Vasek Pospisil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Vasek Pospisil
Vasek Pospisil, Nice 2012.JPG
Kebangsaan  Kanada
Tempat tinggal Freeport, Bahama
Lahir 23 Juni 1990 (umur 28)
Vernon, British Columbia, Kanada
Tinggi 193 m (633 ft 2 12 in)
Memulai pro 2007
Tipe pemain Tangan kanan (backhand dua tangan)
Total hadiah $982,932
Tunggal
Rekor (MK) 28–38 (di level ATP Tour, Grand Slam, dan di Piala Davis)
Gelar 0
Peringkat tertinggi No. 32 (28 Oktober, 2013)
Peringkat saat ini No. 32 (28 Oktober2013)
Hasil terbaik di Grand Slam (tunggal)
Australia Terbuka K2 (2012)
Perancis Terbuka P1 (2012, 2013)
Wimbledon P2 (2013)
AS Terbuka P2 (2011)
Turnamen lainnya
Olimpiade P1 (2012)
Ganda
Rekor (MK) 15–14 (di level ATP Tour, Grand Slam, dan di Piala Davis)
Gelar 0
Peringkat tertinggi No. 87 (14 Oktober 2013)
Peringkat saat ini No. 88 (28 Oktober 2013)
Hasil terbaik di Grand Slam (ganda)
Wimbledon P3 (2013)
AS Terbuka P3 (2013)
Turnamen lainnya
Olympic Games P2 (2012)
Kompetisi beregu
Davis Cup SF (2013)
Statistik terbaru dimutakhir pada 28 Oktober 2013.

Vasek Pospisil (pengucapan bahasa Ceko: [ˌvaʃɛk ˈpospiːʃɪl]) (lahir 23 Juni 1990) adalah pemain tenis profesional asal Kanada. Peringkat tertinggi selama kariernya adalah no. 32 di bagian tunggal dan no. 87 di bagian ganda. Sebagai petenis Kanada peringkat kedua dalam tunggal dan ganda, ia memegang peran penting di tim Piala Davis Kanada.

Karier junior[sunting | sunting sumber]

Pospisil mencapai final pertamanya dalam turnamen junior International Tennis Federation, even Peringkat Dunia ITF U18 Kanada tahun 2005, tetapi kalah atas rekan senegaranya Graeme Kassautzki. Ia dan Kassautzki memenangi kategori ganda. Bersama dengan pemain bintang lainnya asal Kanada, Milos Raonic, Pospisil memenangkan gelar ganda keduanya pada Desember 2006, dalam turnamen Prince Cup di Amerika Serikat. Ia juga memenangi kategori ganda berturut-turut di Republik Ceko pada Januari–Februari 2007, juga di Guru Cup di Italia pada April–Mei.

Di tunggal, Pospisil memenangkan Kejuaraan Junior ITF Flevoland di Belanda pada bulan Februari, Kejuaraan ITF Junior se-Kanada ke-25 pada bulan April, dan even Peringkat Dunia ITF U18, yang terakhir tidak kehilangan lebih dari 4 game dalam semua set yang dimainkan.

Pospisil memenangkan dua even lagi yang diselenggarakan di Eropa, pada musim panas itu di kategori ganda, dan finalis untuk tiga kalinya lagi. Ia menyelesaikan musim panasnya dengan mencapai final ganda remaja putra A.S. Terbuka 2007, berpasangan dengan Grigor Dimitrov. Mereka dikalahkan Jonathan Eysseric dan Jérome Inzerillo. Pada bulan Desember, ia dengan pasangannya Roman Jebavý memenangkan kategori ganda di even prestisius Dunlop Orange Bowl.

Karier pro[sunting | sunting sumber]

2007[sunting | sunting sumber]

Pospisil memenangkan pertandingan pertamanya di tur profesional, di Kanada F1 Futures pada bulan Maret, mengalahkan petenis Guatemala no. 1 Christian Paiz. Di putaran kedua, ia kalah melawan kompatriotnya Rob Steckley dua set langsung, ketika pada kategori ganda, ia dan pasangannya yang merupakan sesama petenis junior Kanada, Milos Raonic, kalah di putaran pertama dua set langsung. Minggu selanjutnya, Pospisil kalah di putaran pertama, baik tunggal maupun ganda di Kanada F2. Minggu selanjutnya di Kanada F3, ia memenangkan gelar karier pertamanya, di kategori ganda, bersama pasangan senegaranya Érik Chvojka. Ia kalah di putaran pertama kategori tunggal.

Pada akhir bulan Mei, Pospisil bersama pasangannya Chvojka berlomba di babak utama Republik Ceko F4 dan mencapai putaran kedua. Minggu selanjutnya, mereka kalah di putaran pertama UniCredit Czech Open, dan Pospisil bermain di turnamen challenger pertamanya. Pada bulan Juli, Pospisil mendapatkan wild card di kategori tunggal Granby Challenger dan kalah melawan petenis Italia Stefanno Ianni dua set langsung. Di kategori ganda, ia bersama Chvojka kalah di putaran pertama. Minggu selanjutnya, Pospisil kembali kalah di putaran pertama Odlum Brown Vancouver Open di kategori ganda, kali ini berpasangan dengan petenis asal Amerika Serikat, Adam Davidson.

Pospisil kembali bermain di babak utama salah satu turnamen pada akhir 2007, kategori ganda di Jerman F18 pada bulan Oktober, di mana ia dan pasangannya, Roman Vogeli mencapai putaran kedua. Musim 2007 diakhirinya dengan mencapai peringkat ke-1479 di tunggal dan ke-1111 di ganda.

