USS John C. Stennis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

John C. Stennis (CVN-74) adalah salah satu kapal perang terbesar di dunia milik Angkatan Laut Amerika Serikat.[1] Kapal ini dibangun di Newport News, Virginia dan diresmikan pada 11 November 1993.[1] John C. Stennis memiliki dua reaktor nuklir sebagai sumber listrik untuk mengoperasikan kapal seluas 2 hektar ini.[1] Pada tanggal 9 Desember 1995, kapal induk yang dibangun dengan dana 3,5 juta dolar tersebut mulai dioperasikan. Bobot kapal ini mencapai 97.000 ton dengan panjang 330 meter.[1] Pada 18 Januari 1997, untuk pertama kalinya dalam sejarah angkatan laut, sebuah pesawat F/A-18 E/F melakukan pendaratan di kapal induk John C. Stennis.[2]

Sebagai kapal perang, John C. Stennis memiliki peralatan pertahanan yang meliputi misil Sea Sparrow jarak pendek darat-ke-udara, Phalank Cose-in Weapons-sebuah (senapan 20 mm enam barel dengan kemampuan menembak sangat cepat), dan umpan elektronik untuk menghadapi misil serta torpedo.[1] Kecepatan maksimum kapal ini dapat mencapai lebih dari 30 knot.[1] Kapal John C. Stennis juga dimanfaatkan sebagai landasan pacu yang mampu menampung 80 pesawat udara, seperti F/A-18 Hornet, F-14 Tomcat, dan lain-lain.[1][3] Pesawat-pesawat John C. Stennis digunakan untuk melakukan blokade laut atau udara, melindungi dalam peperangan kelompok, dan membantu pertempuran darat.[3]

Untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar pesawat dan kapal pendamping, John C. Stennis mengangkut ± 3 juta galon bahan bakar.[1] Selain itu, kapal tersebut juga memiliki berbagai fasilitas pendukung reparasi, bagian perawatan pesawat, dan toko perbaikan barang elektronik. Jumlah awak kapal dan landas pacu John C. Stennis mencapai 6.200 orang.[1]

Misi John C. Stennis, dan sayap udara (CVW-9) adalah untuk melakukan operasi tempur udara berkelanjutan sementara yang lain dikerahkan. Sayap udara memulai terdiri dari delapan sampai sembilan skuadron. Pesawat adalah angkatan laut dan kelautan F/A-18 Hornet, EA-6B Prowler, MH-60R, MH-60S, dan E-2C Hawkeye.

Sayap pesawat dapat terlibat pesawat musuh, kapal selam, dan target darat, atau terbang ratusan mil dari kapal. Pesawat John C. Stennis digunakan untuk melakukan serangan, mendukung pertempuran darat, melindungi kelompok tempur atau pengiriman ramah lainnya, dan menerapkan blokade laut atau udara. Sayap udara menyediakan terlihat adanya untuk menunjukkan kekuatan Amerika dan menyelesaikan krisis. Kapal biasanya beroperasi sebagai pusat dari kelompok pembawa pertempuran yang diperintahkan oleh petugas bendera dan terdiri dari 4-6 kapal lainnya.

John C. Stennis memiliki dua reaktor nuklir memberinya daya tahan dan kecepatan tertinggi lebih dari 30 knot (56 km / jam, 34,5 mph). Empat katapel, dan empat mesin peralatan pengait memungkinkan dia untuk memulai dan memulihkan pesawat dengan cepat dan secara bersamaan. Kapal membawa sekitar 3 juta galon AS (11.000 m3) dari bahan bakar untuk pesawat dan pengawalan serta senjata yang cukup dan penyimpanan untuk operasi diperpanjang tanpa pengisian.

Untuk pertahanan selain pesawat, dan kapal yang menyertainya, John C. Stennis memiliki NATO RIM-7 Sea Sparrow dan Rolling Airframe Missile (RAM) sistem rudal permukaan-ke-udara, pertahanan rudal jelajah Phalanx Close-in Senjata Sistem, dan Sistem Warfare Elektronik AN / KKS-32.

Misi dan kemampuan[sunting | sunting sumber]

Misi John C. Stennis dan sayap udaranya (CVW-9) adalah untuk melakukan operasi udara tempur berkelanjutan saat dikerahkan ke depan. Sayap udara memulai terdiri dari delapan sampai sembilan skuadron. Pesawat yang dilampirkan adalah F/A-18 Hornet Angkatan Laut dan Korps Marinir, EA-18G Growler, MH-60R, MH-60S, dan E-2C Hawkeye.

