Kantai Collection

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kantai Collection logo.png
Pengembang Kadokawa Games
Penerbit DMM.com
Pengarah Kensuke Tanaka
Produser Kensuke Tanaka (Kadokawa Games)
Michio Okamiya (DMM.com)
Yoshimi Yasuda (Kadokawa Games)
Perancang Kensuke Tanaka
Komposer musik Hiroshi Usami, Kaori Ōkoshi, Michio Okamiya[1]
Platform Adobe Flash
Tanggal rilis JP 23 April 2013
Genre Online web browser game
Fleet raising simulation

Kantai Collection (艦隊これくしょん) atau KanColle (艦これ) adalah permainan sosial online berbasis web di Jepang yang dibuat oleh Kadokawa Games.[2]

Permainan ini diluncurkan pada 23 April 2013. Pada April 2015, permainan hanya dapat dimainkan di Jepang dengan 3 juta pengguna terdaftar.[3] Permainan untuk PlayStation Vita telah diumumkan akan dirilis pada November 2015.[4] Sebuah anime adaptasi mulai tayang Januari 2015,[5] dengan sebuah sekuel dan film anime yang telah diumumkan.

Screenshot untuk permainan.
Pertempuran dalam Kancolle.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini berpusat kepada pertarungan kartu, dengan setiap karakter direpresentasikan dengan macam-macam atribut. Setiap karakter dari Kancolle adalah perwujudan dari kapal perang dari Perang Dunia II yang diwujudkan dengan gadis cantik, yang disebut armada perempuan (艦娘 kanmusu). Kapal perang yang direpresentasikan dengan gadis itu berdasar pada kapal perang dari dunia nyata yang dijelaskan dalam game tersebut; Karakter fisik, penampilan, dan kepribadian terhubung dengan kapal perang di dunia nyata. Pemain berperan sebagai Admiral (提督 teitoku) dan mengatur armadanya dalam perang agar menang. Pertempuran sebagian besar otomatis, dan pemain biasanya hanya mengatur pembuatan kapal dan perbaikan kapal. Pemain dapat mempunyai hingga 4 armada yang berbeda.

Pemain maju dalam permainan ini dengan cara menamatkan peta-peta yang ada, bertarung dengan musuh untuk mendapatkan poin dan naik tingkat, mendapatkan gadis kapal yang baru sambil memperbaiki dan menyelesaikan misi untuk mendapatkan sumber daya. Perlengkapan baru dapat dibuat, sehingga armada kapal dapat memperlengkapi diri dengan peralatan tergantung situasi. Mendapatkan kapal gadis yang baru dapat terjadi dengan menamatkan peta atau membuat sendiri. Kapal gadis yang didapat itu acak, sehingga membuat gadis kapal sendiri dengan sumber daya yang ada juga termasuk dalam kunci permainan. Konstruksi, memasok dan perbaikan kapal bergantung pada empat jenis sumber daya, yaitu bahan bakar, amunisi, baja dan bauksit; Pasukan tersebut akan bertambah banyak seiring berjalannya waktu, atau pemain dapat menyelesaikan misi untuk menambah sumber daya mereka.

Kanmusu dapat menjadi lebih kuat jika mereka mendapatkan pengalaman dan naik level setelah pertempuran, serta dapat dirombak menjadi model yang lebih maju. Kanmusu yang tidak diinginkan juga bisa "diberi makan" untuk kanmusu lain melalui proses yang dikenal sebagai "modernisasi" (近代 化 改修 kindaika Kaishu), yang membuat kapal itu menjadi lebih kuat namun kehilangan kapal yang lain. Kapal juga dapat mengalami kelelahan setelah menjalankan misi atau berperang; Kapal yang kelelahan mengalami penurunan atribut dan lebih mengalami kesempatan untuk tenggelam, sebaliknya kapal yang berkilau meningkatkan atributnya. Jika kapal mengalami kerusakan yang parah, gambar mereka mulai berasap dan gambar pakaian mereka menjadi robek dan babak belur; Pada peristiwa ketika daya tahan kapal menjadi nol, maka kapal dianggap tenggelam, dan Pemain akan kehilangan kapal tersebut. Pemain tidak dapat membangkitkan kapal tersebut kecuali mempunyai item perbaikan darurat, dan hanya dapat kembali melatih kapal yang telah tenggelam itu dari awal.