2008[sunting | sunting sumber]

Pada November 2008, Pospisil memperhitungkan dirinya dengan baik saat melawan pemain yang peringkatnya lebih tinggi darinya, peringkat ke-301 Alex Kuznetsov, meskipun kalah 6–2, 6–7(4), 4–6. Ia kemudian mencapai putaran kedua Nikaragua Futures 1. Musim 2008 diakhirinya dengan rekor menang–kalah 8–18 dan bermain di hampir semua turnamen Futures.

2009[sunting | sunting sumber]

Pospisil memulai tahun 2009 dengan kekalahan di putaran final kualifikasi AS F1 dan Meksiko F1. Kemudian ia mengalahkan rekan senegaranya Kirill Sinitsyn untuk masuk ke babak utama Meksiko F2, di mana ia dikalahkan di putaran kedua oleh sesama petenis Kanada, Adil Shamasdin. Setelah kalah di putaran pertama AS F4 dan F5, Pospisil kemudian melaju ke perempatfinal Kanada F2 dan semifinal Kanada F3. Hasil Kanada F2 juga termasuk mengalahkan petenis peringkat ke-359 dunia Nathan Thompson, dan salah satu dari pencapaiannya di F3 adalah mengalahkan peringkat ke-426 Vincent Millot. Ia mencapai peringkat tertinggi kariernya saat itu, ke-1038 pada tanggal 9 Maret.

Di kategori ganda, Vasek mencapai semifinal Meksiko F1, berpasangan dengan Jan Blecha di akhir Januari. Ia juga mencapai semifinal Kanada F3, pada bulan Maret, berpasangan dengan kompatriotnya Milos Raonic. Hasil terbaiknya tahun ini adalah mencapai putaran final AS F8, berpasangan dengan petenis asal Amerika Serikat, Ryan Young. Bermain dengan pasangannya Adil Shamasdin, ia kemudian mencapai semifinal Meksiko F3 pada akhir April. Kemudian mereka berdua memenangkan Meksiko F4 dan F5 sebagai unggulan teratas.

Pospisil kemudian juga melanjutkan pencapaian terbaiknya di tunggal pada bulan April dan Mei, mulai mencapai semifinal Kanada F3, perempatfinal Meksiko F3, semifinal Meksiko F4, perempatfinal Meksiko F5, dan semifinal Meksiko F6 (di permukaan tanah liat; di turnamen inilah ia mengalahkan unggulan teratas Chris Klingemann dengan skor 6–4, 6–0 di putaran kedua). Dan di sana pulalah, ia mendapatkan 5 poin ATP dan peringkatnya naik menjadi ke-837.

Pada bulan Juni, Pospisil mencoba peruntungannya di turnamen Košice Open – Steelers Cup. Di tunggal, ia kalah di putaran kedua kualifikasi dan di ganda, berpasangan dengan Kaes Van't Hof di putaran pertama babak utama. Minggu berikutnya, Pospisil sukses masuk ke babak utama Polska Energia Open, tetapi kalah di putaran pertama melawan peringkat ke-454 Guillaume Rufin. Hasil ini memberikannya 3 poin ATP, tetapi di Mamaia Challenger, Pospisil kalah di putaran final kualifikasi.

Sebulan kemudian, ketika peringkat tunggalnya terus meningkat, dan terus menjadi peringkat terbaiknya, Pospisil kalah di putaran kedua AS F16 kategori tunggal. Di kategori ganda, berpasangan dengan Raonic, mereka mencapai semifinal, sebagai unggulan teratas. Minggu berikutnya, Pospisil berhasil mencapai final kategori tunggal AS F17 di Peoria, Illinois, dikalahkan oleh Michael Venus. Di kategori ganda, ia bersama Raonic, kembali sebagai unggulan teratas, keluar sebagai juara setelah mengalahkan Matt Reid dan Dennis Zivkovic di putaran final.

Setelah seminggu istirahat, Pospisil kalah di putaran pertama Granby Challenger sebagai penerima wildcard, dikalahkan oleh Michael Russell. Di ganda, ia dan Raonic kalah di perempatfinal. Minggu berikutnya, di kategori tunggal, ia kalah di putaran kedua kualifikasi pada turnamen Odlum Brown Vancouver Open, ke unggulan ke-7 yang masuk ke babak utama Tim Smyczek. Di ganda, Pospisil, berpasangan dengan Pierre-Ludovic Duclos, kalah di putaran pertama.

Pospisil kalah di putaran pertama kualifikasi Piala Rogers melawan unggulan kelima, Jan Hernych. Secara mengejutkan, ia, bersama Raonic, yang masuk babak utama ganda, memutuskan untuk tidak bermain di Montreal. Minggu berikutnya, Pospisil berhasil melaju ke babak perempatfinal Rumania F14 sebagai unggulan kedelapan. Pada kategori ganda, ia bersama Marius Copil, sebagai unggulan teratas, memenangkan kategori tersebut tanpa kehilangan satu set pun. Seminggu kemudian, di Rumania F15, Pospisil yang tidak diunggulkan kembali masuk ke perempatfinal, hanya saja tidak masuk semifinal karena dikalahkan petenis Rumania yang tidak diunggulkan. Di kategori ganda, ia dan Copil berhasil melaju ke babak final, tetapi sayangnya kalah 10–12 di set terakhir. Selama minggu pertama September, Pospisil kalah di putaran kedua kualifikasi Brașov Challenger.