Sayap udara dapat menyerang pesawat musuh, kapal selam, dan target darat, atau meletakkan ranjau ratusan mil dari kapal. Pesawat John C. Stennis digunakan untuk melakukan serangan, mendukung pertempuran darat, melindungi kelompok pertempuran atau pelayaran ramah lainnya, dan menerapkan blokade laut atau udara. Sayap udara memberikan kehadiran yang terlihat untuk menunjukkan kekuatan Amerika dan menyelesaikan dalam krisis. Kapal biasanya beroperasi sebagai pusat dari kelompok pertempuran kapal induk yang dikomandoi oleh seorang perwira bendera yang ditumpangi oleh John C. Stennis dan terdiri dari empat sampai enam kapal lainnya.

Dua reaktor nuklir John C. Stennis memberinya jangkauan dan daya tahan yang hampir tak terbatas dan kecepatan tertinggi lebih dari 30 knot (56 km/jam, 34,5 mph). Empat ketapel kapal dan empat mesin gir penangkap memungkinkannya untuk meluncurkan dan memulihkan pesawat dengan cepat dan bersamaan. Kapal tersebut membawa sekitar 3 juta galon AS (11.000 m3) bahan bakar untuk pesawat dan pengawalnya, serta senjata dan penyimpanan yang cukup untuk operasi yang diperpanjang tanpa pengisian ulang. John C. Stennis juga memiliki kemampuan perbaikan yang luas, termasuk Departemen Pemeliharaan Menengah Pesawat yang lengkap, bengkel elektronik mikro-miniatur, dan banyak bengkel kapal.

Untuk pertahanan, selain sayap udara dan kapal pendampingnya, John C. Stennis memiliki sistem rudal permukaan-ke-udara RIM-7 Sea Sparrow dan Rolling Airframe Missile (RAM), Phalanx Close-in Weapons System untuk pertahanan rudal jelajah. , dan Sistem Perang Elektronik AN/SLQ-32.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

USS John C. Stennis (CVN 74) bertenaga nuklir dikontrak pada 29 Maret 1988, dan lunasnya diletakkan pada 13 Maret 1991 di Newport News Shipbuilding, Newport News, Virginia.

Kapal dibaptis pada 11 November 1993, untuk menghormati Senator John Cornelius Stennis (D-Mississippi) yang bertugas di Senat 1947-1989. Putri dari senama kapal, Mrs Margaret Stennis-Womble, adalah sponsor kapal. John C. Stennis ditugaskan pada 9 Desember 1995 di Naval Station Norfolk, Virginia, dan dia melakukan sertifikasi dek penerbangan pada Januari 1996. Pendaratan pertama yang ditangkap adalah oleh VX-23 F-14B. Kapal tersebut melakukan banyak kualifikasi kapal induk dan latihan uap independen di lepas Pantai Timur selama dua tahun berikutnya. Termasuk di antara peristiwa ini adalah pendaratan kapal induk pertama F/A-18E/F Super Hornet pada 18 Januari 1997.

1998[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 26 Februari 1998 dengan dimulainya Carrier Air Wing Seven, John C. Stennis meninggalkan Norfolk untuk penempatan perdananya, transit di Terusan Suez pada 7 Maret dan tiba di Teluk Persia pada 11 Maret 1998. Kapal melakukan perjalanan 8.020 nmi (14.850 km; 9.230). mi) dalam 274 jam, kecepatan rata-rata 29,4 knot (54,4 km/jam; 33,8 mph) untuk membebaskan USS George Washington dalam menjalankan misi Operasi Southern Watch. John C. Stennis meninggalkan Teluk Persia pada 19 Juli 1998 menuju pelabuhan asal barunya di Naval Air Station North Island di San Diego, California, tiba pada 26 Agustus 1998. Pada Oktober 1998, ia memasuki periode pemeliharaan dan peningkatan enam bulan di Pulau Utara, kembali melaut pada April 1999. Selama masa pemeliharaan, deflektor ledakan jet runtuh, melukai dua pelaut dengan parah.

USS John C. Stennis (Kiri) dan Inggris kelas InvincibleHMS Illustrious (kanan) beroperasi bersama, April 1998.

