting sumber]

Apollo 12 capsule's ablative heat shield (after use) on display at the Virginia Air and Space Center
Thermal soak aerodynamic heat shield used on the Space Shuttle.

Wahana antariksa yang mendarat di daerah dengan suasana, seperti Bumi, Mars dan Venus, saat melakukannya dengan memasukkan pada kecepatan tinggi, tergantung pada gesekan daripada kekuatan roket untuk memperlambat kerajinan. Efek samping dari ini adalah pemanasan aerodinamis, yang dalam kasus Bumi (atau Venus) reentry dapat merusak. Sebuah perisai panas aerodinamis terdiri dari lapisan pelindung bahan khusus untuk mengusir panas. Dua tipe dasar aerodinamis perisai panas telah digunakan:

  • Sebuah perisai panas ablatif terdiri dari lapisan resin plastik, permukaan luar yang dipanaskan dengan gas yang membawa panas pergi oleh konveksi. Perisai seperti yang digunakan pada Mercury, Gemini, dan Apollo pesawat ruang angkasa.
  • Sebuah perisai panas rendam thermal menggunakan bahan isolasi untuk menyerap dan memancarkan panas dari struktur pesawat ruang angkasa. Tipe ini digunakan pada Space Shuttle, yang terdiri dari ubin keramik atau komposit atas sebagian besar permukaan kendaraan, dengan diperkuat bahan karbon-karbon pada poin tertinggi beban panas, tepi terkemuka hidung dan sayap. Kerusakan bahan ini pada sayap menyebabkan bencana pesawat ulang-alik Columbia tahun 2003.

Beberapa pesawat ruang angkasa juga menggunakan perisai panas (dalam arti otomotif konvensional) untuk melindungi tangki bahan bakar dan peralatan dari panas yang dihasilkan oleh mesin roket besar. Perisai seperti yang digunakan pada Apollo Layanan Modul dan tahap keturunan Lunar Module.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ALIH Templat:Commons category