Pospisil menghasilkan kejutan dengan mengalahkan unggulan ketiga Jan-Pablo Villar sebelum melaju ke babak semifinal Italia F28, di mana ia kalah melawan unggulan kedua Filip Prpic. Pada kategori ganda, bersama dengan Marcus Willis, mereka bertanding sebagai unggulan pertama, tetapi kalah di final. Dua minggu kemudian, Pospisil dalam kondisi yang prima berhasil menjuarai turnamen keduanya di Italia F30, tanpa kehilangan satu set pun dan tanpa tie-break. Ia merupakan unggulan ketujuh, dan di final ia mengalahkan unggulan kedua Matteo Viola, sehingga kemenangannya itu berhasil mengantarkan peringkatnya naik 203 posisi hanya dalam 3 minggu, yaitu peringkat ke-440. Minggu berikutnya, ia mencapai peringkat tertingginya yaitu ke-436. Peringkat gandanya juga naik, terbaiknya yaitu peringkat ke-195.

Setelah tidak bermain selama tiga minggu, Pospisil, sebagai unggulan kedua tunggal, memenangkan Meksiko F12, lagi, tanpa kehilangan satu set pun. Di kategori ganda, berpasangan dengan Nima Roshan dari Austria, mereka sebagai unggulan ketiga juga memenangkan turnamen itu. Minggu berikutnya, Vasek memenangkan Meksiko F14 sebagai unggulan ketiga dan bermain tenis terbaiknya, dengan mengalahkan unggulan keenam Daniel Garza di semifinal dan unggulan kelima César Ramírez di babak final. Ini merupakan gelar juara keempat berturut-turut Pospisil, dan ketiga tanpa kehilangan satu set pun. Di ganda, bersama dengan Ashwin Kumar, mereka yang merupakan unggulan teratas kalah di babak final. Di peringkat ATP, Vasek kembali memperlihatkan kemajuan, kali ini peringkatnya naik menjadi ke-389.

Dua minggu kemudian, Pospisil, sebagai unggulan teratas, kalah di putaran semifinal Meksiko F15. Kekalahan ini menghentikan rekor kemenangannya (23 kali menang berturut-turut). Pada peringkat, Pospisil lagi-lagi peringkatnya naik, kali ini ke-355. Setelah seminggu tidak bermain, Pospisil kembali bermain di Meksiko, kali ini di turnamen Challenger Britania Zavaleta. Tidak diunggulkan, ia kalah melawan Leonardo Tavares di putaran pertama. Di kategori ganda, ia bersama pasangan barunya, petenis Kanada peringkat ke-3 dan peringkat ke-220 ganda Adil Shamasdin, memenangkan kejuaraan tersebut. Vasek kemudian mencapai peringkat tertinggi kariernya, ke-340, dan, untuk pertama kalinya, menjadi petenis Kanada nomor 3.

Pospisil mengakhiri musim ini dengan mencapai peringkat ke-339 di tunggal dan ke-233 di ganda.

2010[sunting | sunting sumber]

Pospisil memulai musim 2010 dengan kekalahan di putaran pertama tunggal Challenger Salinas Diario Expreso. Di kategori ganda, bersama dengan Márcio Torres dari Brasil, mereka mencapai babak semifinal, di mana mereka kalah melawan si kembar Ratiwatana.

Pospisil juga kalah di putaran pertama kualifikasi Honolulu Challenger sebagai unggulan kedelapan melawan Brian Battistone dua set langsung. Ia tidak bermain di kategori ganda. Minggu selanjutnya, ia mencapai peringkat karier terbaiknya, ke-335, tetapi Pospisil kalah di putaran final kualifikasi Challenger of Dallas, dikalahkan Luka Gregorc. Sedangkan di kategori ganda, berpasangan dengan Shamasdin, dan tak diunggulkan, mereka kalah di putaran final babak utama, takluk di tangan Scott Lipsky dan David Martin.

Merupakan unggulan ketiga di turnamen Futures AS F5, Pospisil mengalahkan peserta kualifikasi asal Australia, Matheson Klein dua set langsung, peserta kualifikasi lainnya Gastão Elias dari Portugal di putaran kedua, mengalahkan pemain asal Amerika yang tak diunggulkan Blake Strode di perempatfinal, dan non-unggulan Nikoloz Basilashvili di semifinal. Pospisil takluk di final melawan Victor Estrella, tetapi ia tidak bermain di kategori ganda.

Hasil yang bagus di Amerika Serikat membuat peringkat Pospisil naik menjadi peringkat ke-312. Peringkat gandanya juga naik, ke-182, yang sama-sama merupakan peringkat tertinggi kariernya. Kemudian ia terpilih untuk mewakili tim Piala Davis Kanada saat harus bermain tandang melawan Kolombia, untuk pertandingan putaran pertama Grup Amerika I, tetapi, setelah latihan, posisinya malah digantikan oleh pemain baru Steven Diez. Minggu selanjutnya, sebagai unggulan teratas di turnamen Kanada F2 di Montreal, Pospisil dikalahkan oleh sesama pemain berusia 20 tahun, Jerôme Inzerillo. Ia, bersama pasangannya Milos Raonic, kalah di putaran kedua kategori ganda.

Pada akhir Maret, Pospisil kembali menjadi unggulan teratas di kategori tunggal dan ganda dengan Raonic, pada turnamen Kanada F3 di Sherbrooke. Ia hanya kehilangan satu set untuk memenangkan gelar ITF kelimanya, mengalahkan pasangan gandanya Raonic di babak final yang berlangsung selama tiga set. Di kategori ganda, bersama Raonic, ia kalah di putaran final melawan Cody Parr dan Todd Paul. Vasek takluk di tangan sesama pemain non-unggulan Nick Lindahl di Challenger Banque Nationale di Rimouski dalam tiga set. Di kategori ganda, ia dengan pasangannya Raonic memutuskan mundur. Minggu selanjutnya, Pospisil kalah di putaran kedua AS F8 di kategori tunggal dan ganda bersama Ashwin Kumar.