1999[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 1999, kapal kandas di daerah dangkal yang berdekatan dengan cekungan balik di dekat Pulau Utara.[4] Lumpur menyumbat pipa masuk ke sistem kondensasi uap untuk pembangkit reaktor nuklir, menyebabkan dua reaktor nuklir pengangkut dimatikan (satu reaktor oleh kru, yang lain secara otomatis) selama 45 menit. Dia ditarik kembali ke dermaga untuk pemeliharaan dan observasi selama dua hari kedepan. Biaya pembersihan sekitar $2 juta.

2000[sunting | sunting sumber]

Pada 7 Januari 2000, John C. Stennis dikerahkan ke Teluk Persia untuk membebaskan USS John F. Kennedy dalam Operasi Southern Watch. Selama pengerahan, kapal melakukan kunjungan pelabuhan ke Korea Selatan, Hong Kong, Malaysia, Bahrain, Uni Emirat Arab, Australia, Tasmania dan Pearl Harbor, sebelum kembali ke San Diego pada 3 Juli 2000.

Setelah serangan 11 September, John C. Stennis melakukan misi Noble Eagle di lepas Pantai Barat AS. Pada tahun 2000 dan 2001, John C. Stennis adalah bagian dari Carrier Group 7.

2001[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 21 Mei 2001, kapal tersebut berfungsi sebagai "teater luar ruang terbesar dan termahal di dunia" untuk pemutaran perdana dunia film Disney Pearl Harbor. Lebih dari 2.000 orang menghadiri pemutaran perdana di kapal, yang memiliki tempat duduk tribun khusus dan salah satu layar film terbesar di dunia yang berkumpul di dek penerbangan.[5]

Pada 12 November 2001, dua bulan lebih awal dari yang dijadwalkan, kapal berangkat untuk pengerahan ketiganya ke wilayah tanggung jawab Armada Kelima AS dalam mendukung Operasi Enduring Freedom, kembali ke San Diego pada 28 Mei 2002. Dari Juni 2002 hingga Januari 2003, JCS menjalani Planned Incremental Availability (PIA) selama tujuh bulan.

2004[sunting | sunting sumber]

Dari tanggal 24 Mei hingga 1 November 2004, John C. Stennis melakukan penempatan besar keempat di luar negeri, berpartisipasi dalam Latihan Northern Edge 2004 di Teluk Alaska, Latihan Lingkar Pasifik (RimPac) di lepas pantai Hawaii, latihan dengan Kitty Hawk di lepas pantai Jepang dan niat baik kunjungan ke Jepang, Malaysia dan Australia Barat. Tak lama setelah kembali dari penempatan ke San Diego, JCS mengubah pelabuhan asalnya menjadi Naval Station Bremerton, Washington pada 19 Januari 2005. Setibanya di Bremerton, John C. Stennis menjalani docking planed incremental availability (DPIA) selama 11 bulan, pertama kali dia telah di-dry-docking sejak commissioning. Upgrade termasuk tiang baru. Struktur tiang baru adalah yang pertama dari jenisnya. Jenis paduan baja baru digunakan, membuatnya lebih kaku dan lebih tebal dari sebelumnya. Tiang baru juga lebih berat dan lebih tinggi, memungkinkannya menopang antena baru yang tidak dapat disangga oleh tiang lama. Peningkatan lainnya termasuk pemasangan sistem jembatan terintegrasi baru di rumah percontohan yang akan menghemat tenaga kerja dan menyediakan tampilan canggih.[6][7][8][9]

Setelah siklus pemeliharaan dan latihan pra-penempatan, kapal induk kembali ke Bremerton, Washington, dan kapal induk telah disertifikasi siap gelombang, yang berarti kapal mempertahankan kondisi kesiapan yang tinggi jika terjadi penyebaran yang tidak terjadwal.[10]

2007[sunting | sunting sumber]

Pada 20 Januari 2007, kapal induk dan kelompoknya berlayar ke Teluk Persia sebagai bagian dari peningkatan kehadiran militer AS. John C. Stennis tiba di daerah itu pada 19 Februari 2007, bergabung dengan USS Dwight D. Eisenhower di wilayah operasi Armada Kelima Amerika Serikat.[11] Ini menandai pertama kalinya sejak 2003 bahwa ada dua kelompok tempur kapal induk di wilayah tersebut secara bersamaan.

