Lompat ke isi

Pengguna:Juliandane

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
idPengguna ini merupakan penutur ibu bahasa Indonesia.
en-3This user is able to contribute with an advanced level of English.
 
Pengguna ini berminat pada ilmu matematika dan bisa diajak berdiskusi tentang itu.
Pengguna ini menyukai aljabar

Julian Dane (nama samaran) adalah seorang warga negara Indonesia yang memiliki kesukaan yang cukup kuat terhadap matematika. Ia adalah lulusan S2 Matematika, mendalami teori bilangan. Kini, ia merupakan mahasiswa S3 matematika di bidang yang sama. Tujuannya membuat akun ini adalah menyunting artikel matematika dalam bahasa Indonesia yang sudah ada dan menerjemahkan konten matematika wikipedia dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Sayangnya, belakangan ini, ia belum bisa berkontribusi banyak di Wikipedia Indonesia, karena terlalu sibuk belajar.

Projek terjemahan (rencana)[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar artikel Wikipedia bahasa Indonesia yang ia ingin perbaiki ke depannya:

  1. Fungsi zeta Riemann.
  2. Bentuk modular.

Walaupund demikian, ia merasa ini hanyalah angan-angan yang mustahil di tengah kesibukannya.

Projek terjemahan (sudah selesai)[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar artikel Wikipedia bahasa Indonesia yang sudah ia pernah bantu tambahkan/perbaiki:

  1. Nilai absolut. Memperbaiki penggunaan bahasa-bahasa yang canggung. Menambahkan bagian perumuman nilai absolut untuk lapangan, ruang vektor, dan aljabar komposisi.
  2. Barisan eksak. Memperbaiki penggunaan bahasa-bahasa yang canggung dan mengganti istilah-istilah tidak sesuai dengan istilah yang biasa dipakai. Menambahkan bagian "Sifat barisan eksak" dan "Aplikasi barisan eksak". Hal yang tidak ia lakukan: menambahkan terjemahan penggunaan barisan eksak dalam konteks geometri diferensial.
  3. Teorema dasar aljabar. Mempermulus bahasa yang digunakan di bagian terjemahan (termasuk di bagian sejarah yang tadinya tidak ingin ia sentuh), menambahkan terjemahan berbagai variasi bukti dengan metode analisis kompleks, metode topologi, dan metode aljabar, menambahkan terjemahan bagian "Pernyataan ekuivalen", "Akibat", dan "Batas modulus dari akar-akar polinomial". Hal yang tidak ia lakukan: menambahkan bukti teorema dasar aljabar dengan analisis real dan bukti teorema dasar aljabar dengan geometri.
  4. Ruang singgung Zariski.
  5. Homomorfisme aljabar

Preferensi gaya penulisan[sunting | sunting sumber]

Dalam sebagian besar kasus, ia berusaha untuk mengikuti dua panduan ini.

Wikipedia:Panduan dalam menerjemahkan artikel/Matematika

Wikipedia:Pedoman gaya/Matematika

Namun, untuk simbol-simbol matematika, ia sepertinya akan condong untuk selalu menggunakan LaTeX.

Keresahan dan latar belakang[sunting | sunting sumber]

Keresahan pertama Julian Dane adalah jarangnya bahasan topik matematika tingkat universitas dalam bahasa Indonesia secara mendalam di dunia maya Indonesia, termasuk Wikipedia bahasa Indonesia!

Saat dia kuliah S1, dia selalu tepok jidat ketika melihat teman dia mencari istilah matematika (biasanya istilah-istilah yang dipelajari saat kuliah) dalam bahasa Indonesia di mesin pencari.

"Cuyy, kok lu carinya pakai bahasa Indonesia sih? Pakai bahasa Inggrislah. Bahasa Indonesia kalau ada hasilnyapun pasti gak lengkap jir."

Begitulah kata-kata Julian Dane setiap melihat temannya mencari istilah-istilah seperti, "fungsi kontinu", "barisan kontraktif", dan berbagai macam istilah teknis matematika lain. Dulu ia mengatakan itu secara biasa saja. ia tahu bahwa fakta miskinnya topik matematika di dunia maya Indonesia adalah hal yang buruk, tetapi dia menganggap itu normal dan di luar kontrol seorang mahasiswa S1 yang polos seperti dia. Mungkin yang membuat dia dulu menormalkan ini adalah asumsi naifnya sendiri. Asumsi naif bahwa orang-orang di mana-mana mencari informasi matematika dalam bahasa Inggris, bukan bahasa ibu, apalagi bahasa Indonesia.

