Wadja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Wadja
URLwww.wadja.com
TipeSitus jejaring sosial
Perdagangan ?Ya
RegistrationDiperlukan
LangueInggris
Tagalog
Melayu Malaysia
Vietnam
Thai
Mandarin
Korea
Jepang
Spanyol
Service entry8 September 2006
KeadaanAktif

Wadja adalah sebuah situs web jejaring sosial yang diluncurkan di Athena, Yunani. Situs ini telah melawati masa beta tes pada 10 Agustus 2006.[1] Tim Wadja berbasis di Amerika, Cypriots, Skotlandia, dan Yunani. Sejak Desember 2009, Wadja telah memiliki lebih dari 5.000.000 pengguna terdaftar.[2] Wadja adalah layanan yang membantu penggunanya untuk mengatur dan mengelola aktivitas sosial online, sehingga dapat berkomunikasi dan berhubungan dengan teman dan keluarga. Wadja merupakan layanan pesan yang terbuka dan transparan, menyediakan berbagai pilihan komunikasi seperti SMS gratis, email, dan Web Mobile Messaging. Selain itu, terdapat fasilitas untuk membuat profil, menambah teman, komentar, cek email, serta menyimpan video dan audio dalam aplikasi Wadja. Tampilan profil bisa disesuaikan dengan mengubah jenis huruf dan gambar latar. Foto yang ingin ditampilkan, terlebih dulu bisa diedit dengan menggunakan Picnik online photo editor.[3] Wadja.com mendukung beberapa bahasa, pengguna dapat menerjemahkan pesan dalam bahasa lain melalui integrasi dengan Google Translate API.[4]

Perangkat Bergerak[sunting | sunting sumber]

Wadja dirancang untuk dapat dilihat pada perangkat bergerak, profil pengguna akan muncul di p.wadja.com/username dan nomor ponsel pengguna hanya dapat dilihat bagi orang-orang yang ada di jaringan.[5] Hampir semua layanan dari situs Wadja juga dapat diakses melalui iPhone dan Blackberry.

Alat Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Dengan memanfaatkan application programming interface atau API, pengguna Wadja dapat menggirimkan SMS gratis secara bersamaan ke kelompok besar. Dengan menawarkan layanan ini, Wadja berperan dalam mengembangkan potensi sebagai alat pemasaran.[6] Produsen dapat dengan mudah memberikan informasi secara bersamaan kepada konsumen mereka tentang produk atau jasa yang dijual dengan cara cepat dan praktis. Pengguna dapat membuat tampilan iklan tersendiri dan menyebarkannya kepada orang-orang yang terdaftar sebagai anggota. Situs Wadja merupakan bagian dari serangkaian kampanye iklan untuk menarik minat konsumen.

SMS Gratis Via Ponsel[sunting | sunting sumber]

Wadja menyediakan layanan pengiriman SMS gratis antarponsel hingga 90 karakter. Pengguna harus memilki perangkat ponsel yang telah dilengkapi dengan apikasi Gotext.[7] Ponsel sang penerima pesan yang tidak memiliki aplikasi Gotext, tetap dapat menerima pesan. Sistem pengiriman hanya mengandalkan GPRS. Pengguna harus melalui beberapa tahap untuk melakukan pengiriman pesan. Satu akun Wadja dapat mengirim dua SMS ke nomor yang sama. Jika ingin lebih, pengguna bisa mendaftar lebih banyak akun di Wadja. Syaratnya adalah satu alamat email untuk satu akun. SMS bisa terkirim ke semua nomor kecuali Telkomsel dan nomor CDMA.

Istilah Layanan[sunting | sunting sumber]

  • Banner Advertising

Sebagai ajang promosi dan mampu membuat tampilan iklan.