Pada tanggal 23 Mei 2007, John C. Stennis, bersama dengan delapan kapal perang lainnya termasuk kapal induk Nimitz dan kapal serbu amfibi Bonhomme Richard, melewati Selat Hormuz. Pejabat Angkatan Laut AS mengatakan itu adalah langkah terbesar sejak 2003.[12]

Pada tanggal 31 Agustus 2007 John C. Stennis kembali ke Bremerton.

USS John C. Stennis tiba di Bremerton pada 31 Agustus 2007.

2009[sunting | sunting sumber]

John C. Stennis meninggalkan Bremerton untuk penempatan selama 6 bulan ke Pasifik barat pada 13 Januari 2009. Pada 24 April, kapal tiba di Singapura. Pada hari yang sama, salah satu pelaut kapal itu hancur dan terbunuh saat bekerja dari kapal pelabuhan kecil untuk mengamankan saluran pembuangan yang mengeluarkan air berminyak dari ketapel pesawat.[13]

Pada tanggal 29 April, perwira eksekutif kapal, Komandan David L. Burnham, dibebaskan oleh Laksamana Muda Mark A. Vance atas perilaku pribadi yang tidak ditentukan. Burnham dipindahkan ke pangkalan di San Diego, menunggu penyelidikan.[14]

Setelah berpartisipasi dalam latihan dengan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang dan Republik Korea, serta latihan bersama Northern Edge 2009, John C. Stennis kembali dari penempatan pada awal Juli 2009. Carrier Air Wing 9 berangkat pada 6 Juli di NAS North Island,[15] sebelum kedatangan kapal di homeport Bremerton pada 10 Juli.[16]

2011[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 30 Maret 2011, sebuah VMFAT-101 F/A-18C Hornet mengalami kegagalan mesin yang tidak terkendali, meledak dan terbakar tepat sebelum diluncurkan dari John C. Stennis sekitar 100 mil (160 km) di lepas pantai San Diego selama peluncuran dan operasi pelatihan pemulihan. Pesawat dalam kondisi penuh tenaga, dalam ketegangan di ketapel saat kecelakaan itu terjadi. Sebelas awak dek penerbangan terluka sementara pilot tidak terluka. Tidak ada kerusakan besar pada kapal induk tetapi pesawat mengalami kerugian total.[17]

Pada tanggal 18 Desember 2011, misi komando-dan-kontrol terakhir untuk pasukan AS di Irak diterbangkan oleh E-2C Hawkeye (foto) dari Skuadron Peringatan Dini Lintas Udara Carrier 112 (VAW-112), melontarkan dari kapal induk John C. Stennis pada 07:32 dan kembali pada 11:04, keduanya waktu setempat. Misi ini secara efektif mengakhiri dukungan angkatan laut AS untuk Operasi Fajar Baru.[18]

Penerbangan terakhir di atas Irak (18 Desember 2011)

2012[sunting | sunting sumber]

Pada 3 Januari 2012, Jenderal Iran Ataollah Salehi memperingatkan John C. Stennis "untuk tidak kembali ke Teluk Persia."[19] Amerika Serikat menolak peringatan tersebut.[20]

Pada 7 Januari, John C. Stennis memimpin penyelamatan kapal penangkap ikan berbendera Iran, Al Mulahi, setelah disita oleh perompak. Para perompak menyergap kapal dan bendera Iran untuk mencari kapal lain untuk dibajak, sambil menyandera kru asli. Ketika beberapa perompak mencoba menaiki kapal kargo berbendera Bahama, Sunshine, dia meminta bantuan melalui radio. John C. Stennis mengirim helikopter dan kapal penjelajah untuk membantu. Sebuah rombongan asrama menangkap para perompak yang menyerang Sunshine, memberi mereka makan, lalu membebaskan mereka untuk sementara. Sebuah helikopter kemudian diam-diam mengikuti para perompak kembali ke kapal induk mereka, Al Mulahi. Awak kapal perusak USS Kidd kemudian naik ke kapal penangkap ikan (atas izin dalam bahasa Urdu dari kapten), dan menangkap semua perompak tanpa korban.[21]

Pada tanggal 2 Maret 2012, John C. Stennis pulang dari penempatan selama 7 bulan ke homeport Bremerton, Washington.

