Kantai Collection

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kantai Collection (艦隊これくしょん) atau KanColle (艦これ) adalah permainan game sosial online strategi pertarungan kartu populer di Jepang yang dibuat oleh Kadokawa Games.[1]

Permainan ini diluncurkan pada 23 April 2013. Anime dan game Playstation Vita sedang dalam tahap pengerjaan. Kantai Collection mendapatkan banyak pemain dengan cepat dan sudah mencapai hampir 1 juta pendaftaran.[2]

Klik start untuk memulai permainan.
Screenshot untuk permainan.
Pertempuran dalam Kancolle.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini berpusat kepada pertarungan kartu, dengan setiap karakter direpresentasikan dengan macam-macam atribut. Setiap karakter dari Kancolle adalah perwujudan dari kapal perang dari Perang Dunia II yang diwujudkan dengan gadis cantik, yang disebut armada perempuan(艦娘 kanmusu. Kapal perang yang direpresentasikan dengan gadis itu berdasar pada kapal perang dari dunia nyata yang dijelaskan dalam game tersebut; Karakter fisik, penampilan, dan kepribadian terhubung dengan kapal perang di dunia nyata. Pemain berperan sebagai Admiral (提督 teitoku) dan mengatur armadanya dalam perang agar menang. Pertempuran sebagian besar otomatis, dan pemain biasanya hanya mengatur pembuatan kapal dan perbaikan kapal. Pemain dapat mempunyai hingga 4 armada yang berbeda.

Pemain maju dalam permainan ini dengan cara menamatkan peta-peta yang ada, bertarung dengan musuh untuk mendapatkan poin dan naik tingkat, mendapatkankapal gadis yang baru sambil memperbaiki dan menyelesaikan misi untuk mendapatkan sumber daya. Perlengkapan baru dapat dibuat, sehingga armada kapal dapat memperlengkapi diri dengan peralatan tergantung situasi. Mendapatkan kapal gadis yang baru dapat terjadi dengan menamatkan peta atau membuat sendiri. Kapal gadis yang didapat itu acak, sehingga membuat gadis kapal sendiri dengan sumber daya yang ada juga termasuk dalam kunci permainan. Konstruksi, memasok dan perbaikan kapal bergantung pada empat jenis sumber daya, yaitu bahan bakar, amunisi, baja dan bauksit; Pasukan tersebut akan bertambah banyak seiring berjalannya waktu, atau pemain dapat menyelesaikan misi untuk menambah sumber daya mereka.

Kanmusu dapat menjadi lebih kuat jika mereka mendapatkan pengalaman dan naik level setelah pertempuran, serta dapat dirombak menjadi model yang lebih maju. Kanmusu yang tidak diinginkan juga bisa "diberi makan" untuk kanmusu lain melalui proses yang dikenal sebagai "modernisasi" (近代 化 改修 kindaika Kaishu), yang membuat kapal itu menjadi lebih kuat namun kehilangan kapal yang lain. Kapal juga dapat mengalami kelelahan setelah menjalankan misi atau berperang; Kapal yang kelelahan mengalami penurunan atribut dan lebih mengalami kesempatan untuk tenggelam, sebaliknya kapal yang berkilau meningkatkan atributnya. Jika kapal mengalami kerusakan yang parah, gambar mereka mulai berasap dan gambar pakaian mereka menjadi robek dan babak belur; Pada peristiwa ketika daya tahan kapal menjadi nol, maka kapal dianggap tenggelam, dan Pemain akan kehilangan kapal tersebut. Pemain tidak dapat membangkitkan kapal tersebut kecuali mempunyai item perbaikan darurat, dan hanya dapat kembali melatih kapal yang telah tenggelam itu dari awal.

Pemain dapat memilih untuk berperang melawan armada pemain lain pada server game yang sama melalui menu manuver latihan. Pemain juga mampu bersaing dengan pemain lain melalui skor masing-masing dalam papan ranking. Pada Oktober 2013, ada 12 server yang dapat dimainkan, masing-masing diberi nama berdasar pangkalan angkatan laut Jepang di Perang Dunia II. Meskipun permainan ini gratis, namun ada bonus spesial yang dapat dimiliki seperti perluasan dermaga perbaikan dan barang konsumsi khusus dengan cara membayar sejumlah uang. Untuk sekarang, eprmainan ini hanya untuk pemain Jepang, jadi tidak dapat dimainkan diluar Jepang, jika pemain dari negara lain ingin memainkannya, dibutuhkan software bernama VPN. Juga, sejak Agustus 2013 dan seterusnya, pendaftaran pemain baru hanya tersedia melalui undian berkala yang diadakan hampir setiap hari melalui Twitter resmi Kancolle, itu disebabkan server yang ada kelebihan beban oleh sejumlah besar pendaftar baru.