Beberapa tahun lewat, Julian Dane memulai S2 matematika dan dia mendapat banyak perspektif baru. Salah satunya adalah betapa salahnya asumsi pesimis yang dia pegang. Saat itu, dia dan temannya mengerjakan PR mata kuliah topologi aljabar. Kami sedang membahas satu soal mengenai botol Klein. Karena kami berdua kurang familiar dengan botol Klein saat itu, maka kami coba cari dulu mengenai botol Klein di mesin pencari. Julian Dane tentunya waktu itu mencari mengenai botol Klein dalam bahasa Inggris. Beberapa saat kemudian, teman dia memperlihatkan hasil pencariannya tentang botol Klein di Wikipedia dalam bahasa Jerman, lupa bahwa lawan bicaranya tidak bisa berbahasa Jerman. Julian Dane terperanjat saat itu, karena dia bingung mengapa temannya melakukan pencarian dalam bahasa Jerman. dia butuh beberapa saat untuk menyadari bahwa dia melakukan itu, karena dia terbiasa melakukan pencarian dalam bahasa ibunya. Pada titik inilah, dia mulai menyadari bahwa jarangnya topik matematika dalam bahasa Indonesia yang berseliweran di internet Indonesia adalah sesuatu yang tidak bisa dinormalkan dan harus diperbaiki.

Namun, di titik itu Julian Dane tidak langsung membuat akun Wikipedia ini, karena... dia tidak tahu jika dia bisa membuat akun ini! Dia baru belakangan ini (November, 2022) tahu bahwa menjadi kontributor di Wikipedia itu relatif mudah. Dia tadinya mengira ada semacam uji kredensial atau verifikasi identitas yang ribet dan tadinya dia kira hanya orang-orang tertentu saja yang akhirnya akan benar-benar diizinkan berkontribusi. Namun, ada satu artikel matematika Wikipedia bahasa Indonesia yang benar-benar membuat Julian Dane menghela napas ketika ia membacanya. Dan, ini membuat dia penasaran dengan kualitas-kualitas artikel matematika di Wikipedia seperti, teori kategori, teori Galois, aljabar komutatif yang kualitasnya masih jauh dari laman Wikipedia berbahasa Inggris atau bahkan belum ada. Hal ini membuatnya gregetan dan berusaha mencari tahu bagaimana caranya mengedit artikel di Wikipedia. Dan, beberapa saat kemudian, hadirlah akun ini... Andaikan dia tahu lebih awal, maka dia tentu akan memulai lebih awal. Dia rasa banyak orang (terutama yang memiliki kecakapan di dunia matematika) di luar sana yang sama seperti dia, miris dengan jumlah konten matematika dalam bahasa Indonesia yang ada, tetapi tidak tahu dapat berkontribusi melalui bentuk apa. Mereka, barangkali juga seperti dia tadinya, tidak tahu bahwa mereka bisa berkontribusi di Wikipedia dengan relatif mudah dan bahwa ini tidak hanya untuk orang-orang tertentu saja.

Kembali ke soal keresahan... Keresahan kedua dia adalah banyak terjemahan yang tidak pas, terutama artikel-artikel matematika di Wikipedia bahasa Inggris yang sepertinya diterjemakan kata per kata. Ini mengakibatkan artikel yang dibaca bersifat kaku dan terdengar canggung. Dugaan dia ada dua penyebab utama untuk hal ini. Pertama, kalimat berbahasa Inggris memiliki "struktur berpikir" yang berbeda dan lebih variatif daripada bahasa Indonesia. Untuk yang alasan pertama ini, dia mengalaminya sendiri. Kalimat-kalimat seperti "If ... admits a map .. such that ... holds, then ..." atau "Thus, the map f gives rise to ..." selalu membuat ia kebingungan ketika membuat terjemahan ke bahasa Indonesia. Ia sendiri terkadang ragu apakah ia berhasil menyampaikan maksud kalimat-kalimat ini dalam terjemahan kalimat bahasa Indonesia buatannya atau tidak. Kedua, topik yang diterjemahkan begitu sulit, sehingga sang penerjemah tidak berani menerjemahkan kalimat per kalimat (karena takut mengubah makna), dan hanya menerjemahkan kata per kata. Ini adalah hal yang sulit; karena sepertinya jumlah kontributor artikel matematika di Wikipedia bahasa Indonesia masih relatif sedikit dan menyuruh semuanya hanya menerjemahkan artikel dengan topik yang mereka benar-benar kuasai akan mengurangi secara signifikan pertambahan artikel matematika di laman Wikipedia bahasa Indonesia. Dia rasa lebih baik ada artikel seadanya dulu yang kemudian diperbaiki secara gotong-royong.