Pada tanggal 7 Juli 2012, anggota kru diberitahu bahwa John C. Stennis akan kembali ke Timur Tengah pada bulan Agustus, lebih cepat dari yang diharapkan.[22][23]

Pada tanggal 27 Agustus 2012, John C. Stennis berangkat ke Timur Tengah awalnya selama enam bulan, tetapi diperpanjang menjadi delapan bulan.[24]

2013[sunting | sunting sumber]

Pada 1 April 2013, kapal tiba di Pangkalan Angkatan Laut Changi di Singapura. Siswa ITE lokal diundang untuk tur berpemandu di dalam kapal induk.[25]

Setelah itu kapal berlayar ke Pearl Harbor, di mana dia melakukan pelayaran harimau selama seminggu[perlu klarifikasi] ke San Diego [26]

Pukul 12:45 tanggal 3 Mei 2013, John C. Stennis tiba di pelabuhan asalnya Naval Base Kitsap di Bremerton, Washington, penyelesaian penyebaran sepuluh bulan, 66.000 mil (106.000 km) ke Samudra Pasifik bagian barat. Selama penempatan ini, pesawat skuadron menerbangkan lebih dari 1.300 serangan mendadak dari dek kapal induk dalam perang di Afghanistan.[27]

Pada 27 Juni, kapal memasuki Dry Dock di Puget Sound Naval Shipyard and Intermediate Maintenance Facility (PSNS & IMF) untuk memulai Docking Planned Incremental Availability (DPIA) 16 bulan yang dijadwalkan. Pekerjaan termasuk melestarikan dan mengecat lambung kapal, meningkatkan pabrik propulsi, memperbarui kompartemen berlabuh kru, dan penggantian lengkap jaringan komputer kapal dan stasiun kerja.

2014[sunting | sunting sumber]

John C. Stennis menyelesaikan Docking Planned Incremental Availability (DPIA) pada 5 November 2014. Setelah uji coba laut enam hari, kapal tersebut disertifikasi pada 10 November sebagai aset Operasional Angkatan Laut.[28]

2015[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan Januari 2015, John C. Stennis meninggalkan pelabuhan asalnya di Naval Base Kitsap di Bremerton, Washington, dan tiba di Naval Magazine Indian Island untuk memuat amunisi sebelum berangkat ke San Diego untuk menerima pesawat dan 2.000 pelaut lainnya.[29] Pada 1 September, kapal induk tiba kembali di Bremerton, Washington.

2016[sunting | sunting sumber]

Pada 15 Januari 2016, John C. Stennis meninggalkan Naval Base Kitsap untuk penempatan terjadwal ke Pasifik Barat.[30] Pada tanggal 19 April dia tiba di Singapura untuk kunjungan pelabuhan yang dijadwalkan secara rutin setelah menyelesaikan latihan bilateral tahunan di Filipina.[31] Pada tanggal 26 April 2016, China menolak izin John C. Stennis, dan kapal pengawalnya untuk melakukan kunjungan pelabuhan ke Hong Kong.[32] Pada 10 Agustus, kapal induk tiba di San Diego, California untuk pembongkaran dan pendaratan CVW-9. Pada tanggal 14 Agustus, John C. Stennis tiba kembali ke homeport, Naval Base Kitsap, menyelesaikan pengerahan Pasifik Barat dan latihan RIMPAC.

2017[sunting | sunting sumber]

Dari Februari hingga Agustus 2017, John C. Stennis sedang dirombak di Galangan Kapal Angkatan Laut Puget Sound.

2018[sunting | sunting sumber]

Pada 2 Agustus 2018, Angkatan Laut mengumumkan bahwa John C. Stennis akan mengubah homeport ke Norfolk, Virginia sebelum pengisian bahan bakar dan perbaikan kompleks (RCOH) di Newport News Shipbuilding. USS Carl Vinson akan pindah dari San Diego ke Naval Base Kitsap untuk menjalani masa pemeliharaan di Puget Sound dan USS Abraham Lincoln akan menggantikan Carl Vinson di San Diego.

Pada 12 Desember 2018, John C. Stennis meluncurkan serangan mendadak pertamanya untuk mendukung Sentinel Operasi Kebebasan di Afghanistan.

2019[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 16 Mei 2019, John C. Stennis tiba di pelabuhan asalnya yang baru di Norfolk, Virginia sebagai persiapan untuk pengisian bahan bakar dan perbaikan kompleks (RCOH) pada tahun 2020. RCOH diharapkan akan selesai sekitar pertengahan tahun 2020-an.

2021[sunting | sunting sumber]

Pada 7 Mei 2021, John C. Stennis masuk ke Newport News untuk Refuel and Complex Overhaul (RCOH) paruh bayanya. Perbaikan ini diharapkan akan selesai pada tahun 2025.