Pada minggu kedua April, Pospisil memenangkan kategori ganda Abierto Internacional del Bicentenario Leon 2010, berpasangan dengan Santiago González sebagai unggulan pertama. Hasil ini membuat peringkat gandanya naik menjadi ke-162. Ia kemudian kalah di putaran pertama tunggal kepada sesama pemain non-unggulan John Millman. Setelah tidak bermain selama satu minggu, Pospisil kalah di putaran pertama Tail Savannah Challenger 2010, dikalahkan oleh Greg Jones, dalam tiga set. Di ganda, bersama dengan Andreas Siljeström, sebagai unggulan ketiga, mereka kalah di putaran pertama.

Sebulan kemudian, Pospisil kembali kalah di putaran pertama Sarasota Open 2010, oleh unggulan ketiga Kevin Kim. Di kategori ganda, bersama dengan Daniel Garza, tidak diunggulkan, mereka juga kalah di putaran pertama. Pada minggu selanjutnya, ia kembali kalah di putaran pertama melawan sesama pemain non-unggulan Martin Slanar di Trofeo Paolo Corazzi, 1–6 di set ketiga. Ia tidak bermain ganda. Setelah seminggu tidak bermain, Pospisil kalah di putaran kedua kualifikasi AEGON Trophy 2010, 6–7 di set ketiga oleh Prakash Amritraj. Ia kembali tidak bermain di kategori ganda.

Pada bulan Juni, Pospisil kalah di putaran pertama kualifikasi Gerry Weber Open 2010, dikalahkan Niels Desein dua set langsung. Minggu selanjutnya, ia kalah melawan petenis Spanyol Pere Riba di putaran pertama ZRE Katowice Bytom Open. Di kategori ganda, bersama petenis asal Republik Ceko Jaroslav Pospíšil, ia kalah di babak perempatfinal. Setelah seminggu tidak bermain, Vasek berhasil mencapai semifinal kategori ganda AS F16, yang diadakan di Rochester, New York, bersama Greg Ouellette, dan putaran kedua kategori tunggal, meskipun di kedua kategori itu ia merupakan unggulan teratas. Di AS F17 di Pittsburgh, ia kembali kalah di putaran kedua melawan petenis berperingkat ke-1315, Rhyne Williams. Di kategori ganda, kembali bermain bersama Ouellette dan berstatus unggulan teratas, Vasek kalah di babak final melawan peserta non-unggulan.

Di awal Juli, pada turnamen AS F18 di Peoria, Illinois, dan kembali sebagai unggulan teratas, Pospisil kalah di perempatfinal kategori tunggal, dikalahkan unggulan keenam Dennis Zivkovic dalam tiga set. Ia tidak mengikuti kategori ganda. Minggu kemudian, ia kalah di putaran pertama Fifth Bank Tennis Champisonships 2010, oleh rekan senegaranya Milos Raonic. Di kategori ganda, bersama Cory Parr, mereka kalah di putaran pertama. Seminggu kemudian, Vasek kembali kalah di putaran pertama kategori tunggal pada turnamen Challenger Banque Nationale de Granby 2010, dikalahkan Takao Suzuki, sedangkan di kategori ganda, bersama dengan petenis Amerika kelahiran Kanada Jesse Levine, mereka berhasil mencapai semifinal. Seminggu kemudian, Vasek merupakan peserta wildcard di Odlum Brown Vancouver Open, turnamen yang diselenggarakan di kampung halamannya, di mana ia dikalahkan oleh Paul Capdeville. Bersama dengan sesama petenis dari British Columbia, Daniel Chu, mereka kalah di putaran pertama kategori ganda.

Pada bulan Agustus, Pospisil kalah di putaran pertama kualifikasi Rogers Cup 2010 oleh peserta yang kemudian masuk babak utama, Illya Marchenko. Ia kemudian bermain di babak utama kategori ganda sebagai wildcard, bersama Raonic. Bersama, mereka mengalahkan pasangan yang terdiri atas Rafael Nadal dan Novak Djokovic pada putaran pertama. Kemenangan ini membawa Pospisil ke peringkat terbaik kariernya di ganda, yaitu ke-153. Setelah dua minggu tidak bermain, ia, sebagai unggulan teratas dalam turnamen tersebut, memenangkan kategori tunggal di ITF Meksiko F6, mengalahkan unggulan kelima David Rice. Pospisil dan pasangannya, Nima Roshan, sebagai unggulan teratas, kalah di putaran final kategori ganda.

Kemudian Pospisil memenangkan kejuaraan keduanya berturut-turut, Meksiko F7, mengalahkan unggulan kedua Adam El Mihdawy di babak final, tetapi ia tidak bermain ganda. Seminggu kemudian, ia kalah melawan Tim Smyczek di USTA Challenger of Oklahoma 2010. Bermain ganda bersama pasangannya Pierre-Ludovic Duclos, sebagai unggulan kedua, mereka kalah di babak semifinal. Seminggu kemudian, sebagai unggulan teratas di Kanada F4 yang diadakan di Rexall Centre, Vasek kalah di putaran pertama. Di kategori ganda, bersama Frank Dancevic, mereka mencapai semifinal. Setelah itu, kembali menjadi unggulan teratas di Kanada F5 (di Markham, Ontario), Pospisil merupakan unggulan teratas dan berhasil memenangkan turnamen tersebut, mengalahkan unggulan pertama Nicholas Monroe di babak final. Gelar tersebut merupakan gelar juara kedelapannya di turnamen Futures. Di kategori ganda, bersama Daniel Chu yang merupakan unggulan ketiga, mereka kalah di babak perempatfinal.