Pemain dapat memilih untuk berperang melawan armada pemain lain pada server game yang sama melalui menu manuver latihan. Pemain juga mampu bersaing dengan pemain lain melalui skor masing-masing dalam papan ranking. Pada Oktober 2013, ada 12 server yang dapat dimainkan, masing-masing diberi nama berdasar pangkalan angkatan laut Jepang di Perang Dunia II. Meskipun permainan ini gratis, namun ada bonus spesial yang dapat dimiliki seperti perluasan dermaga perbaikan dan barang konsumsi khusus dengan cara membayar sejumlah uang. Untuk sekarang, eprmainan ini hanya untuk pemain Jepang, jadi tidak dapat dimainkan di luar Jepang, jika pemain dari negara lain ingin memainkannya, dibutuhkan software bernama VPN. Juga, sejak Agustus 2013 dan seterusnya, pendaftaran pemain baru hanya tersedia melalui undian berkala yang diadakan hampir setiap hari melalui Twitter resmi Kancolle, itu disebabkan server yang ada kelebihan beban oleh sejumlah besar pendaftar baru.

Tipe kapal[sunting | sunting sumber]

  • Battleship (BB) (戦艦 Kapal Tempur?): Mempunyai kekuatan dan pertahanan yang kuat, namun membutuhkan sumber daya yang besar. Pertempuran di siang hari juga menjadi lebih panjang bila terdapat kapal tempur di sisi sekutu maupun lawan.
    • Aviation battleship (BBV) (航空戦艦 Kapal Tempur Pesawat Terbang?): Melakukan perusakan yang lebih kecil daripada kapal perang biasa, dan sedikit menggunakan bauksit. Tidak seperti kapal tempur biasa, mereka dapat menyerang kapal selam.
    • Fast Battleship (FBB) (高速戰艦 Kapal Tempur Cepat?): Merupakan kapal tempur yang berkecepatan tinggi, sehingga cenderung melakukan tembakan lebih dulu dibandingkan musuh.
  • Aircraft Carrier (CV) (正規空母艦 Kapal Induk?): Memungkinkan untuk menyerang sebelum pertempuran, waktu perbaikan lama dan pesawatnya membutuhkan bauksit. Mereka juga tidak dapat menyerang di malam hari.
    • Light Aircraft Carrier (CVL) (軽空母艦 Kapal Induk Ringan?): Konsumsi bahan bakar lebih baik dan mampu menyerang kapal selam, namun pertahanan lebih lemah. Selebihnya, sama dengan kapal induk biasa.
    • Light Aircraft Carrier (CVB) (装甲空母艦 Kapal Induk Lapis Baja?): Memungkinkan untuk menyerang jika kerusakannya menengah tak seperti kapal induk biasa, namun kapasitas pesawatnya lebih sedikit dibanding kapal induk biasa. Selebihnya, sama dengan kapal induk biasa.
  • Seaplane Tender (AV) (水上機母艦 Kapal Induk Pesawat Laut?): Mempunyai kemampuan meluncurkan torpedo. Sebagian besar lemah. Mereka lebih irit bahan bakar dibandingkan kapal induk ringan.
  • Light Cruiser (CL) (軽巡洋艦 Kapal Penjelajah Ringan?): Anti-Kapal selam, efektif dalam perang waktu malam. Mempunyai pertahanan yang lemah.
    • Torpedo Cruiser (CLT) (重雷装巡洋艦 Kapal Penjelajah Torpedo?): Mampu menyerang kapal selam sedang dan melakukan serangan torpedo saat awal pertempuran.
    • Training Cruiser (CT) (練習巡洋艦 Kapal Latihan?): Ketika berada di armada, dapat meningkatkan perolehan EXP pada saat petempuran maupun ekspedisi. Mereka memiliki kemampuan seperti Kapal Penjelajah Ringan walaupun tidak sekuat Kapal Penjelajah Ringan.
  • Heavy Cruiser (CA) (重巡洋艦 Kapal Penjelajah Berat?): Mampu membuat kerusakan yang signifikan, dan hemat bahan bakar. Memiliki statistik yang lumayan, namun tidak unggul dalam bidang manapun.
    • Aviation Cruiser (CAV) (航空巡洋艦 Kapal Penjelajah Pesawat Terbang?): Melakukan perusakan yang lebih kecil daripada kapal penjelajah berat biasa, dan menggunakan bauksit lebih sedikit. Tidak seperti kapal penjelajah berat biasa, mereka dapat menyerang kapal selam.
  • Destroyer (DD) (駆逐艦 Kapal Perusak?): Bagus untuk pertempuran malam, dan memiliki tingkat penggunaan bahan bakar dan perbaikan yang baik. Dapat mengawal dan memulangkan kapal yang rusak berat, sehingga pemain dapat melanjutkan pertempuran tanpa harus khawatir kapalnya tenggelam. Mereka juga bagus dalam melawan kapal selam.
    • Coastal Defense Ship (DE) (海防艦 Kapal Pertahanan Pesisir?): Sama seperti kapal perusak, namun mereka memiliki stat dan konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit. Mereka dapat melakukan serangan dadakan terhadap kapal selam lebih mudah dibanding kapal perusak.
  • Submarine (SS) (潜水艦 Kapal Selam?): Memiliki darah yang rendah dan melakukan kerusakan terbatas, namun penggunaan sumber daya sangat kecil, dan hanya dapat diserang oleh jenis kapal tertentu. Pada malam hari, mereka hampir tidak bisa ditenggelamkan.
    • Submarine Aircraft Carrier (SSV) (潜水空母艦 Kapal Selam Induk?): Kapal selam yang dapat membawa pesawat terbang laut. Sisanya, kemampuan mereka sama persis dengan kapal selam biasa.
  • Submarine Tender (AS) (潜水母艦 Kapal Perawat Kapal Selam?): Tidak terlalu berguna. Biasanya hanya untuk saat tertentu saja.
  • Amphibious Assault Ship (LHA) (強襲揚陸艦 Kapal Serbu Amfibi?):Tidak terlalu berguna. Biasanya hanya untuk saat tertentu saja.
  • Fleet Oiler (AO) (補給艦 Kapal Pengisian Bahan Bakar?): Apabila dimasukkan kedalam armada maka kapal ini dapat menyuplai ahan bakar kapal saat sedang berlayar.
  • Repair Ship (AR) (工作艦 Kapal Perbaikan?): Apabila dimasukkan kedalam armada maka kapal ini akan memperbaiki kapal yang rusak secara otomatis. Dapat pula memperbaiki kapal saat berlayar.
  • Food Supply Ship (??) (給糧艦 Kapal Pengangkut Makanan?): Berupa karakter non-pemain saja, tidak dapat mengikuti pertempuran.