Grup Serangan Kapal Induk John C. Stennis[sunting | sunting sumber]

Kelompok pemogokan John C. Stennis (Grup Serangan Kapal Induk Tiga) diperlengkapi dan dilatih untuk bekerja sebagai kekuatan yang dikerahkan ke depan yang memberikan kekuatan pencegah serta berfungsi untuk melindungi kepentingan AS di luar negeri.

USS John C. Stennis (kiri atas) dalam armada multinasional 5 negara, selama Operasi Enduring Freedom di Laut Oman. Dalam empat kolom menurun, dari kiri ke kanan: Maestrale, De Grasse; USS John C. Stennis, Charles de Gaulle, Surcouf; USS Port Royal, HMS Ocean, USS John F. Kennedy, HNLMS Van Amstel; dan Luigi Durand de la Penne.

USS John C. Stennis adalah unggulan dari kelompok penyerang, dan menjadi tuan rumah kelompok sayap udara Carrier Air Wing 9. John C. Stennis juga merupakan rumah bagi komandan Destroyer Squadron 21 (DESRON 21).

Kapal DESRON 21[sunting | sunting sumber]

Elemen lain dari Grup Pertempuran JCS[sunting | sunting sumber]

Skuadron CVW-9[sunting | sunting sumber]

Pesawat diparkir di dek penerbangan USS John C. Stennis.
  • Strike Fighter Squadron 14 (VFA-14) "Tophatters"
  • Strike Fighter Squadron 41 (VFA-41) "Black Aces"
  • Strike Fighter Squadron 97 (VFA-97) "Warhawks"
  • Strike Fighter Squadron 151 (VFA-151) "Vigilantes"
  • Electronic Attack Squadron 133 (VAQ-133) "Wizards"
  • Carrier Airborne Early Warning Squadron 117 (VAW-117) "Wallbangers"
  • Helicopter Sea Combat Squadron 14 (HSC-14) "Chargers"
  • Helicopter Maritime Strike Squadron 71 (HSM-71) "Raptors"
  • Fleet Logistics Support Squadron 30 Detachment 4 (VRC-30) "Providers"

segel kapal[sunting | sunting sumber]

Stempel John C. Stennis dihasilkan dari upaya gabungan beberapa anggota awak dengan bantuan sejarah dari Pusat Layanan Umum Stennis, Pusat Luar Angkasa John C. Stennis, dan Sejarawan Senat Amerika Serikat. Stempel itu menyiratkan perdamaian melalui kekuatan, sama seperti Senator John C. Stennis disebut sebagai "pendukung perdamaian yang tak tergoyahkan melalui kekuatan" oleh Presiden Ronald Reagan, ketika nama kapal diumumkan pada Juni 1988.

Bentuk melingkar menandakan kemampuan unik kapal induk kelas Nimitz untuk mengelilingi dunia tanpa mengisi bahan bakar sambil memberikan kehadiran ke depan dari laut. Warna yang dominan adalah merah, putih, biru dan emas, sama seperti Amerika Serikat dan Angkatan Laut. Perbatasan luar, diambil dari satu versi lambang Senat AS, mewakili kekuatan melalui kesatuan awak kapal. Empat pita emas dan delapan dasi menunjukkan empat dekade (41 tahun) John C. Stennis di Senat dan delapan presiden yang dia layani, dari Presiden Truman hingga Presiden Reagan. Tujuh bintang di perbatasan biru mewakili tujuh masa jabatannya di Senat dan mencirikan John C. Stennis sebagai kapal induk kelas Nimitz ketujuh. Garis-garis merah dan putih di dalam perbatasan biru melambangkan bendera Amerika dan orang-orang Amerika yang dilayani oleh John C. Stennis. Mereka juga menghormati keberanian dan pengorbanan angkatan bersenjata Amerika Serikat.

Elang dan perisai adalah representasi dari elang emas dan perisai yang menghadap ke Kamar Senat Lama. Perisai melambangkan Amerika Serikat. Dua puluh bintang mewakili negara bagian kedua puluh AS, Mississippi, rumah John C. Stennis. Tiga panah di cakar elang melambangkan kemampuan kapal dan sayap udara untuk memproyeksikan kekuatan. Semburan cahaya yang memancar dari perisai, perwakilan dari munculnya negara baru di Amerika Serikat Senat Seal, menggambarkan kelahiran lebih dari 25 program Penerbangan Angkatan Laut utama di bawah kepemimpinan Senator Stennis, termasuk semua kapal induk dari USS Forrestal ke USS Harry S. Truman, dan pesawat dari F-4 Phantom ke F/A-18 Hornet. Elang adalah perwakilan dari status John C. Stennis di Senat, di mana ia dihormati dan dikagumi sebagai "elang yang menjulang" oleh beberapa rekannya.