Setelah seminggu tidak bermain, Pospisil berangkat ke Asia untuk berlomba di beberapa turnamen Challenger. Ia berhasil masuk ke babak utama di dua turnamen Challenger, yaitu Tashkent Challenger 2010, dan Samsung Securities Cup 2010, sama-sama mencapai putaran kedua. Di kategori ganda, bersama pasangannya Adil Shamasdin, mereka kalah di putaran pertama Tashkent tetapi masuk ke putaran final di Seoul. Peringkat Pospisil pun naik, dan mencapai peringkat terbaik kariernya, yaitu peringkat ke-270 di tunggal, dan ke-139 di ganda. Kemudian, setelah tidak bermain selama dua minggu, Pospisil bermain di putaran kualifikasi Bauer Watertechnology Cup 2010, tetapi kalah melawan Marius Copil. Di kategori ganda, bersama Shamasdin, mereka dikalahkan oleh unggulan ketiga, si kembar Ratiwatana, di putaran pertama babak utama.

Kemudian di Jerman, Pospisil dikalahkan unggulan teratas Dustin Brown yang sekarang bermain untuk Jerman, di putaran pertama Lambertz Open by STAWAG 2010. Ia tidak bermain ganda, dan turnamen tersebut merupakan turnamen terakhirnya pada tahun 2010. Musim ini ditutupnya dengan mencapai peringkat ke-339 di tunggal, dan ke-153 di ganda.

2011[sunting | sunting sumber]

Selama 6 bulan pertama pada tahun 2011, Pospisil mengalami musim yang bagus. Pada 4 Juli, ia mencapai peringkat karier tertingginya di kategori tunggal, ke-191, dan di ganda, ke-121. Ia kemudian memenangkan tiga turnamen Challenger di kategori ganda, dan dua turnamen Futures, termasuk satu di antaranya di kategori tunggal.

Pospisil memulai musim dengan konsentrasi di kategori tunggal dan mencapai perempatfinal di turnamen pertamanya, Honolulu Challenger 2011, dikalahkan oleh unggulan teratas Michael Russell. Setelah tidak berhasil memasuki babak utama Caloundra International 2011, ia kemudian mewakili Kanada di Piala Davis, menggantikan Daniel Nestor yang tengah cedera, untuk berpasangan dengan Milos Raonic untuk memenangkan pertandingan ganda saat mengalahkan Meksiko. Setelah penampilannya yang tidak memuaskan di Kanada F2 minggu selanjutnya, Pospisil kemudian melaju ke babak semifinal Men's Rimouski Challenger di kategori tunggal dan memenangkan kategori ganda, berpasangan dengan Treat Conrad Huey.

Dua minggu kemudian, Vasek berhasil memenangkan AS F8 bersama Nicholas Monroe, meskipun kalah di putaran pertama kategori tunggal. Dua minggu kemudian, pada bulan April, ia memenangkan gelar ganda ketiganya berturut-turut, di Tallahassee Tennis Challenger 2011 bersama Bobby Reynolds. Di kategori tunggal, ia berhasil memasuki babak utama dan mencapai putaran perempatfinal, kalah oleh Wayne Odesnik yang sedang mencapai puncak penampilannya. Setelah kembali tidak bermain selama satu minggu, Pospisil kalah tiga set melawan peserta yang kemudian menjadi juara turnamen, Reynolds, di babak semifinal Toreno Internacional AGT 2011. Di putaran ganda, bersama dengan Monroe, mereka berhasil memasuki putaran semifinal.

Pospisil menghabiskan bulan Mei di Korea, mencapai perempatfinal di Busan Open Challenger Tennis 2011 di kategori tunggal dan semifinal di kategori ganda, berpasangan dengan Jamie Baker. Seminggu kemudian, sebagai unggulan teratas, ia kalah di babak semifinal Korea F1. Dengan kondisi yang sama seminggu berikutnya, ia memenangkan gelar juara ITF Futures kesembilannya di Korea F2.

Mencoba untuk melaju ke babak utama turnamen Grand Slam untuk pertama kalinya, Pospisil kalah di putaran kedua kualifikasi Kejuaraan Wimbledon. Seminggu kemudian, ia berhasil melaju ke babak perempatfinal kategori tunggal Jalisco Open 2011, ketika di kategori ganda, berpasangan dengan Reynolds, sebagai unggulan kedua, mereka berhasil merengkuh gelar juara. Kemudian, ia kembali berhadapan dengan Reynolds dan kalah tiga set di putaran kedua Nielsen Pro Tennis Championships 2011.

Akhir pekan kemudian, Pospisil merupakan salah satu saksi keberhasilan tim Piala Davis Kanada berhasil bangkit dari kekalahan dua babak untuk memenangkan pertandingan Piala Davis, untuk pertama kalinya. Kemenangan tersebut membawa negaranya bisa berhadapan dengan Israel, pada bulan September, untuk bertanding dalam Pertandingan Penentuan Grup Dunia. Karena dua pemain, Milos Raonic dan Frank Dancevic sedang dibekap cedera, maka Pospisil harus bermain di babak tunggal dan ganda. Ia kalah di babak pertamanya (kategori tunggal) dalam empat set, oleh Iván Endara. Karena rekannya Philip Bester juga kalah, maka Pospisil, bersama pemain veteran di kategori ganda Daniel Nestor harus memenangkan kategori ganda agar pertandingan tetap berlangsung, dan mereka menang dengan pertarungan ketat selama tiga set. Merasa termotivasi oleh kemenangan ini, Pospisil terlihat seperti pemain baru yang mengalahkan Júlio César Campozano. Bester kemudian memenangkan pertandingan menentukan tiga set langsung.