  • Media box

Mendukung konsep keterbukaan media dan komunikasi gratis . Dalam media box, pengguna dapat memasukan file media video, foto, dan musik dari berbagai konten situs Youtube dan Flickr. Mampu mengirimkan file untuk tujuan mana pun, di dalam dan di luar komunitas Wadja, termasuk Gmail, Yahoo, dan Microsoft Outlook. Tanpa adanya batasan wilayah dan tidak ada kekhawatiran instalasi.[8]

  • POP3

Digunakan untuk mengunduh hingga 5 email dan memusatkan semua pesan ke dalam kotak masuk Wadja.

  • SMS API& Message Ads

Bisa digunakan sebagai metode marketing karena memungkinkan pengguna untuk mengirimkan SMS ke beberapa penerima atau kelompok besar.

  • Wadja Shout

Layanan micro blogging Wadja.com yang memberitahu penggunanya tentang pesan masuk dan berbagai peringatan, termasuk hari ulang tahun teman.

  • Wadja Toolbar

Mampu dengan mudah mengakses semua fungsionalitas pesan secara cepat. Mendapatkan semua update terbaru dan pemberitahuan tentang apa yang terjadi di dalam Wadja. Wadja Toolbar mudah untuk meng-install dan bekerja di semua versi terbaru dari Internet Explorer dan Firefox.

Keamanan[sunting | sunting sumber]

Wadja.com memungkinkan para anggotanya untuk membatasi siapa saja yang memiliki akses ke profil mereka. Data dan informasi yang tampil di halaman utama, bisa disaring. Wadja mendukung Open ID login yaitu pengguna harus memasukkan password terlebih dahulu sebelum dapat mengakses akun mereka.[9] Akun atau account ini tidak bisa diakses oleh orang yang tidak memiliki password.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Wadja.com telah menerima beberapa penghargaan dengan kategori yang berbeda, yaitu:

  1. Mashabel Top Mobile Social Network: People’s Choise Award 2006
  2. Winner 2nd Annual Open Web Awards. Best Niche Social Network. Bloggers Choice Award
  3. Winner 3rd Prize 8th Annual VC Forum, Athens, Greece
  4. Winner Manager of the Year 9th Annual ICT Technology Forum, Athens, Greece
  5. Internet Service of the Year 2007 T3 & PC Magazine Tech Excellence Awards, Greece
  6. Winner Best Presentation Award i-techpartner Software Forum, Porto, Portugal
  7. Winner Best Presentation Award. i-techpartner eServices Forum, Liverpool, United Kingdom

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wadja Launches Free SMS Service". Mashable. Diakses tanggal 8 September 2006. 
  2. ^ "Wadja Reaches New Landmark of 5 Million Registered Users". Sociable Blog. Diakses tanggal 1 Desember 2009. 
  3. ^ "Integrates Picnik Photo Editing Into Mediabox". Press Release Web. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-03-28. Diakses tanggal 29 April 2008. 
  4. ^ "Wadja.com Integrates Google Translate API to its Inbox Platform". iTalk Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-01-28. Diakses tanggal 21 April 2008. 
  5. ^ "Wadja Launches Free SMS Service". Mashable. Diakses tanggal 8 September 2006. 
  6. ^ "Wadja Launches SMS API". Mobile Marketing Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-25. Diakses tanggal 3 November 2008. 
  7. ^ "About Sms Gratis gotext". Zona Mobile. Diakses tanggal 17 Juni 2008. [pranala nonaktif permanen]
  8. ^ "Wadja.com Launches MediaBox, Its New Innovative Social Media Sharing Service". Sociable Blog. Diakses tanggal 27 Maret 2008. 
  9. ^ "Wadja adopts OpenID to provide even more open access to mobile web". GoMo News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-05. Diakses tanggal 24 November 2008. 

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Miltiadis D. Lytras&Patricia (2009) Social Web Evolution ISBN 1935-3626.
  • SPN (2009) Berbisnis Lewat Aplikasi Wadja, Majalah Seluler 09-066-138-53

Pranala luar[sunting | sunting sumber]