Kapal itu sendiri digambarkan dalam segel. Di tepi dek penerbangan adalah kata-kata "Kehormatan, Keberanian, Komitmen" yang merupakan Nilai Inti Angkatan Laut Amerika Serikat.

Stempel tersebut, setelah diseleksi oleh awak kapal, diserahkan kepada Ny. Margaret Stennis Womble, sponsor kapal dan putri Senator Stennis, dan kepada Ny. John Hampton Stennis, ibu kehormatan dan istri dari putra Senator Stennis, untuk persetujuan. Pada bulan Februari 1995 mereka menyetujui desain tersebut.

Kontroversi nama kapal[sunting | sunting sumber]

Nama kapal tersebut awalnya disetujui oleh presiden saat itu Ronald Reagan pada tahun 1988. Pada tahun 2021, nama kapal tersebut menjadi subyek kontroversi baru karena penentangan Senator Stennis yang blak-blakan terhadap hak-hak sipil dan kesetaraan ras, dan catatan ekstensifnya tentang dukungan legislatif untuk ras. pemisahan. Kontroversi tersebut merupakan bagian dari penilaian ulang yang lebih besar terhadap pangkalan militer, kapal, dan aset militer AS lainnya yang dinamai berdasarkan jenderal Konfederasi dan orang lain yang terkait dengan perbudakan dan segregasi rasial.[34][35][36]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i (Inggris) Caper, William. 100 Ships and Planes That Shaped World History. Blue Woods Books, 2000, California. Page 206-207
  2. ^ (Inggris)USS JOHN C. STENNIS CVN 74 UScarriers.net, Diakses pada 4 Oktober 2011.
  3. ^ a b (Inggris)USS John C. Stennis (CVN 74), American carriers. Diakses pada 4 Oktober 2011.
  4. ^ "New Picture of Intelligence Highlights the Overlooked Role of Visuospatial Abilities". PsycEXTRA Dataset. 2001. Diakses tanggal 2022-06-14. 
  5. ^ Kunii, Maiko. "Asahi Shimbun and The New York Times". San Jose State University Library. 
  6. ^ "US Navy, Letter, Forrestal to Secretary of War, January 29, 1947, January 29, 1947, Restricted, NARA". Weapons of Mass Destruction. Diakses tanggal 2022-06-14. 
  7. ^ "US Navy, USN 11 (Tsingtao) to OP 20-2 (Washington), January 30, 1948, Secret-RI, NARA". U.S. Intelligence on Asia, 1945-1991. Diakses tanggal 2022-06-14. 
  8. ^ "Fig. 5. Fragments of interferograms: a - from January 8, 2007– February 28, 2009, b - from January 11, 2008– January 16, 2010, c - from February 26, 2008– March 3, 2010, d - with a one-year interval from June 22, 2015–20.06. 2016". dx.doi.org. Diakses tanggal 2022-06-14. 
  9. ^ "US Navy, USN 11 (Tsingtao) to OP 20-2 (Washington), January 30, 1948, Secret-RI, NARA". U.S. Intelligence on Asia, 1945-1991. Diakses tanggal 2022-06-14. 
  10. ^ Nykolak, G.; Paulson, B.D.; Tourgee, G.E. "Architecture and operating experience for an optical wireless OC-3 network from the USS John C Stennis to a North Island pier-side facility". MILCOM 1999. IEEE Military Communications. Conference Proceedings (Cat. No.99CH36341). IEEE. doi:10.1109/milcom.1999.822770. 
  11. ^ "King, Fleet Admiral Ernest Joseph, (23 Nov. 1878–25 June 1956), US Navy". Who Was Who. Oxford University Press. 2007-12-01. 
  12. ^ "Smellie, Alexander, (1857–23 May 1923), Minister, Original Secession Church". Who Was Who. Oxford University Press. 2007-12-01. 
  13. ^ "CIA, Revised Briefing Notes Requested by Senator Stennis, Military Construction Subcommittee, Senate Armed Services Committee, April 29, 1960, Top Secret". Cold War Intelligence. Diakses tanggal 2022-06-14. 