Kemudian, Pospisil mengikuti Challenger Banque Nationale de Granby 2011, dan berhasil mencapai perempatfinal, mengalahkan rekan senegaranya Zachary White dan Steven Diez terlebih dahulu sebelum mengundurkan diri saat melawan unggulan keempat Karol Beck karena cedera engkel. Tidak bermain selama beberapa minggu, Pospisil kemudian kembali bermain dan berhasil memenangkan gelar turnamen ITF kesepuluhnya di Saskatoon tanpa kehilangan satu set pun. Seminggu kemudian, ia berhasil mencapai semifinal Odlum Brown Vancouver Open 2011 di kategori tunggal, sebagai unggulan keenam, dan bersama Bobby Reynolds di kategori ganda.

Pospisil mengejutkan petenis peringkat ke-22 Juan Ignacio Chela di putaran pertama Rogers Cup 2011, tetapi kalah di putaran kedua melawan unggulan ketiga Roger Federer. Di kategori ganda, bersama dengan Adil Shamasdin, mereka kalah di putaran pertama.

2012[sunting | sunting sumber]

Vasek melaju ke babak utama Aircel Chennai Open dan kalah di putaran pertama babak utama melawan Andreas Beck. Ia kemudian mencapai putaran kedua kualifikasi, dikalahkan petenis asal Australia Carsten Ball. Pospisil memenangkan gelar pertamanya di turnamen Challenger ATP pada tanggal 25 Maret, mengalahkan Maxime Authom. Pasca-kemenangan itu, Vasek berhasil menembus peringkat 100 besar ATP. Gelar Challenger keduanya, yang direngkuh di Granby, Kanada, menyusul pada bulan Juli, membuat peringkatnya naik menjadi ke-85. Di Olimpiade London, ia dikalahkan David Ferrer di putaran pertama tunggal, dan melaju ke putaran kedua ganda, berpasangan dengan Daniel Nestor.

2013[sunting | sunting sumber]

Pospisil terpaksa tidak mengikuti semua turnamen pada awal tahun, termasuk Australia Terbuka, karena menderita mononukleosis..[1] Setelah sembuh, ia berkontribusi terhadap tim Piala Davis Kanada karena sukses memenangi babak ganda bersama Daniel Nestor melawan Italia pada bulan April. Sebulan kemudian, ia memenangkan gelar Challenger ketiganya, setelah Michał Przysiężny memutuskan untuk berhenti di set ketiga Johannesburg. Pospisil mencapai semifinal turnamen ATP pertamanya di Claro Open Colombia di Bogotá, setelah dikalahkan petenis tuan rumah Alejandro Falla.[2] Pada awal Agustus, Pospisil memenangkan gelar Challenger keduanya tahun ini di Odlum Brown Vancouver Open, setelah mengalahkan Daniel Evans.[3]

Ia mengikuti Rogers Cup di Montréal sebagai wildcard. Di putaran pertama melawan John Isner, ia kalah di set pertama 5–7, kemudian memenangkan dua tie-break untuk memenangkan pertandingan tersebut.[4] Kemudian, ia menang dua set langsung melawan Radek Stepanek, kemudian menang secara mengejutkan peringkat ke-6 Tomáš Berdych dengan skor 7–6(7–5) di set ketiga untuk melaju ke babak perempatfinal. Ini adalah kemenangan pertamanya melawan petenis berperingkat 10 besar. Di perempatfinal, setelah unggul 3–0 di set pertama, lawan Pospisil, Nikolay Davydenko, memutuskan untuk berhenti karena sakit, sehingga Pospisil melaju ke putaran semifinal. Di semifinal, ia dikalahkan kompatriotnya, Milos Raonic, dan untuk pertama kali dalam kariernya, ia masuk ke peringkat 40 besar.[5]

Di Cincinnati, ia mengalahkan Gilles Simon di putaran pertama, tetapi kalah melawan petenis Belgia David Goffin di putaran kedua. Pada AS Terbuka, ia kalah di putaran pertama melawan Rogerio Dutra Silva. Di kategori ganda, bersama dengan Daniel Nestor, mereka berhasil melaju ke putaran ketiga, di mana mereka dikalahkan oleh Bryan bersaudara.

Saat mewakili Kanada di Piala Davis melawan Serbia, ia kalah di kedua pertandingan tunggalnya melawan Novak Djokovic dan Janko Tipsarevic, tetapi memenangkan pertandingan gandanya, berpasangan dengan Daniel Nestor.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Berasal dari Vernon, British Columbia, Pospisil sekarang tinggal di Vancouver untuk berlatih. Orangtuanya bernama Milos dan Mila, yang sama-sama memiliki keturunan Ceko. Ia memiliki dua kakak laki-laki, yang bernama Tom (yang menjadi pemrogram komputer), dan Petr, yang mengajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Kitsilano di Vancouver. Permukaan favoritnya adalah permukaan keras, pukulan favoritnya adalah pukulan forehand, dan turnamen favoritnya adalah AS Terbuka.[6] Idolanya saat masih remaja adalah Pat Rafter dan Roger Federer, memiliki hobi mendengarkan musik dan jalan-jalan bersama teman-teman, dan mendukung tim olahraga Vancouver Canucks dan Montreal Canadiens.[6] Ia juga menyatakan bahwa jika tidak bermain tenis, ia akan menjadi pemain sepak bola.[6]

Final Challenger ATP dan Tur ITF[sunting | sunting sumber]

Tunggal: 17 (14 juara, 3 juara II)[sunting | sunting sumber]