Gadis-gadis kapal[sunting | sunting sumber]

Pada debut pertama dari permainan, ada total 94 armada kapal yang berbeda tersedia. Dalam pembaruan pada 15-17 Mei 2013 ada penambahan armada kapal. Pada tanggal 11 September 2013 kapal pertama non-Jepang, kapal perusak Soviet Verniy (Верный), diperkenalkan ke dalam permainan. Ada rencana masa depan untuk menambah kapal-kapal tambahan dari negara lain. Untuk saat ini ada 118 gambar karakter gadis kapal disamping 26 upgrade varian kapal yang sudah ada, sehingga jumlah armada gadis kapal ada 144. Permainan saat ini mempunyai ruang untuk 150 armada gadis kapal yang berbeda. Kapal gadis armada yang berbeda diilustrasikan oleh seniman yang berbeda.

Ciri-ciri dari setiap gadis armada didasarkan pada aspek sejarah kapal mereka, misalnya kapal Kongō menggunakan Bahasa Inggris campuran dalam pembicaraannya karena kapal itu dibuat di Inggris, atau kapal Akagi digambarkan sebagai penggemar makan dan kapal perusak Jepang Shimakaze digambarkan sebagai seorang gadis cepat dalam karya dan media cetak resmi, karena Akagi mengkonsumsi sejumlah besar bahan bakar dan Shimakaze adalah salah satu kapal perusak tercepat pada Perang Dunia II. Karakter yang mempunyai kemiripan juga mempunyai gambar tampilan atau pakaian yang mirip, dan semua kapal selam mengenakan baju renang. Pengisi suara digunakan untuk menyuarakan armada kapal gadis, dengan maksimal 10 armada kapal gadis disuarakan oleh satu pengisi suara.

Daftar lengkap[sunting | sunting sumber]

Battleship / Aviation battleship / Fast battleship
Aircraft carrier / Armored aircraft carrier / Light aircraft carrier
Light aircraft carrier / Submarine tender / Seaplane tender
Heavy cruiser / Aviation cruiser
Light cruiser / Torpedo cruiser / Training cruiser
Destroyer
Submarine / Submarine Aircraft Carrier
Repair ship / Fleet oiler / Food supply ship / Amphibious assault ship / Coastal Defense ship

Anime[sunting | sunting sumber]