  14. ^ "Haines, Andrew, (born 21 April 1964), Chief Executive Officer, Civil Aviation Authority, since 2009". Who's Who. Oxford University Press. 2010-12-01. 
  15. ^ "Books reviewed July 2009". International Affairs. 85 (4): 920–920. 2009-07. doi:10.1111/j.1468-2346.2009.00835.x. ISSN 0020-5850. 
  16. ^ "Construction of Reinforced-Concrete Pier, Bremerton Navy Yard". ACI Journal Proceedings. 23 (2). 1927. doi:10.14359/15405. ISSN 0002-8061. 
  17. ^ "HTGR applications program advanced systems. Semiannual report, October 1, 1982-March 31, 1983". 1983-05-01. 
  18. ^ Nguyen, John Loc (2002). "The effects of reversing sleep-wake cycles on sleep and fatigue on the crew of USS John C. Stennis". PsycEXTRA Dataset. Diakses tanggal 2022-06-14. 
  19. ^ "US Army, Report, [extract] Tooele Transcript Bulletin, January 19, 2012, Unclassified, US Army". Weapons of Mass Destruction. Diakses tanggal 2022-06-14. 
  20. ^ "Warning against colloids in fluid resuscitation". Springer Healthcare News. 1 (1). 2012-10-23. doi:10.1007/s40014-012-1326-2. ISSN 2193-0961. 
  21. ^ "CBS News/New York Times Survey, January #3, 2011". ICPSR Data Holdings. 2012-05-18. Diakses tanggal 2022-06-14. 
  22. ^ Okihiro, Gary Y. (2016-09-30). Notes from Shinagawa, July 28–29, 2012. University of Hawai'i Press. 
  23. ^ "Murray, Air Vice-Marshal Hon. David Paul, (born 8 April 1960), Controller, Soldiers, Sailors, Airmen and Families Association (formerly Soldiers, Sailors, Airmen and Families Association Forces Help), since 2012". Who's Who. Oxford University Press. 2013-12-01. 
  24. ^ McNeil, R J; Friske, P W B (2016). "New geochemical data from the re-analysis of archived lake sediment samples including original water data from the Bancroft, Ontario area (Parts of NTS 031-C, -D, -E and -F)". 
  25. ^ Gopinath, Mohan; Bakshi, Suprabha (2020). Crisis Aboard the Aircraft Carrier USS Theodore Roosevelt. 1 Oliver's Yard, 55 City Road, London EC1Y 1SP United Kingdom: SAGE Publications: SAGE Business Cases Originals. ISBN 978-1-5297-9272-0. 
  26. ^ Meyer, Chris (2015-11-01). "CVN 78 Gerald R. Ford Class Nuclear Aircraft Carrier (CVN 78)". Fort Belvoir, VA. 
  27. ^ CAVALCADE. The Lutterworth Press. 2013-10-31. hlm. 239–245. 
  28. ^ "Grain Transportation Report, March 23, 2017". 2017-03-23. 
  29. ^ "Salmon adapt to warmer waters". Nature. 517 (7533): 124–124. 2015-01. doi:10.1038/517124a. ISSN 0028-0836. 
  30. ^ "January 2016". The ASHA Leader. 21 (1): 20–20. 2016-01. doi:10.1044/leader.ppl.21012016.20. ISSN 1085-9586. 
  31. ^ "US Navy's 'Great Green Fleet' remains armed with algae". Focus on Catalysts. 2012 (7): 1–2. 2012-07. doi:10.1016/s1351-4180(12)70241-6. ISSN 1351-4180. 
  32. ^ "Doing Business Economy Profile 2017: Hong Kong SAR, China". 2016-10-25. doi:10.1596/25547. 
  33. ^ a b c d e f g "COMDESRON Two One". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 May 2012. Diakses tanggal 13 June 2013. 
  34. ^ Burpo, John D. (1998-05-18). "Is the Day of the Aircraft Carrier Over?". Fort Belvoir, VA. 
  35. ^ "Langford-Holt, Sir John (Anthony), (30 June 1916–23 July 1993), Lieutenant-Commander Royal Navy (retired)". Who Was Who. Oxford University Press. 2007-12-01. 
  36. ^ Goldberg, Matthew. "Southern honor, Confederate warfare : southern antebellum cultural values in Confederate military operations, 1861-1865". University of Louisville. 

Referensi[sunting | sunting sumber]