Keterangan
Tur Challenger ATP (4–1)
ITF Futures (10–2)
Hasil akhir No. Tanggal Turnamen Permukaan Lawan Skor
Juara kedua 1. 13 Juli 2009 AS F17, Peoria Tanah liat Bendera Amerika Serikat Michael Venus 7–6(7–4), 4–6, 4–6
Juara 1. 26 September 2009 Italia F29, Alghero Keras Bendera Italia Francesco Piccari 6–3, 6–7(5–7), 6–3
Juara 2. 3 Oktober 2009 Italia F30, Quartu Sant'Elena Keras Bendera Italia Matteo Viola 6–1, 6–2
Juara 3. 1 November 2009 Meksiko F12, Obregón Keras Bendera Meksiko Daniel Garza 7–6(7–0), 6–3
Juara 4. 8 November 2009 Meksiko F14, Guadalajara Tanah liat Bendera Meksiko César Ramírez 6–2, 6–2
Juara kedua 2. 22 Februari 2010 AS F5, Brownsville Keras Bendera Republik Dominika Víctor Estrella 4–6, 3–6
Juara 5. 21 Maret 2010 Kanada F3, Sherbrooke Keras (dr) Bendera Kanada Milos Raonic 6–4, 4–6, 6–3
Juara 6. 5 September 2010 Meksiko F6, León Keras Bendera Britania Raya David Rice 6–1, 6–2
Juara 7. 12 September 2010 Meksiko F7, Guadalajara Keras Bendera Amerika Serikat Adam El Mihdawy 6–0, 6–1
Juara 8. 3 Oktober 2010 Kanada F5, Markham Keras (dr) Bendera Amerika Serikat Nicholas Monroe 6–3, 6–2
Juara 9. 29 Mei 2011 Korea F2, Changwon Keras Bendera Korea Selatan Lim Yong-Kyu 7–5, 6–4
Juara 10. 31 Juli 2011 Kanada F4, Saskatoon Keras Bendera Kanada Érik Chvojka 7–5, 6–2
Juara 11. 25 Maret 2012 Rimouski, Kanada Keras (dr) Bendera Belgia Maxime Authom 7–6(8–6), 6–4
Juara 12. 22 Juli 2012 Granby, Kanada Keras Bendera Belanda Igor Sijsling 7–6(7–2), 6–4
Juara kedua 3. 18 Maret 2013 Rimouski, Kanada Keras (dr) Bendera Afrika Selatan Rik de Voest 6–7(6–8), 4–6
Juara 13. 4 Mei 2013 Johannesburg, Afrika Selatan Keras Bendera Polandia Michał Przysiężny 6–7(7–9), 6–0, 4–1 berhenti
Juara 14. 4 Agustus 2013 Vancouver, Kanada Keras Bendera Britania Raya Daniel Evans 6–0, 1–6, 7–5

Ganda: 17 (17 juara)[sunting | sunting sumber]

Keterangan
Tur Challenger ATP (7)
ITF Futures (10)
No. Tanggal Turnamen Permukaan Pasangan Lawan Skor
1. 25 Maret 2007 Kanada F3, Rock Forest Keras (dr) Bendera Kanada Érik Chvojka Bendera Austria Christophe Palmanshofer
Bendera Amerika Serikat Jason Zimmermann
7–5, 6–3
2. 12 Oktober 2008 Jerman F22, Leimen Keras (dr) Bendera Ceko Michal Navrátil Bendera Jerman Nils Langer
Bendera Jerman Frank Wintermantel
6–3, 6–4
3. 9 November 2008 Rimouski, Kanada Keras (dr) Bendera Kanada Milos Raonic Bendera Denmark Kristian Pless
Bendera Swedia Michael Ryderstedt
5–7, 6–4, [10–6]
4. 23 November 2008 Nikaragua F1, Managua Keras Bendera Ceko Jiří Krkoška Bendera Rumania Alexandru Cojanu
Bendera Latvia Deniss Pavlovs
7–6(7–1), 6–3
5. 10 Mei 2009 Meksiko F4, Coatzacoalcos Keras Bendera Kanada Adil Shamasdin Bendera Australia Kaden Hensel
Bendera Australia Adam Hubble
6–3, 6–4
6. 17 Mei 2009 Mexico F5, Puerto Vallarta Keras Bendera Kanada Adil Shamasdin Bendera Meksiko Juan Manuel Elizondo
Bendera Meksiko César Ramírez
6–1, 2–6, [10–7]
7. 19 Juli 2009 AS F17, Peoria Tanah liat Bendera Kanada Milos Raonic Bendera Australia Matt Reid
Bendera Amerika Serikat Denis Zivkovic
6–3, 6–4
8. 23 Agustus 2009 Rumania F14, Arad Tanah liat Bendera Rumania Marius Copil Bendera Rumania Andrei Mlendea
Bendera Ceko Jiří Školoudík
6–3, 6–4
9. 20 September 2009 Italia F28, Porto Torres Keras Bendera Britania Raya Marcus Willis Bendera Italia Alessandro Giannessi
Bendera Italia Francesco Piccari
4–6, 6–3, [10–8]
10. 31 Oktober, 2009 Meksiko F12, Obregón Keras Bendera Australia Nima Roshan Bendera Swiss Adrien Bossel
Bendera Belgia Julien Dubail
6–7, 6–3, [11–9]
11. 29 November 2009 Puebla, Meksiko Keras Bendera Kanada Adil Shamasdin Bendera Spanyol Guillermo Olaso
Bendera Spanyol Pere Riba
7–6(7–0), 6–0
12. 18 April 2010 León, Meksiko Keras Bendera Meksiko Santiago González Bendera Australia Kaden Hensel
Bendera Australia Adam Hubble
3–6, 6–3, [10–8]
13. 20 Maret 2011 Rimouski, Kanada Keras (dr) Bendera Filipina Treat Conrad Huey Bendera Britania Raya David Rice
Bendera Britania Raya Sean Thornley
6–0, 6–1
14. 28 Maret 2011 AS F8, Oklahoma Keras Bendera Amerika Serikat Nicholas Monroe Bendera Australia Carsten Ball
Bendera Australia Chris Guccione
6–4, 6–3
15. 4 April, 2011 Tallahassee, Amerika Serikat Keras Bendera Amerika Serikat Bobby Reynolds Bendera Jepang Go Soeda
Bendera Britania Raya James Ward
6–2, 6–4
16. 26 Juni 2011 Guadalajara, Meksiko Keras Bendera Amerika Serikat Bobby Reynolds Bendera Kanada Pierre-Ludovic Duclos
Bendera Slowakia Ivo Klec
6–4, 6–7(6–8), [10–6]
17. 21 Juli 2012 Granby, Kanada Keras Bendera Kanada Philip Bester Bendera Jepang Yuichi Ito
Bendera Jepang Takuto Niki
6–1, 6–2

