USS Intrepid (CV-11)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
USS Intrepid (CV-11) di Laut Filipina, November 1944
USS Intrepid (CV-11) di Laut Filipina, November 1944
Karier
Nama: Intrepid
Pembangun: Newport News Shipbuilding
Pasang lunas: 1 Desember 1941
Diluncurkan: 26 April 1943
Mulai berlayar: 16 Agustus 1943
Dipensiunkan: 22 Maret 1947
Berlayar kembali: 9 Februari 1952
Dipensiunkan: 9 April 1952
Berlayar kembali: 18 Juni 1954
Dipensiunkan: 15 Maret 1974
Reklasifikasi:
  • CVA-11 pada 1 Oktober 1952
  • CVS-11 pada 31 Maret 1962
Dicoret: 23 Februari 1982
Julukan: "Fighting I", "Dry I"
Status: Kapal museum di Intrepid Sea, Air & Space Museum di New York City.

USS Intrepid (CV/CVA/CVS-11), yang juga dikenal sebagai The Fighting "I", adalah salah satu dari 24 kapal induk kelas-Essex yang dibangun pada Perang Dunia II untuk Angkatan Laut Amerika Serikat. Kapal tersebut merupakan kapal Angkatan Laut AS keempat yang menyandang nama tersebut. Mulai berlayar pada Agustus 1943, Intrepid terlibat dalam beberapa kampanye di Operasi Teater Pasifik, yang paling terkenal Pertempuran Teluk Leyte. Dibergentikan tak lama setelah akhir perang, kapal tersebut dimodernisasi dan kembali berlayar pada awal 1950an sebagai kapal induk penyerang (CVA), dan kemudian menjadi kapal induk antisubmarinir (CVS). Dalam karier keduanya, kapal tersebut utamanya bertugas di Atlantik, tetapi juga terlibat dalam Perang Vietnam.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Desain[sunting | sunting sumber]

Desain kapal ini mengikuti desain standar yang ada saat itu, dengan "island" berada di sebelah kanan kapal dan dek penerbangan berada pada bagian selatan, memanjang dari haluan ke buritan. Total tiga elevator kayu dipakai pada dek penerbangan (satu di bagian ujung kiri dek dan dua di bagian tengah kiri dan belakang "island superstructure"). Elevator bagian kiri merupakan pioneer penggunaan desain Wasp dan selanjutnya desain ini dipakai pada semua kapal induk baru AS. Dua ketapel peluncuran berorientasi vertical berada pada haluan kapal (dan yang ketiga yang dianggap tidak berguna, ketapel peluncuran berorientasi horizontal, dihilangkan). Total pesawat yang dapat dibawa 90-100 tergantung tipenya. Sekitar 240.000 galon bahan bakar aviasi dapat dibawa bersamaan dengan persenjataan yang sangat banyak.

Persenjataan[sunting | sunting sumber]

Persenjataan kapal ini terdiri dari 8 meriam pertahanan diri 5 inci (4 berlaras tunggal dan 4 berlaras ganda), 8 meriam 40mm berlaras 4 dan tidak kurang dari 46 meriam berlaras tunggal (kemudian diperbanyak hingga 52 meriam). Secara keseluruhan, Kapal Induk kelas Essex dibuat dan terproteksi dengan sangat baik, mampu bertahan pada kerusakan berat dan dapat diperbaiki dalam waktu yang relative lebih singkat. Lapis bajanya cukup bagus di hampir semua bagiannya, mencapai ketebalan 4 inci. Dalam sejarahnya, kapal induk kelas-essex tidak ada yang hilang/hancur selama Perang Dunia II.

Superstruktur[sunting | sunting sumber]

Superstrukuturnya yang berada di bagian kanan kapal mengendalikan semua fungsi operasional. Superstruktur ini dipertahankan oleh delapan kanon anti-pesawat 40mm. Sebagai tambahan, superstruktur ini merupakan tempat bagi radar pencari dan radar pengarah kanon 5 inci. Sistem Propulsi pada kapal induk USS Interpid ini adalah 8 pendidih berbahan bakar minyak Babcock & Wilcox yang menjalankan 4 turbin uap Westinghouse yang memutar 4 proSENSOR dengan kekuatan 150.000 shp. Sekitar 6.161 ton bahan bakar dibawa untuk mesin dan kapal ini berawak sekitar 2.600 orang.

Masa dinas[sunting | sunting sumber]

Selama Pertempuran Teluk Leyte, pesawatnya membantu menenggelamkan Musashi dan Zuihou. Selama masa Invasi Okinawa, pesawatnya juga ikut membantu menenggelamkan Yahagi. Biarpun begitu, ia sering jadi bulan-bulanan karena ia sering mendapat serangan dari kamikaze sebanyak 4 kali.

Pasca perang[sunting | sunting sumber]

Ia menjadi kapal kedua yang dimuseumkan setelah Iowa. Ia pun menjadi pusat terapung di Intrepid Sea, Air & Space Museum pada tahun 1982, dan kemudian ditunjuk sebagai National Historic Landmark pada tahun 1986. Dia berpartisipasi dalam Program Luar Angkasa Amerika Serikat NASA, dimana ia bertugas membawa kapsul ruang angkasa Aurora 7 dalam misi Project Mercury dan sebagai kapal pemulihan untuk misi ruang angkasa Gemini.

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

Intrepid hadir dalam program Mega Movers buatan History Channel. Episode tersebut berjudul "Intrepid: On the Move", dan ditayangkan pada 5 Juli 2007.[1][2]

Kapal ini juga muncul dalam sejumlah film blockbuster, seperti Aftershock: Earthquake in New York, National Treasure dan I Am Legend.

Ia juga mengalami moefikasi dalam permainan video Kantai Collection.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "INTREPID: ON THE MOVE A MEGA MOVERS SHOW". Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 June 2007. 
  2. ^ "Episode: Intrepid: On the Move". Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 October 2007. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]