Selain artikel yang bersifat kaku dan canggung, ada perbedaan terminologi matematika yang digunakan di laman wikipedia Indonesia dan dengan yang biasa digunakan di universitas-universitas di Indonesia, terutama terminologi matematika yang biasanya hanya diajarkan di jurusan matematika. Sebagai contoh, dalam berbagai laman wikipedia, terkadang kata "bidang" digunakan untuk merujuk ke konsep "lapangan". Hal ini tidak terlalu bermasalah, apabila merujuk ke lapangan kompleks. Sebab, lapangan kompleks dan bidang kompleks adalah terminologi yang setidaknya sama-sama merujuk ke himpunan bilangan kompleks (namun "lapangan" lebih condong mengarah ke sifat aljabar, sedangkan "bidang" lebih condong mengarah ke sifat topologi dan analisis). Namun, tentu akan menimbulkan kebingungan jika digunakan di konteks yang salah, seperti "bidang berhingga" adalah terjemahan yang asing sedangkan "lapangan berhingga" adalah terjemahan yang pas. Untuk saat ini, memang hal ini tidak terlalu berdampak besar, karena biasanya hanya orang-orang di universitas (mahasiswa atau dosen) yang berkecimpung di matematika yang mencari informasi seperti ini dan kebanyakan dari mereka tidak pernah mencari informasi mengenai matematika dalam Wikipedia bahasa Indonesia. Namun, di sisi lain, dia tahu ada beberapa mahasiswa matematika yang barangkali tidak begitu bisa berbahasa Inggris, sehingga mereka hanya mengandalkan catatan dan diktat saja jika belajar. (Walaupun Julian Dane berpikir jika ada orang yang ingin serius mendalami matematika, kemampuan bahasa Inggris adalah hal yang amat teramat penting dan tidak bisa ditawar!) Memang sekilas tidak bermasalah, tetapi ia, yang sudah sering berseliweran mencari tahu tentang matematika dalam bahasa Inggris, tahu ada banyak informasi berharga yang sebenarnya mereka lewatkan dengan tidak mengecek situs-situs di internet yang berbahasa Inggris. Menerjemahkan artikel suatu topik matematika berbahasa Inggris di Wikipedia memang tidak memindahkan semua konten berbahasa Inggris tentang topik tersebut ke dalam bahasa Indonesia. Namun, paling tidak jarak antara konten matematika dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sedikit berkurang dan semua perubahan dimulai dari langkah kecil.

Ia juga percaya artikel matematika Wikipedia Indonesia merupakan hasil paling atas yang muncul ketika kita mencari tentang konsep matematika dalam bahasa Indonesia. Dengan demikian, dia memandang bahwa artikel matematika Wikipedia Indonesia dapat dikatakan sebagai cerminan kesan pertama tentang matematika di internet bagi orang Indonesia. Oleh karena itu, dia diam-diam berharap ke depannya artikel matematika Wikipedia Indonesia menimbulkan kesan yang lebih baik lagi untuk pembacanya, melalui bahasa yang lebih pas dan bahasan yang lebih mendalam dan matematis.

Karena itulah, Julian Dane membuat akun ini. Dia berharap bisa menambahkan konten-konten matematika tingkat kuliah yang jarang dibahas di dunia maya. Dia berharap supaya ke depannya tidak ada mahasiswa matematika seperti dia di masa lampau yang menormalkan krisis konten matematika yang berbobot ke Indonesia dan bisa nyaman mencari informasi tentang istilah matematikanya dalam bahasa Indonesia. Dia harap melalui artikel dengan bahasan yang lebih mendalam dan penggunaan bahasa yang lebih baik, orang-orang bisa mendapatkan kesan yang lebih baik tentang matematika dan bisa memahami mengapa dia begitu menikmati subjek ini. Dia tahu kapasitasnya terbatas, namun dia senang bahwa setidaknya ia bisa memberikan setitik cahaya di tengah kegelapan gulita ini. Dia yakin dari setitik cahaya itu mungkin ada satu atau dua orang yang memiliki pandangan yang sedikit lebih baik terhadap matematika dan itu membuat dia puas.

Namun, nampaknya jumlah kontributor artikel matematika di Wikipedia laman Indonesia masih terlalu sedikit dan tentu saja tambahan kontribusi kecil dari ia masih jauh dari cukup. Kita butuh lebih banyak orang lagi untuk memperbaiki konten matematika di Indonesia, termasuk orang-orang seperti Anda! Oleh karena itu, Julian Dane mengajak Anda sang pembaca untuk mencurahkan kontribusi Anda semampu Anda di Wikipedia. Dari tulisan ini, Anda harusnya sadar bahwa Anda tidak perlu menjadi pintar matematika untuk bisa memberikan kontribusi terhadap konten matematika di Wikipedia bahasa Indonesia. Yang Anda butuhkan hanyalah niat!

Filosofi hidup[sunting | sunting sumber]

  1. Julian Dane adalah orang yang idealis, sehingga ia menolak menormalkan sesuatu yang buruk. Bagi dia, menormalkan sesuatu yang buruk sama saja dengan mengabadikan sesuatu yang buruk tersebut dan membiarkannya tanpa perbaikan. Padahal, untuk menjadi lebih baik, kita semua perlu mengambil tindakan aktif, atau setidaknya itu yang ada di pikiran si Julian Dane. Dia berpendapat bahwa filosofi inilah yang harus kita ambil juga ketika kita membicarakan Indonesia dengan segala kekurangannya apabila kita ingin Indonesia menjadi negara maju. *Dia tidak mengeklaim bahwa pendapat ini orisinal pendapatnya. Dia yakin pandangan semacam ini sudah ada sejak lama, namun dia berpendapat bahwa ini adalah pandangan yang bagus dan harus diadopsi oleh kita semua.

Bak pasir[sunting | sunting sumber]