Garis waktu penampilan tunggal[sunting | sunting sumber]

Kunci
M  F  SF PF P# PG #K A P Z# PP SF-Pr F NMS

Menang turnamen, atau mencapai babak Final, Semifinal, Perempatfinal, Putaran 4, 3, 2, 1, bermain di Penyisihan Grup atau kalah di Putaran ke-3, 2, 1 kualifikasi. Absen dari turnamen atau berpartisipasi di turnamen beregu, bermain di Piala Davis Grup Zona (dengan tanda angka) atau Pertandingan Penentuan, meraih medali perak atau perunggu di Olimpiade. Yang terakhir untuk turnamen Masters Series/1000 yang turun kelas (bukan Masters Series).


Tabel ini hanya sampai BNP Paribas Masters 2013.

Tournament 2008 2009 2010 2011 2012 2013 2014 SR M–K Menang %
Turnamen Grand Slam
Australia Terbuka A A A A K2 A 0 / 0 0–0 0%
Perancis Terbuka A A A A P1 P1 0 / 2 0–2 0%
Wimbledon A A A K2 P1 P2 0 / 2 1–2 33%
AS Terbuka A A A P2 1K P1 0 / 2 1–2 33%
Menang–Kalah 0–0 0–0 0–0 1–1 0–2 1–3 0 / 6 2–6 25%
Olimpiade
Olimpiade Musim Panas A Tidak diadakan P1 TD 0 / 1 0–1 0%
Piala Davis – Tunggal
Grup I Zona Amerika P2 A A P2 A A A 0 / 2 1–2 33%
Grup Dunia A A A PP P1 SF P1 0 / 2 3–5 38%
Menang–Kalah 0–1 0–0 0–0 3–1 1–2 0–3 0 / 4 4–7 36%
ATP World Tour Masters 1000
Indian Wells A A A A P1 P1 0 / 2 0–2 0%
Miami A A A A A A 0 / 0 0–0 0%
Monte Carlo A A A A A A 0 / 0 0–0 0%
Roma A A A A K1 K2 0 / 0 0–0 0%
Madrid A A A A K1 A 0 / 0 0–0 0%
Kanada K1 K1 K1 P2 P2 SF 0 / 3 6–3 67%
Cincinnati A A A A K1 P2 0 / 1 1–1 50%
Shanghai A A A A A P2 0 / 1 1–1 50%
Paris A A A A A P1 0 / 1 0–1 0%
Menang–Kalah 0–0 0–0 0–0 1–1 1–2 6–5 0 / 8 8–8 50%
Statistik karier
Turnamen yang Diikuti 1 0 0 6 15 17 39
Juara–Final 0–0 0–0 0–0 0–0 0–0 0–0 0 / 0 0–0 0%
Keras Menang–Kalah 0–1 0–0 0–0 5–4 5–9 15–13 0 / 28 25–27 48%
Rumput Menang–Kalah 0–0 0–0 0–0 0–0 0–5 2–2 0 / 7 2–7 22%
Tanah Liat Menang–Kalah 0–0 0–0 0–0 1–1 0–1 0–3 0 / 4 1–5 17%
Total Menang–Kalah 0–1 0–0 0–0 6–5 5–15 17–18 0 / 39 28–39 42%
Menang % 0% 0% 0% 55% 25% 49% 41.79%
Peringkat Akhir Tahun 1087 339 339 119 125 32 $982,932

Garis waktu penampilan ganda[sunting | sunting sumber]

Turnamen 2013 2014 M–K
Turnamen Grand Slam
Australia Terbuka A 0–0
Perancis Terbuka A 0–0
Wimbledon P3 2–1
AS Terbuka P3 2–1
Menang–Kalah 4–2 4–2

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tennis player Vasek Pospisil battling mononucleosis". Toronto Sun. January 9, 2013. Diakses tanggal 2013–01–23.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)
  2. ^ "Karlovic rallies, will face Falla in Bogota final". The Province. Diakses tanggal 2013-07-20. 
  3. ^ "Men's singles finals". VanOpen.com. Diakses tanggal 2013-08-04. 
  4. ^ "Pospisil stuns Isner; Raonic leads five Canadians into R2". ATPWorldTour.com. Diakses tanggal 2013-08-06. 
  5. ^ "Milos Raonic defeats Vasek Pospisil to advance to Rogers Cup final". The Globe and Mail. Diakses tanggal 2013-08-10. 
  6. ^ a b c "Vasek Pospisil". atpworldtour.com. Diakses tanggal 2013-12-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]