Tipe Kapal[sunting | sunting sumber]

  • Battleship (戦艦): Mempunyai kekuatan dan pertahanan yang kuat, namun membutuhkan sumber daya yang besar.
  • Aircraft carrier (正規空母): Memungkinkan untuk menyerang sebelum pertempuran, waktu perbaikan lama dan pesawatnya membutuhkan bauksit.
  • Light aircraft carrier (軽空母): Konsumsi bahan bakar lebih baik dan mampu menyerang kapal selam, namun pertahanan lebih lemah.
  • Seaplane carrier (水上機母艦): Mempunyai kemampuan mendeteksi musuh. Sebagian besar lemah.
  • Heavy cruiser (重巡洋艦): Mampu membuat kerusakan yang signifikan, dan hemat bahan bakar. Memiliki statistik yang lumayan, namun tidak unggul dalam bidang manapun.
  • Light cruiser (軽巡洋艦): Anti-Kapal selam, efektif dalam perang waktu malam. Mempunyai pertahanan yang lemah.
  • Destroyer (駆逐艦): Bagus untuk pertempuran malam, dan memiliki tingkat penggunaan bahan bakar dan perbaikan yang baik.
  • Torpedo cruiser (重雷装巡洋艦): Mampu mengerahkan kapal selam sedang dan torpedo.
  • Submarine (潜水艦): Memiliki darah yang rendah dan melakukan kerusakan terbatas, namun penggunaan sumber daya sangat kecil, dan hanya dapat diserang oleh jenis kapal tertentu.
  • Submarine aircraft carrier (潜水空母): Dapat membawa pesawat terbang laut.
  • Aerial battleship (航空戦艦): Melakukan perusakan yang lebih kecil daripada kapal perang standar, dan menggunakan bauksit lebih sedikit.
  • Aerial cruiser (航空巡洋艦): Melakukan perusakan yang lebih kecil daripada standard cruisers, dan menggunakan bauksit lebih sedikit.

Direncanakan kapal pertahanan pesisir akan ditambahkan ke dalam permainan pada waktu mendatang, para pengembang mengatakan bahwa kapal ini akan memainkan peran anti-kapal selam, dan akan menampilkan desain karakter yang lebih lucu dan kekanak-kanakan, karena kapal pertahanan pesisir berukuran lebih kecil dibandingkan kapal perusak.

Gadis-gadis Kapal[sunting | sunting sumber]

Pada debut pertama dari permainan, ada total 94 armada kapal yang berbeda tersedia. Dalam pembaruan pada 15-17 Mei 2013 ada penambahan armada kapal. Pada tanggal 11 September 2013 kapal pertama non-Jepang, kapal perusak Soviet Verniy (Верный), diperkenalkan ke dalam permainan. Ada rencana masa depan untuk menambah kapal-kapal tambahan dari negara lain. Untuk saat ini ada 118 gambar karakter gadis kapal disamping 26 upgrade varian kapal yang sudah ada, sehingga jumlah armada gadis kapal ada 144. Permainan saat ini mempunyai ruang untuk 150 armada gadis kapal yang berbeda. Kapal gadis armada yang berbeda diilustrasikan oleh seniman yang berbeda.

Ciri-ciri dari setiap gadis armada didasarkan pada aspek sejarah kapal mereka, misalnya kapal Kongō menggunakan Bahasa Inggris campuran dalam pembicaraannya karena kapal itu dibuat di Inggris, atau kapal Akagi digambarkan sebagai penggemar makan dan kapal perusak Jepang Shimakaze digambarkan sebagai seorang gadis cepat dalam karya dan media cetak resmi, karena Akagi mengkonsumsi sejumlah besar bahan bakar dan Shimakaze adalah salah satu kapal perusak tercepat pada Perang Dunia II. Karakter yang mempunyai kemiripan juga mempunyai gambar tampilan atau pakaian yang mirip, dan semua kapal selam mengenakan baju renang. Pengisi suara digunakan untuk menyuarakan armada kapal gadis, dengan maksimal 10 armada kapal gadis disuarakan oleh satu pengisi suara. Daftar lengkap suara aktor yang terlibat belum dipublikasikan secara resmi.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]