Kantai Collection
艦隊これくしょん
(Kantai Korekushon)
Genre Aksi, Komedi, Militer, Fiksi ilmiah
Seri anime televisi
Sutradara Keizō Kusakawa
Produser Jun'ichirō Tamura
Penulis Jukki Hanada
Penggubah Natsumi Kameoka
Studio Diomedéa
Pelisensi
Madman Entertainment
Jaringan Tokyo MX, KBS, SUN, KNB, RCC, TVQ, CTC, tvk, TVS, TVA, KHB, BSN, BS11, HBC, TSC, NBC, RKK, AKT
Jaringan bahasa Inggris
Crunchyroll
Tayang perdana 8 Januari 201526 Maret 2015
Episode 12[6]
Portal Anime dan Manga

Serial anime ini diproduksi oleh Diomedéa, berdasarkan pada permainan oleh Kadokawa Games dengan judul yang sama. Serial ini diumumkan pada September 2013 dan tayang dalam 12 episode di saluran Tokyo MX dan KBS, sejak 8 Januari hingga 26 Maret 2015.[7][8][9] Sebuah sekuel telah diumumkan,[10] dan sebagai tambahan akan ada film animasi yang akan dirilis pada tahun 2016.[11]

Plot[sunting | sunting sumber]

Serial ini menceritakan Fubuki sebagai tokoh utama. Di dunia dimana manusia menghadapi ancaman dari kapal "abyssal" yang mengambil alih laut, gadis-gadis khusus dengan pakaian bersenjata dan memiliki jiwa kapal-kapal bersejarah angkatan laut yang dikenal sebagai kanmusu adalah satu-satunya yang dapat menghadapi mereka. Kanmusu hdup bersama di sebuah pangkalan angkatan laut, dimana mereka menghabiskan waktu dengan berlatih untuk pertempuran yang akan mereka hadapi.[12]

Fubuki tiba di pangkalan angkatan laut, dimana ia bertemu dengan gadis-gadis kapal lainnya. Meskipun tidak memiliki kemampuan bertempur yang baik, ia direkomendasikan oleh Admiral untuk ditempatkan di Skuadron Torpedo Tiga, dan langsung diberangkatkan ke sebuah pertempuran. and quickly finds herself sortied into battle. Setelah diselamatkan oleh Akagi dalam sebuah situasi berbahaya, Fubuki berusaha melakukan yang terbaik dalam berlatih, dengan harapan suatu hari nanti ia dapat bertempur bersama dengan Akagi.

Musik[sunting | sunting sumber]

Lagu tema pembukanya adalah "Miiro" (海色?) oleh Akino dari bless4, dan lagu tema penutupnya adalah "Fubuki" (吹雪?) oleh Shiena Nishizawa.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ KanColle White Paper: Kantai Collection Official Book (艦これ白書: 艦隊これくしょん オフィシャルブック?) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. 2013-10-18. ISBN 978-4047318755. 
  2. ^ Japan's Latest Popular Online Game Has Anthropomorphic Battleships
  3. ^ "祝2周年! 艦これはこれからも拡大を続けていく". ASCII.jp (dalam bahasa Jepang). April 23, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 25, 2015. Diakses tanggal April 26, 2015. 
  4. ^ "Kan Colle Kai delayed to November in Japan". Gematsu. July 30, 2015. 
  5. ^ "【速報】『艦これ改 (仮)』PS Vitaで2014年発売決定 『艦これ』アニメ化企画も進行中!" (dalam bahasa Jepang). Famitsu. 2013-09-26. Diakses tanggal 2015-02-12. 
  6. ^ "KanColle Anime Listed With 6 50-Minute Blu-ray/DVD Volumes". Anime News Network. 19 Desember 2014. Diakses tanggal 6 Januari 2015. 
  7. ^ 『艦これ』ファンイベントでアニメ最新情報が公開 放送時期は2015年1月予定、キャストや制作スタッフなどの情報も判明. Famitsu (dalam bahasa Jepang). 3 Agustus 2014. 
  8. ^ 【艦これ】アニメは2015年1月に放送開始 公式ファンイベント「第一回横浜観艦式予行」レポート (dalam bahasa Jepang). Huffington Post. August 3, 2014. 
  9. ^ "放送情報 ONAIR". kancolle-anime.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal January 7, 2015. 
  10. ^ "KanColle Television Anime Gets Sequel". Anime News Network. March 25, 2015. Diakses tanggal 26 Maret 2015. 
  11. ^ "Kan Colle Franchise Gets Anime Film in 2016". Anime News Network. 9 Agustus 2015. Diakses tanggal 10 Agustus 2015. 
  12. ^ a b "Kantai Collection Commercial Previews Opening Theme". Anime News Network. 6 Desember 2014. Diakses tanggal 6 Januari 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]